RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/ SMK KURIKULUM 2013 (PANTUN: KD 3.5 DAN 4.5)


                      RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan      : SMK/ SMA...
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : XI/1
Materi Pokok               : Teks pantun
Tema/ topik                   : .Menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                     
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit
A.       Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
5. Mengevaluasi teks pantun berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengevaluasi teks pantun
·      Mengevaluasi kelebihan struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
·      Mengevaluasi kekurangan struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
4.5.   Mengonversi teks pantun ke dalam bentuk yang lain sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengonversi teks pantun
·      Menulis ulang (mengonversi) teks  pantun dalam bentuk lain

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran …………………. dengan materi pokok teks pantun ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Memahami  langkah-langkah mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks pantun
2.    Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks pantun
3.    Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks pantun
4.    Memahami langkah-langkah mengonversi teks pantun
5.    Menulis ulang teks pantun dalam bentuk lain

D.        Materi Pembelajaran   
1.      Contoh teks pantun
2.      Langkah-langkah mengevaluasi teks pantun
3.      Langkah-langkah mengonversi teks pantun

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Discovery  Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan Video pantun (lisan  dan tulisan)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI, KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  









































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh pantun
2.       Peserta didik mengamati contoh pantun yang ditayangkan guru serta membaca contoh pantun pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi pantun dari sumber belajar lain yang relevan

4.      Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
5.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali pantun yang ditayangkan guru
9.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan pantun tersebut untuk mengevaluasi kelebihan dan kekurangannya.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun

11.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai evaluasi pantun  yang berisi permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
12.  Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  evaluasi pantun, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
13.  Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai evaluasi teks pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit










































20 menit
Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan










Kegiatan Inti  :
  










































Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam mengevaluasi teks pantun
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang pantun yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh pantun
2.             Peserta didik mengamati contoh pantun yang ditayangkan guru serta membaca contoh pantun pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.           Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi evaluasi pantun dari sumber belajar lain yang relevan

4.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik
5.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.                       Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali pantun yang ditayangkan guru
9.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan pantun tersebut untuk mengonversi ke dalam bentuk lain.
10.         Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengonversi teks pantun sebelum mempresentasikan hasil konversi pada pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun

12.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi dan langkah-langkahnya
13.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi pantun, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai konversi teks pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit










60 menit











































20 menit
Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  


























Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.    Peserta didik memajang hasil konversi teks pantun yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.    Peserta didik mengamati hasil konversi milik kelompok lain.
3.    Peserta didik mencatat hasil amatan tentang konversi pantun kelompok lain
4.    Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar konversi pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
5.    Peserta didik saling menilai hasil konversi pantun kelompok lain
6.         Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil konversi  kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.         Seluruh kelompok mendiskusikan hasil konversi terbaik di kelas tersebut
9.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai konversi pantun  yang berisi permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
10.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  konversi pantun, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.         Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai konversi teks pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.         Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.         Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.         Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit



























20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






Kegiatan Inti  :
  
















Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks pantun yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar evaluasi dan konversi pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik yang dibuat kelompok lain
3.             Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar evaluasi dan konversi teks pantun

4.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai evaluasi dan konversi teks pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
5.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai konversi teks pantun mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
1.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
2.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit






60 menit

















20 menit
I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Jujur
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung jawab
3.
Responsif
4.
Santun
     5.
Imajinatif
 










2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
a.              Memahami langkah-langkah evaluasi  pantun
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam mengevaluasi teks pantun!
b.             Memahami langkah-langkah mengonversi pantun
Tes tertulis
Isian
2.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah mengonversi teks pantun!
Jawaban
a.                                                                                           Langkah-langkah mengevaluasi pantun:
Membaca/ mengamati pantun secara saksama
Memahami struktur dan isi pantun
Mengenali bahasa yang digunakan dalam pantun
Menentukan kelebihan dan kekurangan pantun
b.                                                                                           Langkah-langkah mengonversi pantun:
Membaca/ mengamati pantun secara saksama
Memahami bentuk dan isi pantun
Menentukan bentuk konversi
Mengonversi ke dalam bentuk yang ditentukan
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5
Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5












2.2.       Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami dua buah teks pantun terlampir kemudian tulis ulanglah teks pantun tersebut ke dalam bentuk teks monolog!
Rubrik Penilaian Keterampilan Konversi Teks pantun
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa dua teks pantun
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa pantun?


2.
Ketepatan pengubahan bentuk teks pantun
Sudah tepatkah pengubahan (pengonversian) bentuk teks pantun tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengonversi pantun sesuai kaidah dan EYD?