RPP BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA/ SMK KURIKULUM 2013 (PANTUN: KD 3.4 DAN 4.4)


                          RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMK/ SMA
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : XI/1
Materi Pokok               : Teks Pantun
Tema/ topik                   :Menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                     
Alokasi Waktu             : 8 X 45 menit
A.       Kompetensi Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 :
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 :
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab, responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
1.3  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan  informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
3.4. Mengidentifikasi teks pantun baik secara lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengidentifikasi teks pantun
·      Mengidentifikasi karakteristik teks pantun dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks pantun baik secara lisan maupun tulisan
  Indikator
·      Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks pantun
·   Mengabstraksi teks pantun

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun dengan materi pokok teks pantun ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Memahami  langkah-langkah mengidentifikasi teks pantun
2.    Mengidentifikasi karakteristik teks pantun
3.                            Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks pantun
4.                            Mengabstraksi teks pantun

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks pantun
2.      Langkah-langkah mengidentifikasi teks pantun
3.      Langkah-langkah mengabstraksi teks pantun

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Discovery  Learning
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks pantun (lisan)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  

































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks pantun
2.       Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks pantun pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi identifikasi teks pantun dari sumber belajar lain yang relevan

4.      Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks pantun
5.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks pantun yang ditayangkan guru
9.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks pantun tersebut untuk mengidentifikasi karakteristik teks pantun.
10.  Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.                                      Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.  Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai identifikasi teks pantun
13.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  identifikasi teks pantun, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai identifikasi teks pantun.
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai identifikasi teks pantun
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit

































20 menit
Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  












































Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam mengidentifikasi teks pantun
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks pantun
2.             Peserta didik mengamati contoh teks pantun yang ditayangkan guru serta membaca contoh lain pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.           Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi abstraksi teks pantun dari sumber belajar lain yang relevan

4.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks pantun
5.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
7.             Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks pantun yang ditayangkan guru
9.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks pantun tersebut untuk mengabstraksi.
10.         Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengabstraksi teks pantun sebelum mempresentasikan hasil abstraksi pada pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai abstraksi dan langkah-langkahnya
13.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  abstraksi teks pantun, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai abstraksi teks pantun.
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai abstraksi teks pantun.
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit













































20 menit
Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  
























Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.         Peserta didik memajang hasil abstraksi teks pantun yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.         Peserta didik mengamati hasil abstraksi milik kelompok lain.
3.         Peserta didik mencatat hasil amatan tentang abstraksi teks pantun kelompok lain
4.         Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar abstraksi teks pantun yang dibuat kelompok lain
5.         Peserta didik saling menilai hasil abstraksi teks pantun kelompok lain
6.         Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil abstraksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.         Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
8.         Seluruh kelompok mendiskusikan hasil abstraksi terbaik di kelas tersebut
9.         Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai abstraksi teks pantun
10.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  abstraksi teks pantun, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai abstraksi teks pantun
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai abstraksi teks pantun
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit

























20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan





Kegiatan Inti  :
  






Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks pantun yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar identifikasi dan abstraksi teks pantun.
3.             Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar teks pantun

1.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai identifikasi dan abstraksi teks pantun
2.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai abstraksi teks pantun.
3.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit





60 menit







20 menit


I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Jujur
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Responsif
3.
Tanggung jawab
4.
Santun
5.
Imajinatif




2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Memahami langkah-langkah identifikasi teks pantun
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam mengidentifikasi teks pantun!
  1. Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks pantun
Tes tertulis
Isian
3.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah mengabstraksi teks pantun!
Jawaban
1.    Langkah-langkah mengidentifikasi teks pantun:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
    1. Langkah-langkah mengabstraksi teks pantun:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi teks
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5

Soal nomor 2
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5


2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati dan pahami dua buah teks pantun terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks pantun
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemahaman isi dan bahasa dua teks pantun
Sudah tepatkah pemahaman terhadap isi dan bahasa teks pantun?


2.
Ketepatan abstraksi teks negosiasi
Sudah tepatkah abstraksi teks pantun tersebut?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan dalam analisis
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi teks pantun sesuai kaidah dan EYD?