RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok :
Teks Film/ drama
Tema/ topik :
Mengulas secara kritis film/ drama
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
Indikator
1.1.1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.1
Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri,
imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
Indikator
2.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
|
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks film/ drama baik
melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1. Mengungkapkan
kembali struktur teks film/ drama
3.1.2.
Mengungkapkan kembali kaidah teks film/ drama
4.1. Menginterpretasi makna teks film/ drama baik
secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.1.1.
Menginterpretasi makna teks film/ drama
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan
pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Mengulas
secara kritis film/ drama dengan materi
pokok teks film/ drama ini siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali struktur teks film/ drama
4.
Mengungkapkan kembali kaidah teks
film/ drama
5.
Menginterpretasi makna teks film/ drama
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks film/ drama
a. Tulis
DOMPET?
Drama kali ini mengisahkan
sebuah kejadian dimana seorang pelajar menemukan sebuah barang dimana isinya
berupa sejumlah uang. Langsung saja, berikut alur skenario drama tersebut.
Skenario Drama
1. Tema Drama : Nilai Kejujuran
2. Ritma Cerita Drama:
I) Exposisi
Jony
Johan
Lukman
Wati
Nia
Rony
II) Permasalahan
Jony secara tidak sengaja menjumpai sebuah dompet yang terjatuh dihalaman sekolah
III) Komplikasi
Johan mencoba merayu Jony supaya tidak mengembalikan dompet yang ditemukannya kepada pemiliknya.
IV) Catatan I
Jony dan Johan kepergok oleh Lukman sedang berbagi duit yang bukan hak mereka
V) Catatan II
Lukman mencoba menyadarkan Jony dan Johan supaya tidak mengambil hak orang lain dan lekas mengembaklikan barang (dompet) yang ditemukannya.
VI) Kesimpulan
Jony dan Johan lantas pergi untuk mengembalikan dompet tersebut kepada sepemilik
3. Karakter
a. Protagonis (baik) : Jony
b. Antagonis (jahat) : Johan
c. Tritagonis : Lukman
d. Figuran :
Rony
Wati
Nia
4. Latar
a. Tempat
Dihalaman sekolah
b. Waktu/kejadian
siang hari
c. Sosial
Johan merasa seperti hendak buang air kecil, lalu dia buang air tidak pada tempatnya, dibawah sebuah pohon dihalaman sekolah.
Naskah Drama
Sejumlah siwa keluar dari ruang kelas untuk pulang.
Jony dan Johan lantas pulang kerumah masing-masing dimana meraka adalah tetangga. hafis tidak kuat untuk menahan rasa ingin buang air kecil lantas dia buang air kecil dihalaman sekolah dimana disitu ada sebuah pohon besar.
Johan : Jon aku buang air dulu ok, sudah kebelet banget nih!
Jony : Ya udah. Cepetan buruan. Nanti bisa telat nyampe rumah!
Johan : Ok, nggak lama kok.
Kemduian Jony melihat sesuatu dibawah pohon besar didekat halaman.
Jony : Apa sih itu? Kayaknya bukan barang berharga?!
Tidak lama kemudian Johan menyusul Jony!
Johan : Apa itu? Dompet. Dompet siapaemang? Dimana kamu jumpa? Kapan kamu jumpa? Jangan-jangan kamu nggak bener nih?!
Jony : Ngaco ah kamu. Nanya yang bener dong. Aku nemu dompet ini, nggak tau siap pemiliknya orang belum ku buka.
Johan : Ya udah cepetan dibuka!
Jony : Ya deh!
Jony dan Johan : Wow.. Banyak amat duitnya!
Jony : Ada kartu identitasnya!
Johan : Bener, sepertinya KTP pemilik nih dompet.
Jony : Rumah nih orang deket kok, balikin yuk!
Johan : Ngapain juga mesti dibalikin orang kita nemu. Udah deh, mending kita bagi aja tuh uang.
Jony : Nggak mau ah, dosa tau.
Johan : Ya siapa suruh dia jatuhin tuh dompet
Jony : Kalo kamu maksa, ya udah yuk kita bagi dua.
Lalu mereka berdua pulang. Selang 2 jam kemudian Johan main kerumah Jony guna mengajak Jony bermain.
Johan : Jony, Jony yuk pergi main!
Nia : Eh kami Johan! Silahkan masuk! Jony lagi disuruh mamanya ngerjain pr dulu baru boleh main!
Johan : Ok kak, Makasih.
Nia : Johan mau minum apa? Kakak buatkan!
Johan : Nggak perlu kak, nggak usah.
Nia : Nggak boleh gitu dong Han. Ayo mau minum apa?
Johan : Seadanya aja lah kak!
Nia : Tunggu sebentar ya
Lantas munculah mama Jony.
Wati : Eh nak Johan, udah lama?
Johan : baru aja tante. Tante apa kabar?
Wati : Baik. Mau ngajak Jony bermain ya?
Johan : Iya tan. Tante Johan boleh nanya nggak?
Wati : Tentu. Mau nanya apaan?
Johan : Kok Jony ngerjain pr nya sekarang sih tante. Kan nanti malam juga bisa!
Wati : Kalau nanti malam biasanya Jony cepetan boboknya
Johan : Gitu ya tante. Ya udah deh Johan tungguin aja
Wati : Iya, ditunggu aja, bentar lagi juga udah selesai kok.
Nia : Ini minumnya Han. Lekas diminum.
Johan : Iya kak, makasih.
Nia : Mam, kan sekarang ada jadwal arisan?
Wati : Ye elah, mama lupa. Ya udah deh lekas berangkat. Jon, mama pergi dulu ya.
Jony : Ya mam
Tidak ama kemudian
Johan : Jony kok lama amat ya, padahal kalau akau cepet banget ngerjain pr gituan doang
Jony : Sorry Han, lama nunggu ya?
Johan : Iya, udah lama nih, dari tadi nungguin kamu.
Mereke berdua lantas duduk didepan rumah dan sedang membagi-bagikan uang hasil penemuan dompet dihalam sekolah tadi siang.
Johan : Cepat, kok lama banget!
Jony : Duitnya ada 200 ribu. Kamu 100 ribu, aku 100 ribu.
Tidak lama berselang Lukman datang kerumah Jony. (teman dekat kakaknya Jony)
Lukman : Hi Jony/Johan. Lagi pada ngapain? Biasanya kalian main diluar, tumben pada nongol disini. Han/Jon apa itu? Uang siapa kok banyak?
Johan : Ya uang kita dong kak, masa uang orang kita bawa.
Lukman : Ah, nggak mungkin. Kalian kan masih kanak-kanak, masak punya uang sebanyak itu. Aku tanta kak Nia Ya.
Jony : Sebenarnya ini bukan duit kita Mas, kita nemu dijalan.
Lukman : Kok nggak dibalikin?
Jony : Aku udah mikir gitu Mas, tapi Johan yang ngotot ngajak ngebagi uang ini.
Lukman : Coba Mas liat alamat pemiliknya
Jony : Tadi maksud Jony mau balikin ke pemiliknya mas. Tapi Johan melarang.
Lukman : Nggak boleh gitu dong dik, itu namnya merampas hak orang lain sekalipun kalian nemu, karena yang bersangkutan kan membutuhkannya.
Jony : Aku udah bilang ke Johan, tapi dianya masih ngotot
Lukman : Ya udah deh, mendingan kalian balikin sekarang ke pemiliknya.
Johan : maaf mas, aku emang salah.
Jony : Ayo kita balikik dompet ini!
Mereka berdua lantas pergi kerumah pemilik dompet tersebut dengan maksud untuk mengembalikannya.
Johan : Selamat sore..
Rony : Sore.. Siapa?
Johan : Maaf, ini betul rumahnya Rony?
Rony : Betul, ada yang bisa dibantu? Kalian siapa ya?
Jony : Kami berdua datang kesini dengan tujuan untuk mengembalikan dompet yang tadi siang kami temukan dihalaman sekolah.
Rony : Nemu dompet? Sebentar ya, saya lihat dulu. Silahkan masuk!
Rony masuk ke kamar dan mengecek dompet tesebut, sementara Jony dan Johan masih berada diruang tamu.
Rony : Benar, ini memang dompet saya. Terimakasih banyak ya sudah mau mengembalikan dompet saya yang kalian temuakan. Kalian baik sekali
Johan : Itu memang sudah menjadi kewajiban kami untuk mengembalikan sesuatu yang menjadi hak orang lain.
