Cinta Lingkungan Hidup (kelas VII SMP)

Kerusakan lingkungan hidup di sekitar kita sudah mengkhawatirkan. Salah satu sebabnya adalah kepedulian masyarakat terhadap lingkungan masih kurang. Sebagai bagian lingkungan hidup, kita harus mencintai dan menjaganya agar keseimbangan lingkungan tidak rusak. Kita boleh mengembangkan dan memanfaatkan lingkungan, tetapi kita juga harus tetap memperhatikan dan menjaga dampaknya, termasuk memanfaatkan dan menjaga biota laut.
Bab ini dibagi menjadi dua subtema. Subtema 1 menyangkut teks laporan hasil observasi tentang cinta lingkungan alam. Sementara itu, Subtema 2 berkenaan dengan laporan hasil observasi tentang biota laut.
A. Subtema 1 Cinta Lingkungan
Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan benda mati, seperti tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin. Semua yang ada di dalam lingkungan itu saling berpengaruh. Lingkungan hidup di sekitar kita merupakan kekayaan yang harus dipelihara dan dilestarikan. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan mencintainya. Kita tidak boleh mengotorinya, seperti membuang sampah dan menebang pohon seenaknya.
Kegiatan 1
Pemodelan Teks Laporan Hasil Observasi
Pada Kegiatan1 ini kamu diajak mengenali dan memahami teks laporan hasil observasi. Teks yang digunakan untuk belajar berjudul “Cinta Lingkungan”. Pada kegiatan ini kamu harus mengerjakan beberapa tugas.


Sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP

No comments:

Post a Comment