2. Tugas Menganalisis Teks


Berikut ini disajikan beberapa teks untuk bahan pembelajaran. Coba kamu cermati dan kerjakan tugas yang ada di bawah teks berikut!
Teks 1 Chairil Anwar
Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya!
Chairil Anwar
Chairil Anwar adalah seorang penyair legendaris. Karyanya yang paling dikenal “Aku” dan “Senja di Pelabuhan Kecil”. Pengarang Indonesia ini dilahirkan di Medan pada tanggal 26 Juli 1922 dan meninggal di Jakarta, 28 April 1949.
Nama Chairil mulai dikenal dalam dunia sastra Indonesia setelah ia menulis puisi berjudul Nisan pada tahun 1942. Pada saat itu dia baru berusia dua puluh tahun. Selain menulis puisi, Chairil juga menjadi penyiar radio Jepang di Jakarta. Pada saat itu dia jatuh cinta pada Sri Aryati dan hingga akhir hayatnya, penyair ini tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkannya. Semua karyanya diterbitkan dalam beberapa buku, yakni Deru Campur Debu (1949); Kerikil Tajam yang Terampas dan yang Putus (1949); dan Tiga Menguak Takdir (1950, kumpulan puisi bersama Asrul Sani dan Rivai Apin).
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan 191
Sebagai penyair legendaris, karya-karyanya hingga kini terus diapresiasi pembaca. Sajaknya yang berjudul “Krawang-Bekasi”, “Aku”, dan “Diponegoro” selalu dibacakan pada saat hari-hari bersejarah di Indonesia. Dalam sajak itu suara perjuangan sangat kental.
Diolah dari sumber www.biografi.rumus.web.id/biografi-chairil-anwar
Kamu dapat memahami teks tentang Chairil Anwar itu, bukan? Sekarang, coba kamu jawab pertanyaan berikut!
1) Menurutmu, termasuk jenis teks apakah teks "Chairil Anwar" tersebut?
2) Bagaimana dengan bagian-bagian yang membangun teks tersebut? Coba sebutkan kemudian tulis bagian-bagian tersebut!
3) Ide pokok apa sajakah yang terkandung di dalam bagian-bagian yang menjadi struktur teks “Chairil Anwar” tersebut?





sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP