3.
SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester : X/Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
|
-
-
|
|||||
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial,
ingkungan, dan kebijakan publik.
|
||||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
danmenggunakan- nya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan
menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
|
-
|
|||||
2.2
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
|
||||||
1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil
observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
|
-
|
|||||
2.3
Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah
yang telah ditentukan.
|
||||||
2.4
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan
masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
|
||||||
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial,
politik, ekonomi,dan kebijakan publik.
|
||||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks anekdot
·
Pengenalan ciri bahasa teks anekdot
·
Pemahaman isi teks anekdot
·
Makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot
·
Pemahaman isi teks anekdot
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca contoh
teks anekdot dengan rasa ingin tahu.
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda).
·
Peserta
didik membaca contoh teks anekdot yang lain.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks anekdot
(abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda) dengan cermat.
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks
anekdot dengan bahasa yang komunikatif.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik menemukan struktur isi teks anekdot (abstrak,
orientasi, krisis, respon, dan coda).
·
Peserta
didik menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan
retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
· Peserta didik menjelaskan makna kata,
istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi (abstrak, orientasi, krisis,
respon, dan coda) dan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses
material, dan konjungsi temporal).
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks
anedot dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mengomunikasi-kan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan
antarkelompok.
· Peserta didik mempresentasikan makna kata,
istilah, ungkapan teks anedot dengan rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·
Secara
individual Peserta didik diminta menginter-pretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan terhadap hasil pengamatan anekdot.
Portofolio : Guru menilai laporan
Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis:Guru menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menginterpretasi makna
teks anekdotbaik secara lisan
maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB), KEMDIKBUD
|
Memahami (menyebutkan)
struktur dan kaidah teks anekdot
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks anekdot baik
secara lisan maupun tulisan
|
Memahami (menjelaskan) makna
teks anekdot
|
|||||
3.2 Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks anekdot
·
Langkah-langkah
penulisan teks anekdot (mengamati,
menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
· Peserta didik membaca dua
teks anekdot.
· Peserta didik mengamati peristiwa/kejadian yang unik atau aneh.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan persamaan dan perbedaan dua teks anekdot.
· Peserta didik
membuat pertanyaan tentang peristiwa unik atau aneh yang diamati.
Mengeksplorasi
· Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks
anedot yang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks anedot
yang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks anedot yang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks anedot
yang dibaca.
· Peserta didik membuat teks anekdot sesuai dengan struktur isi teks anekdot (abstrak,
orientasi, krisis, respon, coda), ciri bahasa (pertanyaan retoris, proses
material, konjungsi temporal), dan kelucuan.
Mengasoasiasikan
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan perbedaan dua teks
anekdot.
· Peserta didik mencari hubungan antara topik dengan
struktur isi teks anekdot
Mengomunikasikan
· Peserta didik
menjelaskan persamaan dan perbedaan dua
teks anekdot.
· Peserta didik membacakan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi
yang tepatserta saling
memberikan komentar.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks anekdot yang dibaca.
·
Secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai laporan
peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks anekdot yang dibaca.
Tes tertulis:Gurumenilai kemampuan peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan memproduksi teks anekdot
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah membandingkan teks
anekdot
*Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
|
4.2 Memproduksi teks anekdot baik secara lisan maupuntulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah memproduksi teks anekdot
*Memproduksi
teks anekdot yang koheren
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks anekdot
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
· Peserta didik membaca teks anekdot.
· Peserta didik membaca teks anekdot yang ditulis teman.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks anekdot.
· Peserta didik
mempertanyakan struktur dan kaidah teks anekdot.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menganalisis isi
teks anekdot(aspek kelucuan, sindiran, dan
pengandaian) dengan cermat.
·
Peserta
didik menganalisis bahasa teks
anekdot (pilihan kata, gaya bahasa,
dan konjungsi ) dengan cermat.
· Peserta didik menyunting teks
yang ditulis teman dari aspek
struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan
cermat.
· Peserta didik memperbaiki teks anekdot berdasarkan hasil suntingan.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik membandingkan hasil analisis dan saling melengkapi
untuk mencari kebenaran.
· Peserta didik
menemukan dan menyimpulkan struktur dan kaidah teks anekdot yang baik.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta didik membacakan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi
yang tepat.
