Satuan Pendidikan : SMK....
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks anekdot
Tema :
Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
Pertemuan Ke :
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit ( 1 X pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 1. Mensyukuri anugerah Tuhan
akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan
konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.
1. Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli,responsif, dan
santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai
permasalahan sosial, ingkungan, dan kebijakan publik.
3.3. Menganalisis
teks anekdot baik melalui lisan maupun tulisan
·
Memahami langkah-langkah
menganalisis teks anekdot
·
Analisis isi teks anekdot
·
Analisis bahasa teks anekdot.
4.3. Menyunting
teks anekdot sesuai dengan struktur dan kaidah teks baik secara lisan maupun
tulisan
·
Memahami langkah-langkah
menyunting teks anekdot
·
Penyuntingan isi sesuai dengan struktur isi teks anekdot
·
Penyuntingan bahasa sesuai dengan struktur kalimat,
ejaan, dan tanda baca
C.
Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Kritik dan Humor dalam Layanan Publik
dengan materi pokok teks anekdot ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Memahami langkah-langkah
menganalisis teks anekdot
2. Menganalisis isi teks anekdot
3. Menganalisis bahasa teks anekdot
4. Memahami
langkah-langkah menyunting teks anekdot
5. Menyunting
isi teks anekdot
6. Menyunting
bahasa teks anekdot
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks anekdot:
a.
Lisan
b.
Tulisan
2.
Langkah-langkah menganalisis teks anekdot
3.
Langkah-langkah menyunting teks anekdot
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
Video anekdot (lisan),
anekdot (tulisan)
G.
Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X, KBBI
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti :
Kegiatan Penutup:
|
1. Melakukan doa secara bersama (bila
pada jam pertama)
2. Peserta didik merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Peserta didik menerima informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
a.
Mengamati
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang anekdot yang beredar di masyarakat dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh anekdot
2.
Peserta didik mengamati contoh anekdot yang ditayangkan guru serta
membaca contoh anekdot pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi
Diri dan akademik
3.
Peserta didik diarahkan untuk memahami dan mempelajari materi menganalisis
dan menyunting anekdot dari sumber belajar
lain yang relevan
b.
Menanya
1.
Peserta didik diberi kesempatan menanyakan hal-hal yang
kurang
jelas seputar anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik
2.
Peserta didik diarahkan untuk mengajukan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui dari materi yang dipelajari
3.
Peserta didik dan guru mendiskusikan pertanyaan dan jawaban
terkait materi.
c.
Menalar dan mencoba
1.
Siswa dibagi menjadi empat kelompok
2.
Masing-masing kelompok mengamati dan membaca kembali
anekdot yang ditayangkan guru
3.
Dengan bertanggung jawab dan
santun peserta didik mendiskusikan anekdot-anekdot
tersebut untuk menganalisisi dan menyuntingnya.
4.
Perwakilan dari kelompok
secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kemudian mengumpulkan
hasil diskusi tersebut kepada guru
5.
Kelompok lain merespon/menanggapi
dengan santun
d.
Jejaring
1.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan mengenai analisis dan penyuntingan anekdot mengenai permasalahan sosial,
lingkungan, dan kebijakan publik yang beredar di masyarakat
2.
Guru memberikan dua soal yang berkaitan dengan analisis dan penyuntingan
anekdot,
siswa dan guru menyelesaikan soal tersebut
3.
Guru memberikan soal untuk dikerjakan peserta didik secara individu
1.
Peserta didik diminta menyimpulkan hasil
pembelajaran mengenai analisis dan penyuntingan teks anekdot mengenai
permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
2.
Guru
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis dan penyuntingan teks anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan
publik.
3.
Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
4.
Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta
didik
selalu belajar.
|
10 menit
60 menit
20 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
No.
|
Aspek
yang Dinilai
|
Teknik
Penilaian
|
Waktu
Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung Jawab
|
||||
3.
|
Peduli
|
||||
4.
|
Responsif
|
||||
5.
|
Santun
|
2. Penilaian Hasil
2.1.
Tes Tertulis (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
a.
Memahami
langkah-langkah analisis anekdot
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah dalam menganalisis teks anekdot!
|
b.
Memahami langkah-langkah menyunting anekdot
|
Tes tertulis
|
Isian
|
2. Sebutkan
dan jelaskan langkah-langkah menyunting teks anekdot!
|
Jawaban
a.
Langkah-langkah menganalisis anekdot:
Membaca/ mengamati anekdot secara saksama
Mengidentifikasi struktur dan isi anekdot apakah
sudah sesuai kaidah/ belum
Mengidentifikasi bahasa anekdot apakah sudah sesuai
EYD/ belum
b.
Langkah-langkah menyunting anekdot:
Membaca/
mengamati anekdot secara saksama
Meneliti
kesalahan yang mungkin ada pada struktur isi ataupun bahasa anekdot
Memperbaiki
kesalahan yang ada pada teks anekdot
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
Soal nomor 2
Aspek
|
Skor
|
Siswa menjawab benar
|
50
|
Siswa menjawab tidak lengkap
|
30
|
Siswa menjawab salah
|
5
|
2.2.
Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks anekdot terlampir kemudian suntinglah anekdot tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Konversi Teks anekdot
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan menemukan kesalahan
struktur isi dan bahasa anekdot
|
Sudah tepatkah kesalahan struktur
isi dan bahasa yang ditemukan pada anekdot?
|
||
2.
|
Ketepatan penyuntingan teks
anekdot
|
Sudah tepatkah penyuntingan teks
anekdot tersebut?
|