RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK/ SMA...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok
: Teks pantun
Tema/ topik :
.Menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun
Jumlah Pertemuan
: 4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
|
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
|
5. Mengevaluasi teks pantun berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengevaluasi teks
pantun
·
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
·
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks
pantun dengan
cermat.
4.5.
Mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan
kaidah teks baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengonversi teks pantun
·
Menulis
ulang (mengonversi) teks pantun dalam bentuk lain
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran …………………. dengan materi pokok teks pantun
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks pantun
2. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks pantun
3. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks pantun
4. Memahami
langkah-langkah mengonversi teks pantun
5. Menulis
ulang teks pantun dalam bentuk lain
D.
Materi Pembelajaran
1.
Contoh teks pantun
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks pantun
3.
Langkah-langkah mengonversi teks pantun
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
Video pantun (lisan
dan tulisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh pantun
2.
Peserta didik mengamati contoh pantun yang ditayangkan guru serta
membaca contoh pantun pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri
dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi pantun
dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar pantun
mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali pantun
yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan pantun tersebut untuk
mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
11.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi pantun yang berisi permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
12.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan evaluasi pantun, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
13.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi teks
pantun mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai evaluasi teks
pantun mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam mengevaluasi teks pantun
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang pantun yang beredar di masyarakat dipancing oleh
guru dengan memperlihatkan contoh pantun
2.
Peserta didik mengamati contoh pantun yang ditayangkan guru serta
membaca contoh pantun pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri
dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi pantun
dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar pantun
mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali pantun
yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan pantun tersebut untuk
mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks pantun sebelum
mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan berikutnya kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi dan langkah-langkahnya
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan konversi pantun, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai konversi teks
pantun mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
pantun mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik memajang
hasil konversi teks pantun yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi pantun kelompok
lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar konversi pantun mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil konversi pantun
kelompok lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
konversi kemudian mengumpulkan hasil
diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil konversi terbaik di
kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi pantun yang berisi permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan konversi pantun, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai konversi teks
pantun mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
pantun mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan
ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik mengamati
teks pantun yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar evaluasi dan konversi pantun mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
3.
Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi
teks pantun
4.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai evaluasi dan konversi teks pantun mengenai permasalahan
sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
5.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai konversi teks
pantun mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
1.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
2.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Jujur
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
Responsif
|
||||
4.
|
Santun
|
||||
5.
|
Imajinatif
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
a.
Memahami
langkah-langkah evaluasi pantun
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks pantun!
|
b.
Memahami langkah-langkah mengonversi pantun
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks pantun!
|
Jawaban
a.
Langkah-langkah mengevaluasi pantun:
Membaca/ mengamati pantun secara saksama
Memahami struktur dan isi pantun
Mengenali bahasa yang digunakan dalam pantun
Menentukan kelebihan dan kekurangan pantun
b.
Langkah-langkah mengonversi pantun:
Membaca/
mengamati pantun secara saksama
Memahami
bentuk dan isi pantun
Menentukan
bentuk konversi
Mengonversi
ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks pantun terlampir kemudian tulis ulanglah teks pantun
tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks pantun
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks pantun
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa pantun?
|
||
2.
|
Ketepatan pengubahan bentuk teks pantun
|
Sudah tepatkah pengubahan
(pengonversian) bentuk teks pantun tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi
pantun sesuai kaidah dan EYD?
|