·
Peserta
didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks anekdot yang dibacakan teman/kelompok
lain dengan santun.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai laporan
peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis :Guru menilai kemampuan peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks anekdot
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
menganalisis teks anekdot
*Menganalisis
isi teks
anekdot dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks anekdot dengan cermat.
|
4.3 Menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah menyunting teks anekdot
*Menyunting isi sesuai dengan struktur
isi anekdot
*Menyunting bahasa anekdot sesuai
dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks
anekdot secara lisan maupun tulisan
|
· Identifikasi karakteristik teks anekdot
· Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh teks anekdot.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan garis besar (abstraksi) teks anekdot yang dibaca.
Mengekplorasi
· Peserta didik
mengidentifikasi ciri-ciri teks anekdot.
· Peserta didik menuliskan garis besar isi (abstraksi) teks anekdotdalam beberapa kalimat secara terpadu.
Mengasosiasikan
· Peserta didik
membandingkan garis besar isi (abstraksi) anekdot antarPeserta didik untuk
mencari yang terbaik.
Mengkomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja
kelompok tentang karakteristik
teks cerita sejarah. (abstraksi anekdot)
·
Peserta
didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik mempresentasi-
kan abstraksi teks
anekdot yang
terbaik.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai laporan
peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis :Guru menilai kemampuan peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks anekdot
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengidentifikasi teks
anekdot
*Mengidentifikasi
karakteristik teks anekdot dengan
cermat.
|
4.4 Mengabstraksi
teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengabstraksi teks
anekdot
*Mengabstraksi teks anekdot
|
|||||
3.5Mengevaluasi
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi struktur isi dan bahasa
teks anekdot
·
Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
· Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
· Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot.
· Peserta didik
membaca contoh teks anekdot dan memahami isinya.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot.
· Peserta didik
mempertanyakanisi teks anekdot yang dibaca.
Mengeksplorasi
· Peserta didik membaca contoh
teks anekdot.
· Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot
dengan cermat.
· Peserta didik menulis ulang teks
anekdot dalam bentuk uraian monolog
· Peserta didik membuat naskah
drama pendek (untuk 10 menit) yang berisi kritik sosial dengan
memperhatikan struktur teks anekdot: abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan
coda.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan teman atau
kelompok lain.
· Peserta didik
mencari kesesuaian antara teks anekdot dengan tulisan cerita ulang teks
anekdot.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil
evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
· Peserta didikmemeragakan/mementaskan hasil konversi teks anekdot
·
Peserta
didikmengomentari pementasan teks anekdot
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks anekdot.
·
Secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks anekdot.
Tes tertulis :menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks anekdot
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengevaluasi anekdot
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot
dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot
dengan cermat.
|
4.5 Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
mengonversi anekdot
*Menulis ulang (mengonversi) teks anekdot dalam bentuk uraian monolog
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
·
Pengenalan ciri bahasa teks
eksposisi
·
Pemahaman isi teks eksposisi
·
Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
·
Pemahaman isi teks eksposisi
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca contoh
teks eksposisi
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi).
Mempertanyakan
·
Peserta
didik mempertanyakan struktur isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) yang dibaca
dan diamati
· Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks
eksposisi.
Mengeksplorasi
· Peserta didik menemukan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya
pengklasifikasian benda-benda, proses pembentukan kata, penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan
terkait dengan struktur isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan
deskripsi) dan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya penggklasifikasian
benda-benda, proses pembentukan kata,
penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat).
· Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks
eksposisi dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik membacakan hasil diskusi tentang struktur isi teks eksposisi.
· Peserta didik mempresentasikan makna kata,
istilah, dan isi teks eksposisi dengan rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
|
Tugas
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·
Secara
individual peserta didik diminta
menginterpretasi
makna teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Learning English through
General Science,
1984:29
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
Memahami (menyebutkan)
struktur dan kaidah teks eksposisi
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
Memahami (menjelaskan)
makna teks eksposisi
|
|||||
3.2 Membandingkan teks eksposisi baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dua teks eksposisi
·
Langkah-langkah
penulisan teks eksposisi sesuai dengan
struktur isi (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri bahasa
|
Mengamati
· Peserta didik membaca dua teks eksposisi.
Mempertanyakan
· Peserta didik
mempertanyakan isi kedua teks eksposisi.
· Peserta didik
menyusun pertanyaan terhadap objek yang diamati.
Mengeksplorasi
· Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks eksposisi yang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks
laporan hasil observasi yang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi perbedaan struktur isi dua teks eksposisi yang dibaca.
· Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks eksposisi yang dibaca.
