RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Negosiasi
Tema/ topik :
Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks negosiasi
, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
4. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan
kewirausahaan.
3.5. Mengevaluasi teks
negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.5.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengevaluasi teks negosiasi
3.5.2.
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan
cermat.
3.5.3.
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan
cermat.
4.5.
Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.5.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi teks negosiasi
4.5.2.
Menulis
ulang (mengonversi) teks negosiasi dalam bentuk
lain
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam
Kewirausahaan dengan materi pokok teks negosiasi
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung
jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan
kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi
kelebihan dan kekurangan teks negosiasi
3. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks negosiasi
4. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks negosiasi
5. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks negosiasi
6.
Menulis ulang teks negosiasi dalam bentuk lain
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks negosiasi
Bebas
sesuai
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks negosiasi
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
kelebihan dan kekurangan teks
3.
Langkah-langkah mengonversi teks negosiasi
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks negosiasi (lisan)
G.
Sumber Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1. Pengetahuan
dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi teks negosiasi
yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks
negosiasi
2. Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar)
dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks
negosiasi secara bebas
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks negosiasi yang telah diamati yang disesuaikan dengan
topik evaluasi dan konversi teks negosiasi yang disampaikan guru.
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
6.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks negosiasi.
7.
Masing-masing
kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
8.
Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain
merespon/ menanggapi
dengan santun
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks negosiasi dan pemecahannya.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah negosiasi ke dalam bentuk lain.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi teks negosiasi.
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1. Guru
mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai
perbandingan teks
negosiasi dan hasil konversi teks negosiasi sesuai
dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah evaluasi teks
negosiasi
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks negosiasi!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks
negosiasi!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
mengevaluasi teks negosiasi:
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks
- Langkah-langkah mengonversi teks negosiasi:
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor
2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks negosiasi terlampir kemudian tulis ulanglah negosiasi
tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks negosiasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks negosiasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks
negosiasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks negosiasi
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks negosiasi
tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
teks prosedur
negosiasi sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, 14
Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 19820929 010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
|||
TP
|
TP
|
K
|
SR
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
jujur, disiplin, peduli, dan santun
1.
Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai
Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg atau konsisten
4.
Membudaya
(MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Peduli
|
Santun
|
|||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
No comments:
Post a Comment