B. Meringkas Teks


1. Definisi Ringkasan
Pekerjaan meringkas adalah cara yang efektif untuk menyajikan teks yang panjang dalam sajian yang singkat. Kegiatan itu bisa berarti memotong atau memangkas sebuah teks. Sebuah ringkasan bermula dari karangan sumber yang panjang, yang kemudian dipangkas dengan mengambil hal-hal atau bagian yang pokok dengan membuang perincian serta ilustrasi. Meskipun demikian, sebuah ringkasan tetap mempertahankan pikiran pengarang serta pendekatannya yang asli. Jadi, pekerjaan meringkas merupakan keterampilan menulis ulang teks yang sudah ada dalam bentuk yang singkat.
2. Langkah-Langkah Meringkas Teks
a. Membaca teks
Penulis ringkasan harus membaca naskah asli secara keseluruhan beberapa kali untuk mengetahui kesan umum, maksud pengarang, serta sudut pandangnya. Penulis ringkasan harus membaca secara saksama naskah yang dipilih. Pastikan kamu mengerti karya itu dan maksud penulis!
b. Mencari ide pokok
Penulis ringkasan harus mencari semua hal yang menjadi gagasan utama atau gagasan penting, kemudian digarisbawahi atau dicatat. Ingatlah kata-kata tanya yang utama: siapa, apa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana!
c. Mengolah ulang
Penulisan ringkasan yang efektif dapat dilakukan dengan (1) menulis ulang ide-ide pokok atau utama dalam teks, (2) membuat draf ringkasan, dan (3) membaca ulang ringkasan. Di dalam meringkas, kamu harus menggunakan kata-katamu sendiri dan memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Untuk lebih menambah pemahamanmu tentang cara meringkas, berikut ini disajikan beberapa teks. Lakukanlah tugas berikut!




sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment