RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 4 KD 3.3. DAN 4.3 KELAS X)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                         (RPP)

Satuan Pendidikan         : SMA/ SMK ... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/2
Materi Pokok               : Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik                 : Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan       : 1 X pertemuan                        
Alokasi Waktu             : 1 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.         3. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks prosedur kompleks, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
       Indikator
1.3.1.      Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.             3. Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
        Indikator
2.3.1. Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
3.3. Menganalisis teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.3.1.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks
3.3.2.              Menganalisis isi  teks prosedur kompleks dengan cermat.
3.3.3.              Menganalisis bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.
4.3. Menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
  Indikator
4.3.1.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks
4.3.2.              Menyunting isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
4.3.3.              Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan materi pokok teks prosedur kompleks ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                           Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.    Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
3.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks
4.    Menganalisis isi teks prosedur kompleks
5.    Menganalisis bahasa  teks prosedur kompleks
6.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks
7.                            Menyunting isi sesuai dengan struktur teks prosedur kompleks
8.                            Menyunting bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks prosedur kompleks
CARA MENGURUS SURAT IZIN MENGEMUDI (SIM)
1 Pernahkah Anda mengurus surat izin mengemudi (SIM), misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar. Tulisan ini akan bermanfaat bagi para pengendara sepeda motor yang belum mempunyai SIM C. Manfaat yang diperoleh adalah bagaimana menghemat biaya dan waktu, bagaimana bisa memastikan diri lulus ujian SIM C, dan bagaimana menjawab soal ujian SIM C dengan benar. Tulisan ini juga dimaksudkan agar Anda mampu mengurus SIM sampai selesai dalam satu hari.
   2 Syarat-Syarat Administrasi
    Berikut adalah dua syarat yang penting untuk disiapkan.
(1) Fotokopi KTP 1 lembar
Penting juga Anda biasakan untuk selalu menyiapkan fotokopi KTP di dompet.
(2) Uang
Biaya total per April 2012 adalah Rp120.000,00 (yang diperinci menjadi Rp20.000,00 untuk cek kesehatan dan Rp100.000,00 untuk biaya pembuatan SIM).
Biaya lainnya tidak ada, tetapi hendaknya Anda membawa uang lebih (misalnya Rp150.000,00 untuk berbagai hal yang bersifat pribadi). Uang sejumlah itu sudah cukup berdasarkan pengalaman untuk hari tersebut. Anda yang berada di daerah lain bisa jadi uang yang diperlukan lebih kecil atau lebih besar. Silakan bertanya terlebih dahulu ke polres setempat atau mencari informasi.
(3) Syarat Pribadi
Berikut ini beberapa syarat pribadi yang harus dipenuhi.
(a) Berumur minimal 17 tahun
Yang belum berumur 17 tahun jangan berharap dapat mengajukan permohonan SIM.
(b) Terampil mengendarai sepeda motor
Polisi penguji menyatakan bahwa orang yang pengalaman mengendarai sepeda motor kurang dari 1 tahun sering gagal dalam ujian. Bahkan, ada peserta ujian yang menabrak pagar waktu menempuh ujian.
(c) Sehat, jernih, dan tenang
Anda datang ke tempat ujian dengan badan yang sehat, pikiran yang jernih, dan hati yang tenang.
(d) Jangan merasa hebat
Walaupun sudah bertahun-tahun mengendarai sepeda motor, bahkan banyak tempat sudah dijelajahi, belum tentu Anda lulus tes pada hari itu juga.
(e) Harus tahu diri
Belum tentu Anda lulus pada hari itu apabila Anda datang ke tempat ujian SIM C tanpa persiapan yang cukup. Tahu diri itu penting karena Anda harus menempuh ujian praktik dan ujian teori. Bahkan, di beberapa daerah diterapkan uji jalan raya dengan motor masing-masing.
3 Sama halnya di instansi lain, ketika seseorang akan membuat surat, seperti
SIM C, ia pasti harus menempuh prosedur atau urutan langkah yang ada. Berikut ini beberapa langkah yang perlu diikuti.
(1) Saat Anda memasuki pintu gerbang polres, siapkan KTP asli untuk diserahkan ke polisi jaga. Anda cukup membawa fotokopinya saja. Di polres lain, mungkin tidak diterapkan aturan ini. Silakan ikuti aturan masuk lingkungan polres setempat.
(2) Masukkan semua berkas ke dalamnya dan ikuti petunjuk di loket itu.
(3) Dari tempat parkir dengan membawa fotokopi KTP, Anda langsung menuju ke pos pemeriksaan kesehatan. Petugas akan memeriksa mata, tensi darah, berat badan, dan tinggi badan. Untuk itu, Anda membayar Rp20.000,00. Setelah itu, Anda akan mendapat surat keterangan kesehatan.
(4) Bawalah surat itu dan fotokopi KTP ke loket pendaftaran SIM baru. Ikuti antrean. Jika ada tumpukan map satlantas yang tersedia, ambillah satu karena memang disediakan untuk pengurus SIM.
(5) Parkirkan motor atau mobil Anda di tempat yang disediakan.
Serahkan berkas-berkas itu ke petugas yang ada. Dia akan berkata, “Tunggu di tempat ujian praktik”. Di sebagian tempat, polres mendahulukan ujian praktik, setelah lulus, Anda mengikuti ujian teori. Setelah lulus, Anda menempuh proses berikutnya.
CATATAN:
Urutan tersebut mungkin berbeda di setiap polres. Anda dapat mencari informasi tentang prosedur mengurus SIM baru di polres setempat. Khusus untuk SIM C, di daerah lain pembuat SIM baru harus mengikuti 3 ujian, yaitu ujian praktik, ujian jalan raya, dan ujian tulis.
Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/SMK/MA/MAK (Diadaptasi dari situs resmi samsat http://www.tmcmetro.com)
2.       Langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
3.       Langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks prosedur kompleks (lisan maupun tulis)

