Kegiatan 3
Penyusunan Teks Tanggapan Deskriptif secara Mandiri
Pada Kegiatan 3 ini kamu akan menyusun teks secara mandiri. Kerjakanlah tugas berikut sesuai dengan petunjuk!
Tugas 1 Mencari dan Mengidentifikasi Teks
1) Susunlah kalimat berikut menjadi teks tanggapan deskriptif yang urut dan logis! Bubuhkan juga angka urutan di tabel sebelah kiri! Jadikan teks berjudul “Tari Saman” sebagai teks model!
No.
Kalimat
Sebelum tarian Saman dimulai, pemuka adat tampil untuk mewakili masyarakat setempat. Ia memberikan sambutan atau nasihat yang berguna bagi para pemain dan penonton sehingga tarian itu bermanfaat secara keseluruhan.
Tari Saman adalah tarian suku Gayo (Gayo Lues), Aceh.
Tari Saman tercatat di Unesco dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda
Warisan Manusia yang ditetapkan di Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah
untuk Pelindungan Warisan Budaya Takbenda Unesco di Bali, pada 24
November 2011.
Tarian tersebut diiringi nyanyian syair dalam bahasa Arab dan bahasa Gayo.
Pada awalnya, Tari Saman merupakan salah satu media untuk penyampaian pesan (dakwah).
Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.
Beliau adalah seorang ulama yang berasal dari Gayo, daerah Aceh
Tenggara.
2) Carilah teks sejenis di majalah, surat kabar, atau buku! Bandingkan dengan teks berjudul "Tari Saman"! Kenalilah bentuk identifikasi, klasifikasi/definisi, dan deskripsi bagian dalam teks yang kamu dapatkan! Catatlah bentuk yang kamu kenali, lalu diskusikan dengan guru!
3) Carilah teks yang berbeda dari teks model itu! Bandingkan dengan teks model. Apa perbedaan yang dapat kamu lihat antara teks model dan teks yang kamu dapatkan? Catat perbedaan yang ada dan tunjukkan kepada gurumu untuk dievaluasi!
sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP
Penyusunan Teks Tanggapan Deskriptif secara Mandiri
Pada Kegiatan 3 ini kamu akan menyusun teks secara mandiri. Kerjakanlah tugas berikut sesuai dengan petunjuk!
Tugas 1 Mencari dan Mengidentifikasi Teks
1) Susunlah kalimat berikut menjadi teks tanggapan deskriptif yang urut dan logis! Bubuhkan juga angka urutan di tabel sebelah kiri! Jadikan teks berjudul “Tari Saman” sebagai teks model!
No.
Kalimat
Sebelum tarian Saman dimulai, pemuka adat tampil untuk mewakili masyarakat setempat. Ia memberikan sambutan atau nasihat yang berguna bagi para pemain dan penonton sehingga tarian itu bermanfaat secara keseluruhan.
Tari Saman adalah tarian suku Gayo (Gayo Lues), Aceh.
Tari Saman tercatat di Unesco dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda
Warisan Manusia yang ditetapkan di Sidang ke-6 Komite Antar-Pemerintah
untuk Pelindungan Warisan Budaya Takbenda Unesco di Bali, pada 24
November 2011.
Tarian tersebut diiringi nyanyian syair dalam bahasa Arab dan bahasa Gayo.
Pada awalnya, Tari Saman merupakan salah satu media untuk penyampaian pesan (dakwah).
Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.
Beliau adalah seorang ulama yang berasal dari Gayo, daerah Aceh
Tenggara.
2) Carilah teks sejenis di majalah, surat kabar, atau buku! Bandingkan dengan teks berjudul "Tari Saman"! Kenalilah bentuk identifikasi, klasifikasi/definisi, dan deskripsi bagian dalam teks yang kamu dapatkan! Catatlah bentuk yang kamu kenali, lalu diskusikan dengan guru!
3) Carilah teks yang berbeda dari teks model itu! Bandingkan dengan teks model. Apa perbedaan yang dapat kamu lihat antara teks model dan teks yang kamu dapatkan? Catat perbedaan yang ada dan tunjukkan kepada gurumu untuk dievaluasi!
sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP
No comments:
Post a Comment