KESULITAN DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013

KESULITAN 


Administrasi
ü  Diklat kurikulum yang pernah diikuti guru sasaran belum memberikan informasi yang memadai dan memuaskan sehingga masih banyak pertanyaan yang belum terjawab saat itu, misalnya: contoh RPP yang baik dan benar versi kurikulum 2013.
ü  Revisi kurikulum 2013 menimbulkan kesulitan karena di saat RPP sudah dibuat tiba-tiba datang informasi mengenai perubahan KD serta format RPP.
ü  Belum begitu jelas (bagi saya) mengenai penilaian dan format-formatnya (yang benar) secara utuh.
ü  Belum jelas mengenai format analisis nilai siswa pada kurikulum 2013

Penerapan dalam pembelajaran sehari-hari
ü  Revisi urutan bab (materi) menimbulkan kesulitan dalam pembelajaran karena terlanjur masuk di bab 2 (waktu itu) tapi ternyata bab tersebut malah masuk pada semester genap sehingga ada waktu yang cenderung sia-sia karena digunakan untuk bab yang belum waktunya untuk dipelajari.
ü  Berkaitan dengan kesulitan di atas buku siswa menjadi kurang sempurna karena urutan bab tidak sesuai dengan urutan bab terbaru setelah revisi.
ü  Penilaian sikap (misalnya) terkadang sulit diterapkan karena terlalu detail dalam beberapa aspek sikap sehingga guru sedikit kesulitan dalam melakukan penilaian yang benar-benar objektif.
ü  Belum dilaksanakannya kurikulum 2013 untuk seluruh sekolah menimbulkan rasa kurang sreg (sedikit takut bila ternyata hanya menjadi kelinci percobaan). Hal tersebut ditunjang kenyataan bahwa kesiapan mapel dalam kurikulum 2013 masih dilakukan secara bertahap (belum seluruhnya)
ü  Belum jelasnya pelaksanaan UN (baru sebatas katanya dilaksanakan di kelas XI) membuat guru tidak dapat berkata banyak bila ditanya siswa mengenai hal ini.