RPP KELAS X KURIKULUM 2013 REVISI 2016 TP 2017/ 2018 (BAHASA INDONESIA BAB 2)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       : SMK ... .
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester             : X/1
Topik                           : Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi
Materi Pokok               : Teks Eksposisi
Jumlah Pertemuan       : 4 X pertemuan                       
Alokasi Waktu             : 16 X 45 menit          

A.       Kompetensi Inti
(K3) Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,regional, dan internasional.
(K4) Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.3. Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
Indikator
3.3.1. Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
Indikator
4.3.1. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
Indikator
3.4.1.Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
Indikator
4.4.1.Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan





C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dengan materi pokok teks eksposisi ini peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
            1.Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
            2.Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
            3.Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
            4.Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan


D.       Materi Pembelajaran
1.                                                                           Teks eksposisi tulis

Pembangunan dan Bencana Lingkungan

Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang  meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.
Para ahli menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh praktik pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan yang tidak berkelanjutan. Seharusnya, konsep pembangunan adalah memenuhi kebutuhan manusia saat ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya.
Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi manusia.
Pada tahun 2005 - 2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam.
Bencana alam lain yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana. Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. Akhirnya debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.
Masalah lingkungan di atas merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi. Sumber: www.buletinpilar.com dengan penyesuaian
       2.         Teks eksposisi Lisan

Orasi Politik Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Tanggal 1 May 2011 di Istana Negara https://www.youtube.com/watch?v=baOEd0bJa9U

       3.         Struktur dan kaidah teks eksposisi

Teks eksposisi merupakan teks yang dibangun oleh pendapat atau opini. Sejalan dengan isi teks eksposisi, struktur teks eksposisi meliputi (a) tesis atau penyataan pendapat, (b) argumentasi, dan (c) penegasan ulang.
Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian pembuka dalam teks eksposisi. Bagian tersebut berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.
Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentsi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argumen yang baik harus mampu mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembicara.
Bagian terakhir adalah penegasan ulang, yaitu bagian yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.
Kaidah kebahasaan teks eksposisi antara lain:
(a)menggunakan kalimat verbal, yaitu kalimat berpredikat verba.
(b)menggunakan adjektiva
(c) terdapat afiksasi
(d) banyak menggunakan istilah sesuai bidangnya
      4.      Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca.
Adalah memaparkan atau memaparkan dengan kata-kata secara jelas permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan.
Langkah-langkah mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan:
1.mencermati teks eksposisi
2.memahami dan menentukan bagian permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi dalam teks tersebut
3.menuliskan hasil pada nomor dua dengan bahasa yang baik dan benar dalam bentuk deskripsi
4.menyunting teks, baik dari segi isi maupun bahasa.
      5.      Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi   berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
        Adalah menjadikan sempurna isi teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan.
        Langkah-langkah mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi   berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis:
1.mencermati teks eksposisi yang telah ada
2.memahami dan menentukan bagian permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi dalam teks tersebut
3.mengembangkan hasil pada nomor dua
4.menulis hasil pada nomor tiga dengan bahasa yang baik dan benar
5.menyunting teks eksposisi yang telah dikembangkan, baik dari segi isi maupun bahasa.
      6.      Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
Adalah menguraikan teks eksposisi baik dalam isi maupun bahasa, menelaah hubungan antarbagian, untuk mendapatkan pemahaman yang utuh.
Langkah-langkah:
1.mencermati eksposisi
2.menguraikan teks sesuai dengan bagian-bagian atau strukturnya
3.menelaah/ mengkaji hubungan antar bagian/ struktur
4.memahami teks secara keseluruhan.
5.menuliskan dengan bahasa yang baik dan benar
      7.      Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
            Adalah menyusun teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis.
            Langkah-langkah:
1.menetapkan topik teks eksposisi
2.mencari bahan penulisan
3.menyusun bahan yang telah diolah sesuai kaidah isi dan bahasa teks eksposisi
4. menyunting teks eksposisi


E.        Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning), Model Pembelajaran Berbasis     Masalah (Problem Based Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

F.        Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD
2.                                                                              Tayangan teks eksposisi

G.    Sumber Belajar

ü Buku pegangan siswa kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet.

