Teks 2 Sriti, Pesawat tanpa Awak, Ciptaan Indonesia


Mintalah gurumu membacakan teks berikut! Kemudian, jawablah pertanyaannya!
Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia
Pada tahun 2003 pesawat udara nir-awak (PUNA) digunakan pertama kali oleh pasukan Amerika Serikat untuk melawan Irak. Pesawat tersebut merupakan salah satu pesawat yang digunakan dalam dunia militer yang berfungsi sebagai pesawat pengintai. Tak hanya itu, fungsi pesawat ini juga digunakan untuk kegiatan memantau hutan, pencurian ikan, atau memantau aktivitas gunung berapi yang dipantau dari atas. Dengan kata lain, Indonesia sangat membutuhkan pesawat jenis itu untuk membantu melakukan berbagai macam aktivitas pantau memantau hutan, gunung, dan laut.
Dalam fungsinya, pesawat tersebut dapat digunakan mengintai kegiatan-kegiatan para teroris yang banyak dilakukan di dalam hutan terpencil yang susah dijamah oleh transportasi darat, illegal logging, kebakaran hutan sampai dengan pencurian ikan di wilayah tertentu oleh orang asing. BPPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) yang merupakan salah satu lembaga teknologi milik pemerintah memperkenalkan pesawat tanpa awak hasil rancangannya yang diberi nama SRITI. Pengembang mengatakan bahwa pesawat Sriti ini asli 100 persen buatan anak bangsa, karena proses dari awal sampai akhirnya dilakukan oleh anak bangsa. Sriti, rencananya akan digunakan oleh lembaga pengawas laut, hutan dan gunung untuk membantu pekerjaan mereka memantau aktivitas-aktivitas yang terjadi.

Keunikan yang dimiliki Sriti yaitu tak adanya roda untuk lepas landas atau mendarat. Namun, untuk lepas landas pesawat ini menggunakan catapult take off yaitu sejenis peluncur yang terbuat dari logam baja stainless yang cukup fleksibel karena bisa dibongkar pasang kapan pun. Untuk mendarat, pesawat ini menggunakan jaring yang bersifat lentur dan berbahan kuat. Kelebihan unik lainnya yaitu dapat dibawa ke mana-mana karena Sriti dapat dibongkar pasang.
Diolah dari sumber http://www.okejos.com/sriti-pesawat-tanpa-awak-ciptaan-indonesia.html
1) Dapatkah kamu menyebutkan ide pokok yang ada di dalam cerita tersebut?
Sekarang, kamu baca dan cermati lagi teks yang dibacakan gurumu itu. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut!
2) Menurutmu, teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” berstruktur apa?
3) Sebutkan alasan dan bagian-bagian yang membentuk struktur teks itu!



sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment