Bab V Mengulas Berbagai Karya Sastra

Bab V Mengulas Berbagai
Karya Sastra


Membangun Konteks
Surat Kecil untuk Tuhan
Karya Agnes Devonar
Tuhan . . .
Andai aku bisa kembali
Aku tidak ingin ada tangisan di dunia ini
Tuhan . . .
Andai aku bisa kembali
Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku terjadi pada orang lain
Tuhan . . .
Bolehkah aku menulis surat kecil untuk-Mu
Tuhan . . .
Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu
Tuhan . . .
Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku
Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya
Tuhan . . .
Izinkanlah rambutku kembali tumbuh agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya
Tuhan . . .
Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi
Agar aku bisa memberikan kebahagiaan kepada ayah dan sahabat-sahabatku
Tuhan . . .
Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa
Agar aku bisa memberikan arti hidup kepada siapapun yang mengenalku
Tuhan . . .
Surat kecilku ini
Adalah surat terakhir dalam hidupku
Andai aku bisa kembali . . .
Ke dunia yang Kau berikan padaku
Sumber: Davonar, Agnes. 2008. Surat Kecil untuk Tuhan. Jakarta: Inandra Published
Baca dan amati puisi itu. Apa pesan dari puisi itu? Diskusikan tema dan amanat
puisi itu bersama teman-temanmu. Puisi itu diambil dari novel Surat Kecil untuk
Tuhan karya Agnes Davonar. Puisi itu menggambarkan harapan penderita kanker
ganas untuk bisa berumur panjang sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat
sekitarnya. Puisi itu mengajarkan kehidupan di ujung pengharapan. Walaupun pada
akhirnya menyerah, tokoh utama dalam novel itu tidak kalah karena penyakit itu. Ia
pun menuliskan surat terakhirnya kepada Tuhan yang diberi judul Surat Kecil untuk
Tuhan.
Setelah memahami dan menghayati puisi itu, alangkah naifnya jika seseorang diberi
kesehatan dan pancaindera yang masih berfungsi dengan baik tidak mau berterima
kasih dan bersyukur kepada Tuhan. Untuk itu, kamu harus menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana
menyajikan informasi lisan dan tulis. Dengan puisi itu, kamu bisa belajar pengalaman
hidup orang lain. Dengan mengamati dan menghayati puisi itu, kamu diharapkan
memiliki perilaku jujur dan percaya diri dalam mengungkapkan kembali peristiwa
hidup diri sendiri dan orang lain.
Tahukah kamu bahwa karya sastra berkaitan erat dengan kehidupan manusia?
Karya sastra menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam perjalanan budaya dan
peradaban manusia. Karya sastra memberi kesadaran kepada pembacanya tentang
kebenaran-kebenaran hidup ini. Dari karya sastra kita dapat memperoleh pengetahuan
dan pemahaman yang mendalam tentang manusia, dunia, dan kehidupan.
Sastra dan manusia serta kehidupannya menjadi persoalan yang penting dan
menarik untuk dibahas dan diulas secara menyeluruh. Sastra berisi manusia dan
kehidupannya. Manusia dan kehidupannya mempunyai hubungan yang erat dengan
kehidupan sastra. Manusia menghidupi sastra dan kehidupan sastra adalah kehidupan
manusia.
Di dalam Bab V ini kamu diajak mempelajari teks ulasan tentang berbagai karya
sastra, termasuk di dalamnya, cerpen, novel, dan puisi. Untuk itu, kamu diminta untuk
mengamati, menganalis, dan mengidentifikasi berbagai karya sastra. Kemudian, kamu
diharapkan dapat mengulas beberapa cerpen dan novel dalam bentuk teks ulasan.


buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas VIII SMP

No comments:

Post a Comment