RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik :
Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks prosedur
kompleks, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
3.
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah
ditentukan
3.4. Mengidentifikasi teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengidentifikasi teks prosedur kompleks
3.4.2. Mengidentifikasi
karakteristik teks prosedur kompleks dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengabstraksi teks prosedur kompleks
4.4.2.
Mengabstraksi teks prosedur kompleks
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan
materi pokok teks prosedur kompleks ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengidentifikasi teks
prosedur kompleks
3. Mengidentifikasi karakteristik teks prosedur kompleks
4. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks
5.
Mengabstraksi teks prosedur kompleks
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks prosedur
kompleks
Cara Membuat Botol Kaca
... ..Setelah itu,
campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
.. ... Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.
.. ... Akhirnya, botol-botol itu siap untuk digunakan.
.. ...
Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan
kembali, lalu didinginkan.
Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara
proporsional.
...1... Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping,
dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
... ... Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada
suhu yang san gat tinggi.
... ... Lalu, adonan kaca diproduksi.
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK
(Diadaptasi
dari Academic Writing Course, 2003: 16)
2.
Langkah-langkah mengidentifikasi teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
identifikasi karakteristik teks
3.
Langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami
inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks prosedur kompleks (lisan)
G.
Sumber Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup:
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks prosedur kompleksyang beredar
di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks prosedur kompleks.
2.
Peserta
didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati
contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks prosedur kompleks
pada buku
pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 63 , “Cara
membuat botol kaca”
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar prosedur
kompleks yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
5.
Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) dengan
cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi identifikasi teks prosedur kompleks serta abstraksi
teks prosedur kompleksuntuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh prosedur kompleks lain
sebagai bahan untuk dieksplorasi.
7.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
identifikasi teks prosedur kompleks serta abstraksi makna teks prosedur
kompleks.
8.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks prosedur kompleksyang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan
data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu
kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
9.
Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan
cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai identifikasi teks prosedur kompleks serta abstraksi
teks prosedur kompleks
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai identifikasi teks prosedur
kompleks serta hasil abstraksi teks prosedur kompleks.
2.
Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah identifikasi teks prosedur kompleks
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengidentifikasi teks prosedur kompleks!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
mengidentifikasi teks prosedur
kompleks:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
- Langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks:
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi
teks
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor
2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks prosedur kompleks terlampir kemudian abstraksilah teks
tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks prosedur kompleks
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks prosedur
kompleks?
|
|
|
2.
|
Ketepatan abstraksi teks prosedur
kompleks
|
Sudah tepatkah abstraksi teks prosedur kompleks tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks prosedur
kompleks sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, 14
Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel
Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP
196309131989031016 NIP
19820929010012016
No comments:
Post a Comment