· Peserta didik menulis teks eksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan
struktur isi teks (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, dan menuliskan deskripsi).
Mengasosiasikan
· Peserta didik mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua teks eksposisi dalam diskusi kelas.
· Peserta didik
mendiskusikan dan menyimpulkan tekseksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan
struktur isi teks (menentukan judul, menuliskan klasifikasi umum, dan menuliskan deskripsi).
Mengomunikasikan
· Peserta didik
menjelaskan persamaan dan perbedaan kedua teks berdasarkan hasil diskusi
kelas.
· Peserta didik menyajikan teks eksposisi yang ditulis.
· Peserta didik menanggapi /mengomentari penyajian teks eksposisi dari setiap kelompok.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks eksposisi yang dibaca.
·
Secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah membandingkan teks eksposisi
*Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
|
4..2 Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupuntulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah memproduksi teks eksposisi
*Memproduksi
teks eksposisi yang koheren
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks eksposisi
·
Analisis bahasa teks eksposisi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks eksposisi
· Peserta didik membaca teks eksposisi yang ditulis teman.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik mempertanyakan isi teks eksposisi yang dibaca.
· Peserta didik
mempertanyakan isi teks eksposisi yang ditulis teman.
Mengekplorasi
·
Peserta
didik menganalisis isi
teks eksposisi(judul, klasifikasi umum, dan deskripsi)dengan cermat.
·
Peserta
didik menganalisis bahasa teks eksposisi (pilihan kata/istilah, gaya bahasa, dan
konjungsi ) dengan cermat.
· Peserta didik menyunting teks eksposisi yang ditulis teman dari aspek
struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan
cermat.
·
Peserta
didik memperbaiki teks eksposisi berdasarkan hasil suntingan.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik membandingkan hasil analisisnya dengan hasil
analisis teman untuk menemukan hasil analisis terbaik.
·
Peserta
didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan dengan penulis/teman
yang menulis.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik mempresentasikan hasil
analisis dengan rasa percaya diri.
·
Peserta
didik menanggapi presentasi
teman/kelompok lain secara santun.
·
Peserta
didik mengirimkan teks eksposisi kepada penerbit.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan
kaidah teks eksposisi baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Teks berjudul “ Sistem Peredaran Darah
Manusia” diadaptasi dari Reading and
Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
menganalisis teks eksposisi
*Menganalisis
isi teks eksposisi dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks eksposisi dengan cermat.
|
4.3 Menyunting teks
eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah menyunting teks eksposisi
*Menyunting isi sesuai dengan struktur
isi eksposisi
*Menyunting bahasa eksposisi sesuai
dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks
eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi
karakteristik teks eksposisi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks tentang karakteristik teks eksposisi.
· Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks eksposisi.
Mempertanyakan
· Peserta didik
bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
· Peserta didik
mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks eksposisi.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan tentang karakteristik teks eksposisi.
·
Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks eksposisi.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja
kelompok tentang karakteristik
teks eksposisi.
· Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
· Peserta didik
mengabstraksi teks eksposisi secara lisan
maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teksberita sesuai dengan struktur
dan kaidah teks eksposisi baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai laporan
peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:Guru menilai kemampuan peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks eksposisi
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara. lisan maupun tulisan
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengidentifikasi teks eksposisi
*Mengidentifikasi
karakteristik teks eksposisi dengan
cermat.
|
4.4 Mengabstraksi
teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengabstraksi teks eksposisi
*Mengabstraksi teks eksposisi
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks
eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
.
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisi
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
·
Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja
kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks eksposisi.
·
Peserta
didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik mengonversi teks eksposisi
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks eksposisi.
·
Secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks beritake dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks eksposisi
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai laporan
peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan
teks berita.
Tes tertulis :Gurumenilai kemampuan peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi darii
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengevaluasi eksposisi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks eksposisi
dengan cermat.
|
4.5 Mengonversi teks
eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
mengonversi eksposisi
*Menulis ulang (mengonversi) teks eksposisi dalam bentuk uraian monolog
|
|||||
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur isi teks laporan hasil
observasi
·
Pengenalan ciri bahasa teks laporan hasil observasi
·
Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
·
Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan
hasil observasi
·
Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja
kelompok tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik menginterpretasi makna teks laporan
hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks laporan hasil observasibaik secara lisan
maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan
laporan.