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan kesatu

     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan









Kegiatan Inti  
  
















































Kegiatan Penutup

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran, serta rencana penilaian yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks eksposisi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi.
2.       Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru yaitu teks lisan Orasi Politik Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Tanggal 1 May 2011 di Istana Negara
https://www.youtube.com/watch?v=baOEd0bJa9U
serta membaca contoh teks eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016
3.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar teks eksposisi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi teks eksposisi khususnya mengenai  Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh teks eksposisi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi   berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
7.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks eksposisi yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
8.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespons/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
9.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca dan Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi   berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis

1.   Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai  deskripsi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca dan pengembangan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi   berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
2.   Guru memberikan kuis (lisan) berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.   Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit









130 menit

















































30 menit
Pertemuan kedua
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  
 














































Kegiatan Penutup

1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.          Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks eksposisi yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi yang baru.
2.      Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 , Pembangunan dan Bencana Lingkungan yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.      Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks eksposisi yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik analisis dan konstruksi teks eksposisi yang disampaikan guru.
  1. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
5.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan konstruksi teks eksposisi.
  1. Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.
  2. Perwakilan dari empat kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespons/ menanggapi dengan santun
  3. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan analisis dan konstruksi teks eksposisi dan pemecahannya.
9.      Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk mengkonstruksi sebuah eksposisi dengan tema tertentu.
10.  Peserta didik bersama guru membahas hasil konstruksi  teks eksposisi.
11.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi

1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai analisis  teks eksposisi dan hasil konstruksi teks eksposisi sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
2.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit















































45 menit


Pertemuan ketiga
Ulangan harian
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  
  




Kegiatan Penutup

1.   Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.   Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.   Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah ulangan harian yang akan dilaksanakan peserta didik.

1.      Peserta didik mencermati soal-soal ulangan harian untuk kemudian mengerjakannya secara tepat sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
2.      Peserta didik meneliti hasil pekerjaan sebelum mengumpulkan kepada guru.

1.      Guru memberikan arahan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya seputar perbaikan dan pengayaan.
2.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








140 menit





20 menit

Pertemuan ketiga
Perbaikan dan pengayaan
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan










Kegiatan Inti  
  







Kegiatan Penutup

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan ulangan harian sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah perbaikan dan pengayaan serta menyebutkan nama-nama peserta didik sesuai kegiatan yang akan dilaksanakannya.



1.      Peserta didik yang memiliki nilai di bawah KKM disilakan untuk melaksanakan perbaikan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
2.      Peserta didik yang memiliki nilai di atas KKM disilakan untuk melaksanakan pengayaan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
3.      Peserta didik meneliti hasil pekerjaan sebelum mengumpulkan kepada guru.

1.      Guru memberikan arahan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya
2.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit










140 menit









20 menit


10.              Penilaian Hasil Pembelajaran

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.   Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius (spiritual)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung jawab

Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
0
Skor
(KADANG-KADANG)
1
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

5
1.
Religius (spiritual)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




2.
Tanggung jawab
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan tugas individu dengan baik
b.      Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan
c.       tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.      Mengakui kesalahan yang dilakukan
e.    Minta maaf bila melakukan kesalahan




Skor maksimal: (skor maksimal X indikator pencapaian kompetensi)

2.      Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (ulangan harian)  (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
3.3.1.Mendeskripsikan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca

Tes tertulis
Isian
1. Unsur teks eksposisi yang berfungsi memberikan informasi mengenai penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan disebut… .
2. Bagian teks yang berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi disebut… .
3.Syarat judul teks eksposisi yang baik dan benar adalah… .
4. Urutan struktur teks eksposisi yaitu … .
5. Teks eksposisi secara umum berisi… .
3.4.1.   Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan



6.Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks eksposisi antara lain… .
7.Teks eksposisi hendaknya menggunakan bahasa formal, alasan yang mendasari hal tersebut adalah… .
8.Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks antara lain … .
9.Gaya bahasa tidak diperkenankan penggunaannya dalam teks eksposisi   karena teks eksposisi termasuk jenis teks… .
10.Apakah teks eksposisi harus faktual?
  JAWABAN
1.                                                                                                                              Argumentasi
    1. Tesis atau pernyataan pendapat
    2. Singkat, jelas, sesuai EYD
    3. Tesis, argumentasi, penegasan ulang pendapat
    4. Pendapat yang disertai alasan logis
    5. (a) kata/ frasa nomina,
(b) nomina dan verba turunan dengan afiksasi,
(c) kalimat verbal  
(d) istilah .
    1.  Teks eksposisi adalah teks yang bersifat ilmiah.
    2. Menggunakan bahasa formal
Sesuai EYD
            Menggunakan kata-kata baku
           Menggunakan kata/ frasa nomina, verba,, nomina, istilah, dan kalimat verbal
    1. ilmiah
    2. Ya, karena merupakan teks ilmiah yang berisi pendapat disertai alasan logis/ masuk akal.
 Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
    7
Peserta didik menjawab salah
    3
Peserta didik tidak menjawab
    0

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
1.      Sajikan isi teks eksposisi terlampir!
2.      Konstruksilah sebuah teks eksposisi dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan!

Rubrik Penilaian Keterampilan
No.
Aspek
Deskripsi
Ya (nilai maksimum)
Tidak
1.
4.3.1. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis

           
  1. Sudah tepatkah isi teks eksposisi yang dikembangkan?
  2. Sudah jelaskah isi teks eksposisi yang dikembangkan?
  3. Sudah lancarkah penyampaian isi teks eksposisi yang dikembangkan?
20


10


20


2.
4.4.1.Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan


  1. Sudah benarkah pengembangan teks eksposisi yang dikonstruksi?
  2. Apakah teks eksposisi yang dikonstruksi sudah sesuai dengan kaidah?
  3. Sudah jelaskah tulisan yang digunakan dalam mengonstruksi teks eksposisi?
20


20


10

     Perbaikan:
     (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
3.3.1.Mendeskripsikan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca

Tes tertulis
Isian
1. Unsur teks eksposisi yang berfungsi memberikan informasi yang berupa
unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan disebut… .
2. Bagian teks yang dianggap sebagai pembuka dalam teks eksposisi disebut… .
3.Syarat judul teks eksposisi yang baik dan benar adalah… .
4. Urutan struktur teks eksposisi yaitu … .
5. Teks eksposisi secara umum berisi… .
3.4.2.   Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan



6.Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks eksposisi antara lain… .
7.Teks eksposisi hendaknya menggunakan bahasa formal, alasan yang mendasari hal tersebut adalah… .
8.Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks antara lain … .
9.Gaya bahasa tidak diperkenankan penggunaannya dalam teks eksposisi   karena teks eksposisi termasuk jenis teks… .
10.Apakah teks eksposisi harus faktual?
  JAWABAN
1.                                                                                                                              Argumentasi
2.                                                      Tesis atau pernyataan pendapat
3.                                                      Singkat, jelas, sesuai EYD
4.                                                      Tesis, argumentasi, penegasan ulang pendapat
5.                                                      Pendapat yang disertai alasan logis
6.                                                      (a) kata/ frasa nomina,
(b) nomina dan verba turunan dengan afiksasi,
(c) kalimat verbal  
(d) istilah .
7.                                                      Teks eksposisi adalah teks yang bersifat ilmiah.
8.                                                      Menggunakan bahasa formal
Sesuai EYD
                              Menggunakan kata-kata baku
                              Menggunakan kata/ frasa nomina, verba,, nomina, istilah, dan kalimat verbal
9.                                                      ilmiah
10.  Ya, karena merupakan teks ilmiah yang berisi pendapat disertai alasan logis/ masuk akal.


Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
    7
Peserta didik menjawab salah
    3
Peserta didik tidak menjawab
    0


Pengayaan:
Carilah materi pembelajaran yang bersifat menambahi materi secara teori dan aplikasi sesuai kompetensi dasar:
3.3. Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau dibaca
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan

Tugas akhir bab:
Tugas terstruktur
1.   Carilah sebuah teks eksposisi dari media massa, kemudian:
a.    Evaluasilah
b.   interpretasilah!
Pekerjaan dikumpulkan tanggal 8 September 2017.

Tugas tak terstruktur

2.   Buatlah sebuah karya yang berisi teori dan aplikasi sesuai kompetensi dasar dalam pelajaran 2 dengan media yang bervariasi! (misal: kardus, papan, karton tebal, dll. ). Pekerjaan dikumpulkan dalam jangka waktu semester satu.

Keterangan:
Penilaian sikap tidak harus tertulis secara eksplisit dalam RPP.



No comments:

Post a Comment