RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok
: Teks Cerita ulang
Tema/ topik :
Membangkitkan Ingatan tentang Tokoh Dunia
Jumlah Pertemuan
: 1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.3.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar,
dan menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, cerita ulang, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.4.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
Indikator
2.4.1.
Menunjukkan sikap dan bahasa
santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3.4. Mengidentifikasi teks cerita ulang baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkankembali langkah-langkah
mengidentifikasi teks cerita ulang
3.4.2.
Mengidentifikasi
karakteristik teks cerita ulang dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengabstraksi teks cerita ulang
4.4.2. Mengabstraksi
teks cerita ulang
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran membangkitkan ingatan tentang
tokoh dunia dengan materi pokok teks
cerita ulang ini siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2.
Menunjukkan sikap dan bahasa
santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengidentifikasi teks cerita ulang
4. Mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang
5.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks
cerita ulang
6.
Mengabstraksi teks cerita ulang
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks cerita ulang
Soekarno:
Bapak Bangsa Indonesia
Soekarno, yang akrab dipanggil Bung
Karno, lahir di Blitar pada 6 Juni 1901. Dia anak seorang guru sekolah rakyat,
Raden Soekami dan wanita Bali berdarah bangsawan, Ida Ayu
Rai. Sebagai anak priyayi yang memang
pandai, Soekarno bisa mengecap pendidikan tinggi
dan lulus dari Sekolah Teknik Tinggi di
Bandung (kini ITB) pada 1925. Sebagai mahasiswa teknik, Soekarno terbilang
pandai. Akan tetapi, ide-ide nasionalisme rupanya telah membuat dirinya
terpikat. Tiga bulan setelah lulus, pada 1926, lelaki yang dikenal sebagai
orator ulung ini memuatkan ide-ide
politiknya di media massa dalam artikel
yang berjudul “Nasionalisme, Islam dan Marxisme”. Tulisan ini sangat menekankan
ide persatuan antarkelompok yang kemudian menandai pemikiran politiknya
sepanjang kariernya… .
Buku pegangan
siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasi
dari http://arje.blog.esaunggul.ac.id/cerita ulang-politisi-blusukan-banjir/)
2.
Langkah-langkah
mengidentifikasi teks cerita ulang
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
identifikasi karakteristik teks
3.
Langkah-langkah
mengabstraksi teks cerita ulang
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami
inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks cerita ulang (lisan)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks cerita ulang yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks cerita ulang
2.
Peserta
didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati
serta membaca contoh teks cerita
ulang “ Soekarno: bapak bangsa Indonesia”pada buku pegangan siswa bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan tahun 2013.
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar cerita
ulang yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
5.
Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) dengan
cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi identifikasi teks cerita ulang serta abstraksi teks cerita
ulang untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh cerita ulang lain sebagai
bahan untuk dieksplorasi.
7.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi identifikasi
teks cerita ulang serta abstraksi makna teks cerita ulang.
8.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan
data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu
kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
9.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama
melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara
cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai identifikasi teks cerita ulang, serta abstraksi teks cerita
ulang
11. Peserta
didik diarahkan untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai identifikasi teks
cerita ulang serta hasil abstraksi teks cerita ulang.
1.
Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
3.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Santun
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Religius
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
||||
2.
|
Santun
|
Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi
lisan dalam pembelajaran
a.
Mengucapkan terima
kasih setelah menerima bantuan orang lain
b.
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa)
c.
Meminta izin ketika akan
memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
d.
Memperlakukan orang
lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
e.
Menghormati orang
yang lebih tua.
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah identifikasi
karakteristik teks cerita ulang
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
mengidentifikasi karakteristik teks cerita ulang:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
- Langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang:
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi
teks
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
10
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks cerita
ulang terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks cerita ulang
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks cerita
ulang
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks cerita ulang?
|
||
2.
|
Ketepatan abstraksi teks cerita ulang
|
Sudah tepatkah abstraksi teks cerita ulang tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks cerita
ulang sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, 14 Juli 2014
Kepala sekolah
WKS 1 Guru
Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Santun
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
No comments:
Post a Comment