RPP KURIKULUM 2013 TERBARU SMA/ SMK (BAB 3 KD 3.4 DAN 4.4 KELAS XI)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : XI/1
Materi Pokok               : Teks Cerita ulang
Tema/ topik                   : Membangkitkan Ingatan tentang Tokoh Dunia
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                       
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, cerita ulang, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.3.1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
Indikator
2.4.1.                                 Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3.4. Mengidentifikasi teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan
       Indikator
3.4.1.                 Mengungkapkankembali langkah-langkah mengidentifikasi teks cerita ulang
3.4.2.                 Mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan
  Indikator
4.4.1.                 Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang
4.4.2.  Mengabstraksi teks cerita ulang


C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia dengan materi pokok teks cerita ulang ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                           Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.                           Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengidentifikasi teks cerita ulang
4.    Mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang
5.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang
6.                            Mengabstraksi teks cerita ulang

D.       Materi Pembelajaran    
1.       Contoh teks cerita ulang
Soekarno: Bapak Bangsa Indonesia
Soekarno, yang akrab dipanggil Bung Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat, Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu
Rai. Sebagai anak priyayi yang memang pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi
dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai orator ulung ini memuatkan ide-ide
politiknya di media massa dalam artikel yang berjudul “Nasionalisme, Islam dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya sepanjang kariernya… .

Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasi dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/cerita ulang-politisi-blusukan-banjir/)
2.       Langkah-langkah mengidentifikasi teks cerita ulang
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
3.       Langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi teks

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks cerita ulang  (lisan)


G.    Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  














































Kegiatan Penutup:

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks cerita ulang yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks cerita ulang
2.      Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati serta membaca contoh teks cerita ulang “ Soekarno: bapak bangsa Indonesia”pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013.  
3.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar cerita ulang yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
5.       Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi identifikasi teks cerita ulang serta abstraksi teks cerita ulang untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh cerita ulang lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
7.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi identifikasi teks cerita ulang serta abstraksi makna teks cerita ulang.
8.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
9.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai identifikasi teks cerita ulang, serta abstraksi teks cerita ulang
11.  Peserta didik diarahkan untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai identifikasi teks cerita ulang serta hasil abstraksi teks cerita ulang.

1.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
2.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








130 menit















































30 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.   Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Santun









Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

4
1.
Religius
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;




2.
Santun
Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
a.    Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
b.   Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
c.    Meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
d.      Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
e.      Menghormati orang yang lebih tua.





Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :







2.      Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis)  (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah identifikasi karakteristik teks cerita ulang
Tes tertulis (kuis)
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang!
  1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang
Tes tertulis (kuis)
Isian
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang!
Jawaban
1.    Langkah-langkah mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
    1. Langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi teks
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  50
Peserta didik menjawab tidak lengkap
  30
Peserta didik menjawab salah
  10
Peserta didik tidak menjawab
    0
















2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks cerita ulang terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks cerita ulang
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa teks cerita ulang
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks cerita ulang?


2.
Ketepatan abstraksi teks cerita ulang
Sudah tepatkah abstraksi teks cerita ulang tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi teks cerita ulang sesuai kaidah dan EYD?


                 





               Mengetahui,                                                                          Wonogiri, 14 Juli 2014
             Kepala sekolah                                     WKS 1                                Guru Mapel Bahasa Indonesia











Lampiran 1 Lembar Pengamatan

PENGAMATAN SIKAP

Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Santun
TP
K
SR
SL
TP
K
SR
SL
1.









2.









3.









4.









5.

















































No comments:

Post a Comment