Jony : Benar
Rony : Duuh.. terimakasih banyak ya
Jony dan Johan : Sama-sama!
Skenario Drama
1. Tema Drama : Nilai Kejujuran
2. Ritma Cerita Drama:
I) Exposisi
Jony
Johan
Lukman
Wati
Nia
Rony
II) Permasalahan
Jony secara tidak sengaja menjumpai sebuah dompet yang terjatuh dihalaman sekolah
III) Komplikasi
Johan mencoba merayu Jony supaya tidak mengembalikan dompet yang ditemukannya kepada pemiliknya.
IV) Catatan I
Jony dan Johan kepergok oleh Lukman sedang berbagi duit yang bukan hak mereka
V) Catatan II
Lukman mencoba menyadarkan Jony dan Johan supaya tidak mengambil hak orang lain dan lekas mengembaklikan barang (dompet) yang ditemukannya.
VI) Kesimpulan
Jony dan Johan lantas pergi untuk mengembalikan dompet tersebut kepada sepemilik
3. Karakter
a. Protagonis (baik) : Jony
b. Antagonis (jahat) : Johan
c. Tritagonis : Lukman
d. Figuran :
Rony
Wati
Nia
4. Latar
a. Tempat
Dihalaman sekolah
b. Waktu/kejadian
siang hari
c. Sosial
Johan merasa seperti hendak buang air kecil, lalu dia buang air tidak pada tempatnya, dibawah sebuah pohon dihalaman sekolah.
Naskah Drama
Sejumlah siwa keluar dari ruang kelas untuk pulang.
Jony dan Johan lantas pulang kerumah masing-masing dimana meraka adalah tetangga. hafis tidak kuat untuk menahan rasa ingin buang air kecil lantas dia buang air kecil dihalaman sekolah dimana disitu ada sebuah pohon besar.
Johan : Jon aku buang air dulu ok, sudah kebelet banget nih!
Jony : Ya udah. Cepetan buruan. Nanti bisa telat nyampe rumah!
Johan : Ok, nggak lama kok.
Kemduian Jony melihat sesuatu dibawah pohon besar didekat halaman.
Jony : Apa sih itu? Kayaknya bukan barang berharga?!
Tidak lama kemudian Johan menyusul Jony!
Johan : Apa itu? Dompet. Dompet siapaemang? Dimana kamu jumpa? Kapan kamu jumpa? Jangan-jangan kamu nggak bener nih?!
Jony : Ngaco ah kamu. Nanya yang bener dong. Aku nemu dompet ini, nggak tau siap pemiliknya orang belum ku buka.
Johan : Ya udah cepetan dibuka!
Jony : Ya deh!
Jony dan Johan : Wow.. Banyak amat duitnya!
Jony : Ada kartu identitasnya!
Johan : Bener, sepertinya KTP pemilik nih dompet.
Jony : Rumah nih orang deket kok, balikin yuk!
Johan : Ngapain juga mesti dibalikin orang kita nemu. Udah deh, mending kita bagi aja tuh uang.
Jony : Nggak mau ah, dosa tau.
Johan : Ya siapa suruh dia jatuhin tuh dompet
Jony : Kalo kamu maksa, ya udah yuk kita bagi dua.
Lalu mereka berdua pulang. Selang 2 jam kemudian Johan main kerumah Jony guna mengajak Jony bermain.
Johan : Jony, Jony yuk pergi main!
Nia : Eh kami Johan! Silahkan masuk! Jony lagi disuruh mamanya ngerjain pr dulu baru boleh main!
Johan : Ok kak, Makasih.
Nia : Johan mau minum apa? Kakak buatkan!
Johan : Nggak perlu kak, nggak usah.
Nia : Nggak boleh gitu dong Han. Ayo mau minum apa?
Johan : Seadanya aja lah kak!
Nia : Tunggu sebentar ya
Lantas munculah mama Jony.
Wati : Eh nak Johan, udah lama?
Johan : baru aja tante. Tante apa kabar?
Wati : Baik. Mau ngajak Jony bermain ya?
Johan : Iya tan. Tante Johan boleh nanya nggak?
Wati : Tentu. Mau nanya apaan?
Johan : Kok Jony ngerjain pr nya sekarang sih tante. Kan nanti malam juga bisa!
