Tugas 2 Mengelompokkan Berbagai Jenis Minuman
Kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk yang ada pada setiap nomor!
(1) Lakukan pengamatan atau observasi terhadap jenis-jenis minuman yang dijual di sekitar kalian. Klasifikasikanlah jenis-jenis minuman itu berdasarkan:
(a) kriteria apakah minuman itu disajikan dalam kemasan atau tidak (jenis kemasannya plastik/kertas, botol/bukan botol, dan sebagainya);
(b) kriteria apakah minuman itu mengandung soda atau tidak, alkohol atau tidak;
(c) kriteria apakah minuman itu disajikan hangat atau dingin;
(d) kriteria apakah minuman itu berkhasiat sebagai obat atau tidak;
(e) kriteria lain menurut kalian sendiri.
(2) Berdasarkan observasi itu, buatlah teks laporan yang baik. Sebagai tolok ukur, bandingkan pekerjaan kalian dengan teks-teks yang dijadikan model pada Kegiatan 1. Selain itu, untuk memperdalam pengetahuan kalian tentang materi yang kalian laporkan, kalian juga dapat mencari informasi dengan membaca buku di perpustakaan atau mewawancarai orang yang mengetahui materi tersebut.
(3) Lakukan observasi terhadap sesuatu yang telah kalian kenali di lingkungan alam sekitar. Setelah membuat klasifikasi tentang sesuatu yang kalian observasi tersebut, laporkan dalam bentuk tulisan yang memenuhi struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan yang dikehendaki. Usahakan klasifikasi yang dimaksud didasarkan pada kriteria yang jelas sehingga laporan yang kalian buat terlihat terperinci dan memenuhi target yang diharapkan.
(4) Kegiatan pada nomor (2) dan (3) perlu kalian publikasikan di media sekolah, seperti majalah dinding atau laman (website). Apabila tulisan itu ditanggapi oleh pembaca, dokumentasikanlah tanggapan tersebut!
Tugas
Sumber: BSE buku pegangan siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
Kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk yang ada pada setiap nomor!
(1) Lakukan pengamatan atau observasi terhadap jenis-jenis minuman yang dijual di sekitar kalian. Klasifikasikanlah jenis-jenis minuman itu berdasarkan:
(a) kriteria apakah minuman itu disajikan dalam kemasan atau tidak (jenis kemasannya plastik/kertas, botol/bukan botol, dan sebagainya);
(b) kriteria apakah minuman itu mengandung soda atau tidak, alkohol atau tidak;
(c) kriteria apakah minuman itu disajikan hangat atau dingin;
(d) kriteria apakah minuman itu berkhasiat sebagai obat atau tidak;
(e) kriteria lain menurut kalian sendiri.
(2) Berdasarkan observasi itu, buatlah teks laporan yang baik. Sebagai tolok ukur, bandingkan pekerjaan kalian dengan teks-teks yang dijadikan model pada Kegiatan 1. Selain itu, untuk memperdalam pengetahuan kalian tentang materi yang kalian laporkan, kalian juga dapat mencari informasi dengan membaca buku di perpustakaan atau mewawancarai orang yang mengetahui materi tersebut.
(3) Lakukan observasi terhadap sesuatu yang telah kalian kenali di lingkungan alam sekitar. Setelah membuat klasifikasi tentang sesuatu yang kalian observasi tersebut, laporkan dalam bentuk tulisan yang memenuhi struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan yang dikehendaki. Usahakan klasifikasi yang dimaksud didasarkan pada kriteria yang jelas sehingga laporan yang kalian buat terlihat terperinci dan memenuhi target yang diharapkan.
(4) Kegiatan pada nomor (2) dan (3) perlu kalian publikasikan di media sekolah, seperti majalah dinding atau laman (website). Apabila tulisan itu ditanggapi oleh pembaca, dokumentasikanlah tanggapan tersebut!
Tugas
Sumber: BSE buku pegangan siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
No comments:
Post a Comment