Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai
dengan kaidah dan konteks untuk mempersa-tukan bangsa.
|
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menyam-paikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.2
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan mengguna-kannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel.
|
-
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita politik, ekonomi, sosial,
dan kriminal.
|
|||||
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah,
menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel.
|
-
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku
jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
memahami dan menyampaikan iklan yang bersifat deskriptif, persua-sif, maupun
eksposisi.
|
|||||
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan editorial/opini tentang konflik sosial, politik,
ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup.
|
|
|
|
|
|
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel.
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan.
|
·
Pengenalan struktur
isi teks cerita sejarah
·
Pengenalan ciri bahasa
teks cerita sejarah
·
Pengenalan
kaidah teks cerita sejarah
·
Pemahaman isi teks
cerita sejarah
·
Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks cerita
sejarah
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks
cerita sejarah.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks cerita
sejarah.
Mempertanyakan
·
Siswa bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks cerita sejarah.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks cerita sejarah.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menginterpretasi makna teks
cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·
Secara
individual siswa diminta menginterpre-tasi makna teks cerita sejarah
baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks cerita
sejarah.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menginterpretasi makna teks
cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur
dan kaidah teks cerita sejarah.
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan.
|
|||||
3.2 Membandingkan
teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Teks cerita
sejarah
·
Teknik
penulisan teks cerita sejarah
|
Mengamati:
·
Siswa membaca dua buah teks cerita
sejarah.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
Mempertanyakan:
·
Siswa bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang teks
cerita sejarah.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa memproduksi teks cerita
sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah
teks cerita sejarah yang dibaca.
·
Secara
individual siswa diminta memproduksi teks cerita sejarah yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah
teks cerita sejarah yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami,
menerapkan, dan memproduksi teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi membandingkan
dan memproduksi teks cerita sejarah
|
4.2 Memproduksi
teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Teks cerita
sejarah
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks
cerita sejarah.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks cerita
sejarah.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks cerita sejarah.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks cerita sejarah.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menyunting teks cerita
sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita
sejarah.
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks cerita sejarah sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks cerita
sejarah.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
menganalisis dan menyunting teks cerita sejarah.
|
4.3 Menyunting
teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi karakteristik cerita
sejarah secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik
cerita sejarah
· Abstraksi teks cerita sejarah
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang karakteristik teks cerita
sejarah.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks cerita sejarah.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaantentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang karakteristik
teks cerita sejarah.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks cerita sejarah.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam karakteristik teks cerita sejarah.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks cerita sejarah.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengabstraksi teks cerita
sejarah secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita
sejarah.
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks cerita sejarah sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks cerita
sejarah.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
karakteristik dan abstraksi teks cerita sejarah.
|
4.4 Mengabstraksi
teks cerita sejarah secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks cerita sejarah berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun
tulisan
|
·
Evaluasi
struktur isi dan bahasa teks cerita sejarah
·
Langkah-
langkah konversi teks
cerita sejarah menjadi teks
monolog
·
Langkah-
langkah konversi teks
cerita sejarah menjadi teks
drama pendek
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaantentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks cerita sejarah.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan
teks cerita sejarah.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks cerita sejarah.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengonversi teks cerita
sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah.
·
Secara
individual siswa diminta mengonversi teks cerita sejarah ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan teks cerita sejarah.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks cerita
sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
kaidah-kaidah penulisan teks cerita
sejarah.
|
4.5 Mengonversi teks cerita sejarah ke dalam
bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks berita, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Struktur dan kaidah teks berita
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks
berita.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks berita.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks berita.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks berita.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks berita.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks berita.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menginterpre-tasi makna teks
berita baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks berita.
·
Secara
individual siswa diminta menginterpretasi makna teks berita baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks berita.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menginterpretasi
makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur
dan kaidah teks berita,
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan
teks berita baik melalui lisan maupun tulisan
|
|
Mengamati:
·
Siswa membaca dua buah teks berita.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Mempertanyakan
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang teks
berita.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa memproduksi teks berita yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah
teks berita yang dibaca.
·
Secara
individual siswa diminta memproduksi teks berita yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah
teks berita yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan,
dan memproduksi teks
berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
membandingkan dan memproduksi teks berita
|
4.2 Memproduksi
teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks berita baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Penganalisisan
teks berita
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks berita.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks berita.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks berita.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks berita.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks berita.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks berita.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menyunting teks berita sesuai dengan
struktur dan kaidah teks berita baik
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks berita.
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks
berita
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks berita.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks berita sesuai
dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
menganalisis dan menyunting teks
berita
|
4.3 Menyunting
teks berita, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi
karakteristik teks berita secara lisan maupun tulisan
|
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang karakteristik teks
berita.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks berita.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang karakteristik
teks berita.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks berita.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam karakteristik teks berita.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks berita
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengabstraksi teks berita
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks berita.
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teksberita sesuai dengan struktur
dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks berita.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
karakteristik dan abstraksi teks berita.
|
4.4 Mengabstraksi
teks berita baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks berita berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks berita.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks berita.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks berita.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks berita.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan
teks berita.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks berita.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengonversi teksberita ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks berita.