Wati : Kalau nanti malam biasanya Jony cepetan boboknya
Johan : Gitu ya tante. Ya udah deh Johan tungguin aja
Wati : Iya, ditunggu aja, bentar lagi juga udah selesai kok.
Nia : Ini minumnya Han. Lekas diminum.
Johan : Iya kak, makasih.
Nia : Mam, kan sekarang ada jadwal arisan?
Wati : Ye elah, mama lupa. Ya udah deh lekas berangkat. Jon, mama pergi dulu ya.
Jony : Ya mam
Tidak ama kemudian
Johan : Jony kok lama amat ya, padahal kalau akau cepet banget ngerjain pr gituan doang
Jony : Sorry Han, lama nunggu ya?
Johan : Iya, udah lama nih, dari tadi nungguin kamu.
Mereke berdua lantas duduk didepan rumah dan sedang membagi-bagikan uang hasil penemuan dompet dihalam sekolah tadi siang.
Johan : Cepat, kok lama banget!
Jony : Duitnya ada 200 ribu. Kamu 100 ribu, aku 100 ribu.
Tidak lama berselang Lukman datang kerumah Jony. (teman dekat kakaknya Jony)
Lukman : Hi Jony/Johan. Lagi pada ngapain? Biasanya kalian main diluar, tumben pada nongol disini. Han/Jon apa itu? Uang siapa kok banyak?
Johan : Ya uang kita dong kak, masa uang orang kita bawa.
Lukman : Ah, nggak mungkin. Kalian kan masih kanak-kanak, masak punya uang sebanyak itu. Aku tanta kak Nia Ya.
Jony : Sebenarnya ini bukan duit kita Mas, kita nemu dijalan.
Lukman : Kok nggak dibalikin?
Jony : Aku udah mikir gitu Mas, tapi Johan yang ngotot ngajak ngebagi uang ini.
Lukman : Coba Mas liat alamat pemiliknya
Jony : Tadi maksud Jony mau balikin ke pemiliknya mas. Tapi Johan melarang.
Lukman : Nggak boleh gitu dong dik, itu namnya merampas hak orang lain sekalipun kalian nemu, karena yang bersangkutan kan membutuhkannya.
Jony : Aku udah bilang ke Johan, tapi dianya masih ngotot
Lukman : Ya udah deh, mendingan kalian balikin sekarang ke pemiliknya.
Johan : maaf mas, aku emang salah.
Jony : Ayo kita balikik dompet ini!
Mereka berdua lantas pergi kerumah pemilik dompet tersebut dengan maksud untuk mengembalikannya.
Johan : Selamat sore..
Rony : Sore.. Siapa?
Johan : Maaf, ini betul rumahnya Rony?
Rony : Betul, ada yang bisa dibantu? Kalian siapa ya?
Jony : Kami berdua datang kesini dengan tujuan untuk mengembalikan dompet yang tadi siang kami temukan dihalaman sekolah.
Rony : Nemu dompet? Sebentar ya, saya lihat dulu. Silahkan masuk!
Rony masuk ke kamar dan mengecek dompet tesebut, sementara Jony dan Johan masih berada diruang tamu.
Rony : Benar, ini memang dompet saya. Terimakasih banyak ya sudah mau mengembalikan dompet saya yang kalian temuakan. Kalian baik sekali
Johan : Itu memang sudah menjadi kewajiban kami untuk mengembalikan sesuatu yang menjadi hak orang lain.
Jony : Benar
Rony : Duuh.. terimakasih banyak ya
Jony dan Johan : Sama-sama!
b. Lisan
Film/
drama Meraih hatimu https://www.youtube.com/watch?v=cOYoCy6nGQs
2. Struktur Lahir sebuah Naskah Drama
oleh: Alfanul Ulum F.S.
Struktur lahir dari sebuah naskah drama merupakan struktur atau susunan yang dapat dilihat secara langsung pada teks naskah drama. Struktur lahir tersebut merupakan salah satu ciri pembeda naskah drama dengan karya sastra jenis lainnya (puisi dan prosa). Meskipun begitu, struktur lahir naskah drama yang dijelaskan di sini bukanlah sebuah pakem atau ketentuan yang mutlak, namun hanya sebuah panduan untuk memahami bentuk dari naskah drama pada umumnya. Selain itu, juga untuk menambah wawasan bagi penulis pemula mengenai bentuk atau struktur lahir dari naskah drama.
Adapun bentuk atau struktur lahir dari naskah drama adalah sebagai berikut.
1. Judul
Judul merupakan gambaran lengkap dari permasalahan utama (tematik). Judul juga bisa menjadi sebuah ekpresi yang mewujud dalam metafora. Selain itu, judul juga bisa merupakan pengabadian nama dari tokoh utama ceritanya. Biasanya judul naskah drama dibuat semenarik mungkin sehingga mudah diingat dan menimbulkan rasa ingin.
Beberapa contoh dari judul naskah drama adalah "JPRET" (Putu Wijaya), "Sumur Tanpa Dasar" (Arifin C. Noer), "Sampek & Engtay" (N. Riantiarno), dan lain sebagainya.
2. Anotasi
Anotasi atau catatan atau kramagung adalah keterangan pengadeganan, setting, maupun lakuan dari tokoh dalam naskah drama. Sebaiknya anotasi itu singkat, padat, memandu, dan inspiratif. Hindari pula anotasi yang terlalu bertele-tele atau bersayap karena ini adalah panduan, bukan sebuah narasi seperti dalam cerpen atau novel. Anotasi yang terlalu lengkap juga bisa membatasi imajinasi dan daya kreasi dari kreator pertunjukan.
Contoh cuplikan dari anotasi antara lain sebagai berikut.
a. Anotasi pengadeganan dan setting dari naskah "Monumen" (Indra Tranggono)
...........
Panggung pertunjukan ini berbentuk procenium. Di bagian belakang tengah panggung, berdiri set monumen. Di depan set monumen itu menjuntai layar putih (yang bisa diangkat dan diturunkan sesuai kebutuhan). Di panggung bagian samping kanan dan kiri, terletak level yang posisi keduanya tidak harus simetris.
Di kain putih terpapar slide atau film dokumenter pidato Bung Tomo;
Disusul Slide/ film: adegan kolosal perjuangan rakyat/tentara rakyat. Poster-poster ”merdeka atau mati”
Disusul Slide/film: pembacaan teks pidato Bung Karno
Disusul Slide/film: adegan kolosal rapat raksasa merayakan kemerdekaan
Disusul Slide/film: keriuhan kota metropolitan
Lampu black out
..........
Struktur lahir dari sebuah naskah drama merupakan struktur atau susunan yang dapat dilihat secara langsung pada teks naskah drama. Struktur lahir tersebut merupakan salah satu ciri pembeda naskah drama dengan karya sastra jenis lainnya (puisi dan prosa). Meskipun begitu, struktur lahir naskah drama yang dijelaskan di sini bukanlah sebuah pakem atau ketentuan yang mutlak, namun hanya sebuah panduan untuk memahami bentuk dari naskah drama pada umumnya. Selain itu, juga untuk menambah wawasan bagi penulis pemula mengenai bentuk atau struktur lahir dari naskah drama.
Adapun bentuk atau struktur lahir dari naskah drama adalah sebagai berikut.
1. Judul
Judul merupakan gambaran lengkap dari permasalahan utama (tematik). Judul juga bisa menjadi sebuah ekpresi yang mewujud dalam metafora. Selain itu, judul juga bisa merupakan pengabadian nama dari tokoh utama ceritanya. Biasanya judul naskah drama dibuat semenarik mungkin sehingga mudah diingat dan menimbulkan rasa ingin.
Beberapa contoh dari judul naskah drama adalah "JPRET" (Putu Wijaya), "Sumur Tanpa Dasar" (Arifin C. Noer), "Sampek & Engtay" (N. Riantiarno), dan lain sebagainya.
2. Anotasi
Anotasi atau catatan atau kramagung adalah keterangan pengadeganan, setting, maupun lakuan dari tokoh dalam naskah drama. Sebaiknya anotasi itu singkat, padat, memandu, dan inspiratif. Hindari pula anotasi yang terlalu bertele-tele atau bersayap karena ini adalah panduan, bukan sebuah narasi seperti dalam cerpen atau novel. Anotasi yang terlalu lengkap juga bisa membatasi imajinasi dan daya kreasi dari kreator pertunjukan.
Contoh cuplikan dari anotasi antara lain sebagai berikut.
a. Anotasi pengadeganan dan setting dari naskah "Monumen" (Indra Tranggono)
...........
