RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X/2
Materi Pokok : Teks Film/ drama
Tema/ topik : Mengulas secara kritis film dan drama
Jumlah Pertemuan : 1 X
pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita pendek, film/ drama, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film/drama
Indikator
1.2.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan
proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
Indikator
2.2.1.
Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
|
3.2. Membandingkan teks film/ drama
baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks film/ drama
3.2.2.
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks film/
drama
dengan cermat.
4.2. Memproduksi teks film/ drama yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi
teks film/
drama
4.2.2.
Memproduksi teks film/
drama yang koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran mengulas secara kritis film/ drama
dengan materi pokok teks film/ drama ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku peduli dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks film/ drama
4.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks film/ drama
5.
Mengungkapkan langkah-langkah memproduksi teks
film/ drama
6.
Memproduksi teks film/
drama yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks film/ drama
- Tulis
DOMPET?
Drama kali ini mengisahkan
sebuah kejadian dimana seorang pelajar menemukan sebuah barang dimana isinya
berupa sejumlah uang. Langsung saja, berikut alur skenario drama tersebut.
Skenario Drama
1. Tema Drama : Nilai Kejujuran
2. Ritma Cerita Drama:
I) Exposisi
Jony
Johan
Lukman
Wati
Nia
Rony
II) Permasalahan
Jony secara tidak sengaja menjumpai sebuah dompet yang terjatuh dihalaman sekolah
III) Komplikasi
Johan mencoba merayu Jony supaya tidak mengembalikan dompet yang ditemukannya kepada pemiliknya.
IV) Catatan I
Jony dan Johan kepergok oleh Lukman sedang berbagi duit yang bukan hak mereka
V) Catatan II
Lukman mencoba menyadarkan Jony dan Johan supaya tidak mengambil hak orang lain dan lekas mengembaklikan barang (dompet) yang ditemukannya.
VI) Kesimpulan
Jony dan Johan lantas pergi untuk mengembalikan dompet tersebut kepada sepemilik
3. Karakter
a. Protagonis (baik) : Jony
b. Antagonis (jahat) : Johan
c. Tritagonis : Lukman
d. Figuran :
Rony
Wati
Nia
4. Latar
a. Tempat
Dihalaman sekolah
b. Waktu/kejadian
siang hari
c. Sosial
Johan merasa seperti hendak buang air kecil, lalu dia buang air tidak pada tempatnya, dibawah sebuah pohon dihalaman sekolah.
Naskah Drama
Sejumlah siwa keluar dari ruang kelas untuk pulang.
Jony dan Johan lantas pulang kerumah masing-masing dimana meraka adalah tetangga. hafis tidak kuat untuk menahan rasa ingin buang air kecil lantas dia buang air kecil dihalaman sekolah dimana disitu ada sebuah pohon besar.
Johan : Jon aku buang air dulu ok, sudah kebelet banget nih!
Jony : Ya udah. Cepetan buruan. Nanti bisa telat nyampe rumah!
Johan : Ok, nggak lama kok.
Kemduian Jony melihat sesuatu dibawah pohon besar didekat halaman.
Jony : Apa sih itu? Kayaknya bukan barang berharga?!
Tidak lama kemudian Johan menyusul Jony!
Johan : Apa itu? Dompet. Dompet siapaemang? Dimana kamu jumpa? Kapan kamu jumpa? Jangan-jangan kamu nggak bener nih?!
Jony : Ngaco ah kamu. Nanya yang bener dong. Aku nemu dompet ini, nggak tau siap pemiliknya orang belum ku buka.
Johan : Ya udah cepetan dibuka!
Jony : Ya deh!
Jony dan Johan : Wow.. Banyak amat duitnya!
Jony : Ada kartu identitasnya!
Johan : Bener, sepertinya KTP pemilik nih dompet.
Jony : Rumah nih orang deket kok, balikin yuk!
Johan : Ngapain juga mesti dibalikin orang kita nemu. Udah deh, mending kita bagi aja tuh uang.
Jony : Nggak mau ah, dosa tau.
Johan : Ya siapa suruh dia jatuhin tuh dompet
Jony : Kalo kamu maksa, ya udah yuk kita bagi dua.
Lalu mereka berdua pulang. Selang 2 jam kemudian Johan main kerumah Jony guna mengajak Jony bermain.
Johan : Jony, Jony yuk pergi main!
Nia : Eh kami Johan! Silahkan masuk! Jony lagi disuruh mamanya ngerjain pr dulu baru boleh main!
Johan : Ok kak, Makasih.
Nia : Johan mau minum apa? Kakak buatkan!
