MENEMUKAN SOLUSI ATAS MASALAH KEWIRAUSAHAAN
Pelajaran ini merupakan proses pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks
cerita pendek (cerpen). Pembelajaran teks ini membantu peserta didik memperoleh
wawasan pengetahuan yang lebih luas agar terampil berpikir kritis dan kreatif serta
bertindak efektif menyelesaikan permasalahan kehidupan nyata yang terkait erat dengan
kewirausahaan. Permasalahan kewirausahaan dibahas kembali untuk menguatkan
kapasitas peserta didik guna memanfaatkan keberadaan bahasa Indonesia dalam
menempatkan diri sebagai cerminan sikap bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan
dunia global. Untuk itu, Pelajaran I dikemas dengan tema menemukan solusi atas
permasalahan kewirausahaan dalam cerpen yang bertema sama.
Tema pelajaran ini dibahas dalam tiga tahap kegiatan pembelajaran berbasis teks:
pembangunan konteks dan pemodelan teks cerita pendek; kerja sama pembangunan
teks cerita pendek; dan kerja mandiri pembangunan teks cerita pendek. Dalam setiap
teks cerita pendek terdapat komponen cerita yang disebut sebagai resolusi. Melalui
tahapan kegiatan pembelajaran itu, komponen cerita ditemukan sebagai solusi atas
kompleksitas permasalahan yang diangkat dalam setiap cerpen. Penemuan solusi itu,
baik pada tahap kerja sama maupun kerja mandiri membangun teks, ditempuh dengan
menerapkan kegiatan pembelajaran saintifik dan kegiatan penilaian autentik. Untuk
memproses pembelajaran teks cerpen ini, telah tersedia berbagai tugas belajar yang
sangat beragam guna mencapai kompetensi yang diharapkan dan dapat membangkitkan
kegembiraan serta kegemaran belajar peserta didik.
sumber: buku pegangan siswa BI ekspresi Diri dan akademik kelas XI
Pelajaran ini merupakan proses pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks
cerita pendek (cerpen). Pembelajaran teks ini membantu peserta didik memperoleh
wawasan pengetahuan yang lebih luas agar terampil berpikir kritis dan kreatif serta
bertindak efektif menyelesaikan permasalahan kehidupan nyata yang terkait erat dengan
kewirausahaan. Permasalahan kewirausahaan dibahas kembali untuk menguatkan
kapasitas peserta didik guna memanfaatkan keberadaan bahasa Indonesia dalam
menempatkan diri sebagai cerminan sikap bangsa Indonesia di lingkungan pergaulan
dunia global. Untuk itu, Pelajaran I dikemas dengan tema menemukan solusi atas
permasalahan kewirausahaan dalam cerpen yang bertema sama.
Tema pelajaran ini dibahas dalam tiga tahap kegiatan pembelajaran berbasis teks:
pembangunan konteks dan pemodelan teks cerita pendek; kerja sama pembangunan
teks cerita pendek; dan kerja mandiri pembangunan teks cerita pendek. Dalam setiap
teks cerita pendek terdapat komponen cerita yang disebut sebagai resolusi. Melalui
tahapan kegiatan pembelajaran itu, komponen cerita ditemukan sebagai solusi atas
kompleksitas permasalahan yang diangkat dalam setiap cerpen. Penemuan solusi itu,
baik pada tahap kerja sama maupun kerja mandiri membangun teks, ditempuh dengan
menerapkan kegiatan pembelajaran saintifik dan kegiatan penilaian autentik. Untuk
memproses pembelajaran teks cerpen ini, telah tersedia berbagai tugas belajar yang
sangat beragam guna mencapai kompetensi yang diharapkan dan dapat membangkitkan
kegembiraan serta kegemaran belajar peserta didik.
sumber: buku pegangan siswa BI ekspresi Diri dan akademik kelas XI
No comments:
Post a Comment