·
Secara
individual siswa diminta mengonversi teks beritake dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan teks berita.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks berita
ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
kaidah-kaidah penulisan teks berita
|
4.5 Mengonversi teks berita ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks iklan, baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Struktur dan kaidah teks iklan
·
Interpretasi teks iklan
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks
iklan.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks iklan.
Mempertanyakan
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks iklan.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks iklan.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks iklan.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menginterpretasi makna teks
iklan baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks iklan.
·
Secara
individual siswa diminta menginterpretasi makna teks iklan baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks iklan.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menginterpretasi
makna teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur
dan kaidah teks iklan.
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan
teks iklan baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Perbandingan teks iklan
·
Memproduksi teks iklan
|
Mengamati:
·
Siswa membaca dua buah teks iklan.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang teks
iklan.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa memproduksi teks iklan yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah
teks iklan yang dibaca.
·
Secara
individual siswa diminta memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah
teks iklan yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami,
menerapkan, dan memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
membandingkan dan memproduksi teks iklan.
|
4.2 Memproduksi
teks iklan, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks iklan baik melalui lisan maupun tulisan
|
·
Analiss teks iklan
·
Menyunting teks iklan
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks iklan.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks iklan.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks iklan.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks iklan.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menyunting teks iklansesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks iklan
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks
berita
sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks iklan.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks iklan sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
menganalisis dan menyunting teks
iklan
|
4.3 Menyunting
teks iklan, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi karakteristik teks iklan,
baik secara lisan maupun tulisan
|
·
Karakteristik teks iklan
·
Abstraksi teks iklan
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks iklan.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks iklan.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang karakteristik
teks iklan.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks iklan.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam karakteristik teks iklan.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks iklan.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengabstraksi teks iklan
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks iklan.
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks iklan sesuai dengan struktur
dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks iklan
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
iklan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
karakteristik dan abstraksi teks iklan.
|
4.4 Mengabstraksi
teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi
teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan.
|
·
Teks iklan
·
Konversi teks iklan
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks iklan.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks iklan.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks iklan.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks iklan.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan
teks iklan.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks iklan.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengonversi teks iklan ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks iklan.
·
Secara
individual siswa diminta mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang lain
sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan teks iklan.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks
iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
kaidah-kaidah penulisan teks iklan
|
4.5 Mengonversi teks iklan ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
Satuan Pendidikan : SMK/MAK
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas/Semester : XII/Genap
Kompetensi Inti :
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa
Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersa-tukan bangsa.
|
-
|
|
|
|
|
1.2 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai
sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi
lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini,
dan novel.
|
-
|
|
|
|
|
1.3 Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan mengguna-kannya sebagai
sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel.
|
-
|
|
|
|
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional.
|
-
|
|
|
|
|
2.2 Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita politik, ekonomi, sosial,
dan kriminal.
|
|
|
|
|
|
2.3 Menunjukkan
perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyampaikan iklan yang bersifat deskriptif,
persuasif, maupun eksposisi.
|
-
|
|
|
|
|
2.4 Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa
Indonesia untuk memaparkan editorial/opini tentang konflik sosial, politik,
ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup.
|
|
|
|
|
|
2.5 Menunjukkan
perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa
Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel.
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks editorial/opini, baik melalui lisan maupun tulisan.
|
· Teks
editorial/ opini
· Interpretasi
makna teks editorial
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks
editorial/opini.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks
editorial/opini.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaantentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks editorial/opini.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks editorial/opini.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks editorial/opini.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menginterpre-tasi makna teks
editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks editorial/
opini.
·
Secara
individual siswa diminta menginterpre-tasi makna teks editorial/ opini,
baik secara lisan maupun tulis.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks
editorial/opini.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menginterpretasi
makna teks editorial/ opini, baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur
dan kaidah teks editorial/ opini
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan.
|
|||||
3.2 Membandingkan
teks editorial/opini, baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Perbandingan
teks editorial/ opini
· Teks
editorial
|
Mengamati:
·
Siswa membaca dua buah teks
editorial/opini.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/ opini yang dibaca.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang teks
editorial/opini.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks editorial/opini yang dibaca.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/opini yang
dibaca.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks editorial/ opini yang dibaca.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa memproduksi teks iklan yang
koheren sesuai dengan karakteristik editorial/opini baik secara lisan maupun
tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah
teks editorial/ opini yang dibaca.
·
Secara
individual siswa diminta memproduksi teks editorial/opini yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah
teks editorial/opini yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami,
menerapkan, dan memproduksi teks editorial/ opini yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks editorial/ opini baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
membandingkan dan memproduksi teks editorial/opini
|
4.2 Memproduksi
teks editorial/opini, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik
secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.3
Menganalisis teks editorial/opini, baik melalui
lisan maupun tulisan
|
· Analisa
teks editorial/ opini
· Hasil
menyunting teks editorial/ opini
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks editorial/ opini.
Mempertanyakan:
·
Siswa bertanya jawabtentang
hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks editorial/opini .
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks editorial/ opini.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks editorial/opini.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menyunting teks editorial/ opini sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks editorial/opini
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks
editorial/
opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks editorial/opini
sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
menganalisis dan menyunting teks
editorial/opini
|
4.3 Menyunting
teks editorial/opini, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan
|
|||||
3.4 Mengidentifikasi teks editorial/opini, baik secara
lisan maupun tulisan
|
· Identifikasi
teks editorial/ opini
· Abstraksi
teks editorial/ opini
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks
editorial/opini.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks editorial/ opini.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang karakteristik
teks editorial/ opini.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks editorial/ opini.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam karakteristik teks editorial/ opini.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks editorial/ opini.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengabstraksi teks
editorial/ opini secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks
editorial/opini.
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks editorial/opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks
editorial/opini.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
editorial/opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan
maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
karakteristik dan abstraksi teks editorial/opini.
|
4.4 Mengabstraksi
teks editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5 Mengevaluasi teks editorial/opini, berdasarkan
kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Hasil
konversi teks editorial/ opini
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks editorial/opini.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks editorial/ opini.
Mempertanyakan:
·
Siswa mrngajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks editorial/ opini.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks editorial/opini.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan
teks editorial/opini.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks editorial/opini.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengonversi teks editorial/
opini ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks editorial/opini.
·
Secara
individual siswa diminta mengonversi teks editorial/opini ke dalam bentuk
yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan teks editorial/ opini.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks
editorial/opini ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah
teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
kaidah-kaidah penulisan teks
editorial/opini.
|
4.5 Mengonversi
teks editorial/opini, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.1 Memahami
struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Teks
penggalan novel
· Interpretasi
makna teks novel
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks
novel.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks novel.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks novel.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks novel.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks novel.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks novel.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menginterpretasi makna teks
novel baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks novel.
·
Secara
individual siswa diminta menginterpre-tasi makna teks novel baik secara
lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks novel.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menginterpretasi
makna teks novel, baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur
dan kaidah teks novel.
|
4.1 Menginterpretasi
makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.2 Membandingkan
teks novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Perbandingan
teks novel
· Menulis
teks penggalan novel
|
Mengamati:
·
Siswa membaca dua buah teks novel.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang teks
novel.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan persamaan
dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan
dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa memproduksi teks novel yang
koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah
teks novel yang dibaca.
·
Secara
individual siswa diminta memproduksi teks novel yang koheren sesuai
dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah
teks novel yang dibaca.
Tes
tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami,
menerapkan, dan memproduksi teks novel yang koheren sesuai dengan
karakteristik teks. baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
membandingkan dan memproduksi teks novel
|
4.2 Memproduksi
teks novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan
maupun tulisan
|
|||||
3.3 Menganalisis
teks novel baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Analisis
teks novel
· Hasil
menyunting penggalan teks novel
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks novel.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks novel.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa Mencari dari berbagai sumber
informasi tentang struktur
dan kaidah teks novel.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks novel.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam struktur dan kaidah teks novel.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan
kaidah teks novel.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa menyunting teks novelsesuai dengan
struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks novel.
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks
novel
sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun
tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks novel.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks novel sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
menganalisis dan menyunting teks
novel
|
4.3 Menyunting
teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
|
|||||
3.4 Menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
|
· Evaluasi
teks novel
· Abstraksi
penggalan teks novel
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks novel.
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan karakteristik teks novel.
Mempertanyakan
·
Siswa mengajukan pertanyaan
tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang karakteristik
teks novel.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks novel.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam karakteristik teks novel.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik
teks novel.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengabstraksi teks novel
secara lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks novel.
·
Secara
individual siswa diminta menyunting teks novel sesuai dengan struktur
dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks novel.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
menyunting teks
novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
karakteristik dan abstraksi teks novel
|
4.4 Mengabstraksi
teks novel baik secara lisan maupun tulisan
|
|||||
3.5
Mengevaluasi teks novel berdasarkan
kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
|
· Hasil
konversi teks novel
|
Mengamati:
·
Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan teks novel
·
Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan kaidah-kaidah penulisan teks novel.
Mempertanyakan:
·
Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi
bacaan.
Mengeksplorasi:
·
Siswa mencari dari berbagai sumber
informasi tentang kaidah-kaidah
penulisan teks novel.
Mengasosiasikan:
·
Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan teks novel.
·
Siswa menyimpulkan hal-hal
terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan
teks novel.
Mengomunikasikan:
·
Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah
penulisan teks novel.
·
Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·
Siswa mengonversi teks novel ke
dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara
lisan maupun tulisan.
|
Tugas:
·
Para siswa
diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan teks novel.
·
Secara
individual siswa diminta mengonversi teks i novel ke dalam bentuk yang
lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,:
mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan
pembuatan laporan.
Portofolio : menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan teks novel.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan
mengonversi teks
novel ke dalam bentuk yang lain sesuai
dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
|
4 Mg x 4 jp
|
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA SMA KELAS XII (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi
kaidah-kaidah penulisan teks novel
|
4.5 Mengonversi
teks novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks
baik secara lisan maupun tulisan
|