Tugas 3
Memublikasikan Teks Laporan ke Pemerintah Setempat
Bacalah kembali puisi tentang kerusakan lingkungan alam semesta ini dengan penuh penghayatan. Kemudian, kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk yang ada pada setiap nomor!
Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi
Bising gergaji mengoyak sepi dari hutan
Pohon-pohon tumbang
Mobil-mobil besar menggendongnya
Tergesa-gesa ke kota
Gunung dan lembah luka parah
Kulitnya terkelupas
Erang sakitnya merambah ke mana-mana
Burung-burung kehilangan dahan dan ranting
Enggan bernyanyi lagi
Bila pun ada tegur sapa di antara mereka
Tentulah pertanyaan yang menyesakkan
Ke mana kita harus mengungsi?
Pohon-pohon perdu dan melata itu
Bukanlah tempat tinggal yang ideal
Kita perlu gunung yang teduh
Lembah yang indah
Bukan yang luka parah begini
Karya: Mh. Surya Permana
(1) Kalian telah mengetahui bahwa puisi tersebut memperlihatkan dampak negatif dari kegiatan pembangunan di lingkungan alam. Kegiatan pembangunan yang sedang gencar dilakukan di negara tercinta ini tentu juga berdampak positif terhadap alam sekitar, baik bagi makhluk hidup maupun makhluk tak hidup (mati). Terkait dengan hal tersebut, lakukan pengamatan atau observasi terhadap sebuah kegiatan pembangunan fisik, seperti gedung, jalan, atau jembatan yang sedang atau telah berlangsung di sekitar kalian. Kemudian, buatlah laporan mengenai dampak kegiatan pembangunan yang kalian amati itu dengan memerinci aspek-aspek yang terkena dampaknya. Agar hasil observasi yang kalian laporkan itu sahih untuk disajikan, kalian dapat mencari informasi dengan mewawancarai orang atau warga masyarakat yang terkena dampak itu.
(2) Teks laporan hasil observasi yang telah kalian buat pada nomor (1) perlu diketahui oleh pihak pemerintah di lokasi pembangunan itu. Laporan kalian dapat menjadi bahan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan wilayah. Untuk itu, kirimkan teks laporan kalian kepada pihak pemerintah setempat (lurah, camat, atau bupati) yang disertai surat pengantar resmi dari sekolah kalian!
(3) Sebagai tugas terakhir pada pelajaran ini, kalian masing-masing diminta untuk membuat sebuah bentuk puisi lama yang sering disebut pantun. Kalian tentu masih ingat akan adanya berbagai jenis pantun yang pernah dipelajari di sekolah menengah pertama, seperti pantun nasihat, pantun jenaka, atau pantun agama. Lanjutkan secara bergiliran pantun mengenai lingkungan alam berikut ini.
A. Galau hati buatku sesak
Melihat dirimu yang sendiri
Kalau bumi ini rusak
Manusia juga yang merugi
B. Mengalir angin serasa tertahan
Di tepi kota yang tercemari
Air dan udara anugrah Tuhan
Tapi kita sering mengotori
C. ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
D. ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
E. ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... dst.
Sumber: BSE buku pegangan siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
Memublikasikan Teks Laporan ke Pemerintah Setempat
Bacalah kembali puisi tentang kerusakan lingkungan alam semesta ini dengan penuh penghayatan. Kemudian, kerjakan tugas sesuai dengan petunjuk yang ada pada setiap nomor!
Burung-Burung Enggan Bernyanyi Lagi
Bising gergaji mengoyak sepi dari hutan
Pohon-pohon tumbang
Mobil-mobil besar menggendongnya
Tergesa-gesa ke kota
Gunung dan lembah luka parah
Kulitnya terkelupas
Erang sakitnya merambah ke mana-mana
Burung-burung kehilangan dahan dan ranting
Enggan bernyanyi lagi
Bila pun ada tegur sapa di antara mereka
Tentulah pertanyaan yang menyesakkan
Ke mana kita harus mengungsi?
Pohon-pohon perdu dan melata itu
Bukanlah tempat tinggal yang ideal
Kita perlu gunung yang teduh
Lembah yang indah
Bukan yang luka parah begini
Karya: Mh. Surya Permana
(1) Kalian telah mengetahui bahwa puisi tersebut memperlihatkan dampak negatif dari kegiatan pembangunan di lingkungan alam. Kegiatan pembangunan yang sedang gencar dilakukan di negara tercinta ini tentu juga berdampak positif terhadap alam sekitar, baik bagi makhluk hidup maupun makhluk tak hidup (mati). Terkait dengan hal tersebut, lakukan pengamatan atau observasi terhadap sebuah kegiatan pembangunan fisik, seperti gedung, jalan, atau jembatan yang sedang atau telah berlangsung di sekitar kalian. Kemudian, buatlah laporan mengenai dampak kegiatan pembangunan yang kalian amati itu dengan memerinci aspek-aspek yang terkena dampaknya. Agar hasil observasi yang kalian laporkan itu sahih untuk disajikan, kalian dapat mencari informasi dengan mewawancarai orang atau warga masyarakat yang terkena dampak itu.
(2) Teks laporan hasil observasi yang telah kalian buat pada nomor (1) perlu diketahui oleh pihak pemerintah di lokasi pembangunan itu. Laporan kalian dapat menjadi bahan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan wilayah. Untuk itu, kirimkan teks laporan kalian kepada pihak pemerintah setempat (lurah, camat, atau bupati) yang disertai surat pengantar resmi dari sekolah kalian!
(3) Sebagai tugas terakhir pada pelajaran ini, kalian masing-masing diminta untuk membuat sebuah bentuk puisi lama yang sering disebut pantun. Kalian tentu masih ingat akan adanya berbagai jenis pantun yang pernah dipelajari di sekolah menengah pertama, seperti pantun nasihat, pantun jenaka, atau pantun agama. Lanjutkan secara bergiliran pantun mengenai lingkungan alam berikut ini.
A. Galau hati buatku sesak
Melihat dirimu yang sendiri
Kalau bumi ini rusak
Manusia juga yang merugi
B. Mengalir angin serasa tertahan
Di tepi kota yang tercemari
Air dan udara anugrah Tuhan
Tapi kita sering mengotori
C. ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
D. ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
E. ... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ...
... ... ... ... ... ... ... ... ... .... ... dst.
Sumber: BSE buku pegangan siswa Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik
No comments:
Post a Comment