RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
SMK/ SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks Pantun
Tema/ topik :
.Menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun
Jumlah Pertemuan :
4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar,
menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa
|
2.1 Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk mengekspresikan
impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan sosial
|
1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan
keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi
dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui
teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
|
1.3
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis
melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan
film/drama
|
3.1. Memahami
struktur dan kaidah teks pantun baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
· Memahami struktur dan kaidah teks pantun
4.1. Menginterpretasi makna teks pantun baik secara lisan mupun tulisan
·
Memahami makna teks pantun
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun dengan materi pokok teks pantun
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1.
Memahami struktur dan kaidah teks pantun
2.
Memahami makna teks pantun
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks pantun
2.
Struktur dan kaidah teks
pantun
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks pantun (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks pantun yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks pantun
2.
Peserta didik mengamati contoh teks
yang ditayangkan guru serta
membaca contoh teks pantun pada
buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi struktur
isi teks pantun dari sumber belajar
lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar struktur isi teks pantun
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks pantun yang
ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks pantun tersebut
untuk memahami struktur isi teks
10. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil
diskusi
kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai struktur isi teks pantun
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan struktur isi teks
pantun, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai struktur isi teks pantun.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai struktur isi teks pantun
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan
Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam memahami struktur isi teks pantun
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks pantun
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks pantun yang
ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan teks pantun tersebut
untuk kemudian memahami kaidah bahasa teks
7.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil pemahaman kaidah bahasa teks kemudian
mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memahami kaidah bahasa teks dan
langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan pemahaman
kaidah bahasa teks
pantun siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai pemahaman kaidah bahasa teks pantun
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai pemahaman kaidah bahasa teks pantun
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati dan membaca dengan saksama teks pantun
yang telah dipilih
4.
Peserta didik menginterpretasi makna teks
pantun tersebut
5.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar
interpretasi makna teks
pantun yang dibuat kelompok lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil interpretasi
makna teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil interpretasi makna
teks terbaik di kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai interpretasi makna teks pantun
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan interpretasi makna teks pantun siswa dan
guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai interpretasi makna teks pantun
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai interpretasi makna teks pantun
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks pantun yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas
seputar pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks pantun
1.
Peserta
didik mengikuti ulangan harian seputar pemahaman struktur isi dan kaidah
bahasa serta interpretasi makna teks pantun
2.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks
pantun
3.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks pantun
4.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
5.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Jujur
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
||||
3.
|
Responsif
|
||||
4.
|
Santun
|
||||
5.
|
Imajinatif
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami struktur isi dan kaidah bahasa teks pantun
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan struktur isi dan kaidah bahasa teks pantun!
|
Jawaban
……………………
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
100
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
60
|
Siswa menjawab salah
|
20
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks pantun terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks pantun
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
pantun
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks pantun?
|
||
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks pantun sesuai kaidah dan EYD?
|