Portofolio : Guru menilai laporan
peserta didik tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Tes tertulis :Guru menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks laporan hasil observasi,
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Learning English
through General Science, 1984:29
|
Memahami (menyebutkan)
struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi
|
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
Memahami (menjelaskan)
makna teks laporan hasil observasi
|
|||||
3.2 Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan struktur
isi dan ciri bahasa dari dua teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah penulisan teks laporan hasil
observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan
pendapat, penegasan ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca dua buah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
·
Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah
teks laporan hasil observasi yang
dibaca.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja
kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks laporan hasil
observasi yang dibaca.
·
Peserta
didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks
baik secara lisan maupun tulisan
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua
buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
·
Secara
individual peserta didik diminta memproduksi teks laporan hasil observasi
yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi: Guru mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : Guru menilai laporan
peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
Tes tertulis :menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah membandingkan teks laporan
hasil observasi
*Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan
cermat.
|
4.2 Memproduksi teks laporan hasil observasiyang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik
secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah memproduksi teks laporan
hasil observasi
*Memproduksi
teks laporan hasil observasi yang
koheren
|
|||||
3.3 Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks laporan hasil observasi
·
Analisis bahasa teks laporan hasil observasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda
baca
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks
laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja
kelompok tentang struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik menyunting teks laporan hasil
observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks
berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik
dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi.
Tes tertulis :menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks laporan hasil observasisesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
Teks berjudul “
Sistem Peredaran Darah Manusia”
diadaptasi dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
menganalisis teks laporan hasil observasi
*Menganalisis
isi teks
laporan hasil observasi dengan
cermat.
*Menganalisis bahasa teks laporan hasil
observasi dengan cermat.
|
4.3 Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah menyunting teks laporan hasil observasi *Menyunting
isi sesuai dengan struktur isi laporan hasil observasi *Menyunting
bahasa laporan hasil observasi sesuai dengan
struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks laporan hasil observasi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks laporan
hasil observasi
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks tentang karakteristik
teks
laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks laporan hasil observasi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks laporan hasil observasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja
kelompok tentang karakteristik
teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik mengabstraksi teks laporan hasil
observasi secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·
Secara
individual peserta didik diminta menyunting teks iklan sesuai dengan struktur
dan kaidah teks laporan hasil observasi
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,
dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi.
Tes tertulis :menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks laporan hasil observasisesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengidentifikasi teks laporan hasil observasi *Mengidentifikasi karakteristik teks laporan hasil observasi dengan
cermat.
|
4.4 Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengabstraksi teks laporan hasil observasi *Mengabstraksi teks laporan hasil observasi
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui
lisan maupun tulisan
|
.
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks laporan hasil
laporan hasil observasi
·
Langkah- langkah konversi teks laporan hasil
observasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks drama pendek
|
Mengamati
·
Peserta
didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan
hasil observasi.
·
Peserta
didik mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks laporan
hasil observasi.
Mempertanyakan
·
Peserta
didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta
didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta
didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks laporan
hasil observasi.
·
Peserta
didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan teks laporan
hasil observasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta
didik menuliskan laporan kerja
kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks laporan hasil observasi.
·
Peserta
didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta
didik mengonversi teks laporan hasil
observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para
Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks
laporan hasil observasi.
·
Secara
individual peserta didik diminta mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan
hasil observasibaik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati
kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks laporan hasil observasi.
Tes tertulis:menilai
kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi teks laporan
hasil observasi ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4
Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA
KELAS X (WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi darii
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah mengevaluasi laporan hasil observasi *Mengevaluasi
kelebihan struktur isi dan bahasa teks
laporan hasil observasi dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks laporan
hasil observasi dengan cermat.
|
4.5 Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
mengonversi laporan hasil observasi *Menulis
ulang (mengonversi) teks laporan
hasil observasi dalam
bentuk uraian monolog
|
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester : X/Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
Indikator
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
|
·
|
|||||
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan
sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
|
||||||
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan mengguna-kannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
|
·
|
|||||
2.2 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
|
||||||
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan
negosiasi.
|
||||||
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah
yang telah ditentukan.
|
||||||
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan
masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.
|
||||||
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial,
politik, ekonomi,dan kebijakan publik.
|
||||||
3.1 Memahami struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Pengenalan struktur
isi teks
prosedur kompleks
·
Pengenalan ciri bahasa
teks prosedur kompleks
·
Pemahaman isi teks
prosedur kompleks
·
Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleks
·
Pemahaman isi teks prosedur
kompleks
|
Mengamati
·
Peserta didik membaca
teks tentang struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan
isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan
kaidah teks prosedur
kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Secara individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi
makna teks prosedur kompleks baik
secara lisan maupun tulis.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks prosedur
kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks prosedur kompleks,
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
|
4.1
Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun
tulisan
|
Memahami (menjelaskan) makna teks prosedur kompleks
|
|||||
3.2 Membandingkan
teks prosedur kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Persamaan/perbedaan
struktur isi dan ciri bahasa
dua teks prosedur kompleks
·
Langkah-langkah
penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca dua buah teks
prosedur kompleks.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
persamaan
dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang
dibaca.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan dan
perbedaan dua buah teks
prosedur kompleks yang dibaca.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan
dan perbedaan dua buah teks prosedur
kompleks yang dibaca.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan
perbedaan dua buah teks prosedur
kompleks yang dibaca.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan
dan perbedaan dua buah teks prosedur
kompleks yang dibaca.
·
Secara individual Peserta didik diminta
memproduksi teks
prosedur kompleks yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam
memahami, menerapkan, dan memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks editorial/ opini baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
membandingkan teks prosedur kompleks
*Membandingkan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.
|
4.2 Memproduksi
teks prosedur kompleksyang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan
dibuat baik secara lisan mupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
memproduksi teks prosedur kompleks
*Memproduksi teks prosedur
kompleks yang koheren
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks prosedur kompleksbaik melalui
lisan maupun tulisan
|
·
Analisis isi teks
prosedur kompleks
·
Analisis bahasa teks
prosedur kompleks
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
·
Penyuntingan bahasa sesuai
dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca teks tentang struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur
dan kaidah teks prosedur kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari
dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik menyunting teks prosedur komplekssesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks prosedur komplekssesuai dengan
struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks
prosedur kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks prosedur komplekssesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah menganalisis teks prosedur
kompleks
*Menganalisis isi teks prosedur
kompleks
dengan cermat.
*Menganalisis
bahasa teks prosedur kompleks
dengan cermat.
|
4.3 Menyunting
teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
menyunting teks prosedur kompleks
*Menyunting
isi sesuai dengan struktur isi prosedur
kompleks
*Menyunting
bahasa prosedur kompleks sesuai
dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks prosedur kompleks
baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi
karakteristik teks prosedur kompleks
·
Langkah-langkah membuat abstraksi teks prosedur kompleks
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca teks tentang karakteristik
teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
karakteristik
teks prosedur kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik
teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang karakteristik
teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam
karakteristik teks prosedur
kompleks.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik mengabstraksi teks prosedur kompleks secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur
dan kaidah teks prosedur
kompleks.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks
prosedur kompleks sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks prosedur
kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks
prosedur kompleks sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
mengidentifikasi teks prosedur kompleks
*Mengidentifikasi karakteristik teks prosedur kompleks
dengan cermat.
|
4.4 Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan
maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
mengabstraksi teks prosedur kompleks
*Mengabstraksi teks prosedur kompleks
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks
baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
·
Langkah- langkah konversi
teks prosedur kompleks menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi
teks prosedur kompleks menjadi teks drama pendek
|
Mengamati:
·
Peserta didik
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari
dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam
kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah
penulisan teks prosedur kompleks.
·
Secara individual Peserta didik diminta
mengonversi teks
prosedur kompleks ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks prosedur kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
Buku
referensi tentang genre teks
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
mengevaluasi prosedur kompleks
*Mengevaluasi
kelebihan struktur isi dan bahasa teks
prosedur kompleks
dengan cermat.
*Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
prosedur kompleks
dengan cermat.
|
4. 5 Mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
*Memahami (menjelaskan)
langkah-langkah mengonversi prosedur
kompleks
*Menulis
ulang (mengonversi) teks prosedur kompleks
dalam bentuk uraian monolog
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
|
·Pengenalan struktur isi teks negosiasi
·Pengenalan ciri
bahasa teks
negosiasi
·Pemahaman isi teks negosiasi
·Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi
·Pemahaman isi teks negosiasi
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca teks tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur
dan kaidah teks negosiasi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur
dan kaidah teks negosiasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan
maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur
dan kaidah teks negosiasi.