Panggung pertunjukan ini berbentuk procenium. Di bagian belakang tengah panggung, berdiri set monumen. Di depan set monumen itu menjuntai layar putih (yang bisa diangkat dan diturunkan sesuai kebutuhan). Di panggung bagian samping kanan dan kiri, terletak level yang posisi keduanya tidak harus simetris.
Di kain putih terpapar slide atau film dokumenter pidato Bung Tomo;
Disusul Slide/ film: adegan kolosal perjuangan rakyat/tentara rakyat. Poster-poster ”merdeka atau mati”
Disusul Slide/film: pembacaan teks pidato Bung Karno
Disusul Slide/film: adegan kolosal rapat raksasa merayakan kemerdekaan
Disusul Slide/film: keriuhan kota metropolitan
Lampu black out
..........
b. Anotasi lakuan tokoh dari naskah "Datang
dan Pergi" (Samuel Beckett)
Flo : Apa pendapatmu tentang Vi?
Ru : Kulihat sedikit berubah. (Flo bergeser menuju ke tengah tempat duduk, berbisik di telinga Ru. Terkejut) Oh!
(Mereka saling pandang, Flo menempelkan jari di bibirnya)
Ru : Dia tidak menyadari?.
Flo : Semoga tidak. (Vi masuk Flo dan Ru kembali menghadap depan mulai berlagak. Vi duduk di kanan. Sunyi.) hanya duduk-duduk seperti dulu kita lakukan. Di halaman bermain Miss Wade…
(kalimat dalam kurung di antara dialog tersebut
merupakan anotasi lakuan tokoh)
3.
Dialog
Dialog merupakan kata atau kalimat yang diucapkan oleh
tokoh dalam naskah drama. Dialog sendiri berarti percakapan antara dua orang
atau lebih. Tapi, pada naskah monolog percakapan tersebut dilakukan antara
tokoh dengan dirinya sendiri atau dengan penonton. Dialog dengan dirinya
sendiri tersebut disebut solilokui.
Apakah semua naskah drama harus ada dialognya? Tidak. "Laku Tanpa Kata" (Samuel Beckett) merupakan naskah drama yang hanya terdiri dari anotasi-anotasi saja.
Dialog juga sering disebut dengan line atau wawancang.
4. Pembagian Babak dan Adegan
Babak merupakan permasalah besar yang menjadi pembentuk cerita dari naskah drama. Babak sendiri merupakan kumpulan dari adegan-adegan yang menjadi bagian dari sebuah cerita. Sementara adegan adalah peristiwa-peristiwa kecil yang terikat pada babak.
Disarikan dari:
"Kitab Teater" karya Nano Riantiarno.
Apakah semua naskah drama harus ada dialognya? Tidak. "Laku Tanpa Kata" (Samuel Beckett) merupakan naskah drama yang hanya terdiri dari anotasi-anotasi saja.
Dialog juga sering disebut dengan line atau wawancang.
4. Pembagian Babak dan Adegan
Babak merupakan permasalah besar yang menjadi pembentuk cerita dari naskah drama. Babak sendiri merupakan kumpulan dari adegan-adegan yang menjadi bagian dari sebuah cerita. Sementara adegan adalah peristiwa-peristiwa kecil yang terikat pada babak.
Disarikan dari:
"Kitab Teater" karya Nano Riantiarno.
Kaidah:
Bahasa
yang digunakan adalah bahasa percakapan sehari-hari
Tidak
harus menggunakan bahasa baku
Harus
terlihat nyata sesuai kehidupan sehari-hari
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery
Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks film/ drama (lisan maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks film/ drama yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks film/ drama
2. Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan
cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks film/ drama “Dompet
” http://www.teksdrama.com/2012/09/Contoh-Naskah-Drama-6-Orang.html#ixzz3An9ZDslR
dan film/ drama lisan “Meraih
Hatimu”https://www.youtube.com/watch?v=cOYoCy6nGQs
3. Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal
seputar film/ drama yang dikaitkan
dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
5.
Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) dengan
cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks film/ drama serta interpretasi makna teks film/ drama untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6. Peserta didik diberi kesempatan
untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan
informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau
tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh film/ drama lain
sebagai bahan untuk dieksplorasi.
7.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
struktur dan kaidah teks film/ drama serta interpretasi makna teks film/ drama .
8.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks
film/ drama yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data
processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan,
didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui
presentasi.
9.
Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut
sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification
(pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan
kehidupan sehari-hari
10. Dengan tanya jawab guru mengarahkan
peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks film/ drama , serta interpretasi
makna teks film/ drama
11.
Peserta didik
dipersilakan menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai
struktur dan kaidah teks film/ drama serta hasil interpretasi makna teks film/
drama .
1.
Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
3.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.Pengamatan (sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Kisi-kisi penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
||||
2.
|
Tanggung
jawab
|
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan
diskusi
a. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
c.
tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengakui dan meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita
sendiri
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali struktur isi teks film/
drama
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali struktur isi teks film/ drama!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
2.Ungkapkan kembali kaidah bahasa teks film/ drama!
|
1. Struktur teks film/ drama:
Judul
Judul merupakan gambaran lengkap dari permasalahan utama (tematik). Judul juga bisa menjadi sebuah ekpresi yang mewujud dalam metafora. Selain itu, judul juga bisa merupakan pengabadian nama dari tokoh utama ceritanya. Biasanya judul naskah drama dibuat semenarik mungkin sehingga mudah diingat dan menimbulkan rasa ingin.
Beberapa contoh dari judul naskah drama adalah "JPRET" (Putu Wijaya), "Sumur Tanpa Dasar" (Arifin C. Noer), "Sampek & Engtay" (N. Riantiarno), dan lain sebagainya.
2. Anotasi
Anotasi atau catatan atau kramagung adalah keterangan pengadeganan, setting, maupun lakuan dari tokoh dalam naskah drama. Sebaiknya anotasi itu singkat, padat, memandu, dan inspiratif. Hindari pula anotasi yang terlalu bertele-tele atau bersayap karena ini adalah panduan, bukan sebuah narasi seperti dalam cerpen atau novel. Anotasi yang terlalu lengkap juga bisa membatasi imajinasi dan daya kreasi dari kreator pertunjukan.
Contoh cuplikan dari anotasi antara lain sebagai berikut.
a. Anotasi pengadeganan dan setting dari naskah "Monumen" (Indra Tranggono)
...........
Panggung pertunjukan ini berbentuk procenium. Di bagian belakang tengah panggung, berdiri set monumen. Di depan set monumen itu menjuntai layar putih (yang bisa diangkat dan diturunkan sesuai kebutuhan). Di panggung bagian samping kanan dan kiri, terletak level yang posisi keduanya tidak harus simetris.
Di kain putih terpapar slide atau film dokumenter pidato Bung Tomo;
Disusul Slide/ film: adegan kolosal perjuangan rakyat/tentara rakyat. Poster-poster ”merdeka atau mati”
Disusul Slide/film: pembacaan teks pidato Bung Karno
Disusul Slide/film: adegan kolosal rapat raksasa merayakan kemerdekaan
Disusul Slide/film: keriuhan kota metropolitan
Lampu black out
..........
Judul merupakan gambaran lengkap dari permasalahan utama (tematik). Judul juga bisa menjadi sebuah ekpresi yang mewujud dalam metafora. Selain itu, judul juga bisa merupakan pengabadian nama dari tokoh utama ceritanya. Biasanya judul naskah drama dibuat semenarik mungkin sehingga mudah diingat dan menimbulkan rasa ingin.
Beberapa contoh dari judul naskah drama adalah "JPRET" (Putu Wijaya), "Sumur Tanpa Dasar" (Arifin C. Noer), "Sampek & Engtay" (N. Riantiarno), dan lain sebagainya.
2. Anotasi
Anotasi atau catatan atau kramagung adalah keterangan pengadeganan, setting, maupun lakuan dari tokoh dalam naskah drama. Sebaiknya anotasi itu singkat, padat, memandu, dan inspiratif. Hindari pula anotasi yang terlalu bertele-tele atau bersayap karena ini adalah panduan, bukan sebuah narasi seperti dalam cerpen atau novel. Anotasi yang terlalu lengkap juga bisa membatasi imajinasi dan daya kreasi dari kreator pertunjukan.
Contoh cuplikan dari anotasi antara lain sebagai berikut.
a. Anotasi pengadeganan dan setting dari naskah "Monumen" (Indra Tranggono)
...........
