RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU ( BAB 3 KD 3.3 DAN 4.3 KELAS X)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                   (RPP)

Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : X/1
Materi Pokok               : Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik                 : Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                      
Alokasi Waktu             : 4 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.3. Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.3.1.              Mengungkapkan kembali  langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi
3.3.2.              Menganalisis isi  teks laporan hasil observasi dengan cermat.
3.3.3.              Menganalisis bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
4.3. Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.3.1.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi
4.3.2.              Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
4.3.3.              Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan materi pokok teks laporan hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Mengungkapkan kembali  langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi
2.                            Menganalisis isi teks laporan hasil observasi
3.                            Menganalisis bahasa  teks laporan hasil observasi
4.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi
5.                            Menyunting isi sesuai dengan struktur teks laporan hasil observasi
6.                            Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks laporan hasil observasi
KARBON
1 Karbon adalah unsur kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di alam dalam bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon terikat secara kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni (seperti berlian dan grafit). Karbon umumnya berada dalam senyawa ikatan kimia dengan unsur lain yang juga dapat berbentuk senyawa organik (seperti batu bara dan petroleum) atau senyawa anorganik (seperti gamping dan bubuk pengembang kue). Terlepas dari persebarannya yang cukup luas, karbon hanya berjumlah 0,19 persen dari kerak bumi.
2 Kedua bentuk dasar karbon tersebut mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda. Berlian terbentuk dari atom yang terikat dengan sangat kuat sehingga dikenal sebagai benda yang paling keras. Di pihak lain, karbon yang kedua, yaitu grafit, memiliki kekerasan lebih rendah daripada berlian. Grafit disusun oleh atom yang berbentuk heksagonal pada lembaran-lembaran yang sejajar. Setiap lembaran hanya terikat secara terpisah-pisah sehingga grafit terasa licin dan dapat digunakan sebagai pelumas atau alat tulis. Benda hitam yang terdapat di dalam pensil adalah grafit. Perbedaan penting lain antara berlian dan karbon adalah daya hantar arus listrik yang dikandung. Berlian adalah benda nonkonduktor (tidak dapat menghantarkan arus listrik), sedangkan grafit adalah benda konduktor (dapat menghantarkan arus listrik). Akan tetapi, baik berlian maupun grafit mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi.
3 Sifat optik berlian sangat signifikan. Berlian mempunyai indeks refraksi paling tinggi jika dibandingkan dengan batu permata apa pun sehingga benda ini memantulkan cahaya ke mata dengan lebih menyilaukan daripada pantulan dari jenis batu permata yang lain. Berlian juga mempunyai daya dispersif yang luar biasa. Berlian dapat mengurai cahaya menjadi spektrum yang berwarna-warni.
4 Pada suhu rendah semua bentuk karbon lembek, tetapi pada suhu tinggi karbon akan bersenyawa dengan oksigen dalam proses oksidasi. Bentuk karbon apa pun ketika bersenyawa dengan oksigen yang banyak pada suhu tinggi akan membentuk karbon monoksida. Karbon monoksida terbentuk sebagai hasil pembakaran mesin yang menggunakan minyak petroleum dan ditemukan dalam jumlah yang besar pada buangan knalpot mesin otomotif. Apabila terkena panas di atmosfer bersama oksigen bebas, karbon dasar akan terkonversi menjadi dioksida. Karbon dioksida relatif tidak reaktif. Bahan yang terbakar pada suhu yang relatif rendah, seperti kayu dan kertas, tidak akan terbakar dalam karbon dioksida. Atas dasar ini, karbon dioksida digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran.
(Diadaptasi dari Reading and Thinking in English, Vol. 3, 1987: 35--37)
2.      Langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD

3.      Langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

E.       Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks laporan hasil observasi  (lisan maupun tulis)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
 








































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Karbon” hal. 25.. Untuk menyampaikan ide daftar masalah yang berkaitan utamanya dengan tugas hal. 25 – 27.
3.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
4.       Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang berkenaan dengan materi analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil observasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi.
7.      Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk kemudian mendiskusikannya.
8.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
9.                                          
10.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi dan pemecahannya.
11.     Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk menyunting sebuah laporan hasil observasi.
12.  Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan  teks laporan hasil observasi.
13.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi dan hasil produksi teks laporan hasil observasi.
2.      Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit









































45 menit

I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses (sikap)
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Jujur
3.
Disiplin
4.
Tanggung jawab
5.
Proaktif




2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
1.    Ungkapkan kembali  langkah-langkah dalam menganalisis teks laporan hasil observasi!
  1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
3.    Ungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi
Jawaban
1.         Langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
    1. Langkah-langkah menyuntingi teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5


2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks laporan hasil observasi terlampir kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik Penilaian Keterampilan Menyunting Teks laporan hasil observasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?


2.
Ketepatan penyuntingan bahasa dan isi teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah penyuntingan  bahasa dan isi teks laporan hasil observasi tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?



     Mengetahui,                                                                                     Wonogiri,   Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia






Ir. Drs. Dikin, M.Pd.                  Drs. Bob Prabantoro                         Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011    NIP 196309131989031016           NIP 198209292010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur, disiplin, tanggung jawab, proaktif
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
Proaktif
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.