RPP KURIKULUM 2013 SMA/ SMK TERBARU (BAB 3 KD 3.5 DAN 4.5 KELAS X)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                      (RPP)


Satuan Pendidikan       : SMA/ SMK ...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                        : X/1
Materi Pokok               : Teks laporan hasil observasi
Tema/ topik                 : Gemar Meneroka Alam Semesta
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                       :
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.  1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.    2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
3.5. Mengevaluasi teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.5.1.                    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi
3.5.2.      Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
3.5.3.      Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.
4.5.   Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.5.1.                              Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
4.5.2.                               Menulis ulang (mengonversi) teks laporan hasil observasi dalam bentuk lain

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan materi pokok teks laporan hasil observasi ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
2.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks laporan hasil observasi
3.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks laporan hasil observasi
4.    Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
5.                            Menulis ulang teks laporan hasil observasi dalam bentuk lain

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks laporan hasil observasi
Bebas sesuai
2.      Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi
Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami struktur dan isi teks laporan hasil observasi
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi

3.      Langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks laporan hasil observasi
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan laporan hasil observasi

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
 








































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi lain yang dicari secara bebas oleh peserta didik, untuk menyampaikan ide atau daftar masalah yang berkaitan.
3.       Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
4.       Peserta didik diarahkan untuk mendaftar topik/ masalah yang berkenaan dengan materi evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil observasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi.
7.      Masing-masing kelompok mendaftar topik/ masalah untuk kemudian mendiskusikannya.
8.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
9.                                          
10.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan evaluasi dan konversi teks laporan hasil observasi dan pemecahannya.
11.     Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk mengonversi sebuah laporan hasil observasi ke bentuk lain.
12.  Peserta didik bersama guru membahas hasil konversi teks laporan hasil observasi ke bentuk lain.
13.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks laporan hasil observasi dan hasil konversi teks laporan hasil observasi.
2.      Guru memberikan tes akhir pembelajaran berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit









































45 menit

I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses (sikap)
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung Jawab
3.
Jujur
4.
Disiplin
   5.
Proaktif
 
2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
b.             Mengungkapkan kembali langkah-langkah evaluasi  teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
1.    Ungkapkan kembali langkah-langkah dalam mengevaluasi teks laporan hasil observasi!
c.              Mengungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi
Tes tertulis
Isian
2.    Ungkapkan kembali langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi!


Jawaban
a.                                                                                           Langkah-langkah mengevaluasi teks laporan hasil observasi:
Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami struktur dan isi teks laporan hasil observasi
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan kelebihan dan kekurangan teks laporan hasil observasi
Langkah-langkah mengonversi teks laporan hasil observasi :
Membaca/ mengamati teks laporan hasil observasi secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks laporan hasil observasi
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 dan 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
2.2.       Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami teks laporan hasil observasi terlampir kemudian tulis ulanglah ke dalam bentuk teks lain!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks laporan hasil observasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks laporan hasil observasi?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks laporan hasil observasi tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?


     Mengetahui,                                                                                     Wonogiri,   Juli 2014
     Kepala SMK N 2 Wonogiri             WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia





Ir. Drs. Dikin, M.Pd.                  Drs. Bob Prabantoro                         Fitri Itut R, S.Pd.
NIP 195503041981031011    NIP 196309131989031016           NIP 19820929 010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran               : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, jujur, disiplin, dan proaktif
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Jujur
Disiplin
Proaktif

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1.





















2.





















3.





















4.





















5.