·
Secara individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi
makna teks negosiasi
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menginterpretasi
makna teks negosiasi,
baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks negosiasi
|
4.1 Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara
lisan maupun tulisan
|
Memahami (menjelaskan) makna teks negosiasi
|
|||||
3.2 Membandingkan
teks negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan
4.2 Memproduksi
teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat
baik secara lisan mupun tulisan
|
·
Persamaan/perbeda an
struktur isi dan ciri bahasa
dua teks negosiasi
· Langkah-langkah penulisan teks negosiasi sesuai dengan struktur isi (dan ciri
bahasa
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca dua buah teks
negosiasi.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
persamaan
dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Mempertanyakan:
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks negosiasi.
Mengasosiasikan:
·
Peserta didik mendiskusikan persamaan dan
perbedaan dua buah teks negosiasi
yang dibaca.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan
dan perbedaan dua buah teks negosiasi
yang dibaca.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan
perbedaan dua buah teks negosiasi
yang dibaca.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan
karakteristik negosiasibaik
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami persamaan
dan perbedaan dua buah teks negosiasi
yang dibaca.
·
Secara individual Peserta didik diminta
memproduksi teks
negosiasi yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam
memahami, menerapkan, dan memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
· Contoh teks negosiasi dari internet
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
membandingkan teks negosiasi
*Membandingkan struktur isi dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.
|
3.3 Menganalisis
teks negosiasi baik melalui lisan
maupun tulisan
|
·
Analisis isi negosiasi
·
Analisis bahasa teks
negosiasi
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur bahasa teks
negosiasi
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca teks tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
struktur
dan kaidah teks negosiasi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang struktur
dan kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur
dan kaidah teks negosiasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks negosiasi.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur
dan kaidah teks negosiasi.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks negosiasi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks
negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks negosiasi sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU PESERTA
DIDIK BAHASA INDONESIA SMA/SMK/MA KELAS X
(WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
memproduksi teks negosiasi
*Memproduksi
teks anekdot yang koheren
|
4.3 Menyunting
teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
*Memahami (menyebutkan)
langkah-langkah menganalisis teks negosiasi
*Menganalisis isi teks negosiasi
dengan cermat.
*Menganalisis
bahasa teks negosiasi
dengan cermat.
|
|||||
3.4
Mengidentifikasi teks negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
|
·
Identifikasi karakteristik teks negosiasi
·
Langkah-langkah membuat abstraksi
struktur isi teks negosiasi
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca teks tentang karakteristik
teks negosiasi.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
karakteristik
teks negosiasi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik
teks negosiasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan
tentang karakteristik
teks negosiasi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam
karakteristik teks negosiasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks negosiasi.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik mengabstraksi teks negosiasi secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami struktur
dan kaidah teks negosiasi.
·
Secara individual Peserta didik diminta
menyunting teks
novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
struktur dan kaidah teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan menyunting teks
negosiasi sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah
menyunting teks negosiasi
*Menyunting
isi sesuai dengan struktur isi negosiasi
*Menyunting
bahasa negosiasi
sesuai dengan
struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
|
4.4 Mengabstraksi
teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisa
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
mengidentifikasi teks negosiasi
*Mengidentifikasi karakteristik teks negosiasi
dengan cermat.
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah
teks baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Evaluasi struktur isi dan bahasa teks negosiasi
·
Langkah- langkah konversi
teks negosiasi menjadi teks monolog
·
Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks drama
pendek
|
Mengamati
·
Peserta didik
membaca teks tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi.
·
Peserta didik
mencermati uraian yang berkaitan dengan
kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi.
Mempertanyakan
·
Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan
dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi
·
Peserta didik mencari
dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
Mengasosiasikan
·
Peserta didik mendiskusikan kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
·
Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam
kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
Mengomunikasikan
·
Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi.
·
Peserta didik membacakan hasil
kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·
Peserta didik mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk
memahami kaidah-kaidah
penulisan teks negosiasi.
·
Secara individual Peserta didik diminta
mengonversi teks
i negosiasi ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
Observasi:
mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis
data, dan pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan Peserta didik tentang
kaidah-kaidah penulisan teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami,
menerapkan, dan mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU
PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA
SMA/SMK/MA KELAS X (WAJIB)
· Buku referensi
tentang genre teks
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
mengabstraksi teks negosiasi
*Mengabstraksi teks negosiasi
|
4. 5
Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah
mengevaluasi negosiasi
*Mengevaluasi
kelebihan struktur isi dan bahasa teks
negosiasi
dengan cermat.
*Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
negosiasi
dengan cermat.
|