SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X SMA/ SMK KURIKULUM 2013 (BESERTA INDIKATOR MINIMAL)

3.         SILABUS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


Satuan Pendidikan                    : SMK/MAK
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas/Semester                     : X/Ganjil

Kompetensi Inti                       :

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Indikator
1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.

-
-






2.1  Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.

1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia danmenggunakan- nya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.

-





2.2        Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.

1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
-





2.3        Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.

2.4        Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.






2.5       Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik.






3.1  Memahami struktur dan kaidah teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
·   Pengenalan struktur isi teks anekdot
·   Pengenalan ciri bahasa  teks anekdot
·   Pemahaman isi teks anekdot

·   Makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot
·   Pemahaman isi teks anekdot


Mengamati
·   Peserta didik membaca contoh  teks anekdot dengan rasa ingin tahu.
·   Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda).
·   Peserta didik membaca contoh teks anekdot yang lain.

Mempertanyakan
·   Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda) dengan cermat.
·   Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks anekdot dengan bahasa yang komunikatif.

Mengeksplorasi
·   Peserta didik menemukan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda).
·   Peserta didik menemukan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
·   Peserta didik menjelaskan makna kata, istilah, dan ungkapan dalam teks anekdot.

Mengasosiasikan
·   Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi (abstrak, orientasi, krisis, respon, dan coda) dan ciri bahasa teks anekdot (pertanyaan retoris, proses material, dan konjungsi temporal).
·   Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengomunikasikan
·   Peserta didik mengomunikasi-kan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antarkelompok.
·   Peserta didik mempresentasikan makna kata, istilah, ungkapan teks anedot dengan rasa percaya diri.
·   Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.

Tugas
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·           Secara individual Peserta didik diminta menginter-pretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan terhadap hasil pengamatan anekdot.
PortofolioGuru menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis:Guru menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi  makna teks anekdotbaik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB), KEMDIKBUD



Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks anekdot

4.1   Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
Memahami (menjelaskan) makna teks anekdot
3.2  Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
·       Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks anekdot
·       Langkah-langkah penulisan teks anekdot  (mengamati, menemukan topik, mengembangkan sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati
·   Peserta didik membaca dua  teks anekdot.
·   Peserta didik mengamati peristiwa/kejadian yang unik atau aneh.

Mempertanyakan
·    Peserta didik mempertanyakan persamaan dan perbedaan dua teks anekdot.
·   Peserta didik membuat pertanyaan tentang peristiwa unik atau aneh yang diamati.

Mengeksplorasi
·   Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua teks anedot yang dibaca.
·   Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua teks anedot yang dibaca.
·   Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi dua teks anedot yang dibaca.
·   Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua teks anedot yang dibaca.
·   Peserta didik membuat teks anekdot sesuai dengan struktur isi teks anekdot (abstrak, orientasi, krisis, respon, coda), ciri bahasa  (pertanyaan retoris, proses material, konjungsi temporal), dan kelucuan.

Mengasoasiasikan
·   Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan persamaan dan  perbedaan dua teks anekdot.
·   Peserta didik mencari hubungan antara topik dengan struktur isi teks anekdot

Mengomunikasikan
·   Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan dua  teks anekdot.
·   Peserta didik membacakan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi yang tepatserta saling memberikan komentar.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks anekdot yang dibaca.
·           Secara individual peserta didik diminta memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,  dan pembuatan laporan.
PortofolioGuru menilai laporan peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks anekdot yang dibaca.
Tes tertulis:Gurumenilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)












*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks anekdot
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks anekdot dengan cermat.

4.2    Memproduksi teks anekdot baik secara lisan maupuntulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks anekdot
*Memproduksi teks anekdot yang koheren

3.3   Menganalisis teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
·            Analisis isi teks anekdot
·            Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·            Penyuntingan bahasa sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
Mengamati
·   Peserta didik membaca teks anekdot.
·   Peserta didik membaca teks anekdot yang ditulis teman.

