Silabus bahasa Indonesia pada kurikulum 2013 (kelas XII semester ganjil dan genap)

Satuan Pendidikan        : SMK/MAK
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas/Semester              : XII/Ganjil

Kompetensi Inti              :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersa-tukan bangsa.







2.1     Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyam-paikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional.




Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.2     Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan mengguna-kannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel.

-




2.2     Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita politik, ekonomi, sosial, dan kriminal.

1.3     Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel.











-











































2.3     Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan iklan yang bersifat deskriptif, persua-sif, maupun eksposisi.
2.4     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan editorial/opini tentang konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup.






2.5     Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel.






3.1     Memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan.

·         Pengenalan struktur isi teks cerita sejarah
·         Pengenalan ciri bahasa  teks cerita sejarah
·         Pengenalan kaidah teks cerita sejarah
·         Pemahaman isi teks cerita sejarah
·         Makna kata, istilah, ungkapan dalam teks cerita sejarah

Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks cerita sejarah.

Mempertanyakan
·         Siswa bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.


Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks cerita sejarah.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menginterpretasi makna teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·          Secara individual siswa diminta menginterpre-tasi makna teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi  makna teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur dan kaidah teks cerita sejarah.





















4.1     Menginterpretasi makna teks cerita sejarah baik secara lisan maupun tulisan.


3.2     Membandingkan teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan


·      Teks cerita sejarah
·      Teknik penulisan teks cerita sejarah












Mengamati:
·         Siswa membaca dua buah teks cerita sejarah.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.

Mempertanyakan:
·         Siswa bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks cerita sejarah.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa memproduksi teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
·          Secara individual siswa diminta memproduksi teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks cerita sejarah yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks cerita sejarah














4.2     Memproduksi teks cerita sejarah yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan


3.3   Menganalisis teks cerita sejarah baik melalui lisan maupun tulisan


·           Teks  cerita  sejarah
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks cerita sejarah.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks cerita sejarah.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menyunting teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks cerita sejarah.



















4.3   Menyunting teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


3.4   Mengidentifikasi karakteristik cerita sejarah secara lisan maupun tulisan

·      Karakteristik cerita sejarah
·      Abstraksi teks cerita sejarah
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang karakteristik teks cerita sejarah.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks cerita sejarah.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaantentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks cerita sejarah.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks cerita sejarah.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks cerita sejarah.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks cerita sejarah.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengabstraksi teks cerita sejarah secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks cerita sejarah.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks cerita sejarah sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks cerita sejarah.














4.4  Mengabstraksi teks cerita sejarah secara lisan maupun tulisan


3.5   Mengevaluasi teks cerita sejarah berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan


·           Evaluasi struktur isi dan bahasa teks cerita sejarah
·           Langkah- langkah konversi teks cerita sejarah menjadi teks monolog
·           Langkah- langkah konversi teks cerita sejarah menjadi teks drama pendek
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaantentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengonversi teks cerita sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.
·          Secara individual siswa diminta mengonversi teks cerita sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks cerita sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.


4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan  teks cerita sejarah.
















4.5    Mengonversi teks cerita sejarah ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.1  Memahami struktur dan kaidah teks berita, baik melalui lisan maupun tulisan


·      Struktur dan kaidah teks berita
  • Teks berita
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks berita.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks berita.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks berita.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks berita.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks berita.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks berita.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menginterpre-tasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks berita.
·          Secara individual siswa diminta menginterpretasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks berita.

Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur dan kaidah teks berita,













4.1  Menginterpretasi makna teks berita baik secara lisan maupun tulisan


3.2  Membandingkan teks berita baik melalui lisan maupun tulisan


  • Pengklasifikasian teks berita berdasarkan isinya
  • Karakteristik teks berita
Mengamati:
·         Siswa membaca dua buah teks berita.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.

Mempertanyakan
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks berita.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
·          Secara individual siswa diminta memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks berita yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks berita













4.2  Memproduksi teks berita yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan


3.3  Menganalisis teks berita baik melalui lisan maupun tulisan


·        Penganalisisan teks berita
  • Penyuntingan teks berita
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks berita.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks berita.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks berita.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks berita.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks berita.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks berita.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita  baik secara lisan maupun tulisan.
Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks berita.
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks berita.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks berita





4.3  Menyunting teks berita, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan


3.4     Mengidentifikasi karakteristik teks berita secara lisan maupun tulisan

  • Karakteristik teks berita
  • Abstraksi teks berita
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang karakteristik teks berita.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks berita.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks berita.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks berita.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks berita.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks berita
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengabstraksi teks berita secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks berita.
·          Secara individual siswa diminta menyunting teksberita sesuai dengan struktur dan kaidah teks berita baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks berita.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks berita.
















4.4    Mengabstraksi teks berita baik secara lisan maupun tulisan


3.5    Mengevaluasi teks berita berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan



  • Evaluasi teks berita berdasarkan struktur penulisan berita.
  • Pengubahan bentuk berita menjadi cerita
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks berita.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks berita.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks berita.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan  teks berita.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks berita.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks berita.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengonversi teksberita  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks berita.
·          Secara individual siswa diminta mengonversi teks beritake dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan  teks berita.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks berita ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan  teks berita

















4.5   Mengonversi teks berita ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.1  Memahami struktur dan kaidah teks iklan, baik melalui lisan maupun tulisan

·         Struktur dan kaidah teks iklan
·           Interpretasi teks iklan
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks iklan.

Mempertanyakan
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks iklan.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks iklan.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menginterpretasi makna teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks iklan.
·         Secara individual siswa diminta menginterpretasi makna teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks iklan.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur dan kaidah teks iklan.














4.1  Menginterpretasi makna teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan

3.2  Membandingkan teks iklan baik melalui lisan maupun tulisan

·           Perbandingan teks iklan
·           Memproduksi teks iklan
Mengamati:
·         Siswa membaca dua buah teks iklan.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks iklan.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
·          Secara individual siswa diminta memproduksi teks iklan  yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks iklan yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks iklan.














4.2  Memproduksi teks iklan, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

3.3  Menganalisis teks iklan baik melalui lisan maupun tulisan

·         Analiss teks iklan
·         Menyunting teks iklan
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah  teks iklan.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks iklan.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks iklan.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks iklan.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menyunting teks iklansesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.



Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks iklan
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks berita sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks iklan.

Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks iklan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks iklan









4.3  Menyunting teks iklan, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.4  Mengidentifikasi karakteristik teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan

·           Karakteristik teks iklan
·           Abstraksi teks iklan
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks iklan.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks iklan.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks iklan.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks iklan.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks iklan.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks iklan.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengabstraksi teks iklan secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks iklan.
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks iklan sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks iklan
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks iklan sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks iklan.
















4.4  Mengabstraksi teks iklan, baik secara lisan maupun tulisan

3.5   Mengevaluasi teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

·         Teks iklan
·           Konversi teks iklan
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks iklan.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks iklan.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks iklan.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan  teks iklan.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks iklan.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks iklan.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks iklan.
·          Secara individual siswa diminta mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan  teks iklan.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks iklan  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan  teks iklan















4.5    Mengonversi teks iklan ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan




Satuan Pendidikan        : SMK/MAK
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia - Wajib

Kelas/Semester              : XII/Genap

Kompetensi Inti              :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1        Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersa-tukan bangsa.

-





1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel.

-




1.3 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan mengguna-kannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks cerita sejarah, berita, iklan, editorial/opini, dan novel.

-




2.1 Menunjukkan perilaku jujur, responsif dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menyampaikan cerita sejarah tentang tokoh-tokoh nasional dan internasional.

-




2.2 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan berita politik, ekonomi, sosial, dan kriminal.






2.3 Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan iklan yang bersifat deskriptif, persuasif, maupun eksposisi.
-











2.4 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, peduli, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memaparkan editorial/opini tentang konflik sosial, politik, ekonomi, kebijakan publik, dan lingkungan hidup.






2.5 Menunjukkan perilaku jujur, peduli, santun, dan tanggung jawab dalam penggunaan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyajikan novel.






3.1   Memahami struktur dan kaidah teks editorial/opini, baik melalui lisan maupun tulisan.

·      Teks editorial/ opini
·      Interpretasi makna teks editorial
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks editorial/opini.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaantentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks editorial/opini.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menginterpre-tasi makna teks editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks editorial/ opini.
·         Secara individual siswa diminta menginterpre-tasi makna teks editorial/ opini, baik secara lisan maupun tulis.

Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks editorial/ opini, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur dan kaidah teks editorial/ opini


















4.1 Menginterpretasi makna teks editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan.

3.2   Membandingkan teks editorial/opini, baik melalui lisan maupun tulisan

·       Perbandingan teks editorial/ opini
·      Teks editorial
Mengamati:
·         Siswa membaca dua buah teks editorial/opini.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/ opini yang dibaca.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks editorial/opini.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/opini yang dibaca.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/opini yang dibaca.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/ opini yang dibaca.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik editorial/opini baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/ opini yang dibaca.
·          Secara individual siswa diminta memproduksi teks editorial/opini yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks editorial/opini yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks editorial/ opini yang koheren sesuai dengan karakteristik teks editorial/ opini baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks editorial/opini





















4.2 Memproduksi teks editorial/opini, yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

3.3   Menganalisis teks editorial/opini, baik melalui lisan maupun tulisan
·      Analisa teks editorial/ opini
·      Hasil menyunting teks editorial/ opini
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah  teks editorial/ opini.

Mempertanyakan:
·         Siswa bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·           Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini .

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks editorial/ opini.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menyunting teks editorial/ opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.


Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks editorial/opini
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks editorial/ opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks editorial/opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks editorial/opini






















4.3 Menyunting teks editorial/opini, sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.4   Mengidentifikasi teks editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan

·       Identifikasi teks editorial/ opini
·      Abstraksi teks editorial/ opini
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks editorial/opini.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks editorial/ opini.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks editorial/ opini.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks editorial/ opini.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks editorial/ opini.


Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks editorial/ opini.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengabstraksi teks editorial/ opini secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks editorial/opini.
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks editorial/opini  sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks editorial/opini.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks editorial/opini sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks editorial/opini.



















4.4  Mengabstraksi teks editorial/opini, baik secara lisan maupun tulisan

3.5   Mengevaluasi teks editorial/opini, berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan

·       Hasil konversi teks editorial/ opini
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/opini.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/ opini.

Mempertanyakan:
·         Siswa mrngajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/ opini.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/opini.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/opini.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/opini.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengonversi teks editorial/ opini ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.


Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/opini.
·          Secara individual siswa diminta mengonversi teks editorial/opini ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/ opini.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks editorial/opini ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan  teks editorial/opini.


















4.5 Mengonversi teks editorial/opini, ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
3.1       Memahami struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan
·       Teks penggalan novel
·       Interpretasi makna teks novel
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks novel.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah teks novel.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks novel.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks novel.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks novel.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks novel.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menginterpretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks novel.
·         Secara individual siswa diminta menginterpre-tasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan.

Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks novel.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menginterpretasi makna teks novel, baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi struktur dan kaidah teks novel.




























4.1  Menginterpretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan
3.2      Membandingkan teks novel baik melalui lisan maupun tulisan

·      Perbandingan teks novel
·      Menulis teks penggalan novel
Mengamati:
·         Siswa membaca dua buah teks novel.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang teks novel.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dari persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa memproduksi teks novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
·          Secara individual siswa diminta memproduksi teks novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang persamaan dan perbedaan dua buah teks novel yang dibaca.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan memproduksi teks novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks. baik secara lisan maupun tulisan.

4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi membandingkan dan memproduksi teks novel


























4.2 Memproduksi teks novel yang koheren sesuai dengan karakteristik teks baik secara lisan maupun tulisan

3.3      Menganalisis teks novel baik melalui lisan maupun tulisan

·      Analisis teks novel
·       Hasil menyunting penggalan teks novel
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang struktur dan kaidah teks novel.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  struktur dan kaidah  teks novel.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks novel.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks novel.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks novel.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks novel.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa menyunting teks novelsesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks novel.
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks iklan baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks novel.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi menganalisis dan menyunting teks novel



























4.3 Menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

3.4 Menyunting  teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan

·      Evaluasi teks novel
·      Abstraksi penggalan teks novel






Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang karakteristik karakteristik teks novel.
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  karakteristik teks novel.

Mempertanyakan
·         Siswa mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang karakteristik teks novel.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang karakteristik teks novel.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam karakteristik teks novel.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang karakteristik teks novel.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengabstraksi teks novel secara lisan maupun tulisan.

Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami struktur dan kaidah teks novel.
·          Secara individual siswa diminta menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang struktur dan kaidah teks novel.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan menyunting teks novel sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi karakteristik dan abstraksi teks novel



























4.4 Mengabstraksi teks novel baik secara lisan maupun tulisan

3.5   Mengevaluasi teks novel berdasarkan kaidah-kaidah baik melalui lisan maupun tulisan
·       Hasil konversi teks novel
Mengamati:
·         Siswa membaca teks tentang kaidah-kaidah penulisan  teks novel
·         Siswa mencermati uraian yang berkaitan dengan  kaidah-kaidah penulisan  teks novel.

Mempertanyakan:
·         Siswa mengajukan pertanyaan  tentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.

Mengeksplorasi:
·         Siswa mencari dari berbagai sumber informasi tentang kaidah-kaidah penulisan  teks novel.

Mengasosiasikan:
·         Siswa mendiskusikan tentang kaidah-kaidah penulisan  teks novel.
·         Siswa menyimpulkan hal-hal terpenting dalam kaidah-kaidah penulisan  teks novel.

Mengomunikasikan:
·         Siswa menuliskan laporan kerja kelompok tentang kaidah-kaidah penulisan  teks novel.
·         Siswa membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan.
·         Siswa mengonversi teks novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Tugas:
·          Para siswa diminta berdiskusi untuk memahami kaidah-kaidah penulisan  teks novel.
·          Secara individual siswa diminta mengonversi teks i novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
Observasi,: mengamati kegiatan siswa dalam proses mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio :  menilai laporan siswa tentang kaidah-kaidah penulisan  teks novel.
Tes tertulis :menilai kemampuan siswa dalam memahami, menerapkan, dan mengonversi      teks novel  ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan.
4 Mg x 4 jp
BUKU SISWA BAHASA INDONESIA  SMA KELAS XII   (WAJIB)
Buku referensi lain yang menunjang materi kaidah-kaidah penulisan  teks novel
























4.5 Mengonversi teks novel ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan