RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok
: Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan
: 1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia danmenggunakan- nya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks laporan
hasil observasi , laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.4. Mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengidentifikasi teks laporan hasil
observasi
3.4.2.
Mengidentifikasi
karakteristik teks laporan hasil
observasi dengan
cermat.
4.4. Mengabstraksi teks laporan hasil
observasi baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.4.1. mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil
observasi
4.4.2.
Mengabstraksi teks laporan hasil observasi
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokok teks laporan hasil observasi ini
siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengidentifikasi teks laporan hasil observasi
2. Mengidentifikasi karakteristik teks laporan hasil observasi
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengabstraksi teks
laporan hasil observasi
4.
Mengabstraksi teks laporan hasil
observasi
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi
HARIMAU
1
Harimau (Panthera
tigris) digolongkan ke dalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing
besar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging. 18 Kelas X
2 Harimau
dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram.
Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng
berwarna hitam. Gigi taringnya kuat dan tajam untuk mengoyak daging. Kakinya
berjumlah empat dengan cakar yang kuat untuk menerkam mangsanya.
3 Harimau
mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Harimau dapat hidup di hutan,
padang rumput, dan daerah payau atau hutan bakau. Di Indonesia harimau dapat
ditemukan di hutan dan hutan bakau di Pulau Sumatera dan Jawa.
4 Harimau
termasuk hewan penyendiri, tetapi mempunyai wilayah yang amat luas untuk
berburu mangsa. Wilayahnya dapat mencapai kawasan perdesaan. Populasi harimau cenderung
menurun karena sering diburu manusia. Oleh karena itu, harimau saat ini
termasuk binatang yang dilindungi pemerintah agar tidak punah.
5 Harimau
menjadi pusat perhatian dalam dunia sastra, seni, dan olahraga. Harimau sering
dijadikan tokoh dalam cerita rakyat, objek untuk foto atau gambar, dan maskot
dalam olahraga.
(Diadaptasikan
dari berbagai sumber)
2.
Langkah-langkah mengidentifikasi teks laporan hasil observasi
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
identifikasi karakteristik teks
3. Langkah-langkah
mengabstraksi teks laporan
hasil observasi
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks laporan hasil observasi
(lisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama ( bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang
beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks laporan hasil
observasi pada buku pegangan siswa
bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik, “Harimau” hal. 17-18.
3.
Peserta didik juga dipersilakan untuk mengamati contoh laporan hasil
observasi yang ditayangkan guru
4.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar laporan
hasil observasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
5.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4
orang.
6.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari topik yang
berkenaan dengan materi identifikasi dan abstraksi teks laporan hasil observasi
7.
Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan
membaca contoh-contoh laporan hasil observasi
lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
8.
Peserta didik
juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi
materi identifikasi dan abstraksi teks laporan hasil observasi
9.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru, tiap kelompok mengumpulkan data
dan mengolahnya sesuai dengan topik yang disampaikan guru di awal
pembelajaran.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada
kesimpulan mengenai materi identifikasi dan hasil abstraksi teks laporan hasil observasi
1.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai identifikasi dan hasil abstraksi teks
laporan hasil observasi
2.
Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan
dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Jujur
|
||||
3.
|
Disiplin
|
||||
4.
|
Tanggung
jawab
|
||||
5.
|
Proaktif
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah identifikasi
teks laporan
hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengidentifikasi teks laporan hasil observasi!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Ungkapkan
kembali langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil observasi!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
mengidentifikasi teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
- Langkah-langkah mengabstraksi teks laporan
hasil observasi:
Membaca/
mengamati teks secara
saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi
teks
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks laporan
hasil observasi terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks laporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks laporan hasil observasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?
|
|
|
2.
|
Ketepatan abstraksi teks laporan hasil observasi
|
Sudah tepatkah abstraksi teks laporann hasil
observasi tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks laporan
hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Mengetahui, Wonogiri, Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP 196309131989031016 NIP 198209292010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran : ...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, jujur,
disiplin, tanggung jawab, dan proaktif
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung jawab
|
Proaktif
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|