MENYIMAK UNTUK MEMAHAMI PERINTAH YANG DIUNGKAPKAN ATAU YANG TIDAK DALAM KONTEKS BEKERJA.


A. Pengertian dan Ciri Kalimat Perintah
Kalimat perintah adalah kalimat yang berisi perintah kepada orang lain
untuk melakukan sesuatu atau kalimat yang dipakai untuk mendapatkan
tanggapan sesuai dengan kehendak penuturnya.
Ciri-ciri kalimat perintah adalah seperti berikut.
1. Menggunakan partikel –lah.
Contoh:
1. Pergilah dari sini!
2. Cepatlah kamu mandi!
3. Bantulah adikmu!
2. Berpola kalimat inversi (PS).
Contoh :
1. Ambilkan buku itu!
2. Santaplah makanan itu!
3. Menggunakan tanda seru (!) bila digunakan dalam bahasa tulis.
Contoh:
1. Pergilah dari sini!
2. Ayo masuk!
3. Pulanglah!
4. Kalimat perintah jika dilisankan berintonasi menaik di awal dan
berintonasi rendah di akhir.
Contoh:
                   
1. Bawa barang-barang itu kemari!
                         
2. Selesaikan tugasmu!
B. Jenis-Jenis Kalimat Perintah
1. Kalimat Perintah Biasa
Contoh.

1. Masukkan barang-barang ini ke dalam bagasi mobil!
2. Antarkan surat ini kepada Pak RT sekarang juga!
2. Kalimat Perintah Ajakan
Contoh:
1. Marilah kita gunakan tekstil buatan dalam negeri demi menyukseskan
program pemerintah.
2. Ayolah bersenam pagi setiap hari agar badan kita menjadi sehat.
3. Kalimat Perintah Larangan
Contoh:
1. Jangan membuang sampah di sini.
2. Jangan dekati tempat itu.
4. Kalimat Perintah Permintaan/Larangan
Contoh:
1. Saya berharap Anda hadir di acara itu.
2. Saya minta kerjakan tugasmu tepat waktu.
5. Kalimat Perintah Permohonan
Contoh:
1. Saya mohon kamu bisa datang di acara pesta ulang tahunku.
2. Kami mohon kepada-Mu, ya Tuhan, tunjukkanlah jalan yang lurus
yang Engkau ridhoi.
6. Kalimat Perintah Pembiaran
Contoh:
1. Biarlah aku yang membawa barang itu.
2. Biarkan dia pergi sendiri.
7. Kalimat Perintah Sindiran
Contoh:
1. Maju kalau kamu berani.

2. Ambil saja kado yang kauberikan kalau kau tidak malu
terhadapnya.
8. Kalimat Perintah yang Menuntut Proses atau Langkah Kerja
Contoh:
1. Urutlah dari nomor kecil hingga nomor yang besar.
2. Susunlah sehingga membentuk lingkaran penuh.
9. Kalimat Perintah yang Berbentuk Kalimat Berita
Contoh:
1. Hendaknya Anda bersedia menjadi pengurus kegiatan itu.
2. Terima kasih Anda tidak menolak untuk menjadi pembawa acara
pada malam reuni nanti.
Kalimat perintah beragam jenisnya mulai dari yang kasar sampai yang
halus. Bahkan karena halusnya sering orang tidak menyadari bahwa hal
tersebut berupa perintah.
Kalimat perintah dapat diperhalus dengan menggunakan unsur-unsur
berikut.
1. Menggunakan kata-kata seperti  mohon, tolong, sudilah, harap, silakan,
hendaknya, sebaiknya.
Contoh:
1. Mohon kembalikan buku itu di meja saya.
2. Silakan masuk.
3. Tolong buatkan kopi untuk Ayah.
4. Hendaknya kamu pulang sekarang.
5. Harap datang tepat waktu
6. Sebaiknya cepat bawa adikmu ke rumah sakit.
7. Sudilah Anda membantu saya menyelesaikan tugas ini.
2. Menggunakan partikel –lah.
Contoh:
1. Berangkatlah lebih halus daripada berangkat.

