Kegiatan 2 Kerja sama Membangun Prosedur Kompleks Tugas 4

Tugas 4
Menyusun Kembali Urutan Kalimat dalam Teks Prosedur
Ikutilah petunjuk yang diberikan pada setiap nomor!
(1) Kalimat-kalimat pada teks yang berjudul “Cara Membuat Botol Kaca” berikut ini masih tersusun secara acak. Kalian diminta untuk menata kalimat-kalimat tersebut dengan memberikan nomor urut pada setiap kalimat sehingga membentuk teks prosedur yang baik. Nomor (1) sudah dikerjakan untuk kalian sebagai contoh.
Kalian harus ingat bahwa teks prosedur disusun dengan struktur teks tujuan^langkah-langkah. Tujuan teks prosedur yang kalian hadapi ini adalah judulnya itu sendiri, yaitu “Cara Membuat Botol Kaca”. Adapun langkah-langkahnya adalah urutan kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.
Untuk memudahkan kerja kalian dalam mengurutkan kalimat-kalimat itu, perhatikanlah penanda wacana, seperti pertama, lalu, setelah itu, kemudian, dan akhirnya.
Cara Membuat Botol Kaca
... ... Setelah itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
... ... Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.
... ... Akhirnya, botol-botol itu siap untuk digunakan.
... ... Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
... ... Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara proporsional.
...1... Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
... ... Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada suhu yang san gat tinggi.
... ... Lalu, adonan kaca diproduksi.
(Diadaptasi dari Academic Writing Course, 2003: 16)
(2) Cocokkan hasil pekerjaan kalian dengan milik teman-teman kalian. Sudah ditunjukkan di atas bahwa kalimat pertama pada teks prosedur yang kalian bangun itu adalah “Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping, dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut”.
Setelah itu, kalimat yang mengikutinya adalah kalimat yang menunjukkan urutan pertama, yaitu kalimat yang mengandung penanda wacana pertama. Kalian dapat menduga bahwa kalimat yang mengandung penanda wacana akhirnya pasti merupakan kalimat yang terakhir, yang menunjukkan bahwa tujuan yang dimaksud sudah tercapai. Dengan demikian, masih terdapat lima kalimat yang perlu ditata di antara kalimat-kalimat yang diletakkan pada awal dan pada akhir tersebut.
(3) Selain dari penanda wacana, untuk menguji kebenaran urutan kalimat yang kalian buat, kalian dapat memperhatikan kata-kata penunjuk, seperti berikut ini, itu, dan tersebut. Kecuali itu semua, kalian juga dapat memperhatikan hubungan kata yang satu dan kata-kata yang lain serta kata-kata yang disebutkan berulang-ulang.
(4) Gunakan teks prosedur tersebut untuk membuat teks prosedur yang lain dengan mengganti tujuan yang akan dicapai dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Misalnya, cara membuat roti panggang, cara membuat kopi tubruk, atau cara memasak nasi goreng.
(5) Untuk mengerjakan tugas nomor (4) di atas, kalian lebih baik bekerja sama tiga sampai lima orang. Satu kelompok hanya membuat satu teks. Kemudian, hasil kerja kelompok kalian dapat dibandingkan dengan hasil kerja kelompok lain.


Sumber; BSE buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X

No comments:

Post a Comment