RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 3 KD 3.1 DAN 4.1 KELAS X)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                       (RPP)

Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/1
Materi Pokok               : Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik                  : Gemar Meneroka Alam Semesta   
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                      
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
 1.  1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.    2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.1.1.                    Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
4.1. Menginterpretasi makna  teks laporan hasil observasi baik secara lisan mupun  tulisan
4.1.1.                    Menjelaskan makna teks laporan hasil observasi
C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan materi pokok teks laporan hasil observasi  ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                            Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah  teks laporan hasil observasi
2.                            Memahami makna teks laporan hasil observasi


D.       Materi Pembelajaran    
1.                                                                            Contoh teks laporan hasil observasi
a.                                                                                                    Tulis
MAKHLUK DI BUMI INI
1 Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
 2 Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
3 Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuhtumbuhan.
Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.
Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuhtumbuhan
berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar,
jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan
pakis tidak.
4 Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata.
Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan
lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi uburubur,
kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu
mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
(Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)
b.                                                                                          Lisan
Wonderfull world
2.                                                                            Struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
     Struktur isi dan kaidah bahasa  teks laporan hasil observasi
Struktur isi:
Pernyataan umum (klasifikasi)
Anggota/ aspek yang dilaporkan
Anggota/ aspek yang dilaporkan
Kaidah bahasa:
Bahasa sesuai kaidah dan EYD



E.       Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.        Media Pembelajaran
1.                                                                            Laptop dan LCD
2.                                                                            Tayangan teks laporan hasil observasi  (lisan maupun tulis)
G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  




































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Makhluk di Bumi Ini” hal. 5.
3.       Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh laporan hasil observasi yang ditayangkan guru 
4.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar laporan hasil observasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
6.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi serta interpretasi makna teks laporan hasil observasi
7.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil observasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
8.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi serta interpretasi makna teks laporan hasil observasi.
9.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data dan mengolahnya sesuai dengan topik yang disampaikan guru di awal pembelajaran.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi, serta interpretasi makna teks laporan hasil observasi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi dan hasil interpretasi makna teks laporan hasil observasi.
2.      Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit




































45 menit

I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses (sikap)
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Tanggung jawab
1.       
Proaktif




2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
1.    Ungkapkan kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks laporan hasil observasi!
Jawaban
1.    Struktur isi dan kaidah bahasa  teks laporan hasil observasi
Struktur isi:
Pernyataan umum (klasifikasi)
Anggota/ aspek yang dilaporkan
Anggota/ aspek yang dilaporkan
Kaidah bahasa:
Bahasa sesuai kaidah dan EYD
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
100
Siswa menjawab tidak lengkap
  60
Siswa menjawab salah
  20
2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah makna teks laporan hasil observasi terlampir!
Rubrik Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks laporan hasil observasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan interpretasi makna teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah interpretasi makna  teks laporan hasil observasi?


2.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?


     Mengetahui,                                                                                     Wonogiri,    Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia



Ir. Drs. Dikin, M.Pd.                  Drs. Bob Prabantoro                         Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011    NIP 196309131989031016           NIP 198209292010012016










Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
Proaktif
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.