Johan : Nggak perlu kak, nggak usah.
Nia : Nggak boleh gitu dong Han. Ayo mau minum apa?
Johan : Seadanya aja lah kak!
Nia : Tunggu sebentar ya
Lantas munculah mama Jony.
Wati : Eh nak Johan, udah lama?
Johan : baru aja tante. Tante apa kabar?
Wati : Baik. Mau ngajak Jony bermain ya?
Johan : Iya tan. Tante Johan boleh nanya nggak?
Wati : Tentu. Mau nanya apaan?
Johan : Kok Jony ngerjain pr nya sekarang sih tante. Kan nanti malam juga bisa!
Wati : Kalau nanti malam biasanya Jony cepetan boboknya
Johan : Gitu ya tante. Ya udah deh Johan tungguin aja
Wati : Iya, ditunggu aja, bentar lagi juga udah selesai kok.
Nia : Ini minumnya Han. Lekas diminum.
Johan : Iya kak, makasih.
Nia : Mam, kan sekarang ada jadwal arisan?
Wati : Ye elah, mama lupa. Ya udah deh lekas berangkat. Jon, mama pergi dulu ya.
Jony : Ya mam
Tidak ama kemudian
Johan : Jony kok lama amat ya, padahal kalau akau cepet banget ngerjain pr gituan doang
Jony : Sorry Han, lama nunggu ya?
Johan : Iya, udah lama nih, dari tadi nungguin kamu.
Mereke berdua lantas duduk didepan rumah dan sedang membagi-bagikan uang hasil penemuan dompet dihalam sekolah tadi siang.
Johan : Cepat, kok lama banget!
Jony : Duitnya ada 200 ribu. Kamu 100 ribu, aku 100 ribu.
Tidak lama berselang Lukman datang kerumah Jony. (teman dekat kakaknya Jony)
Lukman : Hi Jony/Johan. Lagi pada ngapain? Biasanya kalian main diluar, tumben pada nongol disini. Han/Jon apa itu? Uang siapa kok banyak?
Johan : Ya uang kita dong kak, masa uang orang kita bawa.
Lukman : Ah, nggak mungkin. Kalian kan masih kanak-kanak, masak punya uang sebanyak itu. Aku tanta kak Nia Ya.
Jony : Sebenarnya ini bukan duit kita Mas, kita nemu dijalan.
Lukman : Kok nggak dibalikin?
Jony : Aku udah mikir gitu Mas, tapi Johan yang ngotot ngajak ngebagi uang ini.
Lukman : Coba Mas liat alamat pemiliknya
Jony : Tadi maksud Jony mau balikin ke pemiliknya mas. Tapi Johan melarang.
Lukman : Nggak boleh gitu dong dik, itu namnya merampas hak orang lain sekalipun kalian nemu, karena yang bersangkutan kan membutuhkannya.
Jony : Aku udah bilang ke Johan, tapi dianya masih ngotot
Lukman : Ya udah deh, mendingan kalian balikin sekarang ke pemiliknya.
Johan : maaf mas, aku emang salah.
Jony : Ayo kita balikik dompet ini!
Mereka berdua lantas pergi kerumah pemilik dompet tersebut dengan maksud untuk mengembalikannya.
Johan : Selamat sore..
Rony : Sore.. Siapa?
Johan : Maaf, ini betul rumahnya Rony?
Rony : Betul, ada yang bisa dibantu? Kalian siapa ya?
Jony : Kami berdua datang kesini dengan tujuan untuk mengembalikan dompet yang tadi siang kami temukan dihalaman sekolah.
Rony : Nemu dompet? Sebentar ya, saya lihat dulu. Silahkan masuk!
Rony masuk ke kamar dan mengecek dompet tesebut, sementara Jony dan Johan masih berada diruang tamu.
Rony : Benar, ini memang dompet saya. Terimakasih banyak ya sudah mau mengembalikan dompet saya yang kalian temuakan. Kalian baik sekali
Johan : Itu memang sudah menjadi kewajiban kami untuk mengembalikan sesuatu yang menjadi hak orang lain.
Jony : Benar
Rony : Duuh.. terimakasih banyak ya
Jony dan Johan : Sama-sama!
Skenario Drama
1. Tema Drama : Nilai Kejujuran
2. Ritma Cerita Drama:
I) Exposisi
Jony
Johan
Lukman
Wati
Nia
Rony
II) Permasalahan
Jony secara tidak sengaja menjumpai sebuah dompet yang terjatuh dihalaman sekolah
III) Komplikasi
Johan mencoba merayu Jony supaya tidak mengembalikan dompet yang ditemukannya kepada pemiliknya.
IV) Catatan I
Jony dan Johan kepergok oleh Lukman sedang berbagi duit yang bukan hak mereka
V) Catatan II
Lukman mencoba menyadarkan Jony dan Johan supaya tidak mengambil hak orang lain dan lekas mengembaklikan barang (dompet) yang ditemukannya.
VI) Kesimpulan
Jony dan Johan lantas pergi untuk mengembalikan dompet tersebut kepada sepemilik
3. Karakter
a. Protagonis (baik) : Jony
b. Antagonis (jahat) : Johan
c. Tritagonis : Lukman
d. Figuran :
Rony
Wati
Nia
4. Latar
a. Tempat
Dihalaman sekolah
b. Waktu/kejadian
siang hari
c. Sosial
Johan merasa seperti hendak buang air kecil, lalu dia buang air tidak pada tempatnya, dibawah sebuah pohon dihalaman sekolah.
Naskah Drama
Sejumlah siwa keluar dari ruang kelas untuk pulang.
Jony dan Johan lantas pulang kerumah masing-masing dimana meraka adalah tetangga. hafis tidak kuat untuk menahan rasa ingin buang air kecil lantas dia buang air kecil dihalaman sekolah dimana disitu ada sebuah pohon besar.
Johan : Jon aku buang air dulu ok, sudah kebelet banget nih!
Jony : Ya udah. Cepetan buruan. Nanti bisa telat nyampe rumah!
Johan : Ok, nggak lama kok.
Kemduian Jony melihat sesuatu dibawah pohon besar didekat halaman.
Jony : Apa sih itu? Kayaknya bukan barang berharga?!
Tidak lama kemudian Johan menyusul Jony!
Johan : Apa itu? Dompet. Dompet siapaemang? Dimana kamu jumpa? Kapan kamu jumpa? Jangan-jangan kamu nggak bener nih?!
Jony : Ngaco ah kamu. Nanya yang bener dong. Aku nemu dompet ini, nggak tau siap pemiliknya orang belum ku buka.
Johan : Ya udah cepetan dibuka!
Jony : Ya deh!
Jony dan Johan : Wow.. Banyak amat duitnya!
Jony : Ada kartu identitasnya!
Johan : Bener, sepertinya KTP pemilik nih dompet.
Jony : Rumah nih orang deket kok, balikin yuk!
Johan : Ngapain juga mesti dibalikin orang kita nemu. Udah deh, mending kita bagi aja tuh uang.
Jony : Nggak mau ah, dosa tau.
Johan : Ya siapa suruh dia jatuhin tuh dompet
Jony : Kalo kamu maksa, ya udah yuk kita bagi dua.
Lalu mereka berdua pulang. Selang 2 jam kemudian Johan main kerumah Jony guna mengajak Jony bermain.
Johan : Jony, Jony yuk pergi main!
Nia : Eh kami Johan! Silahkan masuk! Jony lagi disuruh mamanya ngerjain pr dulu baru boleh main!
Johan : Ok kak, Makasih.
Nia : Johan mau minum apa? Kakak buatkan!
Johan : Nggak perlu kak, nggak usah.
Nia : Nggak boleh gitu dong Han. Ayo mau minum apa?
Johan : Seadanya aja lah kak!
Nia : Tunggu sebentar ya
Lantas munculah mama Jony.
Wati : Eh nak Johan, udah lama?
Johan : baru aja tante. Tante apa kabar?
Wati : Baik. Mau ngajak Jony bermain ya?
Johan : Iya tan. Tante Johan boleh nanya nggak?
Wati : Tentu. Mau nanya apaan?
Johan : Kok Jony ngerjain pr nya sekarang sih tante. Kan nanti malam juga bisa!
Wati : Kalau nanti malam biasanya Jony cepetan boboknya
Johan : Gitu ya tante. Ya udah deh Johan tungguin aja
Wati : Iya, ditunggu aja, bentar lagi juga udah selesai kok.
Nia : Ini minumnya Han. Lekas diminum.
Johan : Iya kak, makasih.
Nia : Mam, kan sekarang ada jadwal arisan?
Wati : Ye elah, mama lupa. Ya udah deh lekas berangkat. Jon, mama pergi dulu ya.
Jony : Ya mam
Tidak ama kemudian
Johan : Jony kok lama amat ya, padahal kalau akau cepet banget ngerjain pr gituan doang
Jony : Sorry Han, lama nunggu ya?
Johan : Iya, udah lama nih, dari tadi nungguin kamu.
Mereke berdua lantas duduk didepan rumah dan sedang membagi-bagikan uang hasil penemuan dompet dihalam sekolah tadi siang.
Johan : Cepat, kok lama banget!
Jony : Duitnya ada 200 ribu. Kamu 100 ribu, aku 100 ribu.
Tidak lama berselang Lukman datang kerumah Jony. (teman dekat kakaknya Jony)
Lukman : Hi Jony/Johan. Lagi pada ngapain? Biasanya kalian main diluar, tumben pada nongol disini. Han/Jon apa itu? Uang siapa kok banyak?
Johan : Ya uang kita dong kak, masa uang orang kita bawa.
Lukman : Ah, nggak mungkin. Kalian kan masih kanak-kanak, masak punya uang sebanyak itu. Aku tanta kak Nia Ya.
Jony : Sebenarnya ini bukan duit kita Mas, kita nemu dijalan.
Lukman : Kok nggak dibalikin?
Jony : Aku udah mikir gitu Mas, tapi Johan yang ngotot ngajak ngebagi uang ini.
Lukman : Coba Mas liat alamat pemiliknya
Jony : Tadi maksud Jony mau balikin ke pemiliknya mas. Tapi Johan melarang.
Lukman : Nggak boleh gitu dong dik, itu namnya merampas hak orang lain sekalipun kalian nemu, karena yang bersangkutan kan membutuhkannya.
Jony : Aku udah bilang ke Johan, tapi dianya masih ngotot
Lukman : Ya udah deh, mendingan kalian balikin sekarang ke pemiliknya.
Johan : maaf mas, aku emang salah.
Jony : Ayo kita balikik dompet ini!
Mereka berdua lantas pergi kerumah pemilik dompet tersebut dengan maksud untuk mengembalikannya.
Johan : Selamat sore..
Rony : Sore.. Siapa?
Johan : Maaf, ini betul rumahnya Rony?
Rony : Betul, ada yang bisa dibantu? Kalian siapa ya?
Jony : Kami berdua datang kesini dengan tujuan untuk mengembalikan dompet yang tadi siang kami temukan dihalaman sekolah.
Rony : Nemu dompet? Sebentar ya, saya lihat dulu. Silahkan masuk!
Rony masuk ke kamar dan mengecek dompet tesebut, sementara Jony dan Johan masih berada diruang tamu.
Rony : Benar, ini memang dompet saya. Terimakasih banyak ya sudah mau mengembalikan dompet saya yang kalian temuakan. Kalian baik sekali
Johan : Itu memang sudah menjadi kewajiban kami untuk mengembalikan sesuatu yang menjadi hak orang lain.
Jony : Benar
Rony : Duuh.. terimakasih banyak ya
Jony dan Johan : Sama-sama!
b. Lisan
Film/
drama Meraih hatimu https://www.youtube.com/watch?v=cOYoCy6nGQs
2.
Langkah-langkah membandingkan teks film/
drama
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah memproduksi teks film/
drama
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks film/ drama (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang
perbandingan teks film/ drama yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan
pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks film/ drama
2.
Peserta
didik diberikan basic concept (konsep
dasar) dengan cara mengamati
serta membaca referensi contoh teks
film/ drama “Dompet?” http://www.teksdrama.com/2012/09/Contoh-Naskah-Drama-6-Orang.html#ixzz3An9ZDslR
dan teks film/ drama lisan Meraih
hatimu https://www.youtube.com/watch?v=cOYoCy6nGQs yang
sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4. Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining the problem
(pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks film/ drama yang telah
diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks film/
drama yang disampaikan guru.
6. Peserta didik dipersilakan melakukan self
learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain,
mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan
dengan perbandingan dan produksi teks film/ drama.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah film/ drama dengan tema
tertentu.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi teks film/ drama.
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
13. Peserta didik dipersilakan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai
perbandingan teks
film/ drama dan hasil produksi teks film/ drama
sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Peduli
|
Kisi-kisi
penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
||||
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan sikap peduli dalam mengerjakan tugas
secara kelompok
a. Membantu bila ada teman yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
e.
Menjenguk
teman yang sakit
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks
film/ drama
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam membandingkan teks film/
drama!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks film/ drama!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks film/ drama:
Membaca/ mengamati dua teks secara
saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks film/ drama
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks film/ drama yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks film/ drama
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks film/
drama
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks film/ drama?
|
||
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks film/ drama
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks film/ drama?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks film/ drama sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, 14 Juli 2014
Kepala sekolah WKS
1 Guru Mapel
Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Peduli
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
No comments:
Post a Comment