RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik :
Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 1 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks prosedur
kompleks, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
3. Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
Indikator
2.3.1.
Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
3.3.
Menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
menganalisis teks prosedur kompleks
3.3.2.
Menganalisis
isi teks
prosedur kompleks dengan cermat.
3.3.3.
Menganalisis bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.
4.3. Menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.3.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting
teks prosedur kompleks
4.3.2.
Menyunting isi sesuai dengan struktur isi
teks prosedur kompleks
4.3.3.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan
materi pokok teks prosedur kompleks ini
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia
2. Menunjukkan
perilaku disiplin dalam pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menganalisis teks
prosedur kompleks
4. Menganalisis isi teks prosedur
kompleks
5. Menganalisis bahasa teks
prosedur kompleks
6. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks
7.
Menyunting isi sesuai dengan struktur teks
prosedur kompleks
8.
Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks prosedur kompleks
CARA MENGURUS SURAT IZIN
MENGEMUDI (SIM)
1 Pernahkah
Anda mengurus surat izin mengemudi (SIM), misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu
memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman
dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar. Tulisan ini akan bermanfaat bagi
para pengendara sepeda motor yang belum mempunyai SIM C. Manfaat yang diperoleh
adalah bagaimana menghemat biaya dan waktu, bagaimana bisa memastikan diri
lulus ujian SIM C, dan bagaimana menjawab soal ujian SIM C dengan benar.
Tulisan ini juga dimaksudkan agar Anda mampu mengurus SIM sampai selesai dalam
satu hari.
2
Syarat-Syarat
Administrasi
Berikut adalah
dua syarat yang penting untuk disiapkan.
(1) Fotokopi KTP 1 lembar
Penting
juga Anda biasakan untuk selalu menyiapkan fotokopi KTP di dompet.
(2) Uang
Biaya total per April 2012 adalah Rp120.000,00 (yang
diperinci menjadi Rp20.000,00 untuk cek kesehatan dan Rp100.000,00 untuk biaya
pembuatan SIM).
Biaya
lainnya tidak ada, tetapi hendaknya Anda membawa uang lebih (misalnya
Rp150.000,00 untuk berbagai hal yang bersifat pribadi). Uang sejumlah itu sudah
cukup berdasarkan pengalaman untuk hari tersebut. Anda yang berada di daerah
lain bisa jadi uang yang diperlukan lebih kecil atau lebih besar. Silakan
bertanya terlebih dahulu ke polres setempat atau mencari informasi.
(3) Syarat Pribadi
Berikut ini beberapa syarat pribadi yang harus dipenuhi.
(a) Berumur minimal 17 tahun
Yang belum
berumur 17 tahun jangan berharap dapat mengajukan permohonan SIM.
(b) Terampil mengendarai sepeda motor
Polisi penguji menyatakan bahwa orang yang pengalaman
mengendarai sepeda motor kurang dari 1 tahun sering gagal dalam ujian. Bahkan,
ada peserta ujian yang menabrak pagar waktu menempuh ujian.
(c) Sehat, jernih, dan tenang
Anda datang ke tempat ujian dengan badan yang sehat,
pikiran yang jernih, dan hati yang tenang.
(d) Jangan merasa hebat
Walaupun sudah bertahun-tahun mengendarai sepeda motor,
bahkan banyak tempat sudah dijelajahi, belum tentu Anda lulus tes pada hari itu
juga.
(e) Harus
tahu diri
Belum tentu Anda lulus pada hari itu apabila Anda datang ke
tempat ujian SIM C tanpa persiapan yang cukup. Tahu diri itu penting karena
Anda harus menempuh ujian praktik dan ujian teori. Bahkan, di beberapa daerah
diterapkan uji jalan raya dengan motor masing-masing.
3 Sama halnya di instansi lain, ketika seseorang akan membuat surat,
seperti
SIM C, ia pasti harus menempuh prosedur atau urutan langkah
yang ada. Berikut ini beberapa langkah yang perlu diikuti.
(1) Saat Anda memasuki pintu gerbang polres, siapkan KTP
asli untuk diserahkan ke polisi jaga. Anda cukup membawa fotokopinya saja. Di
polres lain, mungkin tidak diterapkan aturan ini. Silakan ikuti aturan masuk
lingkungan polres setempat.
(2) Masukkan semua berkas ke dalamnya dan ikuti petunjuk di
loket itu.
(3) Dari tempat parkir dengan membawa fotokopi KTP, Anda
langsung menuju ke pos pemeriksaan kesehatan. Petugas akan memeriksa mata,
tensi darah, berat badan, dan tinggi badan. Untuk itu, Anda membayar
Rp20.000,00. Setelah itu, Anda akan mendapat surat keterangan kesehatan.
(4) Bawalah surat itu dan fotokopi KTP ke loket pendaftaran
SIM baru. Ikuti antrean. Jika ada tumpukan map satlantas yang tersedia,
ambillah satu karena memang disediakan untuk pengurus SIM.
(5) Parkirkan motor atau mobil Anda di tempat yang
disediakan.
Serahkan
berkas-berkas itu ke petugas yang ada. Dia akan berkata, “Tunggu di tempat ujian
praktik”. Di sebagian tempat, polres mendahulukan ujian praktik, setelah lulus,
Anda mengikuti ujian teori. Setelah lulus, Anda menempuh proses berikutnya.
CATATAN:
Urutan
tersebut mungkin berbeda di setiap polres. Anda dapat mencari informasi tentang
prosedur mengurus SIM baru di polres setempat. Khusus untuk SIM C, di daerah
lain pembuat SIM baru harus mengikuti 3 ujian, yaitu ujian praktik, ujian jalan
raya, dan ujian tulis.
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasi
dari situs resmi samsat http://www.tmcmetro.com)
2.
Langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
3.
Langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks prosedur kompleks (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis teks prosedur kompleksyang beredar di masyarakat
dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.
Peserta didik
diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta
membaca referensi contoh teks prosedur
komplekspada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 56 “Cara mengurus SIM
” yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks prosedur kompleksyang telah diamati yang disesuaikan
dengan topik analisis dan penyuntingan teks prosedur kompleks yang
disampaikan guru.
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
6.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks prosedur
kompleks.
7.
Masing-masing
kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran
pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama
kelompoknya.
8.
Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain
merespon/ menanggapi
dengan santun
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks prosedur kompleks dan
pemecahannya.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk menyunting sebuah prosedur kompleks dengan tema
tertentu.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan teks prosedur kompleks
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1. Guru
mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai analisis teks prosedur kompleks dan hasil penyuntingan teks prosedur kompleks sesuai
dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Disiplin
|
Kisi-kisi penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
|
|
|
|
2.
|
Disiplin
|
Menunjukkan perilaku disiplin
dalam pembelajaran
a. Datang tepat waktu
b.
Patuh pada tata
tertib atau aturan bersama/ sekolah
c.
Mengerjakan/mengumpulkan
tugas sesuai dengan waktu yang
ditentukan
d.
Mengikuti kaidah
berbahasa tulis yang baik dan benar
e.
Memakai
seragam sesuai ketentuan
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah analisis teks
prosedur kompleks
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam menganalisis teks prosedur kompleks!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah menyunting teks
prosedur kompleks!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
menganalisis teks prosedur kompleks:
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
Memahami kaidah struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
- Langkah-langkah menyuntingi teks prosedur kompleks:
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor
2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks prosedur kompleks terlampir kemudian suntinglah teks tersebut dengan
cermat!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Menyunting Teks prosedur kompleks
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks prosedur
kompleks?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penyuntingan bahasa dan
isi teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah penyuntingan bahasa dan isi teks prosedur kompleks tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting
teks prosedur
kompleks sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, 14 Juli 2014
Kepala sekolah WKS
1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 19820929 010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Disiplin
|
||||||
TP
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
tanggung jawab, jujur, dan disiplin
1.
Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai
Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg atau konsisten
4.
Membudaya
(MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment