SUMMARY REPORT
Ringkasan laporan akan sering muncul di akhir laporan, terutama jika informasi dalam
laporan ini rinci, kompleks atau teknis. Dalam ringkasan, berisi ide, kesimpulan dan
rekomendasi. Pikirkan laporan sebagai puzzle dengan masing-masing bagian menjadi bagian
dari laporan; ringkasan ditulis dari perspektif seseorang berdiri di atas puzzle sekarang-selesai,
melihat ke bawah dan meninjau pengalaman.
Berikut adalah langkah-langkah cara pembuatannya:
1. Tuliskan tujuan dibuatnya laporan. Misalnya, rincian laporan ini hasil tinjauan Konsultan
ABC tentang sistem informasi Perusahaan XYZ dari 1 Juli - 6 Juli.
2. Jelaskan secara singkat lingkup laporan. Masalah apa yang akan diselesaikan atau masalah
apa yang akan ditangani? Sebagai contoh, Anda mungkin mengatakan bahwa akses
terhadap informasi XYZ melalui jaringan, internet dan sistem telekomunikasi diuji untuk
kelemahan keamanan.
3. Memberikan gambaran metode penelitian yang digunakan. Bagaimana informasi untuk
laporan yang dikumpulkan? Contoh: Pengujian dilakukan melalui penilaian terhadap
kebijakan sistem informasi XYZ, evaluasi dari kontrol pada sistem yang ada, dan wawancara
dengan pengguna dan sistem manajemen.
4. Tuliskan yang menjadi temuan penting yang hasilnya sudah dituliskan secara rinci dalam
laporan.
5. Tuliskan kesimpulan utama dan rekomendasi. Apa yang harus pembaca lakukan? Contoh:
Kami sarankan XYZ Perusahaan menetapkan kebijakan penggunaan yang dapat diterima dan
memerlukan perlindungan karyawan password.
6. Pastikan masing-masing point yang disampaikan di atas mencerminkan urutan bagian dalam
laporan.
Ringkasan laporan akan sering muncul di akhir laporan, terutama jika informasi dalam
laporan ini rinci, kompleks atau teknis. Dalam ringkasan, berisi ide, kesimpulan dan
rekomendasi. Pikirkan laporan sebagai puzzle dengan masing-masing bagian menjadi bagian
dari laporan; ringkasan ditulis dari perspektif seseorang berdiri di atas puzzle sekarang-selesai,
melihat ke bawah dan meninjau pengalaman.
Berikut adalah langkah-langkah cara pembuatannya:
1. Tuliskan tujuan dibuatnya laporan. Misalnya, rincian laporan ini hasil tinjauan Konsultan
ABC tentang sistem informasi Perusahaan XYZ dari 1 Juli - 6 Juli.
2. Jelaskan secara singkat lingkup laporan. Masalah apa yang akan diselesaikan atau masalah
apa yang akan ditangani? Sebagai contoh, Anda mungkin mengatakan bahwa akses
terhadap informasi XYZ melalui jaringan, internet dan sistem telekomunikasi diuji untuk
kelemahan keamanan.
3. Memberikan gambaran metode penelitian yang digunakan. Bagaimana informasi untuk
laporan yang dikumpulkan? Contoh: Pengujian dilakukan melalui penilaian terhadap
kebijakan sistem informasi XYZ, evaluasi dari kontrol pada sistem yang ada, dan wawancara
dengan pengguna dan sistem manajemen.
4. Tuliskan yang menjadi temuan penting yang hasilnya sudah dituliskan secara rinci dalam
laporan.
5. Tuliskan kesimpulan utama dan rekomendasi. Apa yang harus pembaca lakukan? Contoh:
Kami sarankan XYZ Perusahaan menetapkan kebijakan penggunaan yang dapat diterima dan
memerlukan perlindungan karyawan password.
6. Pastikan masing-masing point yang disampaikan di atas mencerminkan urutan bagian dalam
laporan.
No comments:
Post a Comment