RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/ SMK KURIKULUM 2013 (CERITA ULANG: KD 3.1 DAN 4.1)


                             RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan       : SMK/ SMA...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : XI/1
Materi Pokok               : Teks Cerita ulang
Tema/ topik                  : Membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia 
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                      
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit 
A.       Kompetensi Inti
KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama

3.1. Memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami struktur dan kaidah teks cerita ulang
4.1. Menginterpretasi makna  teks cerita ulang baik secara lisan mupun  tulisan
·      Memahami makna teks cerita ulang

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran membangkitkan ingatan tentang tokoh dunia dengan materi pokok teks cerita ulang ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                            Memahami  struktur dan kaidah  teks cerita ulang
2.                            Memahami makna teks cerita ulang

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks cerita ulang
2.      Struktur dan kaidah teks cerita ulang

E.       Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Discovery Learning
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.        Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
3.                            Tayangan teks cerita ulang  (lisan maupun tulis)
G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  

































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks cerita ulang yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks cerita ulang
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks cerita ulang pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi struktur isi teks cerita ulang dari sumber belajar lain yang relevan

4.      Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar struktur isi teks cerita ulang

5.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru
9.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks cerita ulang tersebut untuk memahami struktur isi teks  
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.                                      Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai struktur isi teks cerita ulang
13.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  struktur isi teks cerita ulang, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.     Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai struktur isi teks cerita ulang
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai struktur isi teks cerita ulang
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit

































20 menit
Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  




























Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam memahami struktur isi teks eksposisi
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


1.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks cerita ulang
2.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
4.             Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks cerita ulang yang ditayangkan guru
6.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks cerita ulang tersebut untuk kemudian memahami kaidah bahasa teks
7.             Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil pemahaman kaidah bahasa teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.             Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
9.             Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memahami kaidah bahasa teks dan langkah-langkahnya
10.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  pemahaman kaidah bahasa teks cerita ulang siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai pemahaman kaidah bahasa teks cerita ulang
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai pemahaman kaidah bahasa teks cerita ulang
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit






























20 menit


Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  




















Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.         Peserta didik mengamati dan membaca dengan saksama teks cerita ulang  yang telah dipilih
4.         Peserta didik menginterpretasi makna teks eksposisi tersebut
5.         Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar interpretasi makna teks cerita ulang yang dibuat kelompok lain
6.         Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil interpretasi makna teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.         Seluruh kelompok mendiskusikan hasil interpretasi makna teks terbaik di kelas tersebut
9.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai interpretasi makna teks cerita ulang
10.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  interpretasi makna teks cerita ulang siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai interpretasi makna teks cerita ulang
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai interpretasi makna teks cerita ulang
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit






















20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






Kegiatan Inti  :
  







Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks cerita ulang yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa  serta interpretasi makna teks cerita ulang
3.     Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa  serta interpretasi makna teks cerita ulang
1.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa  serta interpretasi makna teks cerita ulang
2.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa  serta interpretasi makna  teks cerita ulang
3.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit






60 menit








21    enit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung jawab
3.
Imajinatif
4.
Responsif
5.       
Santun





2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Memahami struktur isi dan kaidah bahasa teks cerita ulang
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan struktur isi dan kaidah bahasa teks cerita ulang!
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
100
Siswa menjawab tidak lengkap
  60
Siswa menjawab salah
  20

1.2.       Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah makna teks cerita ulang terlampir!
Rubrik Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks cerita ulang
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan interpretasi makna teks cerita ulang
Sudah tepatkah interpretasi makna  teks cerita ulang?


2.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi makna teks cerita ulang sesuai kaidah dan EYD?