Panggung pertunjukan ini berbentuk procenium. Di bagian belakang tengah panggung, berdiri set monumen. Di depan set monumen itu menjuntai layar putih (yang bisa diangkat dan diturunkan sesuai kebutuhan). Di panggung bagian samping kanan dan kiri, terletak level yang posisi keduanya tidak harus simetris.
Di kain putih terpapar slide atau film dokumenter pidato Bung Tomo;
Disusul Slide/ film: adegan kolosal perjuangan rakyat/tentara rakyat. Poster-poster ”merdeka atau mati”
Disusul Slide/film: pembacaan teks pidato Bung Karno
Disusul Slide/film: adegan kolosal rapat raksasa merayakan kemerdekaan
Disusul Slide/film: keriuhan kota metropolitan
Lampu black out
..........
b. Anotasi lakuan tokoh dari naskah "Datang
dan Pergi" (Samuel Beckett)
Flo : Apa pendapatmu
tentang Vi?
Ru : Kulihat sedikit berubah. (Flo bergeser menuju ke tengah tempat duduk, berbisik di telinga Ru. Terkejut) Oh!
(Mereka saling pandang, Flo menempelkan jari di bibirnya)
Ru : Dia tidak menyadari?.
Flo : Semoga tidak. (Vi masuk Flo dan Ru kembali menghadap depan mulai berlagak. Vi duduk di kanan. Sunyi.) hanya duduk-duduk seperti dulu kita lakukan. Di halaman bermain Miss Wade…
Ru : Kulihat sedikit berubah. (Flo bergeser menuju ke tengah tempat duduk, berbisik di telinga Ru. Terkejut) Oh!
(Mereka saling pandang, Flo menempelkan jari di bibirnya)
Ru : Dia tidak menyadari?.
Flo : Semoga tidak. (Vi masuk Flo dan Ru kembali menghadap depan mulai berlagak. Vi duduk di kanan. Sunyi.) hanya duduk-duduk seperti dulu kita lakukan. Di halaman bermain Miss Wade…
(kalimat dalam kurung di antara dialog tersebut
merupakan anotasi lakuan tokoh)
3. Dialog
Dialog merupakan kata atau kalimat yang
diucapkan oleh tokoh dalam naskah drama. Dialog sendiri berarti percakapan antara dua orang atau
lebih. Tapi, pada naskah monolog percakapan tersebut dilakukan antara tokoh
dengan dirinya sendiri atau dengan penonton. Dialog dengan dirinya sendiri
tersebut disebut solilokui.
Apakah semua naskah drama harus ada dialognya? Tidak. "Laku Tanpa Kata" (Samuel Beckett) merupakan naskah drama yang hanya terdiri dari anotasi-anotasi saja.
Dialog juga sering disebut dengan line atau wawancang.
4. Pembagian Babak dan Adegan
Babak merupakan permasalah besar yang menjadi pembentuk cerita dari naskah drama. Babak sendiri merupakan kumpulan dari adegan-adegan yang menjadi bagian dari sebuah cerita. Sementara adegan adalah peristiwa-peristiwa kecil yang terikat pada babak.
2. Kaidah kebahasaan film/ drama:
Apakah semua naskah drama harus ada dialognya? Tidak. "Laku Tanpa Kata" (Samuel Beckett) merupakan naskah drama yang hanya terdiri dari anotasi-anotasi saja.
Dialog juga sering disebut dengan line atau wawancang.
4. Pembagian Babak dan Adegan
Babak merupakan permasalah besar yang menjadi pembentuk cerita dari naskah drama. Babak sendiri merupakan kumpulan dari adegan-adegan yang menjadi bagian dari sebuah cerita. Sementara adegan adalah peristiwa-peristiwa kecil yang terikat pada babak.
2. Kaidah kebahasaan film/ drama:
Bahasa
yang digunakan adalah bahasa percakapan sehari-hari
Tidak
harus menggunakan bahasa baku
Harus
terlihat nyata sesuai kehidupan sehari-hari
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
20
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks film/ drama terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks film/ drama
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
film/ drama
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks film/ drama?
|
||
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks film/ drama sesuai
kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, 14 Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Tanggung jawab
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
No comments:
Post a Comment