G.    Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet
H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  
 










































Kegiatan Penutup:

1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.         Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang analisis teks prosedur kompleksyang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks negosiasi
2.      Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks prosedur komplekspada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 56 “Cara mengurus SIM ” yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.      Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
4.      Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks prosedur kompleksyang telah diamati yang disesuaikan dengan topik analisis dan penyuntingan teks prosedur kompleks yang disampaikan guru.
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
6.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks prosedur kompleks.
7.      Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.
8.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
9.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan teks prosedur kompleks dan pemecahannya.
10.  Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk menyunting sebuah prosedur kompleks dengan tema tertentu.
11.  Peserta didik bersama guru membahas hasil penyuntingan  teks prosedur kompleks
12.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai analisis  teks prosedur kompleks dan hasil penyuntingan teks prosedur kompleks sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit







115 menit











































45 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.                                                                           Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Disiplin
Kisi-kisi penilaian
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

4
1.
Spiritual (Religius)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




2.
Disiplin
Menunjukkan perilaku disiplin dalam pembelajaran
a. Datang tepat waktu
b.  Patuh pada tata tertib atau aturan bersama/ sekolah
c.    Mengerjakan/mengumpulkan tugas sesuai  dengan waktu yang ditentukan
d.   Mengikuti kaidah berbahasa tulis yang baik dan benar
e.    Memakai seragam sesuai ketentuan





Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah analisis teks prosedur kompleks
Tes tertulis (kuis)
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam menganalisis teks prosedur kompleks!
  1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks
Tes tertulis (kuis)
Isian
3.    Ungkapkan kembali langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks!
Jawaban
1.     Langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis isi dan bahasa teks sesuai struktur isi dan kaidah kebahasaan maupun EYD
    1. Langkah-langkah menyuntingi teks prosedur kompleks:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami kaidah bahasa dan struktur isi teks
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor 2
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
50
Peserta didik menjawab tidak lengkap
30
Peserta didik menjawab salah
  5
Peserta didik tidak menjawab
  0




2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks prosedur kompleks terlampir kemudian suntinglah teks tersebut dengan cermat!
Rubrik Penilaian Keterampilan Menyunting Teks prosedur kompleks
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa teks prosedur kompleks
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks prosedur kompleks?


2.
Ketepatan penyuntingan bahasa dan isi teks prosedur kompleks
Sudah tepatkah penyuntingan  bahasa dan isi teks prosedur kompleks tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam menyunting teks prosedur kompleks sesuai kaidah dan EYD?








     Mengetahui,                                                                                     Wonogiri, 14 Juli 2014
     Kepala sekolah                               WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia






Ir. Drs. Dikin, M.Pd.                  Drs. Bob Prabantoro                         Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011    NIP 196309131989031016           NIP 19820929 010012016
















Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Disiplin
TP
TP
K
SR
SL
K
SR
SL
1.









2.









3.









4.









5.





































































Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, jujur, dan disiplin
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Jujur
Disiplin

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.

















2.

















3.

















4.

















5.










































No comments:

Post a Comment