Tugas 1 dan 2 dalam topik cinta lingkungan hidup (kelas VII SMP)

Tugas 1 Membangun Konteks
Untuk membangun konteks dan pemahaman kamu tentang lingkungan hidup, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1) Ceritakanlah keadaan lingkungan yang ada di sekitar rumahmu!2) Bagaimanakah menurutmu alam Indonesia yang kita cintai?3) Kekayaan apakah yang ada di dalam bumi Indonesia?4) Kekayaan alam seperti apakah yang sudah kamu nikmati?5) Binatang apa saja yang ada di daerah asalmu?
6) Apakah kamu bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup yang ada di sekitarmu?7) Kedisplinan seperti apa yang dapat kamu lakukan dalam menjaga lingkungan di sekitarmu?
Tugas 2 Mengenali Teks Laporan Hasil Observasi
Berikut ini ditampilkan teks laporan hasil observasi yang harus kamu pelajari. Dalam membaca teks "Cinta Lingkungan", tunjuklah salah seorang teman untuk membaca dengan suara lantang dan kamu menyimaknya!
Cinta Lingkungan
1 Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin.
2 Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cendrawasih, orang utan, dan komodo.
3 Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah satunya, adalah kawasan Gunung Kidul.
Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah. Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran. Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling pengaruh.4 Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia. Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.
Diolah dari sumber “Lingkungan Hidup” Lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan Hidup, 27 April 2012
Pada Tugas 2 ini terdapat beberapa pertanyaan tentang isi teks. Pertanyaan ini penting agar kamu dapat memahami "Teks Laporan Hasil Observasi". Teks laporan hasil observasi terdiri atas bagian pembuka berupa definisi umum, bagian isi berupa deskripsi bagian, dan bagian akhir berupa deskripsi kegunaan. Untuk mengetahui pemahaman kamu tentang teks model itu, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!
1) Apakah yang disebut dengan lingkungan hidup?2) Unsur apa sajakah yang ada di dalam lingkungan hidup?3) Bagaimanakah cara menjaga lingkungan hidup? 4) Bagaimanakah ekosistem yang terjaga?5) Manfaat apakah yang diperoleh dari alam yang terpelihara?6) Apakah inti paragraf satu?7) Pada paragraf ke berapa deskripsi lingkungan hidup dinyatakan?
8) Pada paragraf ke berapa fungsi lingkungan hidup dinyatakan?9) Pada paragraf ke berapa penulis menyatakan daerah yang mengalami konservasi?10) Apa yang disampaikan penulis pada paragraf terakhir?




sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment