RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks Anekdot
Tema/ topik :
Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Jumlah Pertemuan : 4 X pertemuan :
Alokasi Waktu : 8 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.
1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai
permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks
anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
· Memahami struktur dan kaidah teks anekdot
4.1. Menginterpretasi makna teks anekdot baik secara lisan mupun tulisan
·
Memahami makna teks anekdot
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan
Publik dengan materi pokok teks anekdot ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Memahami struktur dan kaidah teks anekdot
2.
Memahami makna teks anekdot
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks anekdot
2.
Struktur dan kaidah teks
anekdot
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
3.
Tayangan
teks anekdot (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI offline,
internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
ke-1:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1. Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks anekdot yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru
dengan memperlihatkan contoh teks anekdot
2. Peserta didik mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks anekdot pada buku pegangan siswa
bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik
3. Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari
materi struktur isi teks anekdot dari
sumber belajar lain yang relevan
4.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar struktur isi teks anekdot
5.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
6.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
7. Siswa dibagi menjadi empat kelompok
8.
Masing-masing
kelompok mengamati dan membaca kembali teks anekdot yang ditayangkan guru
9.
Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik
mendiskusikan teks anekdot tersebut untuk memahami
struktur isi teks
10. Perwakilan
dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
11.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
12.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai struktur isi teks anekdot
13.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan struktur isi teks
anekdot, siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
14.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai struktur isi teks anekdot.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai struktur isi teks anekdot
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-2:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan curah pendapat seputar
kesulitan dalam memahami struktur isi teks eksposisi
4.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar teks anekdot
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
4.
Siswa dibagi
menjadi empat kelompok
5.
Masing-masing
kelompok mengamati dan membaca kembali teks anekdot yang ditayangkan guru
6.
Dengan bertanggung jawab dan santun peserta didik
mendiskusikan teks anekdot tersebut untuk kemudian
memahami kaidah bahasa teks
7.
Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil pemahaman kaidah
bahasa teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
8.
Kelompok lain merespon/menanggapi dengan
santun
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai memahami kaidah bahasa teks dan
langkah-langkahnya
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan pemahaman
kaidah bahasa teks
anekdot siswa dan guru
menyelesaikan soal tersebut
11.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai pemahaman kaidah bahasa teks anekdot
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai pemahaman kaidah bahasa teks anekdot
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-3:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati dan membaca dengan saksama teks eksposisi
yang telah dipilih
4.
Peserta didik menginterpretasi makna teks
eksposisi tersebut
5.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang kurang jelas seputar
interpretasi makna teks
anekdot yang
dibuat kelompok lain
6.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik wakil kelompok mempresentasikan hasil interpretasi
makna teks kemudian mengumpulkan hasil diskusi tersebut kepada guru
7.
Kelompok lain
merespon/menanggapi dengan santun
8.
Seluruh kelompok mendiskusikan hasil interpretasi makna
teks terbaik di kelas tersebut
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai interpretasi makna teks anekdot
10.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan interpretasi makna teks anekdot siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai interpretasi makna teks anekdot
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai interpretasi makna teks anekdot
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
Pertemuan ke-4:
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1.
Melakukan doa secara bersama (bila pada jam pertama)
2.
Peserta didik merespon salam dan pertanyaan dari guru
berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi dan kegiatan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
1.
Peserta
didik mengamati teks anekdot yang ditayangkan guru.
2.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan
hal-hal yang kurang jelas seputar pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks anekdot
3. Peserta didik
mengikuti ulangan harian seputar pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks anekdot
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks
anekdot
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai pemahaman struktur isi dan kaidah bahasa serta interpretasi makna teks anekdot
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
21
enit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
||||
3.
|
peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Memahami struktur isi dan kaidah bahasa teks anekdot
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan struktur isi dan kaidah bahasa teks anekdot!
|
Jawaban
1. Struktur
isi dan kaidah bahasa teks anekdot
Struktur
isi:
Abstraksi
Orientasi
Krisis
Reaksi
Koda
Kaidah
bahasa:
Dominan
menggunakan bahasa sehari-hari
Bahasa
diusahakan sesuai kaidah dan EYD
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
100
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
60
|
Siswa menjawab salah
|
20
|
1.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks anekdot terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks anekdot
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
anekdot
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks anekdot?
|
||
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks anekdot sesuai kaidah dan EYD?
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mapel Bahasa Indonesia
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Indikator perkembangan sikap religius, tanggung
jawab, peduli, responsif, dan santun
1.
Belum Tampak (BT)
jika sama sekali tidak menunjukkan usaha
sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
Mulai Tampak
(MT) jika menunjukkan sudah ada
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg atau konsisten
3.
Mulai
Berkembang (MB) jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg atau konsisten
4.
Membudaya (MK)
jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh
dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg atau konsisten
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama
Siswa
|
Religius
|
Tanggung jawab
|
peduli
|
Responsif
|
Santun
|
||||||||||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
|||||||
1.
|
||||||||||||||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||||||||||||||