RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.1. Memahami
struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun
tulisan
Indikator
3.1.1.
Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi
4.1. Menginterpretasi makna teks laporan hasil
observasi baik secara lisan mupun tulisan
4.1.1.
Menjelaskan makna teks laporan hasil
observasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokok teks laporan
hasil observasi ini siswa
terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mengungkapkan kembali struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi
2.
Memahami makna teks laporan hasil observasi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil
observasi
a.
Tulis
MAKHLUK DI BUMI INI
1 Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan
perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
2 Semua benda di dunia ini
dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati.
Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati.
Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan
mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan
dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut.
Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara
itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
3 Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan
tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam
beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat
lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah,
tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat
penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat
menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan
tanaman keras adalah jenis tumbuhtumbuhan.
Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.
Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi
tumbuhtumbuhan
berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar,
jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut,
dan
pakis tidak.
4 Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan
invertebrata.
Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung,
anjing, katak, dan
lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang
meliputi uburubur,
kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata,
yaitu
mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
(Diadaptasi
dari Learning English through General Science, 1984: 29)
b.
Lisan
Wonderfull world
2.
Struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi
Struktur isi dan kaidah bahasa teks laporan hasil observasi
Struktur
isi:
Pernyataan
umum (klasifikasi)
Anggota/
aspek yang dilaporkan
Anggota/
aspek yang dilaporkan
Kaidah
bahasa:
Bahasa
sesuai kaidah dan EYD
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks laporan hasil observasi
(lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama ( bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang
beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks laporan hasil
observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
akademik, “Makhluk di Bumi Ini” hal. 5.
3.
Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh laporan hasil
observasi yang ditayangkan guru
4.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar laporan
hasil observasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
6.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang
berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi serta interpretasi makna teks laporan hasil
observasi
7.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan
membaca contoh-contoh laporan hasil observasi lain sebagai bahan untuk
dieksplorasi.
8.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi serta interpretasi makna
teks laporan hasil observasi.
9.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data
dan mengolahnya sesuai dengan topik yang disampaikan guru di awal
pembelajaran.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada
kesimpulan mengenai struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi, serta interpretasi makna teks laporan
hasil observasi
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi dan hasil interpretasi makna teks laporan
hasil observasi.
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan
dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Disiplin
|
||||
4.
|
Tanggung
jawab
|
||||
1.
|
Proaktif
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali struktur isi dan kaidah
bahasa teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali struktur isi dan kaidah bahasa teks laporan
hasil observasi!
|
Jawaban
1. Struktur
isi dan kaidah bahasa teks laporan hasil observasi
Struktur
isi:
Pernyataan
umum (klasifikasi)
Anggota/
aspek yang dilaporkan
Anggota/
aspek yang dilaporkan
Kaidah
bahasa:
Bahasa
sesuai kaidah dan EYD
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
100
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
60
|
Siswa menjawab salah
|
20
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks laporan hasil
observasi terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks laporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
laporan hasil
observasi
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks laporan hasil observasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, Juli 2014
Kepala sekolah WKS
1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 198209292010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung
jawab
|
Proaktif
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|