RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 5 KD 3.4 DAN 4.4 KELAS X)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                              (RPP)
 
Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/2
Materi Pokok               : Teks Negosiasi
Tema/ topik                 : Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                        
Alokasi Waktu             : 1 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.         3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks negosiasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.         4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
Indikator
2.4.1.                        Menunjukkan perilaku santun ketika berkomunikasi dalam pembelajaran
2.5.   Mengidentifikasi teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
       Indikator
2.5.1.                           Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengidentifikasi teks negosiasi
2.5.2.                           Mengidentifikasi karakteristik teks negosiasi dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
  Indikator
4.4.1.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks negosiasi
4.4.2.                Mengabstraksi teks negosiasi


C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan dengan materi pokok teks negosiasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.    Menunjukkan perilaku santun ketika berkomunikasi dalam pembelajaran
3.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengidentifikasi teks negosiasi
4.    Mengidentifikasi karakteristik teks negosiasi
5.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks negosiasi
6.                            Mengabstraksi teks negosiasi

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks negosiasi
KESALAHPAHAMAN
1
Resepsionis
:
Selamat siang. Bapak memerlukan bantuan kami?
2
David
:
Maaf, saya kira telah terjadi kesalahan pada tagihan kami. Kami tidak makan malam di sini tadi malam.
3
Resepsionis
:
Mohon maaf, Bapak. Tagihan ini berasal dari restoran hotel ini. Di sini terdapat tanda tangan Bapak.
4
David
:
Tetapi, itu bukan tanda tangan saya. Saya akan berbicara dengan manajer.
5
Resepsionis
:
Maaf, Bapak. Manajer sedang sibuk.
6
David
:
Ya, tetapi saya harus menjelaskan persoalan ini kepada manajer Saudara.
7
Resepsionis
:
Maaf, Bapak. Ini tagihan dari restoran dan tanda tangan ini adalah tanda tangan Bapak. Berarti Bapak dan istri Bapak makan di restoran ini tadi malam.
8
David
:
Maaf, izinkan saya bertemu manajer Saudara. Saya harus berbicara dengannya.

9
Resepsionis
:
Ya, mohon ditunggu.

Setelah David berada di ruang manajer. … dst.
Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/SMK/MA/MAK









2.       Langkah-langkah mengidentifikasi teks negosiasi
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
3.       Langkah-langkah mengabstraksi teks negosiasi
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi teks

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks negosiasi (lisan)

G.    Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  











































Kegiatan Penutup:

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.      Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks negosiasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 159 ,   Kesalahpahaman
3.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar negosiasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
5.       Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi identifikasi teks negosiasi serta abstraksi teks negosiasi untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh negosiasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
7.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi identifikasi teks negosiasi serta abstraksi makna teks negosiasi.
8.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks negosiasi yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
9.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai identifikasi teks negosiasi serta abstraksi teks negosiasi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai identifikasi teks negosiasi serta hasil abstraksi teks negosiasi.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit












































45 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.      Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Santun
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

4
1.
Spiritual (Religius)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;




2.
Santun
Menunjukkan sikap dan bahasa santun ketika berkomunikasi lisan dalam pembelajaran
a.    Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
b.   Bersikap 3S (salam, senyum, sapa)
c.    Meminta izin ketika akan memasuki ruangan orang lain atau menggunakan barang milik orang lain
d.      Memperlakukan orang lain sebagaimana diri sendiri ingin diperlakukan
e.      Menghormati orang yang lebih tua.





Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2.      Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis)  (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah identifikasi teks negosiasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam mengidentifikasi teks negosiasi!
  1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks negosiasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
3.    Ungkapkan kembali  langkah-langkah mengabstraksi teks negosiasi!
Jawaban
1.    Langkah-langkah mengidentifikasi teks negosiasi:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
    1. Langkah-langkah mengabstraksi teks negosiasi:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi teks
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
50
Peserta didik menjawab tidak lengkap
30
Peserta didik menjawab salah
  5
Peserta didik tidak menjawab
  0
2.2.   Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks negosiasi terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks negosiasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa dua teks negosiasi
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks negosiasi?


2.
Ketepatan abstraksi teks negosiasi
Sudah tepatkah abstraksi teks negosiasi tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi teks negosiasi sesuai kaidah dan EYD?


     
     Mengetahui,                                                                                     Wonogiri, 14  Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia








Ir. Drs. Dikin, M.Pd.                  Drs. Bob Prabantoro                         Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011    NIP 196309131989031016           NIP 19820929 010012016


Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Santun
TP
TP
K
SR
SL
K
SR
SL
1.









2.









3.









4.









5.




























































Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, jujur, dan disiplin
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Peduli
Santun
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK

1.






















2.






















3.






















4.






















5.























                                                                                                      




No comments:

Post a Comment