RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMK/ SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok
: Teks Pantun
Tema/ topik :Menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun
Jumlah Pertemuan
: 4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan
impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
|
3.4. Mengidentifikasi teks pantun baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengidentifikasi teks
pantun
·
Mengidentifikasi
karakteristik teks pantun dengan cermat.
4.4. Mengabstraksi teks pantun baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
·
Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks pantun
·
Mengabstraksi teks
pantun
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun dengan materi pokok teks pantun ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan
bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi
saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
mengidentifikasi teks pantun
2. Mengidentifikasi karakteristik teks pantun
3.
Memahami langkah-langkah mengabstraksi teks
pantun
4.
Mengabstraksi teks pantun
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks pantun
2.
Langkah-langkah mengidentifikasi teks pantun
3. Langkah-langkah mengabstraksi teks pantun
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Discovery Learning
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks pantun (lisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi
yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan
memperlihatkan contoh teks pantun
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks pantun pada buku pegangan siswa bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi
identifikasi teks pantun dari sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks pantun
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks pantun yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks pantun tersebut untuk mengidentifikasi karakteristik
teks pantun.
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai identifikasi teks pantun
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan identifikasi
teks pantun,
siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai identifikasi teks pantun.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai identifikasi teks pantun
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam mengidentifikasi teks pantun
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks negosiasi
yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks pantun
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
pantun yang
ditayangkan guru serta membaca contoh lain pada buku pegangan siswa bahasa
Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi abstraksi
teks pantun dari
sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks pantun
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks pantun yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks pantun tersebut untuk mengabstraksi.
10.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah mengabstraksi teks pantun sebelum mempresentasikan hasil abstraksi pada
pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai abstraksi dan langkah-langkahnya
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan abstraksi teks pantun, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai abstraksi teks pantun.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai abstraksi teks pantun.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik memajang hasil abstraksi
teks pantun yang
telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.
Peserta didik mengamati hasil abstraksi milik kelompok lain.
3.
Peserta didik mencatat hasil amatan tentang abstraksi teks pantun kelompok
lain
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar abstraksi teks pantun yang dibuat kelompok lain
5.
Peserta didik saling menilai hasil abstraksi teks
pantun kelompok
lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil
abstraksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil abstraksi terbaik di
kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai abstraksi teks pantun
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan abstraksi teks pantun, siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai abstraksi teks pantun
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai
abstraksi teks pantun
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks pantun yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar identifikasi dan abstraksi teks pantun.
3.
Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar teks pantun
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai identifikasi dan abstraksi teks pantun
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai abstraksi teks pantun.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Jujur
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Responsif
|
||||
3.
|
Tanggung
jawab
|
||||
4.
|
Santun
|
||||
5.
|
Imajinatif
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami langkah-langkah identifikasi teks pantun
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam mengidentifikasi teks pantun!
|
|
Tes tertulis
|
Isian
|
3. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah mengabstraksi teks pantun!
|
Jawaban
1. Langkah-langkah
mengidentifikasi teks pantun:
Membaca/ mengamati teks secara saksama
Memahami struktur dan isi teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menentukan identifikasi karakteristik teks
- Langkah-langkah mengabstraksi teks pantun:
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami inti teks
Mengabstraksi
teks
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks pantun
terlampir kemudian abstraksilah teks tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks pantun
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks pantun
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks pantun?
|
||
2.
|
Ketepatan abstraksi teks negosiasi
|
Sudah tepatkah abstraksi teks pantun tersebut?
|
||
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks pantun
sesuai kaidah dan EYD?
|