Tugas 3 Mengerjakan Soal Kebahasaan (kelas VII SMP)

Tugas 3 Mengerjakan Soal Kebahasaan
Untuk memahami hal merujuk kata, imbuhan kata, dan kelompok kata pada teks, perhatikan contoh berikut!
Tari Gambyong merupakan tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta.
Kata "penari" merujuk pada kata "gambyong". Kelompok kata “tarian ini” merujuk pada kelompok kata “ tari Gambyong”. Imbuhan pada kalimat contoh, antara lain meng-, -kan, -i, per--an. Sementara itu, kelompok kata dalam kalimat contoh adalah resepsi perkawinan.
1) Berdasarkan contoh tersebut, coba kamu cari rujukan kata, imbuhan kata, dan kelompok kata dari dalam teks berikut.
Tari Kecak
1 Tari Kecak merupakan pertunjukan seni khas Bali yang diciptakan tahun 1930-an. Tari itu dimainkan oleh puluhan laki-laki yang duduk berbaris melingkar. Pada saat menari, mereka menyerukan kata “cak” dengan irama tertentu seraya mengangkat kedua lengannya. Para penari itu mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka.
2 Tarian ini merupakan gambaran kisah Ramayana tatkala barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Rama ingin membebaskan Shinta yang diculik oleh Rahwana. Tari Kecak diciptakan pada tahun 1930-an oleh
I Wayan Limbak yang bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies. Pada awalnya, dua seniman itu terpesona oleh tari-tarian dalam ritual Sanghyang. Ketika itu, para penari Sanghyang menari dalam kondisi kemasukan ruh atau kerasukan. Ritual Sanghyang sendiri merupakan ritual masyarakat Bali yang bersumber dari tradisi pra-Hindu dengan tujuan menolak bala. Ritual ini kemudian diadopsi oleh I Wayan Limbak dan Walter Spies menjadi sebuah seni pertunjukkan oleh umum dan ditampilkan di berbagai negara di Eropa dengan nama Tari Kecak.
Diolah dari Evolusi Tari Bali (1996), karya I Made Bandem
2) Pada teks model berjudul "Tari Kecak" ditemukan beberapa konjungsi, yaitu dan, tetapi, sehingga. Konjungsi dan digunakan untuk menambah deskripsi, konjungsi tetapi digunakan untuk memperlawankan unsur deskripsi, dan konjungsi sehingga digunakan untuk menghubungkan sebab dan akibat unsur deskripsi. Untuk lebih memahami konjungsi tersebut, lakukanlah tugas berikut!
3) Identifikasikan konjungsi tersebut dalam teks berjudul “Tari Kecak”, kemudian jelaskan makna atau fungsi konjungsi yang berada di dalam teks tersebut! Bentuk kelompok masing-masing tiga orang! Kamu diskusikan hal ini dengan teman-temanmu dan konsultasikan dengan guru.
4) Temukan konjungsi dan jelaskan makna atau fungsi konjungsi yang berada di dalam teks! Tuliskan konjungsi beserta penjelasannya tersebut pada selembar kertas dan serahkan kepada guru!
5) Setelah memahami penggunaan konjungsi tersebut, buatlah deskripsi bagian dan kejadian dengan menggunakan konjungsi dan, tetapi, atau sehingga!
a.
.
.......................................................................................................................
b.
.
.......................................................................................................................
c.
.
.......................................................................................................................
d.
.
.......................................................................................................................
e.
.
.......................................................................................................................
6) Pada teks berjudul "Tari Saman" terdapat kalimat-kalimat yang berupa deskripsi bagian, seperti berikut ini.
a. Dalam tarian tercermin pendidikan, keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.
b. Pada badan dipakai baju pokok/baju kerawang (baju bertangan pendek berwarna hitam disulam benang putih, hijau, dan merah), celana, dan kain sarung.
c. Gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari.
Buatlah kalimat deskripsi bagian seperti contoh kalimat-kalimat itu.
a.
.
.......................................................................................................................
b.
.
.......................................................................................................................
c.
.
.......................................................................................................................
d.
.
.......................................................................................................................



dst.



sumber: BSE buku pegangan siswa kelas VII SMP 

No comments:

Post a Comment