RPP BAHASA INDONESIA SMA/ SMK KURIKULUM 2013 BAB KRITIK DAN HUMOR DALAM LAYANAN PUBLIK (KD 3.2 DAN 4.2) FORMAT BARU

                        RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
                                                                                   (RPP)

Satuan Pendidikan          : 
Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester              : X/1
Materi Pokok                 : Teks Anekdot
Tema/ topik                   : Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Jumlah Pertemuan         : 4 X pertemuan                     :
Alokasi Waktu               : 8 X 45 menit           
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakan-nnya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
3.2. Membandingkan teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
·      Memahami langkah-langkah membandingkan teks anekdot
·      Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks anekdot dengan cermat.
4.2. Memproduksi teks anekdot yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan
·      Memahami langkah-langkah memproduksi teks anekdot
·      Memproduksi teks anekdot yang koheren

C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan Publik  dengan materi pokok teks anekdot ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.                            Memahami  langkah-langkah membandingkan teks anekdot
2.                            Membandingkan struktur  isi dan bahasa teks anekdot
3.                            Memahami langkah-langkah memproduksi teks anekdot
4.                            Memproduksi teks anekdot yang koheren

D.       Materi Pembelajaran    
1.      Contoh teks anekdot
2.      Langkah-langkah membandingkan teks anekdot
3.      Langkah-langkah memproduksi teks anekdot

E.     Model/Metode Pembelajaran
1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.      Media Pembelajaran
1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks anekdot (lisan maupun tulis)

G.    Sumber Belajar
      Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X,  KBBI offline, internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  :
  

































Kegiatan Penutup:

1.      Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.      Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks anekdot
2.        Peserta didik mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks anekdot pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3.       Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi membandingkan teks anekdot dari sumber belajar lain yang relevan

Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar membandingkan teks anekdot
4.      Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
5.      Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
6.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok
7.      Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks anekdot yang ditayangkan guru
8.      Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan dua buah teks anekdot tersebut untuk membandingkan isi dan bahasa
9.      Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
10.                                      Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
11.     Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai perbandingan teks anekdot
12.     Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  perbandingan teks anekdot, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
13.     Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.      Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai perbandingan teks anekdot
2.      Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan teks anekdot
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit

































20 menit
Pertemuan ke-2:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  

































Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar kesulitan dalam membandingkan teks anekdot
4.             Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.


1.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar teks anekdot
2.             Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.             Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban terkait materi.
4.             Siswa dibagi menjadi empat kelompok
5.             Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali teks anekdot yang ditayangkan guru
6.             Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik mendiskusikan teks anekdot tersebut untuk kemudian memproduksi teks baru
7.             Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan langkah-langkah memproduksi teks anekdot sebelum mempresentasikan hasil produksi pada pertemuan berikutnya kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.             Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
9.             Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks dan langkah-langkahnya
10.         Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  memproduksi teks anekdot, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
11.         Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai produksi teks anekdot
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai memproduksi teks anekdot
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit


































20 menit
Pertemuan ke-3:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  

























Kegiatan Penutup:

1.         Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.         Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.                  Peserta didik memajang hasil produksi teks anekdot yang telah dibuat pada pertemuan lalu.
2.                  Peserta didik mengamati teks hasil produksi milik kelompok lain.
4.                  Peserta didik mencatat hasil amatan tentang hasil produksi teks anekdot kelompok lain
5.                  Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar memproduksi teks anekdot yang dibuat kelompok lain
6.                  Peserta didik saling menilai hasil produksi teks anekdot kelompok lain
7.                  Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil produksi teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.                  Kelompok lain merespon/menanggapi dengan santun
9.                  Seluruh kelompok mendiskusikan hasil produksi teks terbaik di kelas tersebut
10.              Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memproduksi teks anekdot
11.              Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan  memproduksi teks anekdot, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut

1.    Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai memproduksi teks anekdot
2.    Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai memproduksi teks anekdot
3.    Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.    Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit








60 menit


























20 menit
Pertemuan ke-4:
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan






Kegiatan Inti  :
  





Kegiatan Penutup:

1.             Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.             Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.             Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

1.             Peserta didik mengamati teks anekdot yang  ditayangkan guru.
2.             Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar membandingkan dan memproduksi  teks anekdot
5.             Peserta didik mengikuti ulangan harian seputar membandingkan dan memproduksi teks anekdot
1.             Peserta didik diminta menyimpulkan hasil pembelajaran mengenai membandingkan dan memproduksi teks anekdot
2.             Guru mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran mengenai memproduksi  teks anekdot
3.             Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.             Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
10 menit






60 menit






20 menit
21    enit





I.     Penilaian
1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
            No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung jawab
3.
Peduli
4.
Responsif
5.
Santun




2.      Penilaian Hasil
2.1.   Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Memahami langkah-langkah membandingkan teks anekdot
Tes tertulis
Isian
1.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah dalam membandingkan teks anekdot!
  1. Memahami langkah-langkah memproduksi teks anekdot
Tes tertulis
Isian
3.    Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah memproduksi teks anekdot!
Jawaban
1.    Langkah-langkah membandingkan teks anekdot:
Membaca/ mengamati dua teks secara saksama
Memahami kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali bahasa yang digunakan
Menganalisis perbedaan struktur isi dan bahasa
    1. Langkah-langkah memproduksi teks anekdot
Menetapkan tema teks
Menetapkan tujuan teks
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
Skor
Siswa menjawab benar
50
Siswa menjawab tidak lengkap
30
Siswa menjawab salah
  5


2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah teks anekdot yang koheren!
Rubrik Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks anekdot
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemilihan tema (topik) sesuai struktur isi teks anekdot
Sudah tepatkah pemilihan tema (topik)  teks sesuai struktur  isi teks anekdot?


2.
Ketepatan penulisan sesuai struktur isi dan bahasa teks anekdot
Sudah tepatkah penulisan teks sesuai struktur  isi dan bahasa teks anekdot?


3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menulis teks anekdot sesuai kaidah dan EYD?











Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran             : ...............................................................
Kelas/ Semester                       : ...............................................................
Tahun Ajaran                           : ...............................................................
Waktu pengamatan                  : ...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun
1.             Belum Tampak (BT) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.             Mulai Tampak (MT) jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg atau konsisten
3.             Mulai Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau  konsisten
4.             Membudaya (MK) jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Religius
Tanggung jawab
Peduli
Responsif
Santun



BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK

1.






















2.






















3.






















4.






















5.