RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa.
2.1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.3. Menganalisis teks laporan hasil
observasi baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks
laporan hasil observasi
3.3.2.
Menganalisis
isi teks
laporan hasil observasi dengan cermat.
3.3.3.
Menganalisis bahasa teks laporan hasil
observasi dengan
cermat.
4.3. Menyunting teks laporan hasil
observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting
teks laporan hasil observasi
4.3.2.
Menyunting isi sesuai dengan struktur isi
teks laporan hasil observasi
4.3.3.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur
kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokok teks laporan hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi
2.
Menganalisis isi teks laporan hasil
observasi
3.
Menganalisis bahasa teks laporan hasil
observasi
4.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks
laporan hasil observasi
5.
Menyunting isi sesuai dengan struktur teks
laporan hasil observasi
6.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
1. Contoh teks laporan hasil observasi
KARBON
1 Karbon
adalah unsur kimia nonmetal yang disimbolkan dengan huruf C. Karbon berada di
alam dalam bentuk karbon murni (seperti berlian dan grafit) dan karbon terikat
secara kimia dalam senyawa alam yang dapat berbentuk kristal murni (seperti
berlian dan grafit). Karbon umumnya berada dalam senyawa ikatan kimia dengan
unsur lain yang juga dapat berbentuk senyawa organik (seperti batu bara dan
petroleum) atau senyawa anorganik (seperti gamping dan bubuk pengembang kue).
Terlepas dari persebarannya yang cukup luas, karbon hanya berjumlah 0,19 persen
dari kerak bumi.
2 Kedua
bentuk dasar karbon tersebut mempunyai sifat-sifat yang sangat berbeda. Berlian
terbentuk dari atom yang terikat dengan sangat kuat sehingga dikenal sebagai
benda yang paling keras. Di pihak lain, karbon yang kedua, yaitu grafit,
memiliki kekerasan lebih rendah daripada berlian. Grafit disusun oleh atom yang
berbentuk heksagonal pada lembaran-lembaran yang sejajar. Setiap lembaran hanya
terikat secara terpisah-pisah sehingga grafit terasa licin dan dapat digunakan
sebagai pelumas atau alat tulis. Benda hitam yang terdapat di dalam pensil
adalah grafit. Perbedaan penting lain antara berlian dan karbon adalah daya
hantar arus listrik yang dikandung. Berlian adalah benda nonkonduktor (tidak
dapat menghantarkan arus listrik), sedangkan grafit adalah benda konduktor
(dapat menghantarkan arus listrik). Akan tetapi, baik berlian maupun grafit
mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi.
3 Sifat
optik berlian sangat signifikan. Berlian mempunyai indeks refraksi paling
tinggi jika dibandingkan dengan batu permata apa pun sehingga benda ini
memantulkan cahaya ke mata dengan lebih menyilaukan daripada pantulan dari
jenis batu permata yang lain. Berlian juga mempunyai daya dispersif yang luar
biasa. Berlian dapat mengurai cahaya menjadi spektrum yang berwarna-warni.
4 Pada
suhu rendah semua bentuk karbon lembek, tetapi pada suhu tinggi karbon akan
bersenyawa dengan oksigen dalam proses oksidasi. Bentuk karbon apa pun ketika
bersenyawa dengan oksigen yang banyak pada suhu tinggi akan membentuk karbon
monoksida. Karbon monoksida terbentuk sebagai hasil pembakaran mesin yang
menggunakan minyak petroleum dan ditemukan dalam jumlah yang besar pada buangan
knalpot mesin otomotif. Apabila terkena panas di atmosfer bersama oksigen
bebas, karbon dasar akan terkonversi menjadi dioksida. Karbon dioksida relatif
tidak reaktif. Bahan yang terbakar pada suhu yang relatif rendah, seperti kayu dan
kertas, tidak akan terbakar dalam karbon dioksida. Atas dasar ini, karbon
dioksida digunakan sebagai bahan pemadam kebakaran.
(Diadaptasi
dari Reading and Thinking in English, Vol. 3, 1987: 35--37)
2. Langkah-langkah
menganalisis teks laporan hasil observasi
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
3.
Langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks laporan hasil observasi
(lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama ( bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis dan penyuntingan teks laporan
hasil observasi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang
lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks laporan hasil
observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan
akademik, “Karbon” hal. 25.. Untuk menyampaikan ide daftar masalah yang berkaitan
utamanya dengan tugas hal. 25 – 27.
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang berkenaan
dengan materi analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan
membaca contoh-contoh laporan hasil observasi lain sebagai bahan untuk
dieksplorasi.
6.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
analisis dan penyuntingan teks laporan hasil observasi.
7.
Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk kemudian
mendiskusikannya.
8.
Perwakilan dari kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
hasil diskusi
sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi
dengan santun kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
9.
10. Dengan tanya jawab guru
mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/
masalah yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks laporan hasil
observasi dan pemecahannya.
11.
Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek
keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk menyunting sebuah laporan
hasil observasi.
12. Peserta
didik bersama guru membahas hasil penyuntingan teks laporan hasil observasi.
13. Peserta
didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas
pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis dan penyuntingan teks laporan
hasil observasi dan hasil produksi teks laporan hasil observasi.
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan
dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Disiplin
|
||||
4.
|
Tanggung
jawab
|
||||
5.
|
Proaktif
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks laporan hasil
observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam menganalisis
teks laporan
hasil observasi!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah menyunting teks
laporan hasil observasi
|
Jawaban
1.
Langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis isi dan bahasa teks sesuai struktur isi
dan kaidah kebahasaan maupun EYD
- Langkah-langkah menyuntingi teks laporan hasil observasi:
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks laporan
hasil observasi terlampir kemudian suntinglah teks tersebut dengan
cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks laporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks laporan
hasil observasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?
|
||
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks laporan hasil
observasi
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks laporan hasil
observasi tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks laporan
hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 198209292010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur,
disiplin, tanggung jawab, proaktif
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Proaktif
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||