3. Pengubahan ke struktur tanya.
Contoh:
Apakah tidak ada petugas piket yang menghapus papan tulis?
4. Pengubahan ke struktur berita.
Contoh:
Panitia sangat gembira jika Bapak/Ibu berkenan hadir pada acara
perpisahan.
C. Berbagai Respons terhadap Perintah
Sejalan dengan bervariasinya kepentingan manusia terhadap
manusia yang lain sebagai wujud dinamika hubungan antar–manusia,
bentuk-bentuk perintah pun sudah menjadi suatu hal yang pasti dan selalu
ditemui. Hanya dalam skala umum perintah yang biasa yang langsung
bisa ditanggapi. Namun, sebenarnya pada lingkungan kalangan tertentu,
bahasa perintah perlu dicermati karena belum tentu dipahami sebagai
perintah biasa, seperti di dunia kerja. Dalam dunia kerja, bentuk-bentuk
perintah umumnya bersifat operasional kerja sehingga perintah tidak sertamerta bisa secara langsung dilaksanakan. Banyak ragam kalimat perintah
menunjukkan banyaknya bentuk perintah yang diwujudkan melalui simbol
bahasa. Sebagai alat komunikasi, tentu bahasa harus dapat menerjemahkan
segala bentuk keinginan dan pilihan pemakainya, termasuk keinginan
mendapatkan respons dari sebuah perintah yang disampaikan baik secara
lisan maupun tertulis. Oleh karena itu, kita perlu mencermati dan mengenal
bentuk-bentuk perintah agar respons yang dilakukan tidak menyimpang
dari isi perintah.
Langkah yang perlu kita tempuh dalam menanggapi perintah adalah
sebagai berikut.
(1) Membaca kembali isi perintah secara hati-hati, teliti, dan saksama.
(2) Merumuskan/menuliskan kembali isi perintah.
(3) Isi perintah ditulis dalam bentuk kerangka/bagan sehingga mudah
dipahami.
(4) Membuat perencanaan dalam bentuk kerangka/tabel/bagan segala
kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka memenuhi perintah.

(5.) Meminta konfirmasi kepada pemberi perintah akan ketepatan rencana
kegiatan yang telah disusun.
Perhatikan dengan cermat proses menerima perintah kerja di bawah
ini dan respons yang dilakukan.
Dalam rangka memperingati HUT SMK Nusantara 1 Bumiayu,
Pembina OSIS mengumpulkan beberapa pengurus OSIS. Kemudian, beliau
menjelaskan bahwa OSIS akan mengadakan pentas seni dan bazar untuk
merayakan Hari Ulang Tahun ke-20 Sekolah.  Beliau melanjutkan:
”Dalam rangka HUT sekolah kita, OSIS akan mengadakan kegiatan
Pentas Seni dan Bazar. Saya minta seluruh pengurus OSIS terlibat menyukseskan acara ini. Berhubung masih ada waktu satu bulan, saya ingin
Ketua OSIS dan pengurus seksi mulai mempersiapkan segala sesuatunya,
seperti membuat kepanitiaan lalu menyusun rencana kerja dan struktur
kerja. Saya berharap seminggu sebelum acara, semuanya sudah siap. Jika
diperlukan, kalian bisa bekerja sama dengan sponsor atau dunia usaha
yang menjadi anggota majelis sekolah kita untuk membantu pendanaan
dan penyediaan barang buat bazar. Segala hal yang masih belum jelas dapat
dikonfirmasikan kepada saya. Mulai saat ini, kita saling berkomunikasi
untuk mempersiapkan segalanya hingga menjelang pelaksanaan acara.
Demikian pertemuan kita, selamat bekerja!
1. Pengurus OSIS mencatat isi instruksi/perintah Pembina OSIS sebagai
berikut.
a. Membuat kepanitiaan kegiatan bazar-amal.
b. Membuat proposal kegiatan.
c. Membuat jadwal kegiatan.
d. Membuat bagan atau struktur kerja.
e. Menghubungi pihak yang terkait dengan kegiatan.
f. Menggalang dana dengan menghubungi sponsor untuk meminta
dukungan.
g. Sosialisasi kegiatan  kepada siswa dan komite sekolah.
h. Klarifikasi dan konfirmasi.

2. Ketua OSIS dan sekretaris menyusun jadwal kerja.
No. Nama Kegiatan
Minggu
Keterangan
1 2 3 4
1. Rapat pembentukan panitia
2. Pembuatan proposal
3. Sosialisasi ke seluruh siswa
4. Menghubungi sponsor
5. Pertemuan dengan sponsor
6. Evaluasi
3. Agar proses kerja berjalan lancar, dibuat pula struktur atau prosedur
kerja yang mengatur:
(1) siapa mengerjakan apa,
(2) siapa bekerja sama dengan siapa,
(3) siapa bertanggung jawab terhadap pekerjaan apa dan kepada
siapa, dan
(4) garis hubungan kerja dan wewenang yang jelas.
Semua hal tersebut dapat divisualisasikan dalam bentuk bagan seperti
di bawah ini.
d. Ketua OSIS beserta panitia kegiatan mengkonfirmasikan
Sponsor
Seksi-Seksi
Pembina
OSIS
Ketua Panitia
Siswa
Ketua OSIS

4. Ketua OSIS beserta panitia kegiatan mengonfirmasikan informasi
perintah kepada pembina OSIS dengan mengajukan beberapa
pertanyaan berkaitan dengan persiapan dan perencanaan yang sudah
dan akan dilakukan agar langkah kerja tidak menyimpang.
Pertanyaan untuk konfirmasi dapat seperti berikut.
(1) Apakah yang sudah dilakukan sesuai dengan perintah?
(2) Apakah semua rencana sesuai dengan harapan?
(3) Siapa saja yang akan diundang?
(4) Berapa banyak sponsor yang akan dilibatkan?
(5) Biaya yang disiapkan sudah cukup atau kurang?
(6) Acara sesuai dengan tema?
(7) Dan sebagainya.






No comments:

Post a Comment