RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA/ SMK...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok :
Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik :
Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
3. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi
dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot,
laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1. Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
3. Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia
untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.
Indikator
2.3.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam
melaksanakan tugas-tugas pembelajaran
3.2.
Membandingkan teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks prosedur kompleks
3.2.2.
Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan
cermat.
4.2. Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun
tulisan
Indikator
4.2.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi
teks prosedur kompleks
4.2.2.
Memproduksi teks prosedur kompleks yang
koheren
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan
materi pokok teks prosedur kompleks ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia
2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas
pembelajaran
3. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah membandingkan teks
prosedur kompleks
4. Membandingkan struktur isi dan
bahasa teks prosedur
kompleks
5. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
6.
Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks prosedur
kompleks
- Tulis
CARA MENGGUNAKAN KARTU ATM
1 Kartu
ATM adalah salah satu fasilitas penting bagi nasabah sebuah bank. Dengan kartu
ATM, seorang nasabah bisa dengan mudah melakukan transaksi penting. Transaksi
penting melalui ATM itu, antara lain, adalah
(1) transfer uang antarbank, baik bank yang sama maupun yang berbeda;
(2) penarikan uang tunai;
(3) pembayaran tagihan, misalnya listrik atau telepon;
(4) pengecekan saldo tabungan;
(5) belanja atau pembayaran di kasir di tempat-tempat tertentu,
misalnya swalayan;
(6) pengisian pulsa telepon seluler;
(7) pembayaran tiket pesawat.
2 Perhatikan
panduan ini baik-baik agar tujuan menggunakan ATM tercapai.
3 Setelah
memasuki ruang mesin ATM, masukkan kartu ATM (lihat jangan sampai terbalik,
bagian sisi kiri yang harus dimasukkan terlebih dahulu). Pada kartu ATM tertentu
biasanya ada tanda panah. Tanda panah itulah sisi yang harus dimasukkan
terlebih dahulu. Setelah memasukkan kartu ATM, tunggu sampai
layar meminta pilih bahasa. Jika ingin menggunakan bahasa Indonesia,
pilihlah bahasa Indonesia. Kemudian, Anda masukkan nomor PIN (personal
identification number) rahasia Anda setelah di layar tertera masukkan nomor PIN
Anda. Pastikan jangan sampai ada yang mengintip, sebaiknya rapatkan tubuh Anda
ke mesin ATM. Setelah memasukkan nomor PIN dengan benar, pilihlah transaksi
yang diinginkan dengan menekan tombol yang ada di sisi layar lurus dengan menu
transaksi yang ingin dipilih, misalnya penarikan tunai atau transaksi
lainnya untuk melihat layanan transaksi yang lain. Ikuti perintah
selanjutnya sesuai dengan yang tertera di layar. Masukkan jumlah uang yang akan
ditarik (kelipatan Rp50.000,00 atau Rp100.000,00) jika Anda ingin menarik uang.
Anda tidak bisa menarik uang dari ATM dengan jumlah, seperti Rp22.750. Berbeda
dengan saat Anda mentransfer uang, jumlah berapa saja dimungkinkan. Ambillah
uang yang keluar dari lubang uang yang ada di bagian bawah. Jika tidak diambil,
mesin ATM akan menunggu perintah Anda selanjutnya. Adakalanya di ATM bank yang
berbeda pada transaksi penarikan uang justru Anda diminta mengambil kartu ATM
terlebih dahulu. Perhatikan saja perintah yang ada di layar.
4 Jika
transaksi selesai, jawablah pertanyaan bahwa Anda selesai bertransaksi sesuai
dengan menu yang tertera di layar. Tunggu sampai keluar kertas bukti transaksi
dan ambil. Pada transaksi penarikan uang adakalanya mesin ATM tidak
mengeluarkan tanda bukti. Perhatikan saja keterangan yang tertera di layar.
Setelah itu, kartu akan keluar dengan sendirinya. Ambil kartu Anda dan
transaksi berhasil.
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK
(Diadaptasi dari situs www.bni.co.id)
b.
Lisan
Video Cara membuat e-KTP
(you tube) https://www.youtube.com/watch?v=l5CQUu3reeE
2.
Langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
langkah kerja secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.
Metode Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks prosedur kompleks (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,
ü
KBBI offline,
ü Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila
pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
7.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang
perbandingan teks prosedur kompleks yang beredar di masyarakat dikaitkan
dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks prosedur kompleks
Peserta didik diberikan
basic
concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi
contoh teks prosedur kompleks pada
buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 54 “Cara menggunakan kartu ATM” dan teks prosedur kompleks lisan Video Cara membuat e-KTP (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=l5CQUu3reeE
yang sesuai dengan fenomena di
masyarakat
2.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang
beranggotakan 4 orang.
3.
Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining
the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks prosedur kompleks yang telah diamati yang disesuaikan
dengan topik perbandingan dan produksi teks prosedur kompleks yang
disampaikan guru.
4.
Peserta didik diberi
kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan
topik di atas.
5.
Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri)
dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber
untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks prosedur
kompleks.
6.
Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge
(pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai
topik bersama kelompoknya.
7.
Masing-masing kelompok secara bergiliran
mempresentasikan
hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok
lain merespon/ menanggapi dengan santun
8.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah
yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks prosedur kompleks dan
pemecahannya.
9. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara
merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah prosedur kompleks dengan tema
tertentu.
10. Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi teks prosedur kompleks.
11. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap
pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
1. Guru
mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan
teks prosedur kompleks dan hasil produksi teks prosedur kompleks sesuai
dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan
keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Kisi-kisi
penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.
Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.
Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur atas nikmat
dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
|
||||
2.
|
Tanggung
jawab
|
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan
diskusi
a. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
c.
tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengakui dan meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita
sendiri
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :

2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan
teks prosedur kompleks
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Ungkapkan
kembali langkah-langkah dalam membandingkan
teks prosedur kompleks!
|
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
2.Ungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks prosedur kompleks!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
membandingkan teks prosedur
kompleks:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
- Langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks:
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
langkah kerja secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 dan nomor
2
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
50
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
30
|
Peserta
didik menjawab salah
|
5
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks prosedur kompleks yang koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks prosedur kompleks
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks prosedur
kompleks?
|
||
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks prosedur
kompleks sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui, Wonogiri, 14 Juli 2014
Kepala sekolah WKS 1 Guru Mapel Bahasa Indonesia
Ir. Drs.
Dikin, M.Pd. Drs. Bob Prabantoro Fitri Itut R, S.Pd.
NIP
195503041981031011 NIP
196309131989031016 NIP 19820929
010012016
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Tanggung jawab
|
||||||
TP
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
4.
|
|||||||||
5.
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius,
tanggung jawab, jujur, dan disiplin
1.
Belum
Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai
Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih
sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai
ajeg atau konsisten
4.
Membudaya
(MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara
terus-menerus
dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
Jujur
|
Disiplin
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||
1.
|
||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||
No comments:
Post a Comment