RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
Materi Pokok
: Teks eksposisi
Tema/ topik :
Budaya Berpendapat dalam Forum Ekonomi dan Politik
Jumlah Pertemuan
: 1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa.
2. 5. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam
penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi, dan kebijakan publik
3.
5. Mengevaluasi
teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.5.1.
Menjelaskan kembali langkah-langkah
mengevaluasi teks eksposisi
3.5.2.
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
3.5.3.
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
eksposisi dengan
cermat.
4.5.
Mengonversi teks eksposisi ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.5.1.
Menjelaskan langkah-langkah mengonversi teks
eksposisi
4.5.2.
Menulis
ulang (mengonversi) teks eksposisi dalam bentuk lain
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran budaya berpendapat dalam forum
ekonomi dan politik dengan materi pokok teks eksposisi ini siswa terlibat aktif
dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks eksposisi
2. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks eksposisi
3. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks eksposisi
4. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks eksposisi
5. Menulis
ulang teks eksposisi dalam bentuk lain
D.
Materi Pembelajaran
1.
Contoh teks eksposisi
Bebas sesuai
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks eksposisi
Membaca/
mengamati eksposisi secara saksama
Memahami
struktur dan isi eksposisi
Mengenali
bahasa yang digunakan dalam eksposisi
Menentukan
kelebihan dan kekurangan eksposisi
3.
Langkah-langkah mengonversi teks eksposisi
Membaca/
mengamati eksposisi secara saksama
Memahami
bentuk dan isi eksposisi
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
Video eksposisi (lisan
dan tulisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi
kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi dan konversi teks eksposisi yang beredar di masyarakat
dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan
guru serta membaca contoh teks eksposisi
lain yang dicari secara bebas oleh peserta didik, untuk menyampaikan ide atau
daftar masalah yang berkaitan.
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang
berkenaan dengan materi evaluasi dan konversi teks eksposisi
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh eksposisi lain sebagai
bahan untuk dieksplorasi.
6.
Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi evaluasi
dan konversi teks eksposisi.
7.
Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk
kemudian mendiskusikannya.
8.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan
hasil diskusi tersebut kepada guru
9.
10. Dengan
tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan evaluasi
dan konversi teks eksposisi dan pemecahannya.
11. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah eksposisi ke bentuk lain.
12. Peserta didik bersama guru membahas hasil konversi teks eksposisi ke
bentuk lain.
13. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1. Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks eksposisi dan hasil konversi teks eksposisi.
2. Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan
dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Jujur
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
a.
Mengungkapkan
kembali langkah-langkah evaluasi eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks eksposisi!
|
b.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi eksposisi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. Ungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks eksposisi!
|
Jawaban
a.
Langkah-langkah mengevaluasi eksposisi:
Membaca/ mengamati eksposisi secara saksama
Memahami struktur dan isi eksposisi
Mengenali bahasa yang digunakan dalam eksposisi
Menentukan kelebihan dan kekurangan eksposisi
b.
Langkah-langkah mengonversi eksposisi:
Membaca/
mengamati eksposisi secara saksama
Memahami
bentuk dan isi eksposisi
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks eksposisi terlampir kemudian tulis ulanglah teks eksposisi
tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks eksposisi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks eksposisi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa eksposisi?
|
||
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks eksposisi
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks eksposisi tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
eksposisi sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri,
Juli 2014
Kepala sekolah WKS
1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut Rahayu, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 198209292010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Peduli
|
Disiplin
|
Santun
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||