3. Tugas Meringkas Teks


a. Meringkas Teks Perbaiki DAS Atasi Bencana
1) Baca dan cermatilah teks “Perbaiki DAS Atasi Bencana” berikut! Selanjutnya, ringkaslah teks itu berdasarkan langkah-langkah meringkas teks. Silakan berdiskusi dengan temanmu!
Perbaiki Das, Atasi Bencana
Tanah longsor, banjir bandang, dan limpasan air sungai yang kerap terjadi di sejumlah daerah mengindikasikan rusaknya daerah aliran sungai. Untuk mengatasi bencana itu perlu rehabilitasi kawasan hulu hingga hilir.
Pertambahan penduduk yang bermukim di daerah aliran sungai (DAS) telah melemahkan daya dukung lingkungan kawasan tersebut. Keberadaan manusia di kawasan hulu hingga hilir DAS mendorong konservasi hutan menjadi areal perkebunan dan permukiman. Berkurangnya areal vegetasi itu akan mengurangi daya serap air hujan oleh DAS. Perubahan peruntukan lahan menyebabkan terjadinya kerusakan lingkungan berupa erosi dan tanah longsor.
Data Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian Pekerjaan Umum menunjukkan, dari 458 DAS di Indonesia, 282 dalam kondisi kritis, bahkan 60 DAS kritis berat. Selain itu, 176 DAS juga berpotensi kritis. Kekritisan kawasan dilihat dari kelerengan, cakupan vegetasi, dan tingkat erosi.
Kekurangan vegetasi di hulu DAS menyebabkan erosi hebat dan menimbulkan sedimen-sediman serta pendangkalan di hilir. Kerugian akibat erosi lebih besar. Tanah menjadi tandus dan kritis. Kerugian akibat erosi DAS di Jawa saja 406 juta dollar AS (hampir 4 triliun) per tahun.
Meredam erosi pada lahan pertanian terbuka dapat dilakukan dengan menutup tanah dengan plastik berlubang. Dengan demikian, air hujan tidak langsung menggerus tanah. Tanah yang tidak ditanami bisa ditutup dengan rumput dan semak atau perdu yang relatif cepat pertumbuhannya.
Untuk mengurangi tekanan air pada lapisan tanah di lereng dilakukan upaya mekanik, yaitu dengan membuat saluran drainase berupa pipa-pipa kecil yang ditancapkan di beberapa bagian di dinding lereng agar air dalam lereng segera keluar. Hal ini untuk mencegah tanah longsor.
Selain itu, untuk mencegah tanah longsor dapat dibangun dinding tembok penahan material longsor, bangunan penguat tebing, dan trap terasering.
Serangkaian perbaikan DAS di kawasan hilir dilakukan dengan pengerukan dasar sungai dan pelebaran. Pembangunan dinding batu di kiri kanan diperlukan untuk mencegah penggerusan akibat air sungai. Upaya mengatasi gerusan air sungai dilakukan dengan menggunakan blok beton kubus kaki enam atau delapan.
Kelas VII SMP/MTs 202
Dalam jangka panjang perlu diupayakan penyadaran masyarakat yang bermukim di sepanjang DAS untuk membiasakan hidup bersih dan bersahabat dengan lingkungan. Salah satunnya, masyarakat tidak membuang sampah ke sungai, melainkan menampung dan mengolah sampah.
Diolah dari sumber Yuni Ikawati, “Perbaiki Das, Atasi Bencana”, Kompas, Senin, 11 Februari 2013
2) Setelah teks “Perbaiki DAS Atasi Bencana” kamu ringkas, termasuk teks apakah ringkasan yang kamu buat tersebut?
3) Sebutkan dan tulis bangunan teks yang menjadi struktur teks yang kamu ringkas tersebut!




sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment