RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks laporan hasil observasi
Tema/ topik :
Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan :
4 X pertemuan :
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan
bangsa.
2.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.5. Mengevaluasi
teks laporan hasil observasi baik
melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.5.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengevaluasi teks laporan hasil observasi
3.5.2.
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
dengan cermat.
3.5.3.
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan
cermat.
4.5.
Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.5.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi teks laporan hasil observasi
4.5.2.
Menulis
ulang (mengonversi) teks laporan hasil observasi dalam
bentuk lain
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan
materi pokok teks laporan hasil observasi
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi
kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
2. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks laporan hasil observasi
3. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks laporan hasil observasi
4. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
5.
Menulis ulang teks laporan hasil observasi dalam bentuk lain
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks laporan hasil observasi
Bebas sesuai
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi
Membaca/
mengamati teks laporan hasil
observasi secara saksama
Memahami
struktur dan isi teks laporan hasil
observasi
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
kelebihan dan kekurangan teks laporan
hasil observasi
3.
Langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
Membaca/
mengamati teks laporan hasil
observasi secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks laporan hasil
observasi
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
laporan hasil observasi
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan
pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi
materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi yang beredar
di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.
Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan
guru serta membaca contoh teks laporan
hasil observasi lain yang dicari secara bebas oleh peserta didik, untuk
menyampaikan ide atau daftar masalah yang berkaitan.
3.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
4.
Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang
berkenaan dengan materi evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi
5.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil observasi
lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.
Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi evaluasi
dan konversi teks laporan hasil observasi.
7.
Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk
kemudian mendiskusikannya.
8.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan
hasil diskusi tersebut kepada guru
9.
10. Dengan
tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan evaluasi
dan konversi teks laporan hasil observasi dan pemecahannya.
11. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah laporan hasil observasi ke
bentuk lain.
12. Peserta didik bersama guru membahas hasil konversi teks laporan hasil
observasi ke bentuk lain.
13. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1. Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi dan hasil konversi
teks laporan hasil observasi.
2. Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses (sikap)
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Jujur
|
||||
4.
|
Disiplin
|
||||
5.
|
Proaktif
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
b.
Mengungkapkan
kembali langkah-langkah evaluasi teks laporan hasil observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks laporan hasil observasi!
|
c.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengonversi teks laporan hasil
observasi
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. Ungkapkan
kembali langkah-langkah mengonversi teks
laporan hasil observasi!
|
Jawaban
a.
Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami struktur dan isi teks laporan hasil observasi
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
Langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi :
Membaca/
mengamati teks laporan hasil
observasi secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks laporan hasil
observasi
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami teks laporan hasil observasi terlampir kemudian tulis ulanglah ke
dalam bentuk teks lain!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks laporan hasil observasi
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa teks laporan hasil observasi
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks laporan hasil
observasi?
|
||
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks laporan
hasil observasi
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks laporan
hasil observasi tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
teks laporan hasil observasi sesuai
kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, Juli 2014
Kepala SMK N 2 Wonogiri WKS
1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs. Dikin, M.Pd. Drs. Bob
Prabantoro Fitri
Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011 NIP
196309131989031016 NIP 19820929
010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
tanggung jawab, jujur, disiplin, dan proaktif
1.
Belum Tampak
(BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
Proaktif
|
||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||