Tugas 1 Menyusun Teks Cerita Fabel dengan Kata-Kata Sendiri

Tugas 1 Menyusun Teks Cerita Fabel dengan Kata-Kata Sendiri

Berikut ini adalah salah satu contoh teks cerita fabel. Bacalah teks fabel ini,
kemudian susun dan ceritakan kembali dengan bahasamu sendiri!
Jiji Jerapah dan Kus Tikus
Dikisahkan hiduplah sekelompok binatang di sebuah kampung. Binatangbinatang
itu bekerja sesuai dengan keahliannya masing-masing. Di kampung
itu mereka saling bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan.
Pada suatu hari ada seekor jerapah yang tengah mencari pekerjaan. Sang
Jerapah itu bernama Jiji. Dia ingin segera mendapat pekerjaan. Pekerjaan apa
saja yang penting tidak merugikan orang lain.
Masalahnya, Jiji terlalu tinggi untuk melakukan pekerjaan yang ditawarkan
padanya.
Jiji terlalu tinggi untuk menjadi kondektur bus. Ketika berdiri di dalam bus,
ia harus menekuk leher dan itu membuat lehernya nyeri. Ia juga terlalu tinggi
untuk menjadi sopir truk. Lehernya terlalu panjang di ruang kemudi. Saat ia
tekuk, hidungnya menyentuh kemudi truk.
“Hm, sepertinya, aku hanya cocok untuk melakukan pekerjaan di luar
ruangan. Ya, ya, “gumam Jiji pada suatu pagi, sambil matanya menerawang
memperhatikan sekitarnya.
Jiji mendatangi sebuah rumah. Ia menemui seekor tikus. Si tikus itu bernama
Kus. Si tikus tengah mengecat rumah itu. Kus berdiri di sebuah tangga pendek
sambil tangannya memegang kaleng cat. Kus kelihatan berat mengecat di situ.
“Halo, teman!” Sapa Jiji.
“Hai,” sahut Kus Tikus. Lalu, dari mulut keluar keluhan, “oh!”
“Ada apa?” Tanya Jiji.
“Tangga ini terlalu pendek. Aku jadi tidak bisa mencapai langit-langit,” ucap
Kus. “Ah andai saja aku punya teman kerja yang tinggi sepertimu! Ia pasti dapat
membantuku.”
“Aku bisa membantumu,” Jiji menawarkan diri. “Kau bisa menggunakan aku
sebagai tangga.”
“Sungguh?”
“Ya,” jawab Jiji yakin.
“Terima kasih, teman.”
Dengan gembira Kus Tikus naik ke leher sang Jerapah. Kemudian, dia
memegang kaleng cat dengan mulutnya. Dia merasa nyaman menempel
di leher sang jerapah. Dengan mudah si tikus menjangkau tempat-tempat
yang sulit. Si tikus mengecat langit-langit. Pekerjaan mereka sangat rapi. Pak
Beruang, sang pemilik rumah, sangat suka. Lalu, ia memberi ongkos lebih untuk
Kus Tikus dan Jiji Jerapah.
“Hore!” Seru Jiji senang. “Aku mendapat gaji pertamaku”
“Eh, teman, bagaimana kalau mulai saat ini kita bekerja sama? Daripada aku membeli tangga yang lebih tinggi lebih baik aku menggunakanmu saja
sebagai tangga. Bagaimana?” usul Kus.
“Ya,ya, aku mau,” sahut Jiji gembira.
Akhirnya, mulai saat itu Jiji dan Kus bekerja sama sebagai tukang cat di
kampung tersebut. Mereka tidak pernah kehabisan pekerjaan. Di kampungkampung
lain pun mereka banyak ditawari pekerjaan. Di mana pun mereka
bekerja dengan baik. Pekerjaan mereka selalu rapi dan memuaskan sehingga
banyak yang menggunakan jasa mereka. Hati mereka senang dan gembira.
Sumber “Kumpulan Cerita Binatang” (2013)
Sebelum menyusun teks dengan menggunakan kata-kata sendiri, kamu dapat
menemukan topik pada setiap bagian struktur teks “Jiji Jerapah dan Kus Tikus”
tersebut. Untuk itu, kerjakanlah tugas-tugas berikut!
1. Susun kembali teks itu dengan menyebutkan topik-topik pada struktur teks cerita
fabel tentang “Jiji Jerapah dan Kus Tikus”. Untuk memudahkanmu, masukkan
topik-topik teks itu ke dalam struktur teks cerita fabel, seperti contoh topik nomor
1 untuk teks orientasi, topik nomor 2 untuk struktur teks komplikasi, dan topik
nomor 3 untuk struktur teks resolusi. Coba kamu lengkapi tabel di bawah ini!
...
2. Pada tugas ini kamu diminta mengisi tabel berikut. Kamu dapat menggunakan
tugas pada butir 1) sebagai pedoman untuk menyusun teks baru dengan isi yang
sama. Urutkan strukturnya sesuai dengan struktur teks cerita fabel. Kamu juga boleh
membuat judul baru sesuai dengan keinginanmu. Kemudian, coba bandingkan teks
yang telah kamu susun itu dengan teks aslinya.
Persahabatan yang Saling Menguntungkan
(Judul, kamu yang menentukan)
Di sebuah desa hiduplah sebuah jerapah. ________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
______________________________________________________________
Akhirnya, mereka selalu bekerja sama. Banyak sekali pekerjaan menunggu
tenaga mereka. Mereka senang karena selalu mendapat permintaan yang
banyak. Hal itulah yang membuat mereka bahagia. Selain bisa membantu
yang lain, mereka juga bisa mengumpulkan uang yang banyak untuk
ditabung.
3. Meringkas teks cerita fabel
Untuk menyusun teks kembali dalam sebuah ringkasan, kamu dapat menggunakan
teknik yang hampir sama dengan mengambil informasi penting pada tugas butir 1).
Susunlah topik-topik itu dengan mengambil informasi yang penting saja. Ringkaslah
teks “Jiji Jerapah dan Kus Tikus” menjadi 3—4 paragraf pendek. Jika kamu memiliki
teks fabel yang lain, yang menurutmu lebih menarik, kamu dapat menggunakan teks
cerita itu sebagai alternatif latihan itu. Setelah selesai, diskusikan ringkasanmu dengan
guru dan teman. Diskusi itu dapat dipandu dengan beberapa contoh pertanyaan sebagai berikut.
1) Apakah ringkasanmu lebih pendek daripada teks aslinya?
2) Apakah struktur teks tersebut masih dipertahankan sebagaimana teks aslinya?
3) Apakah unsur kebahasaan yang mencirikan cerita fabel masih ada dalam
ringkasanmu?
4) Apakah ada ada tambahan informasi dalam ringkasan itu?
5) Apakah paragraf yang disusun mewakili informasi penting yang harus muncul?


buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VIII SMP

No comments:

Post a Comment