Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester : XI (Ganjil)
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
||||||
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan
imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian,
misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
|
||||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
||||||
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan
proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
|
||||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks
cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
||||||
1.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali
kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)
|
||||||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan
lingkungan dan perdagangan bebas
|
||||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek,
baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks cerita pendek
·
Pengenalan ciri bahasa teks cerita pendek
·
Pemahaman isi teks cerpen
·
Interpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks cerita pendek
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh
teks cerita pendek mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerpen(abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi,
dan coda).
· Peserta didik membaca contoh tekscerita pendek yang lain.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerpen
yang dibaca.
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita pendek dengan
bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menemukan struktur isi teks cerita pendek.
· Peserta didik menemukan ciri-ciri teks cerita pendek.
· Peserta didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur
isi dan ciri bahasa teks cerita pendek.
· Peserta didik mendiskusikanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik dalam teks cerita pendek.
Mengasosiasi:
· Peserta didik
mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
· Peserta didik
mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
· Peserta didik menyimpulkanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik
teks cerita pendek dalam diskusi kelas dengan
saling menghargai.
Mengkomunikasikan:
· Peserta didik
menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita pendek.
· Peserta didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan
teman/kelompok.
· Peserta didik mempresentasikanisi, unsur
intrinsik, unsur ekstrinsik teks cerita pendekdengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
cerita pendek.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks cerita pendek
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks cerita pendek baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· Buku kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks cerita pendek
|
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita pendek, baik
secara lisan maupun tulisan
|
Memahami
(menjelaskan)
makna teks cerita pendek
|
|||||
3.2
Membandingkan teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita pendek
· Langkah-langkah penulisan teks cerita pendek (menggali pengalaman, menemukan topik, mengembang
kan topik
sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa), dll.
|
Mengamati
· Peserta didik membaca dua teks cerita pendek.
· Peserta didik menggali pengalaman dan peristiwa/kejadian.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa kedua teks cerita pendek.
· Peserta didik
mempertanyakan topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali.
Mengeksplorasi:
· Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks
cerita pendekyang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita
pendek yang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua buah teks cerita pendek
yang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua buah teks
cerita pendek yang dibaca.
· Peserta didik menentukan topik teks cerita pendek sesuai pengalaman, kejadian, atau peristiwa dengan cermat.
· Peserta didik membuat teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi teks cerita
pendek , ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses
material, konjungsi temporal), dan unsur intrinsik serta unsur ekstrinsik.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan dua buah
teks cerita pendek dalam diskusi kelas.
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan cerita pendek yang dibuat.
Mengomunikasikan
· Peserta didik
menjelaskan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua cerita
pendek.
· Peserta didik membacakan hasil diskusi teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks cerita pendek yang dibaca.
·
Secara
individual Peserta didik diminta memproduksi teks cerita pendek yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
membandingkan teks cerita pendek
*Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks cerita pendek dengan cermat.
|
4.2 Memproduksi
teks cerita pendek, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah memproduksi teks cerita
pendek
*Memproduksi
teks cerita pendek yang koheren
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks cerita pendek
· Analisis bahasa teks cerita pendek
· Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks cerita pendek
· Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
· Peserta didik membaca teks cerita pendek.
· Peserta didik membaca teks cerita pendek yang ditulis teman.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks cerita pendek.
Mengeksplrorasi
· Peserta didik menganalisis isi
teks cerita
pendek(struktur, unsur intrintrinsik, dan unsur ekstrinsik) dengan cermat.
· Peserta didik menganalisis bahasa teks cerita
pendek (pilihan kata, gaya bahasa,
dan konjungsi ) dengan cermat.
· Peserta didik menyunting teks cerita pendek yang ditulis teman dari aspek
struktur isidengan cermat
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis terhadap cerita pendek.
· Peserta didik memperbaiki teks cerita pendekberdasarkan hasil suntingan.
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta didik membacakan teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
· Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita
pendek yang dibacakan dengan santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
cerita pendek.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks
cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
menganalisis teks cerita pendek
*Menganalisis
isi teks
cerita pendek dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks cerita pendek dengan cermat.
|
4.3 Menyunting
teks cerita pendek, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah menyunting teks cerita
pendek
*Menyunting isi
sesuai dengan struktur isi cerita pendek
*Menyunting bahasa cerita
pendek sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4.Mengidentifikasi
teks cerpen baik secara lisan maupun tertulis
|
·
Karakteristik teks cerpen
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita pendek
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh teks cerita pendek.
· Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks cerita pendek.
· Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita pendek.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks cerita pendek yang dibaca.
· Peserta didik
mempertanyakan hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menuliskan garis besar isi teks cerita pendek (abstraksi)
dalam beberapa kalimat secara terpadu.
· Peserta didik
mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks cerpen.
Mengasosiasi
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita pendek yang telah ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta didik
menuliskan karakteristik cerpen.
· Peserta didik mempresentasikan
abstraksi teks cerita pendek.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita
pendek.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita pendek
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks
cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan cerpen
· Buku
yang berkaitan dengan genre teks
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengidentifikasi teks cerpen
*Mengidentifikasi
karakteristik teks cerpen dengan
cermat.
|
4.4 Mengabstraksi teks cerita pendek, baik secara lisan
maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengabstraksi teks cerpen
*Mengabstraksi teks cerpen
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks cerita pendek, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita
pendek
·
Langkah- langkah konversi teks cerita pendek menjadi
teks monolog
· Langkah- langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek.
· Peserta didik
membaca contoh cerita ulang teks cerita pendek.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita
pendekyang dibaca.
· Peserta didik
mempertanyakan contoh cerita ulang teks cerita pendek yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta didik membaca contoh
teks cerita
pendekyang lain.
· Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek dengan cermat.
· Peserta didik menulis ulang teks
cerita pendek dalam bentuk drama.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap cerita pendek
dari aspek struktur isi dan bahasa.
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita pendek yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan hasil
evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita pendek dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks cerita pendek.
·
Secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks cerita pendek ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks cerita
pendek.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· Media massa
· buku kumpulan cerpen
· Buku yang
berkaitan dengan genre teks
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengevaluasi cerpen
*Mengevaluasi
kelebihan struktur isi dan bahasa teks
cerpen dengan cermat.
*Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
cerpen dengan cermat.
|
4.5 Mengonversi
teks cerita pendek, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
mengonversi cerpen
*Menulis ulang
(mengonversi) teks cerpen dalam bentuk uraian monolog
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks pantun, baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks pantun
· Pengenalan ciri bahasa teks pantun
· Pemahaman isi teks pantun
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh
teks pantun.
Mempertanyakan
· Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan
struktur isi teks pantun(sampiran,
isi, sajak).
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks pantun.
Mengeksplorasi
· Peserta didik membaca contoh tekspantun yang lain.
· Peserta didik menemukan struktur isi teks pantun(sampiran,
isi).
· Peserta didik menemukan ciri bahasa teks pantun.
· Peserta didik menentukanmakna/ maksud isi teks pantun.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi
dan ciri bahasa teks pantun.
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/
maksud teks pantun dalam diskusi
kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
· Peserta didik
membacakan hasil diskusi tentang temuan terkait dengan struktur isi dan ciri
bahasa teks pantun.
· Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks pantun dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
pantun.
·
Secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks berita baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks pantun baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks pantun
|
4.1 Menginterpretasi makna teks, pantun, baik secara
lisan maupun tulisan
|
Memahami
(menjelaskan)
makna teks pantun
|
|||||
3.2
Membandingkan teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks pantun
· Langkah-langkah penulisan teks pantun ( menemukan
topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca beberapa teks pantun.
Mempertanyakan:
·
Peserta
didik mempertanyakan isi teks panttun.
Mengeksplorasi:
·
Peserta
didik mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks pantun
yang dibaca.
·
Peserta
didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang dibaca.
·
Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks pantun yang dibaca.
·
Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang dibaca.
·
Peserta
didik menentukan topik teks pantun.
·
Peserta
didik membuat teks pantun sesuai dengan struktur isi teks pantun (sampiran,
isi, sajak abab) dan ciri bahasa pantun.
Mengasosiasi
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks pantun dalam diskusi
kelas.
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan struktur isi teks pantun yang dibuat.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menjelaskan persamaan dan
perbedaan beberapa teks pantun yang didiskusikan.
