RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik : Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan : 1 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.2. Membandingkan teks laporan
hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks laporan hasil observasi
3.2.2.
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks laporan
hasil observasi dengan
cermat.
4.2. Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi
teks laporan
hasil observasi
4.2.2.
Memproduksi teks laporan
hasil observasi yang koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokok teks laporan
hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil observasi
2.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks
laporan hasil observasi
4.
Memproduksi teks laporan
hasil observasi yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1. Contoh teks laporan hasil observasi
SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA
1 Sistem peredaran darah manusia terdiri
atas darah, pembuluh darah, dan jantung. Semua itu dapat diperinci sebagai
berikut.
2 Darah adalah cairan merah yang kental.
Terdapat sekitar 3,5 liter darah pada rata-rata tubuh manusia dan dapat
digolongkan menjadi golongan A, B, O, dan AB.
3 Terdapat tiga jenis pembuluh darah, yaitu
arteri, vena, dan kapiler. Pembuluh darah arteri adalah pembuluh darah yang
lebar. Pembuluh darah jenis ini menyalurkan darah ke seluruh bagian tubuh.
Darah pada pembuluh arteri berwarna merah cerah dan mengandung oksigen.
Pembuluh darah vena adalah pembuluh darah yang sempit. Pembuluh darah jenis ini
memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Adapun pembuluh darah kapiler
adalah pembuluh darah yang sangat kecil.
4 Jantung adalah organ yang berbentuk
seperti kerucut. Jantung terletak di tengah dada bagian dalam. Jantung merupakan
organ yang tebal, berotot, dan mempunyai empat bilik. Rara-rata jantung
mempunyai ukuran panjang kira-kira 13 cm, lebar 9 cm, dan tebal 6 cm. Berat
jantung sekitar 300 gram.
(Diadaptasikan
dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14).
2. Langkah-langkah membandingkan
teks laporan
hasil observasi
Membaca/
mengamati dua teks secara
saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks laporan hasil observasi (lisan
maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi
kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang
perbandingan teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat
dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan
guru serta membaca contoh teks laporan
hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
akademik, “Sistem peredaran darah manusia” hal. 15. Untuk menyampaikan ide
daftar masalah yang berkaitan.
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang
berkenaan dengan materi perbandingan dan produksi teks laporan hasil
observasi
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil observasi lain
sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.
Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
perbandingan dan produksi teks laporan hasil observasi.
7.
Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk
kemudian mendiskusikannya.
8.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan
hasil diskusi tersebut kepada guru
9.
10.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks laporan
hasil observasi dan pemecahannya.
11.
Peserta didik melanjutkan pembelajaran
aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah
laporan hasil observasi dengan tema tertentu.
12.
Peserta didik bersama guru membahas
hasil produksi teks laporan hasil
observasi.
13.
Peserta didik melakukan pemeriksaan
secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta
didik dan melakukan evaluasi
1.
Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai
perbandingan teks
laporan hasil observasi dan hasil produksi teks laporan
hasil observasi.
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran
berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan
berikutnya dan tugas pengayaan
4.
Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan
agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Disiplin
|
||||
4.
|
Tanggung
jawab
|
||||
5.
|
Proaktif
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam membandingkan teks laporan hasil observasi!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil
observasi
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks laporan hasil
observasi yang koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks laporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks laporan
hasil observasi
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks laporan hasil observasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks laporan hasil observasi sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 198209292010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Proaktif
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|