Mempertanyakan
·   Peserta didik mempertanyakan isi teks anekdot.
·   Peserta didik mempertanyakan struktur dan kaidah teks anekdot.

Mengeksplorasi
·   Peserta didik menganalisis isi  teks anekdot(aspek kelucuan, sindiran, dan  pengandaian) dengan cermat.
·   Peserta didik menganalisis bahasa teks anekdot (pilihan kata, gaya bahasa, dan konjungsi ) dengan cermat.
·   Peserta didik menyunting teks  yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
·   Peserta didik memperbaiki teks anekdot berdasarkan hasil suntingan.

Mengasosiasikan
·   Peserta didik membandingkan hasil analisis dan saling melengkapi untuk mencari kebenaran.
·   Peserta didik menemukan dan menyimpulkan struktur dan kaidah teks anekdot yang baik.

Mengomunikasikan
·   Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·   Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·   Peserta didik membacakan teks anekdot dengan intonasi dan ekspresi yang tepat.
·   Peserta didik mengomentari/menanggapi struktur isi dan bahasa teks anekdot yang dibacakan teman/kelompok lain dengan santun.


Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·           Secara individual peserta didik diminta menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi:  Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
PortofolioGuru menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis :Guru menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)




*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks anekdot
*Menganalisis isi  teks anekdot dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks anekdot dengan cermat.
4.3   Menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks anekdot
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi anekdot
*Menyunting bahasa anekdot sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4   Mengidentifikasi teks anekdot secara lisan maupun tulisan
·   Identifikasi karakteristik teks anekdot
·   Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
Mengamati
·   Peserta didik membaca contoh teks anekdot.

Mempertanyakan
·   Peserta didik mempertanyakan garis besar (abstraksi) teks anekdot yang dibaca.

Mengekplorasi
·   Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri teks anekdot.
·   Peserta didik menuliskan garis besar isi (abstraksi)  teks anekdotdalam beberapa kalimat secara terpadu.

Mengasosiasikan
·   Peserta didik membandingkan garis besar isi (abstraksi) anekdot antarPeserta didik untuk mencari yang terbaik.

Mengkomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks cerita sejarah. (abstraksi anekdot)
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·        Peserta didik mempresentasi-
kan  abstraksi teks
     anekdot yang  
     terbaik.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks anekdot.
·           Secara individual peserta didik diminta menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
PortofolioGuru menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks anekdot.
Tes tertulis :Guru menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks anekdot
*Mengidentifikasi karakteristik teks anekdot dengan cermat.

4.4    Mengabstraksi teks anekdot baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks anekdot
  *Mengabstraksi teks anekdot

3.5Mengevaluasi teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
·       Evaluasi struktur isi dan bahasa teks anekdot
·       Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks monolog
·       Langkah- langkah konversi teks anekdot menjadi teks drama pendek
Mengamati
·   Peserta didik membaca contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot.
·   Peserta didik membaca contoh teks anekdot dan memahami isinya.

Mempertanyakan
·   Peserta didik mempertanyakan contoh hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot.
·   Peserta didik mempertanyakanisi teks anekdot yang dibaca.

Mengeksplorasi
·   Peserta didik membaca contoh  teks anekdot.
·   Peserta didik mengevaluasi (kekurangan/kelebihan) struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
·   Peserta didik menulis ulang teks  anekdot dalam bentuk uraian monolog
·   Peserta didik membuat  naskah drama pendek (untuk 10 menit) yang berisi kritik sosial dengan memperhatikan  struktur teks anekdot: abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan coda.


Mengasosiasikan
·   Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan teman atau kelompok lain.
·   Peserta didik mencari kesesuaian antara teks anekdot dengan tulisan cerita ulang teks anekdot.

Mengomunikasikan
·   Peserta didik mempresentasikan hasil evaluasi (kekurangan/kelebihan) terhadap teks anekdot dengan rasa percaya diri.
·   Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·   Peserta didikmemeragakan/mementaskan hasil konversi teks anekdot
·   Peserta didikmengomentari pementasan teks anekdot

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks anekdot.
·           Secara individual peserta didik diminta mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks anekdot.
Tes tertulis :menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi anekdot
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks anekdot dengan cermat.

4.5  Mengonversi teks anekdot ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi anekdot
*Menulis ulang (mengonversi) teks  anekdot dalam bentuk uraian monolog




3.1  Memahami struktur dan kaidah teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
·   Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
·   Pengenalan ciri bahasa  teks eksposisi
·   Pemahaman isi teks eksposisi
·   Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks eksposisi
·   Pemahaman isi teks eksposisi
Mengamati
·   Peserta didik membaca contoh  teks eksposisi
·   Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur isi teks eksposisi  (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi).

Mempertanyakan
·   Peserta didik mempertanyakan struktur isi teks eksposisi  (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) yang dibaca dan diamati
·   Peserta didik membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks eksposisi.

Mengeksplorasi
·   Peserta didik menemukan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya pengklasifikasian benda-benda, proses pembentukan kata, penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat)

Mengasosiasikan
·   Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan  hasil temuan terkait dengan struktur isi teks eksposisi (judul, klasifikasi umum, dan deskripsi) dan ciri bahasa teks eksposisi (misalnya penggklasifikasian benda-benda, proses pembentukan kata, penggunaan istilah, konjungsi, dan kalimat).
·   Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.

Mengomunikasikan
·   Peserta didik membacakan hasil diskusi tentang struktur isi teks eksposisi.
·   Peserta didik mempresentasikan makna kata, istilah, dan isi teks eksposisi dengan rasa percaya diri.
·   Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
Tugas
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·           Secara individual peserta didik diminta
menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
Learning English through General Science, 1984:29
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks eksposisi

4.1  Menginterpretasi makna teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
Memahami (menjelaskan) makna teks eksposisi
3.2    Membandingkan teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
·            Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks eksposisi
·            Langkah-langkah penulisan teks eksposisi  sesuai dengan struktur isi (menentukan judul,  menuliskan klasifikasi umum, menuliskan deskripsi) dan ciri bahasa
Mengamati
·   Peserta didik membaca dua teks eksposisi.

Mempertanyakan
·   Peserta didik mempertanyakan isi kedua teks eksposisi.
·   Peserta didik menyusun pertanyaan terhadap objek yang diamati.

Mengeksplorasi
·   Peserta didik mengidentifikasi persamaan struktur isi dua  teks eksposisi yang dibaca.
·   Peserta didik mengidentifikasi persamaan ciri bahasa dua  teks  laporan hasil observasi yang dibaca.
·   Peserta didik mengidentifikasi perbedaan  struktur isi dua  teks eksposisi yang dibaca.
·   Peserta didik mengidentifikasi perbedaan ciri bahasa dua  teks eksposisi yang dibaca.
·   Peserta didik menulis teks eksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan struktur isi teks (menentukan judul,  menuliskan klasifikasi umum, dan menuliskan deskripsi).

Mengasosiasikan
·   Peserta didik mendiskusikan persamaan dan  perbedaan dua  teks eksposisi dalam diskusi kelas.
·   Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan tekseksposisi berdasarkan langkah-langkah penulisan teks eksposisi sesuai dengan struktur isi teks (menentukan judul,  menuliskan klasifikasi umum, dan menuliskan deskripsi).

Mengomunikasikan
·   Peserta didik menjelaskan persamaan dan perbedaan kedua teks berdasarkan hasil diskusi kelas.
·   Peserta didik menyajikan teks eksposisi yang ditulis.
·   Peserta didik menanggapi /mengomentari penyajian teks eksposisi dari setiap kelompok.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks eksposisi yang dibaca.
·           Secara individual peserta didik diminta memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks eksposisi
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.

4..2   Memproduksi teks eksposisi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupuntulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks eksposisi
*Memproduksi teks eksposisi yang koheren

3.3     Menganalisis teks eksposisi baik melalui lisan maupun tulisan
·            Analisis isi teks eksposisi
·            Analisis bahasa teks eksposisi
·            Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks eksposisi
·            Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
Mengamati
·   Peserta didik membaca teks eksposisi
·   Peserta didik membaca teks  eksposisi yang ditulis teman.


Mempertanyakan
·   Peserta didik mempertanyakan isi teks eksposisi yang dibaca.
·   Peserta didik mempertanyakan isi teks eksposisi yang ditulis teman.

Mengekplorasi
·   Peserta didik menganalisis isi  teks eksposisi(judul, klasifikasi umum, dan deskripsi)dengan cermat.
·   Peserta didik menganalisis bahasa teks eksposisi  (pilihan kata/istilah, gaya bahasa, dan konjungsi ) dengan cermat.
·   Peserta didik menyunting teks eksposisi yang ditulis teman dari aspek struktur isi  dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
·   Peserta didik memperbaiki teks eksposisi berdasarkan hasil suntingan.

Mengasosiasikan
·   Peserta didik membandingkan hasil analisisnya dengan hasil analisis teman untuk menemukan hasil analisis terbaik.
·   Peserta didik mendiskusikan dan menyimpulkan hasil penyuntingan dengan penulis/teman yang menulis.


Mengomunikasikan
·   Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
·   Peserta didik menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun.
·   Peserta didik mengirimkan teks eksposisi kepada penerbit.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·           Secara individual peserta didik diminta menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

Teks berjudul “ Sistem Peredaran Darah Manusia”   diadaptasi dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14







*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks eksposisi
*Menganalisis isi  teks eksposisi  dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks eksposisi dengan cermat.
4.3    Menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks eksposisi
*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi eksposisi
*Menyunting bahasa eksposisi sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4     Mengidentifikasi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
·            Identifikasi karakteristik teks eksposisi
·            Langkah-langkah membuat abstraksi teks eksposisi
Mengamati
·    Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks eksposisi.
·    Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks eksposisi.


Mempertanyakan
·    Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·    Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks eksposisi.

Mengasosiasikan
·    Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik teks eksposisi.
·    Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks eksposisi.

Mengomunikasikan
·    Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks eksposisi.
·    Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·    Peserta didik mengabstraksi teks eksposisi secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks eksposisi.
·           Secara individual peserta didik diminta menyunting teksberita sesuai dengan struktur dan kaidah teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data,  dan pembuatan laporan.
PortofolioGuru menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks eksposisi.
Tes tertulis:Guru menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks eksposisi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara. lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks eksposisi
*Mengidentifikasi karakteristik teks eksposisi dengan cermat.

4.4    Mengabstraksi teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks eksposisi
  *Mengabstraksi teks eksposisi
3.5  Mengevaluasi teks eksposisi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
.
·            Evaluasi struktur isi dan bahasa teks eksposisi
·            Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks monolog
·            Langkah- langkah konversi teks eksposisi menjadi teks drama pendek
Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks eksposisi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks eksposisi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.


Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks eksposisi.


Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan  teks eksposisi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks eksposisi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks eksposisi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks eksposisi.
·           Secara individual peserta didik diminta mengonversi teks beritake dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks eksposisi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
PortofolioGuru menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks berita.
Tes tertulis :Gurumenilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi darii

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi eksposisi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.

4.5   Mengonversi teks eksposisi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi eksposisi
*Menulis ulang (mengonversi) teks  eksposisi dalam bentuk uraian monolog




3.1  Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
·   Pengenalan struktur isi teks laporan hasil observasi
·   Pengenalan ciri bahasa  teks laporan hasil observasi
·   Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
·   Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks laporan hasil observasi
·   Pemahaman isi teks laporan hasil observasi
Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·          Secara individual peserta didik diminta menginterpretasi makna teks laporan hasil observasibaik secara lisan maupun tulisan.