·
Peserta didik membacakan teks
pantun dengan
intonasi dan
ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks pantun yang dibaca.
·
Secara
individual Peserta didik diminta memproduksi teks pantun yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
membandingkan teks pantun
*Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
|
4.2 Memproduksi
teks pantun, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah memproduksi teks pantun
*Memproduksi
teks pantun yang koheren
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks
pantun, baik
melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks pantun
·
Analisis bahasa teks pantun
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks pantun
· Penyuntingan bahasa sesuai dengan: ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh teks pantun.
· Peserta didik teks pantun yang ditulis
teman.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.
· Peserta didik
mempertanyakan struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menganalisis isi
teks pantun
dengan cermat.
· Peserta didik menganalisis bahasa teks pantun
dengan cermat.
· Peserta didik menyunting teks pantun yang ditulis teman dari aspek
struktur isi dan bahasa teks pantun dengan
cermat.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis isi dan bahasa teks
pantun.
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan teman terhadap pantun yang
ditulis.
· Peserta didik memperbaiki teks pantun berdasarkan hasil suntingan teman.
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta didik membacakan teks pantun dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
· Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibacakan dengan santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks
pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan
kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
menganalisis teks pantun
*Menganalisis
isi teks
pantun dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks pantun dengan cermat.
|
4.3 Menyunting
teks pantun, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah menyunting teks pantun
*Menyunting isi
sesuai dengan struktur isi anekdot
*Menyunting bahasa pantun
sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi pantun, baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks pantun
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks pantun
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh teks pantun.
· Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks pantun.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta didik
menuliskan karakteristik pantun.
· Peserta didik menuliskan garis besar isi teks pantun (abstraksi)
dalam satu
kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi yang dibuat.
Mengomunikasikan
· Peserta didik
menyampaikan ciri-ciri (karakteristik) pantun.
· Peserta didik mempresentasikan
abstraksi
teks pantun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
pantun.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks pantun sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting pantun
berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengidentifikasi teks pantun
*Mengidentifikasi
karakteristik teks pantun dengan
cermat.
|
4.4
Mengabstraksi teks pantun, baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengabstraksi teks pantun
*Mengabstraksi teks pantun
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks pantun, berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks pantun
·
Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
· Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh teks pantun.
· Peserta didik
membaca contoh pantun yang ditulis ulang.
Mempertanyakan:
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks pantun.
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks pantun yang ditulis ulang.
Mengeksplorasi
· Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun.
· Peserta didik membaca contoh
teks pantun.
· Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
· Peserta didik menulis ulang teks
pantun dalam bentuk uraian dialog.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap teks pantun.
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan cerita teks pantun yang ditulis ulang.
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan hasil
evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks pantun dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta didikmembacakan hasil konversi teks pantun.
· Peserta didikmengomentari pembacaan teks pantun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks pantun.
·
Secara
individual Peserta didik diminta mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks pantun.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· buku kumpulan pantun
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengevaluasi pantun
*Mengevaluasi
kelebihan struktur isi dan bahasa teks
pantun dengan cermat.
*Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
pantun dengan cermat.
|
4.5 Mengonversi teks pantun, ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
mengonversi pantun
*Menulis ulang
(mengonversi) teks pantun dalam bentuk uraian monolog
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang,
baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks cerita ulang
· Pengenalan ciri bahasa teks cerita ulang
· Pemahaman isi teks cerita ulang
Pemahaman isi teks cerita ulang
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh
teks cerita ulang.
· Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks cerita ulang.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan struktur isi teks cerita ulang yang dibaca.
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks
cerita ulang.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menemukan struktur isi teks cerita ulang.
· Peserta didik menemukan ciri bahasa teks cerita ulang.
· Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks cerita ulang.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi
dan ciri bahasa teks cerita ulang.
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/
maksud teks cerita ulang dalam diskusi kelas dengan saling
menghargai.
Mengomunikasikan
· Peserta didik
mempresentasikan temuan terkait struktur isi teks cerita ulang.
· Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks cerita
ulang dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
cerita ulang.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks cerita ulang
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks
cerita ulang
|
Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks cerita ulang
|
4.1 Menginterpretasi makna teks cerita ulang, baik
secara lisan maupun tulisan
|
Memahami
(menjelaskan)
makna teks cerita ulang
|
|||||
3.2
Membandingkan teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks cerita ulang
· Langkah-langkah penulisan teks cerita ulang (menemukan topik, mengembang kan sesuai
dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati:
·
Peserta
didik membaca dua
teks cerita ulang.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik mempertanyakan isi kedua teks cerita ulang.
Mengeksplorasi:
·
Peserta
didik mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks cerita ulangyang dibaca.
·
Peserta
didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulangyang dibaca.
·
Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
·
Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
·
Peserta
didik menentukan topik teks cerita ulang.
·
Peserta
didik membuat teks cerita ulang sesuai dengan struktur isi teks cerita ulangdan ciri bahasanya.
Mengasosiasi
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks cerita ulang dalam diskusi kelas.
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita ulang yang ditulis.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan persamaan dan perbedaan beberapa teks cerita ulangdalam diskusi kelas.
·
Peserta
didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks cerita ulang yang dibaca.
·
Secara
individual Peserta didik diminta memproduksi teks cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks
cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh cerita
ulang
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
membandingkan teks cerita ulang
*Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks cerita ulang dengan cermat.
|
4.2 Memproduksi
teks cerita ulang, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah memproduksi teks cerita
ulang
*Memproduksi
teks cerita ulang yang koheren
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks cerita ulang
·
Analisis bahasa teks cerita ulang
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks cerita ulang
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan ejaan dan tanda baca
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca contoh analisis teks cerita ulang.
·
Peserta
didik membaca teks cerita ulang yang ditulis teman.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik mempertanyakan contoh analisis teks cerita ulang.
·
Peserta
didik mempertanyakan isi teks cerita ulang yang ditulis teman.
Mengeksplorasi:
·
Peserta
didik menganalisis isi
teks cerita ulang dengan cermat.
·
Peserta
didik menganalisis bahasa teks cerita ulangdengan cermat.
·
Peserta
didik menyunting teks cerita ulangyang ditulis teman dari
aspek struktur isi dan bahasa teks cerita ulangdengan
cermat.
Mengasosiasi
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks
cerita ulang.
·
Peserta
didik memperbaiki teks cerita ulang berdasarkan hasil
suntingan.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
·
Peserta
didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.
·
Peserta
didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang yang dibacakan
dengan santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks
cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh cerita
ulang
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
menganalisis teks cerita ulang
*Menganalisis
isi teks cerita ulang dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks
cerita ulang dengan
cermat.
|
4.3 Menyunting
teks cerita ulang, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah menyunting teks cerita ulang *Menyunting isi sesuai dengan struktur isi cerita
ulang *Menyunting bahasa cerita
ulang sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks cerita ulang, baik
secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks cerita ulang
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita ulang
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca contoh teks cerita ulang.
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteris-tik teks cerita ulang.
Mempertanyakan:
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks cerita ulang yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menuliskan garis besar isi teks cerita ulang
(abstraksi) dalam beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita ulang yang telah ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik mempresentasikan abstraks teks cerita ulang.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
cerita ulang.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita ulang sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks
cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh cerita
ulang
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengidentifikasi teks cerita ulang *Mengidentifikasi
karakteristik teks cerita ulang dengan cermat.
|
4.4
Mengabstraksi teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengabstraksi teks cerita ulang *Mengabstraksi teks cerita ulang
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks cerita ulang, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang
·
Langkah- langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog
|
Mengamati:
· Peserta didik
membaca contoh teks cerita ulang.
· Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita
ulang.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan cerita ulang teks cerita ulang yang dibaca.
· Peserta didik
mempertanyakan contoh evaluasi teks cerita ulang yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita
ulangdengan cermat.
· Peserta didik menulis ulang teks
cerita ulang dalam
bentuk uraian dialog.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi teks cerita ulang.
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan cerita ulang yang ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan hasil
evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita ulangdengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta didikmembacakan hasil tulisan cerita ulang teks cerita ulang yang ditulis.
· Peserta didikmengomentari pembacaan teks cerita ulang.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks cerita ulang.
·
Secara
individual Peserta didik diminta mengonversi teks cerita ulang ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks cerita
ulang
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks cerita ulang ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh cerita
ulang
· Internet
· contoh cerita
ulang
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengevaluasi cerita ulang *Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks cerita
ulang dengan cermat.
*Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
cerita
ulang dengan cermat.
|
4.5 Mengonversi
teks cerita ulang, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
mengonversi cerita ulang *Menulis ulang (mengonversi) teks cerita ulang dalam bentuk
uraian monolog
|
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester : XI (Genap)
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Indikator
|
1.1Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
||||||
2.1Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan
imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian,
misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
|
||||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
||||||
2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan
proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
|
||||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi
kompleks, dan film/drama
|
||||||
2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan
disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali
kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)
|
||||||
2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan
lingkungan dan perdagangan bebas
|
||||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi
kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks eksplanasi kompleks
· Pengenalan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks
· Pemahaman isi teks eksplanasi kompleks
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh
teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
Mempertanyakan
· Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan
struktur isi teks eksplanasi kompleks
yang dibaca.
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks
eksplanasi kompleks.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menemukan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik menemukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks eksplanasi kompleks.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi
dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/
maksud teks eksplanasi kompleksdalam diskusi kelas dengan
saling menghargai.
Mengomunikasikan
· Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan
struktur isi dan ciri bahasa teks
eksplanasi kompleks.
· Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks
eksplanasi kompleksdengan
rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks. eksplanasi kompleks
·
Secara
individual Peserta didik diminta menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulis.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi
kompleks.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks eksplanasi kompleks
|
Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks eksplanasi
|
4.1 Menginterpretasi makna teks, eksplanasi kompleks,
baik secara lisan maupun tulisan
|
Memahami
(menjelaskan)
makna teks eksplanasi
|
|||||
3.2
Membandingkan teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun
tulisan
|
· Persamaan/perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua teks eksplanasi kompleks
· Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks (menemukan topik, mengembang kan
sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati:
· Peserta didik membaca dua
teks eksplanasi kompleks.
Mempertanyakan:
· Peserta didik
mempertanyakan persamaan dan perbedaan kedua teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
· Peserta didik menentukan topik teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik membuat teks eksplanasi kompleks sesuai dengan
struktur isi teks eksplanasi
kompleksdan
ciri bahasa.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleksdalam diskusi kelas.
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan teks eksplanasi kompleks yang dibuat.
Mengomunikasikan
· Peserta didik menjelaskan persamaan
dan perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik membacakan teks eksplanasi kompleksdengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks eksplanasi kompleks
yang dibaca.
·
Secara
individual Peserta didik diminta memproduksi teks eksplanasi kompleks
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi
kompleks
yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks eksplanasi kompleks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh eksplanasi kompleks
· Internet
· contoh eksplanasi kompleks
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
membandingkan teks eksplanasi
*Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks eksplanasi dengan cermat.
|
4.2 Memproduksi
teks eksplanasi kompleks, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang
akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah memproduksi teks eksplanasi
*Memproduksi
teks anekdot yang koheren
|
|||||
3.3
Menganalisis teks
eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Analisis isi teks eksplanasi kompleks
· Analisis bahasa teks eksplanasi kompleks
· Penyuntingan isi sesuai dengan
struktur isi teks eksplanasi
kompleks
· Penyuntingan bahasa sesuai
dengan ejaan dan tanda baca
|
Mengamati
· Peserta didik membaca teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik membaca teks eksplanasi kompleks
yang ditulis teman.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menganalisis isi
teks eksplanasi kompleksdengan cermat.
· Peserta didik menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleksdengan cermat.
· Peserta didik menyunting teks eksplanasi kompleksyang ditulis teman
dari aspek struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks
dengan cermat.
Mengasoasiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik memperbaiki teks eksplanasi kompleks
berdasarkan hasil suntingan.
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta didik membacakan teks eksplanasi kompleksdengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.
· Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleksyang dibacakan
dengan santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur dan
kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan
Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur serta kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks eksplanasi kompleks
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
menganalisis teks eksplanasi
*Menganalisis
isi teks
eksplanasi dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks eksplanasi dengan cermat.
|
4.3 Menyunting
teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah menyunting teks eksplanasi
*Menyunting isi
sesuai dengan struktur isi eksplanasi
*Menyunting bahasa eksplanasi
sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks eksplanasi kompleks,
baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks eksplanasi
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi kompleks
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik tekseksplanasi kompleks.
