SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XI KURIKULUM 2013 (BESERTA INDIKATOR MINIMAL)


Satuan Pendidikan   : SMK/MAK
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas/Semester                        : XI (Ganjil)

Kompetensi Inti                       :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa






2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial

1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama






2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik

1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
















1.3       Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)



2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas







3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan

·      Pengenalan struktur isi teks cerita pendek
·      Pengenalan ciri bahasa  teks cerita pendek
·      Pemahaman isi teks cerpen
·      Interpretasi isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dalam teks cerita pendek

Mengamati
·       Peserta didik membaca contoh  teks cerita pendek mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks cerpen(abstrak, orientasi, komplikasi, resolusi, evaluasi, dan coda).
·       Peserta didik membaca contoh tekscerita pendek yang lain.


Mempertanyakan
·       Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks cerpen yang dibaca.
·       Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita pendek dengan bahasa yang komunikatif.



Mengeksplorasi
·       Peserta didik menemukan struktur isi teks cerita pendek.
·       Peserta didik menemukan ciri-ciri teks cerita pendek.
·       Peserta didik mendiskusikan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks cerita pendek.
·       Peserta didik mendiskusikanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik dalam teks cerita pendek.

Mengasosiasi:
·       Peserta didik mencari hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
·       Peserta didik mendiskusikan hubungan antara struktur isi dan ciri bahasa cerita pendek.
·       Peserta didik menyimpulkanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik teks cerita pendek dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengkomunikasikan:
·      Peserta didik menjelaskan struktur isi dan ciri bahasa teks cerita pendek.
·      Peserta didik saling menilai kebenaran/ketepatan penjelasan teman/kelompok.
·      Peserta didik mempresentasikanisi, unsur intrinsik, unsur ekstrinsik teks cerita pendekdengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·           Secara individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi  makna teks cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·   Internet
·   Media massa
·   Buku kumpulan cerpen
·   Buku yang berkaitan dengan genre teks



Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks cerita pendek

4.1 Menginterpretasi makna teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan

Memahami (menjelaskan) makna teks cerita pendek
3.2  Membandingkan teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
·      Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks cerita pendek
·      Langkah-langkah penulisan teks cerita pendek (menggali pengalaman, menemukan topik, mengembang
kan topik sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa), dll.
Mengamati
·     Peserta didik membaca dua teks cerita pendek.
·     Peserta didik menggali pengalaman dan peristiwa/kejadian.

Mempertanyakan
·       Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan ciri bahasa kedua teks cerita pendek.
·       Peserta didik mempertanyakan topik pengalaman, peristiwa/kejadian yang digali.

Mengeksplorasi:
·       Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks cerita pendekyang dibaca.
·     Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks cerita pendek yang dibaca.
·       Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
·     Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
·     Peserta didik menentukan topik teks cerita pendek sesuai pengalaman, kejadian, atau peristiwa dengan cermat.
·     Peserta didik membuat teks cerita pendek sesuai dengan struktur isi teks cerita pendek , ciri bahasa  (pertanyaan retoris, proses material, konjungsi temporal), dan unsur intrinsik serta unsur  ekstrinsik.

Mengasosiasi
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan dua buah teks cerita pendek dalam diskusi kelas.
·     Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita pendek yang dibuat.

Mengomunikasikan
·     Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan struktur isi dan ciri bahasa dua cerita pendek.
·     Peserta didik membacakan hasil diskusi  teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
·           Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks cerita pendek yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita pendek yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.


4 Mg x 4 jp
·    Internet
·    Media massa
·    buku kumpulan cerpen
·    Buku yang berkaitan dengan genre teks












*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks cerita pendek
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks cerita pendek dengan cermat.

4.2  Memproduksi teks cerita pendek, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks cerita pendek
*Memproduksi teks cerita pendek yang koheren

3.3  Menganalisis teks cerita pendek, baik melalui lisan maupun tulisan
·       Analisis isi teks cerita pendek
·       Analisis bahasa teks cerita pendek
·       Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks cerita pendek
·       Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
Mengamati
·      Peserta didik membaca teks cerita pendek.
·      Peserta didik membaca teks cerita pendek yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita pendek.

Mengeksplrorasi
·      Peserta didik menganalisis isi  teks cerita pendek(struktur,  unsur intrintrinsik,  dan unsur ekstrinsik) dengan cermat.
·      Peserta didik menganalisis bahasa teks cerita pendek (pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi ) dengan cermat.
·      Peserta didik menyunting teks cerita pendek yang ditulis teman dari aspek struktur isidengan cermat


Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis terhadap cerita pendek.
·      Peserta didik memperbaiki teks cerita pendekberdasarkan hasil suntingan.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·      Peserta didik membacakan teks cerita pendek dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·      Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita pendek yang dibacakan dengan santun.



Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      Media massa
·      buku kumpulan cerpen
·      Buku yang berkaitan dengan genre teks













*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks cerita pendek
*Menganalisis isi  teks cerita pendek dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks cerita pendek dengan cermat.
4.3  Menyunting teks cerita pendek, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks cerita pendek  
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi cerita pendek
*Menyunting bahasa cerita pendek sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4.Mengidentifikasi teks cerpen baik secara lisan maupun tertulis
·      Karakteristik teks cerpen
·      Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita pendek
Mengamati
·       Peserta didik membaca contoh teks cerita pendek.
·       Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks cerita pendek.
·       Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks cerita pendek.

Mempertanyakan
·       Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita pendek yang dibaca.
·       Peserta didik mempertanyakan hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik menuliskan garis besar isi teks cerita pendek (abstraksi)  dalam beberapa kalimat secara terpadu.
·       Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks cerpen.

Mengasosiasi
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita pendek yang telah ditulis.

Mengomunikasikan
·       Peserta didik menuliskan karakteristik cerpen.
·       Peserta didik mempresentasikan  abstraksi teks cerita pendek.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita pendek.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita pendek
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita pendek sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      Media massa
·      buku kumpulan cerpen
·      Buku yang berkaitan dengan genre teks
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks cerpen
*Mengidentifikasi karakteristik teks cerpen dengan cermat.

4.4 Mengabstraksi teks cerita pendek, baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks cerpen
  *Mengabstraksi teks cerpen

3.5  Mengevaluasi teks cerita pendek, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·      Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita pendek
·      Langkah- langkah konversi teks cerita pendek  menjadi teks monolog
·      Langkah- langkah konversi teks cerita pendek menjadi teks drama pendek
Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek.
·      Peserta didik membaca contoh cerita ulang teks cerita pendek.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendekyang dibaca.
·      Peserta didik mempertanyakan contoh cerita ulang teks cerita pendek yang dibaca.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik membaca contoh  teks cerita pendekyang lain.
·      Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita pendek dengan cermat.
·      Peserta didik menulis ulang teks  cerita pendek dalam bentuk drama.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap cerita pendek dari aspek struktur isi dan bahasa.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita pendek yang ditulis ulang.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita pendek dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks cerita pendek.
·           Secara individual peserta didik diminta mengonversi teks cerita pendek ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita pendek.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks cerita pendek ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp

·    Internet
·    Media massa
·    buku kumpulan cerpen
·    Buku yang berkaitan dengan genre teks

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi cerpen
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks cerpen dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks cerpen dengan cermat.

4.5  Mengonversi teks cerita pendek, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi cerpen
*Menulis ulang (mengonversi) teks  cerpen dalam bentuk uraian monolog




3.1 Memahami struktur dan kaidah teks pantun, baik melalui lisan maupun tulisan

·    Pengenalan struktur isi teks pantun
·    Pengenalan ciri bahasa  teks pantun
·    Pemahaman isi teks pantun






Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh  teks pantun.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks pantun(sampiran, isi, sajak).
·      Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks pantun.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik membaca contoh tekspantun yang lain.
·      Peserta didik menemukan struktur isi teks pantun(sampiran, isi).
·      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks pantun.
·      Peserta didik menentukanmakna/ maksud isi teks pantun.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks pantun.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks pantun dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik membacakan hasil diskusi tentang temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks pantun.
·      Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks pantun dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·           Secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks pantun baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      buku kumpulan pantun

Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks pantun

4.1 Menginterpretasi makna teks, pantun, baik secara lisan maupun tulisan

Memahami (menjelaskan) makna teks pantun
3.2  Membandingkan teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan
·       Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks pantun
·       Langkah-langkah penulisan teks pantun  ( menemukan topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati
·          Peserta didik membaca beberapa  teks pantun.

Mempertanyakan:
·          Peserta didik mempertanyakan isi teks panttun.

Mengeksplorasi:
·          Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi  beberapa teks pantun yang dibaca.
·          Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang dibaca.
·          Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi beberapa teks pantun yang dibaca.
·          Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks pantun yang dibaca.
·          Peserta didik menentukan topik teks pantun.
·          Peserta didik membuat teks pantun sesuai dengan struktur isi teks pantun (sampiran, isi, sajak abab) dan ciri bahasa  pantun.

Mengasosiasi
·          Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan beberapa teks pantun dalam diskusi kelas.
·          Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan struktur isi teks pantun yang dibuat.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menjelaskan persamaan dan  perbedaan beberapa teks pantun yang didiskusikan.
·         Peserta didik membacakan teks
 pantun dengan intonasi dan
ekspresi yang tepat.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
·           Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks pantun yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks pantun yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      buku kumpulan pantun










*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks pantun
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks pantun dengan cermat.

4.2  Memproduksi teks pantun, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks pantun
*Memproduksi teks pantun yang koheren

3.3  Menganalisis teks  pantun, baik melalui lisan maupun tulisan
·       Analisis isi teks pantun
·       Analisis bahasa teks pantun
·       Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks pantun
·       Penyuntingan bahasa sesuai dengan:  ejaan, dan tanda baca
Mengamati
·       Peserta didik membaca contoh teks pantun.
·       Peserta didik teks pantun yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·       Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.
·       Peserta didik mempertanyakan struktur isi dan bahasa teks pantun yang dibaca.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik menganalisis isi  teks pantun dengan cermat.
·       Peserta didik menganalisis bahasa teks pantun dengan cermat.
·       Peserta didik menyunting teks pantun yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks pantun dengan cermat.

Mengasosiasi
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis isi dan bahasa teks pantun.
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan teman terhadap pantun yang ditulis.
·       Peserta didik memperbaiki teks pantun berdasarkan hasil suntingan teman.

Mengomunikasikan
·       Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·       Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·       Peserta didik membacakan teks pantun dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·       Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks pantun  yang dibacakan dengan santun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      buku kumpulan pantun



·      Internet
·      buku kumpulan pantun











*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks pantun
*Menganalisis isi  teks pantun dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks pantun  dengan cermat.
4.3  Menyunting teks pantun, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks pantun
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi anekdot
*Menyunting bahasa pantun sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4 Mengidentifikasi  pantun, baik secara lisan maupun tulisan
·          Karakteristik teks pantun
·          Langkah-langkah membuat abstraksi teks pantun
Mengamati
·       Peserta didik membaca contoh teks pantun.
·       Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks pantun.

Mempertanyakan
·       Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang dibaca.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik menuliskan karakteristik pantun.
·       Peserta didik menuliskan garis besar isi teks pantun (abstraksi)  dalam satu kalimat secara terpadu.

Mengasosiasi
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi yang dibuat.

Mengomunikasikan
·       Peserta didik menyampaikan ciri-ciri (karakteristik) pantun.
·       Peserta didik mempresentasikan  abstraksi teks pantun.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks pantun.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks pantun sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks pantun.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting pantun berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      buku kumpulan pantun

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks pantun
*Mengidentifikasi karakteristik teks pantun dengan cermat.

4.4  Mengabstraksi teks pantun, baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks pantun
  *Mengabstraksi teks pantun

3.5 Mengevaluasi teks pantun, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·      Evaluasi struktur isi dan bahasa teks pantun
·      Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
·      Langkah- langkah konversi teks pantun menjadi teks dialog
Mengamati
·       Peserta didik membaca contoh teks pantun.
·       Peserta didik membaca contoh pantun yang ditulis ulang.

Mempertanyakan:
·       Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun.
·       Peserta didik mempertanyakan isi teks pantun yang ditulis ulang.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun.
·       Peserta didik membaca contoh  teks pantun.
·       Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
·       Peserta didik menulis ulang teks  pantun dalam bentuk uraian dialog.

Mengasosiasi
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi terhadap teks pantun.
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita teks pantun yang ditulis ulang.

Mengomunikasikan
·       Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks pantun dengan rasa percaya diri.
·       Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·       Peserta didikmembacakan hasil konversi teks pantun.
·       Peserta didikmengomentari pembacaan teks pantun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks pantun.
·           Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks pantun.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      buku kumpulan pantun

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi pantun
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks pantun  dengan cermat.

