RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok :
Teks eksplanasi
Tema/ topik :
Menjelaskan Sebab dan Akibat Peristiwa Alam
dan Sosial
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.3.Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, eksplanasi , eksplanasi, eksplanasi kompleks, dan film/drama
Indikator
1.3.1.Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.4.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan
bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas
Indikator
2.4.1.Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam
pembelajaran
3.5. Mengevaluasi
teks eksplanasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.5.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi eksplanasi
3.5.2.Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks eksplanasi dengan
cermat.
3.5.3.Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks eksplanasi dengan
cermat.
4.5. Mengonversi
teks eksplanasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.5.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi eksplanasi
4.5.2.Menulis ulang (mengonversi)
teks eksplanasi dalam bentuk uraian monolog
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Menjelaskan Sebab
dan Akibat Peristiwa Alam dan Sosial dengan materi pokok teks eksplanasi
ini
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi
kelebihan dan kekurangan teks eksplanasi
3. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks eksplanasi
4. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks eksplanasi
5. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks eksplanasi
6. Menulis
ulang teks eksplanasi dalam bentuk uraian monolog
D.
Materi Pembelajaran
1.
Contoh teks eksplanasi :
Bebas sesuai
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks eksplanasi
Membaca/
mengamati eksplanasi secara saksama
Memahami
struktur dan isi eksplanasi
Mengenali
bahasa yang digunakan dalam eksplanasi
Menentukan
kelebihan dan kekurangan eksplanasi
3.
Langkah-langkah mengonversi teks eksplanasi
Membaca/
mengamati eksplanasi secara saksama
Memahami
bentuk dan isi eksplanasi
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
Video eksplanasi (lisan, tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan
kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1. Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi teks eksplanasi
yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan
pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks eksplanasi
2. Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar)
dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks
eksplanasi secara bebas
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks eksplanasi yang telah diamati yang disesuaikan dengan
topik evaluasi dan konversi teks eksplanasi yang
disampaikan guru.
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
6.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks eksplanasi
.
7.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge
(pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai
topik bersama kelompoknya.
8.
Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok
lain merespon/ menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks eksplanasi dan
pemecahannya.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah eksplanasi ke
dalam bentuk lain.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi teks eksplanasi .
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
13. Guru
mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks eksplanasi dan
hasil konversi teks eksplanasi sesuai dengan hasil presentasi dan
pembahasan bersama.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah evaluasi eksplanasi
|
Tes
tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks eksplanasi !
|
2.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi eksplanasi
|
Tes
tertulis (kuis)
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks eksplanasi !
|
Jawaban
a.
Langkah-langkah mengevaluasi eksplanasi :
Membaca/ mengamati eksplanasi secara
saksama
Memahami struktur dan isi eksplanasi
Mengenali bahasa yang digunakan
dalam eksplanasi
Menentukan kelebihan dan kekurangan
eksplanasi
b.
Langkah-langkah mengonversi eksplanasi :
Membaca/ mengamati eksplanasi secara saksama
Memahami bentuk dan isi eksplanasi
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks eksplanasi terlampir (tayangan guru) kemudian tulis
ulanglah eksplanasi tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks eksplanasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa eksplanasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa eksplanasi ?
|
||
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks eksplanasi
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks eksplanasi tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
eksplanasi sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, 14 Juli 2014
Kepala
sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
|||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Peduli
|
Responsif
|
Santun
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||
No comments:
Post a Comment