Observasi: Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
PortofolioGuru menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Tes tertulis :Guru menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
Learning English through General Science, 1984:29

Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi

4.1   Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
Memahami (menjelaskan) makna teks laporan hasil observasi
3.2   Membandingkan teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
·          Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dari dua teks laporan hasil observasi

·          Langkah-langkah penulisan teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur isi (pernyataan pendapat, penegasan ulang pendapat, dan jumlah argumentasi) dan ciri bahasa
Mengamati
·          Peserta didik membaca dua buah teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.


Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks laporan hasil observasi.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
·           Secara individual peserta didik diminta memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi:  Guru mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
PortofolioGuru menilai laporan peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks laporan hasil observasi yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks laporan hasil observasi
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks laporan hasil observasi dengan cermat.

4.2  Memproduksi teks laporan hasil observasiyang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks laporan hasil observasi
*Memproduksi teks laporan hasil observasi yang koheren

3.3   Menganalisis teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan
·            Analisis isi teks laporan hasil observasi
·            Analisis bahasa teks laporan hasil observasi
·            Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks laporan hasil observasi
·            Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita  baik secara lisan maupun tulisan.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·           Secara individual peserta didik diminta menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks laporan hasil observasisesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

Teks berjudul “ Sistem Peredaran Darah Manusia”   diadaptasi dari Reading and Thinking in English, Vol. 1, 1986: 14



*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks laporan hasil observasi
*Menganalisis isi  teks  laporan hasil observasi dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks  laporan hasil observasi  dengan cermat.
4.3    Menyunting teks laporan hasil observasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks  laporan hasil observasi *Menyunting isi sesuai dengan struktur isi  laporan hasil observasi *Menyunting bahasa  laporan hasil observasi sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4    Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
·            Karakteristik teks laporan hasil observasi
·            Langkah-langkah membuat abstraksi teks laporan hasil observasi
Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks laporan hasil observasi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks laporan hasil observasi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik mengabstraksi teks laporan hasil observasi secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
·           Secara individual peserta didik diminta menyunting teks iklan sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks laporan hasil observasisesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks  laporan hasil observasi *Mengidentifikasi karakteristik teks  laporan hasil observasi dengan cermat.

4.4    Mengabstraksi teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks  laporan hasil observasi   *Mengabstraksi teks  laporan hasil observasi
3.Mengevaluasi teks laporan hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
.
·            Evaluasi struktur isi dan bahasa teks laporan hasil laporan hasil observasi
·            Langkah- langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks monolog
·            Langkah- langkah konversi teks laporan hasil observasi menjadi teks drama pendek
Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks laporan hasil observasi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks laporan hasil observasi.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan  teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks laporan hasil observasi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks laporan hasil observasi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks laporan hasil observasi.
·           Secara individual peserta didik diminta mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasibaik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks laporan hasil observasi.
Tes tertulis:menilai kemampuan peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks laporan hasil observasi  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
Teks berjudul “”Harimau”diadaptasi darii

*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi  laporan hasil observasi *Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks  laporan hasil observasi  dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks  laporan hasil observasi dengan cermat.

4.5    Mengonversi teks laporan hasil observasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi  laporan hasil observasi *Menulis ulang (mengonversi) teks   laporan hasil observasi dalam bentuk uraian monolog







Satuan Pendidikan   : SMK/MAK
Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas/Semester                        : X/Genap

Kompetensi Inti                       :

KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Indikator
1.1  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaanbahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.

·     





2.1   Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.

1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan mengguna-kannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
·     





2.2       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.

1.3   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks anekdot, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.






2.3       Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah ditentukan.

2.4     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk bernegosiasi merundingkan masalah perburuhan, perdagangan, dan kewirausahaan.






2.5     Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memaparkan konflik sosial, politik, ekonomi,dan kebijakan publik.






3.1 Memahami struktur   dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan
·    Pengenalan struktur isi teks
prosedur kompleks
·    Pengenalan ciri bahasa  teks prosedur kompleks
·    Pemahaman isi teks prosedur kompleks
·    Makna kata, istilah dalam teks prosedur kompleks
·    Pemahaman isi teks prosedur kompleks
Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·          Secara individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulis.

Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks prosedur kompleks, baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
Buku referensi tentang genre teks







Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks prosedur kompleks

4.1  Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
Memahami (menjelaskan) makna teks prosedur kompleks

3.2   Membandingkan teks prosedur kompleks, baik melalui lisan maupun tulisan
·            Persamaan/perbedaan  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks prosedur kompleks
·            Langkah-langkah penulisan teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur isi dan ciri bahasa)
Mengamati
·          Peserta didik membaca dua buah teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks prosedur kompleks.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
·           Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks prosedur kompleks yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik teks editorial/ opini baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
Buku referensi tentang genre teks



















*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks prosedur kompleks
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks prosedur kompleks dengan cermat.

4.2    Memproduksi teks prosedur kompleksyang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks prosedur kompleks
*Memproduksi teks prosedur kompleks yang koheren

3.3   Menganalisis teks  prosedur kompleksbaik melalui lisan maupun tulisan
·            Analisis isi teks prosedur kompleks
·            Analisis bahasa teks prosedur kompleks
·            Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks prosedur kompleks
·            Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca
Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah  teks prosedur kompleks.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik menyunting teks prosedur komplekssesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks prosedur komplekssesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks prosedur komplekssesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
Buku referensi tentang genre teks



*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks prosedur kompleks

*Menganalisis isi  teks prosedur kompleks
dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks prosedur kompleks
dengan cermat.
4.3   Menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks prosedur kompleks

*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi prosedur kompleks

*Menyunting bahasa prosedur kompleks sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

3.4   Mengidentifikasi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
·    Identifikasi karakteristik teks prosedur kompleks
·    Langkah-langkah membuat abstraksi teks prosedur kompleks

Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks prosedur kompleks.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks prosedur kompleks.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks prosedur kompleks.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik mengabstraksi teks prosedur kompleks secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks prosedur kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks prosedur kompleks sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
·    Buku referensi tentang genre teks


*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks prosedur kompleks
*Mengidentifikasi karakteristik teks prosedur kompleks
dengan cermat.

4.4 Mengabstraksi teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks
  *Mengabstraksi teks prosedur kompleks

3.5   Mengevaluasi teks prosedur kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
·    Evaluasi struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
·    Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks monolog
·    Langkah- langkah konversi teks prosedur kompleks menjadi teks drama pendek
Mengamati:
·          Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks prosedur kompleks.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks prosedur kompleks.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan  teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks prosedur kompleks.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks prosedur kompleks.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks prosedur kompleks.
·           Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks prosedur kompleks.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
Buku referensi tentang genre teks


*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi prosedur kompleks
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks
dengan cermat.

4. 5  Mengonversi teks prosedur kompleks ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah mengonversi prosedur kompleks
*Menulis ulang (mengonversi) teks  prosedur kompleks
dalam bentuk uraian monolog




3.1  Memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan





·Pengenalan struktur isi teks negosiasi
·Pengenalan ciri bahasa  teks negosiasi
·Pemahaman isi teks negosiasi
·Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks negosiasi
·Pemahaman isi teks negosiasi




Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks negosiasi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks negosiasi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi.
·          Secara individual Peserta didik diminta menginterpre-tasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks negosiasi, baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp














BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
·    Buku referensi tentang genre teks
















Memahami (menyebutkan) struktur dan kaidah teks negosiasi

4.1 Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
Memahami (menjelaskan) makna teks negosiasi

3.2   Membandingkan teks negosiasi, baik melalui lisan maupun tulisan

















4.2   Memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan
·       Persamaan/perbeda an  struktur isi  dan ciri bahasa dua teks negosiasi

·       Langkah-langkah penulisan teks negosiasi sesuai dengan struktur isi (dan ciri bahasa
Mengamati
·          Peserta didik membaca dua buah teks negosiasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.

