RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK/ SMA .......
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks Cerpen
Tema/ topik : Menemukan solusi atas masalah kewirausahaan
Jumlah Pertemuan :
4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk
mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan
bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami,
menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks
cerpen baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
· Memahami struktur dan kaidah teks cerpen
4.1. Menginterpretasi makna teks cerpen
baik secara lisan mupun
tulisan
·
Memahami makna teks cerpen
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menemukan solusi atas masalah kewirausahaan dengan materi pokok teks cerpen ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Memahami struktur dan kaidah teks cerpen
2.
Memahami makna teks cerpen
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks cerpen
2.
Struktur dan kaidah teks
cerpen
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
3.
Tayangan
teks cerpen (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1. Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks cerpen yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh teks cerpen
2. Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks cerpen pada buku pegangan siswa
bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3. Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari
materi struktur isi teks cerpen dari
sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar struktur isi teks cerpen
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7. Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing
kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerpen yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik
mendiskusikan teks cerpen tersebut untuk memahami
struktur isi teks
10. Perwakilan
dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai struktur isi teks cerpen
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan struktur isi teks
cerpen, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai struktur isi teks cerpen
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai struktur isi teks cerpen
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam memahami struktur isi teks eksposisi
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks cerpen
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi
menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing
kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerpen yang ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik
mendiskusikan teks cerpen tersebut untuk kemudian
memahami kaidah bahasa teks
7.
Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil pemahaman kaidah
bahasa teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan
santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memahami kaidah bahasa teks dan
langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan pemahaman
kaidah bahasa teks
cerpen siswa dan guru
menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai pemahaman kaidah bahasa teks cerpen
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai pemahaman kaidah bahasa teks cerpen
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati dan membaca dengan saksama teks cerpen yang telah
dipilih
4.
Peserta didik menginterpretasi makna teks
eksposisi tersebut
5.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar
interpretasi makna teks
cerpen yang
dibuat kelompok lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil interpretasi
makna teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil interpretasi makna
teks terbaik di kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai interpretasi makna teks cerpen
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan interpretasi makna teks cerpen siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai interpretasi makna teks cerpen
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai interpretasi makna teks cerpen
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks cerpen yang
ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan
hal-hal yang kurang jelas seputar pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks cerpen
3. Peserta didik
mengikuti ulangan harian seputar pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks cerpen
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks
cerpen
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks cerpen
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Imajinatif
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami struktur isi dan kaidah bahasa teks cerpen
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan struktur isi dan kaidah bahasa teks cerpen!
|
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
100
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
60
|
Siswa menjawab salah
|
20
|
1.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks cerpen terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks cerpen
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
cerpen
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks cerpen?
|
||
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks cerpen sesuai kaidah dan EYD?
|