4.5 Mengonversi teks pantun, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi pantun
*Menulis ulang (mengonversi) teks  pantun dalam bentuk uraian monolog




3.1 Memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan

·    Pengenalan struktur isi teks cerita ulang
·     Pengenalan ciri bahasa  teks cerita ulang
·    Pemahaman isi teks cerita ulang










Pemahaman isi teks cerita ulang
Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh  teks cerita ulang.
·      Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks cerita ulang.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks cerita ulang yang dibaca.
·      Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks cerita ulang.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menemukan struktur isi teks cerita ulang.
·      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks cerita ulang.
·      Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks cerita ulang.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks cerita ulang.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks cerita ulang dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan temuan terkait struktur isi teks cerita ulang.
·      Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks cerita ulang dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·          Secara individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks cerita ulang baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh teks cerita ulang




Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks cerita ulang

4.1 Menginterpretasi makna teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan

Memahami (menjelaskan) makna teks cerita ulang
3.2  Membandingkan teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
·      Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks cerita ulang
·      Langkah-langkah penulisan teks cerita ulang      (menemukan topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati:
·          Peserta didik membaca dua  teks cerita ulang.

Mempertanyakan
·          Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks cerita ulang.

Mengeksplorasi:
·          Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi  beberapa teks cerita ulangyang dibaca.
·          Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulangyang dibaca.
·          Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
·          Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks cerita ulang yang dibaca.
·          Peserta didik menentukan topik teks cerita ulang.
·          Peserta didik membuat teks cerita ulang sesuai dengan struktur isi teks cerita ulangdan ciri bahasanya.


Mengasosiasi
·          Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan beberapa teks cerita ulang dalam diskusi kelas.
·          Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks cerita ulang yang ditulis.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik mempresentasikan persamaan dan  perbedaan beberapa teks cerita ulangdalam diskusi kelas.
·          Peserta didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
·           Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks cerita ulang  yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita ulang yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks cerita ulang yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.


4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh cerita ulang







*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks cerita ulang
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks cerita ulang  dengan cermat.

4.2  Memproduksi teks cerita ulang, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks cerita ulang  
*Memproduksi teks cerita ulang yang koheren

3.3  Menganalisis teks cerita ulang, baik melalui lisan maupun tulisan
·          Analisis isi teks cerita ulang
·          Analisis bahasa teks cerita ulang
·          Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks cerita ulang
·          Penyuntingan bahasa sesuai dengan ejaan dan tanda baca
Mengamati
·          Peserta didik membaca contoh analisis teks cerita ulang.
·          Peserta didik membaca teks cerita ulang yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·          Peserta didik mempertanyakan contoh analisis teks cerita ulang.
·          Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita ulang yang ditulis teman.

Mengeksplorasi:
·          Peserta didik menganalisis isi  teks cerita ulang dengan cermat.
·          Peserta didik menganalisis bahasa teks cerita ulangdengan cermat.
·          Peserta didik menyunting teks cerita ulangyang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks cerita ulangdengan cermat.

Mengasosiasi
·          Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks cerita ulang.
·          Peserta didik memperbaiki teks cerita ulang berdasarkan hasil suntingan.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·          Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·          Peserta didik membacakan teks cerita ulang dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·          Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang yang dibacakan dengan santun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh cerita ulang





















*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks cerita ulang
*Menganalisis isi  teks  cerita ulang  dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks  cerita ulang   dengan cermat.
4.3  Menyunting teks cerita ulang, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks  cerita ulang  *Menyunting isi sesuai dengan struktur isi  cerita ulang  *Menyunting bahasa  cerita ulang sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4 Mengidentifikasi teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
·      Karakteristik teks cerita ulang
·      Langkah-langkah membuat abstraksi teks cerita ulang
Mengamati
·        Peserta didik membaca contoh teks cerita ulang.
·        Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteris-tik teks cerita ulang.

Mempertanyakan:
·       Peserta didik mempertanyakan isi teks cerita ulang yang dibaca.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik menuliskan garis besar isi teks cerita ulang (abstraksi)  dalam beberapa kalimat secara terpadu.

Mengasosiasi
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan abstraksi cerita ulang yang telah ditulis.

Mengomunikasikan
·       Peserta didik mempresentasikan  abstraks teks cerita ulang.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks cerita ulang.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita ulang sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh cerita ulang

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks  cerita ulang  *Mengidentifikasi karakteristik teks  cerita ulang  dengan cermat.

4.4  Mengabstraksi teks cerita ulang, baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks  cerita ulang    *Mengabstraksi teks  cerita ulang  
3.5  Mengevaluasi teks cerita ulang, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·          Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita ulang
·          Langkah- langkah konversi teks cerita ulang menjadi teks dialog

Mengamati:
·       Peserta didik membaca contoh teks cerita ulang.
·       Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulang.

Mempertanyakan
·       Peserta didik mempertanyakan cerita ulang teks cerita ulang yang dibaca.
·       Peserta didik mempertanyakan contoh evaluasi teks cerita ulang yang dibaca.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks cerita ulangdengan cermat.
·       Peserta didik menulis ulang teks  cerita ulang dalam bentuk uraian dialog.

Mengasosiasi
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi teks cerita ulang.
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan cerita ulang yang ditulis.

Mengomunikasikan
·       Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks cerita ulangdengan rasa percaya diri.
·       Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·       Peserta didikmembacakan hasil tulisan cerita ulang teks cerita ulang yang ditulis.
·       Peserta didikmengomentari pembacaan teks cerita ulang.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks cerita ulang.
·           Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks cerita ulang ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita ulang
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks cerita ulang  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh cerita ulang
·      Internet
·      contoh cerita ulang

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi  cerita ulang  *Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks  cerita ulang   dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks  cerita ulang  dengan cermat.

4.5  Mengonversi teks cerita ulang, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi  cerita ulang  *Menulis ulang (mengonversi) teks   cerita ulang  dalam bentuk uraian monolog




Satuan Pendidikan   : SMK/MAK
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas/Semester                        : XI (Genap)

Kompetensi Inti                       :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Indikator
1.1Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa







2.1Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial

1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama






2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik

1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama


























2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan kembali kecelakaan lalu lintas, narkoba, dan kriminal (terorisme)

2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan kebijakan lingkungan dan perdagangan bebas






3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan

·    Pengenalan struktur isi teks eksplanasi kompleks
·     Pengenalan ciri bahasa  teks eksplanasi kompleks
·    Pemahaman isi teks eksplanasi kompleks


Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh  teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksplanasi kompleks.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
·      Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksplanasi kompleks.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menemukan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks eksplanasi kompleks.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna/ maksud teks eksplanasi kompleksdalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks eksplanasi kompleksdengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks. eksplanasi kompleks
·          Secara individual Peserta didik diminta menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulis.

Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh teks eksplanasi kompleks










Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks eksplanasi

4.1 Menginterpretasi makna teks, eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan

Memahami (menjelaskan) makna teks eksplanasi
3.2  Membandingkan teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
·      Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks eksplanasi kompleks
·      Langkah-langkah penulisan teks eksplanasi kompleks         (menemukan topik, mengembang kan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati:
·      Peserta didik membaca dua  teks eksplanasi kompleks.

Mempertanyakan:
·      Peserta didik mempertanyakan persamaan dan perbedaan kedua teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi  beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
·      Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
·      Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
·      Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa beberapa teks eksplanasi kompleksyang dibaca.
·      Peserta didik menentukan topik teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik membuat teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleksdan ciri bahasa.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleksdalam diskusi kelas.
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan teks eksplanasi kompleks yang dibuat.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik menjelaskan persamaan dan  perbedaan beberapa teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik membacakan teks eksplanasi kompleksdengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi kompleks  yang dibaca.
·           Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks eksplanasi kompleks yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks eksplanasi kompleks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh eksplanasi kompleks


·      Internet
·      contoh eksplanasi kompleks

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks eksplanasi
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks eksplanasi dengan cermat.

4.2  Memproduksi teks eksplanasi kompleks, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks eksplanasi
*Memproduksi teks anekdot yang koheren

3.3            Menganalisis teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan

·      Analisis isi teks eksplanasi kompleks
·      Analisis bahasa teks eksplanasi kompleks
·      Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks eksplanasi kompleks
·      Penyuntingan bahasa sesuai dengan  ejaan dan tanda baca
Mengamati
·      Peserta didik membaca teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik membaca teks eksplanasi kompleks
yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang ditulis teman.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menganalisis isi  teks eksplanasi kompleksdengan cermat.
·      Peserta didik menganalisis bahasa teks eksplanasi kompleksdengan cermat.
·      Peserta didik menyunting teks eksplanasi kompleksyang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks eksplanasi kompleks
dengan cermat.

Mengasoasiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik memperbaiki teks eksplanasi kompleks
berdasarkan hasil suntingan.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·      Peserta didik membacakan teks eksplanasi kompleksdengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·      Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleksyang dibacakan dengan santun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
·           Secara individual peserta didik diminta menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur serta kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh teks eksplanasi kompleks




*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks eksplanasi
*Menganalisis isi  teks eksplanasi dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks eksplanasi dengan cermat.
4.3  Menyunting teks eksplanasi kompleks, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks eksplanasi
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi eksplanasi
*Menyunting bahasa eksplanasi sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4 Mengidentifikasi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
·      Karakteristik teks eksplanasi
·      Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksplanasi kompleks

Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik tekseksplanasi kompleks.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan ciri-ciri teks eksplanasi.
·      Peserta didik mempertanyakan isi teks eksplanasi kompleks yang dibaca.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menuliskan garis besar isi teks eksplanasi kompleks (abstraksi)  dalam beberapa kalimat secara terpadu.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan abstraksi teks eksplanasi kompleks yang ditulis.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan  abstraks teks eksplanasi kompleks yang ditulis.
·      Peserta didik mengomentari teks esplanasi kompleks yang dibacakan.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksplanasi kompleks sesuai dengan struktur serta kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh eksplanasi kompleks

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks eksplanasi
*Mengidentifikasi karakteristik teks eksplanasi dengan cermat.

4.4  Mengabstraksi teks eksplanasi kompleks, baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks eksplanasi
  *Mengabstraksi teks eksplanasi

3.5  Mengevaluasi teks eksplanasi kompleks, berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·      Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks
·      Langkah- langkah konversi teks eksplanasi kompleksmenjadi teks dialog
·      Langkah- langkah konversi teks eksplanasi kompleksmenjadi teks dialog










Mengamati
·      Peserta didik membaca contok konversi teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleks.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan contoh evaluasi teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mempertanyakan isi konversi teks eksplanasi kompleks.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik membaca contoh teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks eksplanasi kompleksdengan cermat.
·      Peserta didik mengonversi teks  eksplanasi kompleksdalam bentuk  dialog.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan  hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksplanasi kompleks.
·      Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan konversi teks eksplanasi kompleks yang ditulis.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks eksplanasi kompleksdengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun
·      Peserta didikmembacakan hasil konversi teks eksplanasi kompleks
·      Peserta didikmengomentari pembacaan teks eksplanasi kompleks
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks eksplanasi kompleks.
·           Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks eksplanasi kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks eksplanasi kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks eksplanasi kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh eksplanasi kompleks



















*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi eksplanasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks eksplanasi dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.

4.5 Mengonversi teks eksplanasi kompleks, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi eksplanasi
*Menulis ulang (mengonversi) teks  eksplanasi dalam bentuk uraian monolog




3.1 Memahami struktur dan kaidah teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan

·    Pengenalan struktur isi teks film/drama
·     Pengenalan ciri bahasa  teks film/drama
·    Pemahaman isi teks film/drama

Mengamati
·      Peserta didik membaca contoh  teks film/drama.
·      Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks film/drama.

Mempertanyakan
·      Peserta didik mempertanyakan  uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks film/drama yang dibaca.
·      Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks film/drama.

Mengeksplorasi
·      Peserta didik menemukan struktur isi teks film/drama.
·      Peserta didik menemukan ciri bahasa teks film/drama.

Mengasosiasi
·      Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi  dan ciri bahasa teks film/drama.
·      Peserta didik menentukanmakna/maksud isi teks film/drama.
·      Peserta didikmendiskusikan dan menyimpulkan makna/maksud isi teks film/drama yang telah ditentukan.

Mengomunikasikan
·      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi terkait struktur isi dan ciri bahasa teks film/drama.
·      Peserta didik mempresentasikan makna/ maksud teks film/drama dengan rasa percaya diri.
·      Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·          Secara individual Peserta didik diminta menginterpretasi makna teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks film/drama.

Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks film/drama, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh teks film/drama



Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks film/ drama

4.1 Menginterpretasi makna teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan

Memahami (menjelaskan) makna teks film/ drama
3.2  Membandingkan teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
·          Persamaan/
perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks film/drama
·          Langkah-langkah penulisan teks film/drama ( menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati
·          Peserta didik membaca dua  teks film/drama.

Mempertanyakan
·          Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks film/drama yang dibaca.
·          Peserta didik mempertanyakan topik teks film/drama.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi  beberapa teks film/drama yang dibaca.
·          Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa beberapa teks film/drama yang dibaca.
·          Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi beberapa teks film/drama yang dibaca.
·          Peserta didik menentukan topik teks film/drama.
·          Peserta didik membuat teks film/drama sesuai dengan struktur isi teks film/drama dan ciri bahasa.

Mengasosiasi
·          Peserta didik mendiskusikan dan meyimpulkan persamaan dan  perbedaan beberapa teks film/drama dalam diskusi kelas.
·          Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan teks film/drama yang dibuat.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menjelaskan persamaan dan  perbedaan beberapa teks film/drama hasil  diskusi kelas.
·          Peserta didik membacakan teks film/drama dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang dibaca.
·           Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan.
Portofolio laporan:  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks film/drama yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

4 Mg x 4 jp
·      Internet
contoh film/drama




















*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks film/ drama
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks film/ drama dengan cermat.

4.2  Memproduksi teks film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks film/ drama
*Memproduksi teks film/ drama yang koheren

3.3  Menganalisis teks film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
·      Analisis isi teks film/drama
·      Analisis bahasa teks film/drama
·      Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks film/drama
·      Penyuntingan bahasa sesuai dengan  ejaan dan tanda baca
Mengamati:
·          Peserta didik membaca contoh analisis teks film/drama.
·          Peserta didik membaca teks film/drama yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·          Peserta didik mempertanyakan contoh analisis teks film/drama yang dibaca.
·          Peserta didik mempertanyakan teks film/drama yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks film/drama dengan cermat.

Mengekplorasi
·          Peserta didik menganalisis isi  teks film/drama dengan cermat.
·          Peserta didik menganalisis bahasa teks film/dramadengan cermat.
·          Peserta didik menyunting teks film/drama yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks film/drama dengan cermat.

Mengasosiasi
·          Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil analisis dengan teman/kelompok lain.
·          Peserta didik mendiskusikan dan memperbaiki teks film/drama berdasarkan hasil suntingan.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·          Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·          Peserta didik membacakan teks film/drama dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·          Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibacakan dengan santun.



Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks film/drama
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur serta kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
contoh film/drama











*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks film/ drama
*Menganalisis isi  teks film/ drama dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks film/ drama dengan cermat.
4.3  Menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks film/ drama
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi film/ drama
*Menyunting bahasa film/ drama sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4 Mengidentifikasi teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
·      Karakteristik teks film/ drama
·      Langkah-langkah membuat abstraksi teks film/drama
Mengamati
·       Peserta didik membaca contoh teks film/drama.

Mempertanyakan:
·       Peserta didik mempertanyakan isi isi teks film/drama.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik menuliskan garis besar isi teks film/drama (abstraksi)  dalam beberapa kalimat secara terpadu.

Mengasosiasi
·       Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan abstraksi teks film/drama.

Mengomunikasikan
·       Peserta didik mempresentasikan  abstraks teks film/drama.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks film/drama.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks film/drama  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks film/drama.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks film/drama sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh teks film/drama

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks film/ drama
*Mengidentifikasi karakteristik teks film/ drama dengan cermat.

4.4  Mengabstraksi teks film/drama baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks film/ drama
  *Mengabstraksi teks film/ drama

3.5  Mengevaluasi teks film/drama berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·      Evaluasi struktur isi dan bahasa teks film/drama
·      Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
·      Langkah- langkah konversi teks film/drama menjadi teks dialog
Mengamati
·       Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama.
·       Peserta didik membaca contoh konversi teks film/drama.

Mempertanyakan
·       Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama yang dibaca.
·       Peserta didik mempertanyakan contoh konversi teks film/drama.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik membaca contoh  teks film/drama.
·       Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks film/drama dengan cermat.

Mengasosiasi
·       Peserta didik mendiskusikandan menyimpulkan  hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama.
·       Peserta didik menulis ulang (mengonversi) teks  film/drama dalam bentuk cerpen.
·       Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan tulisan ulang (konversi)film/drama.

Mengomunikasikan:
·       Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks film/drama dengan rasa percaya diri.
·       Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·       Peserta didikmembacakan tulisan ulang (konversi) teks film/drama.
·       Peserta didikmengomentari pembacaantulisan ulang (konversi) teks film/drama.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks film/drama.
·           Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks film/drama ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks film/drama.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks film/drama  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
·      Internet
·      contoh film/drama









*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi film/ drama
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks film/ drama dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks film/ drama dengan cermat.


·       



·       
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi film/ drama
*Menulis ulang (mengonversi) teks  film/ drama dalam bentuk uraian monolog