Mempertanyakan:
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks negosiasi.

Mengasosiasikan:
·          Peserta didik mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik negosiasibaik secara lisan maupun tulisan.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
·           Secara individual Peserta didik diminta memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks negosiasi yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks negosiasi yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
·    Buku referensi tentang genre teks
·    Contoh teks negosiasi dari internet



*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah membandingkan teks negosiasi
*Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks negosiasi dengan cermat.

3.3     Menganalisis teks  negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan



·            Analisis isi negosiasi
·            Analisis bahasa teks negosiasi
·            Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks negosiasi
·            Penyuntingan bahasa sesuai dengan: struktur bahasa  teks negosiasi









Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah  teks negosiasi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·       Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks negosiasi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp




















BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
·    Buku referensi tentang genre teks















*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah memproduksi teks negosiasi
*Memproduksi teks anekdot yang koheren

4.3     Menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah menganalisis teks negosiasi
*Menganalisis isi  teks negosiasi
dengan cermat.
*Menganalisis bahasa teks negosiasi
dengan cermat.
3.4            Mengidentifikasi teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan





·          Identifikasi karakteristik teks negosiasi
·          Langkah-langkah membuat abstraksi struktur isi teks negosiasi







Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang karakteristik teks negosiasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks negosiasi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks negosiasi.


Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan tentang karakteristik teks negosiasi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks negosiasi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks negosiasi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik mengabstraksi teks negosiasi secara lisan maupun tulisan.
Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks negosiasi.
·           Secara individual Peserta didik diminta menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang struktur dan kaidah teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks negosiasi sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp       


















BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
·    Buku referensi tentang genre teks















*Memahami (menjelaskan) langkah-langkah menyunting teks negosiasi

*Menyunting isi sesuai dengan struktur isi negosiasi

*Menyunting bahasa negosiasi
sesuai dengan struktur kalimat, ejaan, dan tanda baca

4.4    Mengabstraksi teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisa
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengidentifikasi teks negosiasi
*Mengidentifikasi karakteristik teks negosiasi
dengan cermat.

3.5     Mengevaluasi teks negosiasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan





·            Evaluasi struktur isi dan bahasa teks negosiasi
·            Langkah- langkah konversi teks  negosiasi menjadi teks monolog
·            Langkah- langkah konversi teks negosiasi menjadi teks drama pendek












Mengamati
·          Peserta didik membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks negosiasi.
·          Peserta didik mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks negosiasi.

Mempertanyakan
·          Peserta didik bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi
·          Peserta didik mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks negosiasi.

Mengasosiasikan
·          Peserta didik mendiskusikan kaidah-kaidah penulisan  teks negosiasi.
·          Peserta didik menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks negosiasi.

Mengomunikasikan
·          Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks negosiasi.
·          Peserta didik membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas dan
Peserta didik lain memberikan tanggapan.
·          Peserta didik mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·           Para Peserta didik diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks negosiasi.
·           Secara individual Peserta didik diminta mengonversi teks i negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi: mengamati kegiatan Peserta didik dalam proses mengumpulkan data, analisis data, dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan Peserta didik tentang kaidah-kaidah penulisan  teks negosiasi.
Tes tertulis :menilai kemampuan Peserta didik dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks negosiasi  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp





















BUKU PESERTA DIDIK BAHASA INDONESIA  SMA/SMK/MA  KELAS X   (WAJIB)
·    Buku referensi tentang genre teks














*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengabstraksi teks negosiasi
  *Mengabstraksi teks negosiasi

4. 5  Mengonversi teks negosiasi ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
*Memahami (menyebutkan) langkah-langkah mengevaluasi negosiasi
*Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks negosiasi
dengan cermat.
*Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks negosiasi
dengan cermat.