Mempertanyakan
· Peserta didik mempertanyakan
ciri-ciri teks eksplanasi.
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menuliskan garis besar isi teks eksplanasi kompleks
(abstraksi) dalam beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan abstraksi teks eksplanasi kompleks yang ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan
abstraks teks eksplanasi kompleks yang ditulis.
· Peserta didik
mengomentari teks esplanasi kompleks yang dibacakan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks eksplanasi kompleks
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksplanasi
kompleks.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur serta kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh eksplanasi kompleks
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengidentifikasi teks eksplanasi
*Mengidentifikasi
karakteristik teks eksplanasi dengan
cermat.
|
4.4
Mengabstraksi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun
tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengabstraksi teks eksplanasi
*Mengabstraksi teks eksplanasi
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks
eksplanasi kompleks, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun
tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks eksplanasi
kompleks
· Langkah- langkah konversi teks eksplanasi kompleksmenjadi teks dialog
· Langkah- langkah konversi teks eksplanasi kompleksmenjadi teks dialog
|
Mengamati
· Peserta didik
membaca contok konversi teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
kompleks.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan contoh evaluasi teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik
mempertanyakan isi konversi teks eksplanasi kompleks.
Mengeksplorasi
· Peserta didik
membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi
kompleksdengan cermat.
· Peserta didik mengonversi teks eksplanasi kompleksdalam bentuk dialog.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksplanasi kompleks.
· Peserta didik
mendiskusikandan menyimpulkan konversi teks eksplanasi kompleks yang ditulis.
Mengomunikasikan
· Peserta didik mempresentasikan hasil
evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksplanasi kompleksdengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun
· Peserta didikmembacakan hasil konversi teks eksplanasi kompleks
· Peserta didikmengomentari pembacaan teks eksplanasi kompleks
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks eksplanasi
kompleks.
·
Secara
individual Peserta didik diminta mengonversi teks eksplanasi kompleks
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks eksplanasi kompleks
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh eksplanasi kompleks
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengevaluasi eksplanasi
*Mengevaluasi
kelebihan struktur isi dan bahasa teks
eksplanasi dengan cermat.
*Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
anekdot dengan cermat.
|
4.5 Mengonversi teks eksplanasi kompleks, ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
mengonversi eksplanasi
*Menulis ulang
(mengonversi) teks eksplanasi dalam bentuk uraian monolog
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks film/drama baik
melalui lisan maupun tulisan
|
· Pengenalan struktur isi teks film/drama
· Pengenalan ciri bahasa teks film/drama
· Pemahaman isi teks film/drama
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh
teks film/drama.
· Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama.
Mempertanyakan
· Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks film/drama yang dibaca.
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks
film/drama.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menemukan struktur isi teks film/drama.
· Peserta didik menemukan ciri bahasa teks film/drama.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi
dan ciri bahasa teks film/drama.
· Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks film/drama.
· Peserta didikmendiskusikan
dan menyimpulkan makna/maksud isi teks film/drama yang telah ditentukan.
Mengomunikasikan
· Peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi terkait struktur isi dan ciri bahasa teks
film/drama.
· Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks
film/drama dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menginterpretasi makna teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks film/drama.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks film/drama
|
Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks film/ drama
|
4.1 Menginterpretasi makna teks film/drama baik secara
lisan maupun tulisan
|
Memahami
(menjelaskan)
makna teks film/ drama
|
|||||
3.2
Membandingkan teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/
perbedaan
struktur isi dan ciri bahasa
dua teks film/drama
·
Langkah-langkah penulisan teks film/drama ( menemukan topik,
mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca dua
teks film/drama.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik mempertanyakan isi kedua teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta
didik mempertanyakan topik teks film/drama.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mengidentifikasi persamaan struktur isi beberapa teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta
didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta
didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi beberapa teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta
didik menentukan topik teks film/drama.
·
Peserta
didik membuat teks film/drama sesuai dengan struktur isi teks film/drama dan ciri bahasa.
Mengasosiasi
·
Peserta
didik mendiskusikan dan meyimpulkan persamaan dan perbedaan beberapa teks film/drama dalam diskusi kelas.
·
Peserta
didik mendiskusikandan menyimpulkan teks film/drama yang
dibuat.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menjelaskan persamaan
dan perbedaan beberapa teks film/drama hasil diskusi kelas.
·
Peserta
didik membacakan teks film/drama dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks film/drama yang dibaca.
·
Secara
individual Peserta didik diminta memproduksi teks film/drama yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan.
Portofolio laporan: menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
contoh film/drama
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
membandingkan teks film/ drama
*Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks film/ drama dengan cermat.
|
4.2 Memproduksi
teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah memproduksi teks film/
drama
*Memproduksi
teks film/ drama yang koheren
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks film/drama
· Analisis bahasa teks film/drama
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks film/drama
· Penyuntingan bahasa sesuai
dengan ejaan dan tanda baca
|
Mengamati:
·
Peserta
didik membaca contoh analisis teks film/drama.
·
Peserta
didik membaca teks film/drama yang ditulis teman.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik mempertanyakan contoh analisis teks film/drama yang dibaca.
·
Peserta
didik mempertanyakan teks
film/drama yang ditulis teman dari aspek
struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan
cermat.
Mengekplorasi
·
Peserta
didik menganalisis isi
teks film/drama dengan cermat.
·
Peserta
didik menganalisis bahasa teks film/dramadengan cermat.
·
Peserta
didik menyunting teks film/drama yang ditulis teman dari
aspek struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan
cermat.
Mengasosiasi
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis
dengan teman/kelompok lain.
·
Peserta
didik mendiskusikan dan memperbaiki teks
film/drama berdasarkan hasil suntingan.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
·
Peserta
didik membacakan teks film/drama dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.
·
Peserta
didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibacakan dengan
santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks
film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks
film/drama baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks film/drama
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama
sesuai dengan struktur serta kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
contoh film/drama
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
menganalisis teks film/ drama
*Menganalisis
isi teks
film/ drama dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks film/ drama dengan cermat.
|
4.3 Menyunting
teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah menyunting teks film/
drama
*Menyunting isi
sesuai dengan struktur isi film/ drama
*Menyunting bahasa film/
drama sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks film/ drama
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks film/drama
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh teks film/drama.
Mempertanyakan:
· Peserta didik
mempertanyakan isi isi teks film/drama.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menuliskan garis besar isi teks film/drama
(abstraksi) dalam beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasi
· Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan abstraksi teks film/drama.
Mengomunikasikan
· Peserta
didik mempresentasikan abstraks teks film/drama.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
film/drama.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang struktur
dan kaidah teks film/drama.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks
film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh teks film/drama
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengidentifikasi teks film/
drama
*Mengidentifikasi
karakteristik teks film/ drama dengan
cermat.
|
4.4
Mengabstraksi teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengabstraksi teks film/
drama
*Mengabstraksi teks film/ drama
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks
film/drama berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks film/drama
·
Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
· Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama.
· Peserta didik
membaca contoh konversi teks film/drama.
Mempertanyakan
· Peserta didik mempertanyakan contoh
hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur
isi dan bahasa teks film/drama yang dibaca.
· Peserta didik
mempertanyakan contoh konversi teks film/drama.
Mengeksplorasi
· Peserta didik membaca contoh
teks film/drama.
· Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama
dengan cermat.
Mengasosiasi
·
Peserta
didik mendiskusikandan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama.
· Peserta didik menulis ulang (mengonversi) teks film/drama dalam bentuk cerpen.
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan tulisan ulang (konversi)film/drama.
Mengomunikasikan:
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil
evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama dengan rasa percaya diri.
· Peserta didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta
didikmembacakan tulisan ulang (konversi) teks film/drama.
· Peserta didikmengomentari pembacaantulisan ulang (konversi) teks film/drama.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks film/drama.
·
Secara
individual Peserta didik diminta mengonversi teks film/drama ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks film/drama.
Tes tertulis :menilai
kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
· Internet
· contoh film/drama
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengevaluasi film/ drama
*Mengevaluasi
kelebihan struktur isi dan bahasa teks
film/ drama dengan cermat.
*Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
film/ drama dengan cermat.
|
·
|
·
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
mengonversi film/ drama
*Menulis ulang
(mengonversi) teks film/ drama dalam bentuk uraian monolog
|