RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Topik
: Mengembangkan Pendapat dalam Eksposisi
Materi Pokok
: Teks Eksposisi
Jumlah Pertemuan
: 4 X pertemuan
Alokasi Waktu : 16 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
(K3)
Memahami, menerapkan,menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif
sesuai dengan bidang
dan lingkup kajian bahasa Indonesia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan
potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,regional, dan internasional.
(K4)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur
kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian bahasa Indonesia. Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan
dengan mutu dan kuantitas
yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja. Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan
keterampilan mempersepsi,
kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3. Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
yang didengar dan atau dibaca
Indikator
3.3.1. Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
yang didengar dan atau dibaca
4.3.
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan dan/tulis
Indikator
4.3.1. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
3.4. Menganalisis
struktur dan kebahasaan
teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
Indikator
3.4.1.Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan
memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
Indikator
4.4.1.Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan
memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan
kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dengan materi pokok teks eksposisi ini peserta didik terlibat
aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan
pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
yang didengar dan atau dibaca
2.Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
3.Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi
yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
4.Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen,
pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
D.
Materi Pembelajaran
1.
Teks eksposisi tulis
Pembangunan dan
Bencana Lingkungan
Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai
masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut
adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim
global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan
polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan
alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam
dan polusi yang meningkat, sedangkan
teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.
Para ahli menyimpulkan bahwa masalah tersebut disebabkan oleh praktik
pembangunan yang tidak memerhatikan kelestarian alam, atau disebut pembangunan
yang tidak berkelanjutan. Seharusnya, konsep pembangunan adalah memenuhi
kebutuhan manusia saat ini dengan mempertimbangkan kebutuhan generasi mendatang
dalam memenuhi kebutuhannya.
Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari
harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah
satunya Indonesia. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan
terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota
Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. Kenyataan
ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang
diikuti bencana bagi manusia.
Pada tahun 2005 - 2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69
bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13
bencana tsunami. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan
dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam.
Bencana alam lain yang menimbulkan jumlah korban banyak terjadi karena
praktik pembangunan yang dilakukan tanpa memerhatikan potensi bencana.
Misalnya, banjir yang terjadi di Jakarta pada Februari 2007, dapat dipahami
sebagai dampak pembangunan kota yang mengabaikan pelestarian lingkungan.
Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air,
penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi
daerah resapan air dan tampungan air. Hal ini diperparah dengan saluran
drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan
limbah di sungai. Akhirnya debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana
banjir yang tidak terelakkan.
Masalah lingkungan di atas
merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Meskipun tidak mungkin
mengatasi keenam masalah utama lingkungan tersebut, setidaknya harus dicari
solusi untuk mencegah bertambah buruknya kondisi bumi. Sumber: www.buletinpilar.com dengan penyesuaian
2.
Teks eksposisi Lisan
Orasi Politik Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Tanggal 1 May 2011 di
Istana Negara https://www.youtube.com/watch?v=baOEd0bJa9U
3. Struktur dan kaidah teks eksposisi
Teks eksposisi merupakan teks yang dibangun oleh pendapat atau opini.
Sejalan dengan isi teks eksposisi, struktur teks eksposisi meliputi (a) tesis atau penyataan
pendapat, (b) argumentasi, dan (c) penegasan ulang.
Tesis atau pernyataan pendapat adalah bagian pembuka dalam teks eksposisi.
Bagian tersebut berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap
permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.
Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk mendukung tesis yang
disampaikan. Argumentsi dapat berupa alasan logis, data hasil temuan,
fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argumen yang baik harus mampu
mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembicara.
Bagian terakhir adalah penegasan
ulang, yaitu bagian yang bertujuan menegaskan pendapat awal serta menambah
rekomendasi atau saran terhadap permasalahan yang diangkat.
Kaidah kebahasaan teks eksposisi antara
lain:
(a)menggunakan kalimat verbal, yaitu kalimat berpredikat
verba.
(b)menggunakan adjektiva
(c) terdapat afiksasi
(d) banyak menggunakan istilah
sesuai bidangnya
4. Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
yang didengar dan atau dibaca.
Adalah memaparkan atau
memaparkan dengan kata-kata secara jelas permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan.
Langkah-langkah
mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan:
1.mencermati teks eksposisi
2.memahami dan menentukan bagian permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi dalam teks
tersebut
3.menuliskan hasil pada nomor
dua dengan bahasa yang baik dan benar dalam bentuk deskripsi
4.menyunting teks, baik dari
segi isi maupun bahasa.
5. Mengembangkan
isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan dan/tulis
Adalah menjadikan
sempurna isi teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan.
Langkah-langkah mengembangkan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang
pekerjaan secara lisan dan/tulis:
1.mencermati teks eksposisi
yang telah ada
2.memahami dan menentukan bagian permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi dalam teks
tersebut
3.mengembangkan hasil pada
nomor dua
4.menulis hasil pada nomor
tiga dengan bahasa yang baik dan benar
5.menyunting teks eksposisi
yang telah dikembangkan, baik dari segi isi maupun bahasa.
6.
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi
yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
Adalah
menguraikan teks eksposisi baik dalam isi maupun bahasa, menelaah hubungan
antarbagian, untuk mendapatkan pemahaman yang utuh.
Langkah-langkah:
1.mencermati eksposisi
2.menguraikan teks sesuai
dengan bagian-bagian atau strukturnya
3.menelaah/ mengkaji hubungan
antar bagian/ struktur
4.memahami teks secara
keseluruhan.
5.menuliskan dengan bahasa
yang baik dan benar
7. Mengonstruksikan
teks eksposisi berkaitan
bidang pekerjaan dengan
memerhatikan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
Adalah menyusun teks eksposisi berkaitan dengan bidang
pekerjaan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis.
Langkah-langkah:
1.menetapkan topik teks eksposisi
2.mencari bahan penulisan
3.menyusun bahan yang telah diolah sesuai kaidah isi
dan bahasa teks eksposisi
4. menyunting teks eksposisi
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan
Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning), Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)
3.
Metode Diskusi, Penugasan
F.
Media Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks eksposisi
G. Sumber Belajar
ü Buku
pegangan siswa kelas
X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 ,
ü KBBI offline,
ü
Internet.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan kesatu
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa
bersama ( bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran, serta rencana penilaian yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks eksposisi yang
beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks
eksposisi.
2.
Peserta didik diberi stimulation
(stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru yaitu teks lisan Orasi Politik
Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) Tanggal 1 May 2011 di Istana Negara
https://www.youtube.com/watch?v=baOEd0bJa9U
serta
membaca contoh teks
eksposisi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas
XI SMA/ SMK/ MA/ MAK
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan tahun 2016
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar
teks eksposisi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik yang telah
duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) dengan cara
mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi teks eksposisi khususnya
mengenai Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau
dibaca
untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh teks eksposisi lain
sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.
Peserta didik juga
dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara
lisan dan/tulis
7.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks
eksposisi yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan
data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu
kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
8.
Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok
lain merespons/ menanggapi dan
bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan
cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
9.
Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta
didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau
dibaca dan Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara
lisan dan/tulis
1.
Guru mengarahkan peserta
didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai deskripsi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan yang didengar dan atau
dibaca dan pengembangan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks
eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara
lisan dan/tulis
2.
Guru memberikan kuis (lisan) berkenaan
dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
Pertemuan
kedua
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa
bersama ( bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan
dan kemampuan peserta didik tentang Menganalisis
isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks eksposisi yang
beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh
guru dengan memperlihatkan contoh teks eksposisi yang baru.
2. Peserta didik diberikan basic
concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi
contoh teks eksposisi pada buku
pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/
MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016 , Pembangunan dan Bencana Lingkungan yang
sesuai dengan fenomena di masyarakat
3.
Peserta didik yang
telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan
untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks eksposisi yang telah diamati
yang disesuaikan dengan topik analisis dan konstruksi teks eksposisi yang
disampaikan guru.
5. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan analisis dan
konstruksi teks eksposisi.
9.
Peserta didik melanjutkan
pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk
mengkonstruksi sebuah eksposisi dengan tema tertentu.
10. Peserta didik bersama guru membahas hasil
konstruksi teks eksposisi.
11. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara
cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
1. Guru
mengarahkan peserta didik
untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai analisis teks eksposisi
dan hasil konstruksi teks eksposisi sesuai dengan hasil presentasi dan
pembahasan bersama.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya
dan tugas pengayaan
4. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
Pertemuan
ketiga
Ulangan
harian
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru mempersilakan
seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan
memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah ulangan harian yang akan dilaksanakan peserta didik.
1.
Peserta didik mencermati soal-soal ulangan harian untuk
kemudian mengerjakannya secara tepat sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
2.
Peserta didik meneliti hasil pekerjaan sebelum mengumpulkan
kepada guru.
1. Guru memberikan arahan kegiatan untuk
pertemuan selanjutnya seputar perbaikan dan pengayaan.
2. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
140 menit
20 menit
|
Pertemuan
ketiga
Perbaikan
dan pengayaan
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa
bersama ( bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan ulangan harian sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah perbaikan dan pengayaan serta menyebutkan nama-nama peserta didik
sesuai kegiatan yang akan dilaksanakannya.
1.
Peserta didik yang memiliki nilai di bawah KKM disilakan
untuk melaksanakan perbaikan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
2.
Peserta didik yang memiliki nilai di atas KKM disilakan
untuk melaksanakan pengayaan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
3.
Peserta didik meneliti hasil pekerjaan sebelum mengumpulkan
kepada guru.
1. Guru memberikan arahan kegiatan untuk
pertemuan selanjutnya
2. Guru
mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
|
20 menit
140 menit
20 menit
|
10.
Penilaian Hasil Pembelajaran
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan
tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan (sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Religius (spiritual)
|
Pengamatan
|
Selama pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator pencapaian
|
Skor (TIDAK PERNAH)
0
|
Skor
(KADANG-KADANG)
1
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
5
|
1.
|
Religius (spiritual)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa
sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi
salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c. Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara
hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e. Bersyukur
atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
||||
2.
|
Tanggung jawab
|
Menunjukkan sikap
tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima risiko
dari tindakan yang dilakukan
c.
tidak
menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengakui
kesalahan yang dilakukan
e. Minta maaf bila melakukan kesalahan
|
Skor maksimal: (skor maksimal X
indikator pencapaian kompetensi)
2.
Penilaian Hasil
2.1.Tes
tertulis (ulangan harian) (pengetahuan)
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
3.3.1.Mendeskripsikan (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan
yang didengar dan atau dibaca
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Unsur teks eksposisi yang berfungsi memberikan informasi mengenai penjelas untuk mendukung tesis
yang disampaikan disebut… .
2. Bagian teks yang
berisi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang
diangkat dalam teks eksposisi disebut… .
3.Syarat judul teks eksposisi yang baik dan benar adalah… .
4. Urutan struktur teks eksposisi yaitu … .
5. Teks eksposisi secara umum berisi… .
|
3.4.1.
Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6.Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks eksposisi antara lain… .
7.Teks eksposisi hendaknya menggunakan bahasa formal, alasan yang
mendasari hal tersebut adalah… .
8.Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks antara lain … .
9.Gaya bahasa tidak diperkenankan
penggunaannya dalam teks eksposisi karena teks eksposisi termasuk jenis teks…
.
10.Apakah teks eksposisi harus faktual?
|
JAWABAN
1.
Argumentasi
- Tesis atau pernyataan pendapat
- Singkat, jelas, sesuai EYD
- Tesis,
argumentasi, penegasan ulang pendapat
- Pendapat yang disertai alasan
logis
- (a) kata/ frasa
nomina,
(b) nomina dan verba turunan dengan afiksasi,
(c) kalimat verbal
(d) istilah .
- Teks eksposisi adalah teks yang bersifat ilmiah.
- Menggunakan bahasa formal
Sesuai EYD
Menggunakan kata-kata baku
Menggunakan
kata/ frasa nomina, verba,, nomina, istilah, dan kalimat verbal
- ilmiah
- Ya, karena merupakan teks
ilmiah yang berisi pendapat disertai alasan logis/ masuk akal.
Pedoman Penskoran
Soal
nomor 1
- 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
10
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta didik menjawab salah
|
3
|
Peserta didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
1.
Sajikan isi teks eksposisi
terlampir!
2.
Konstruksilah sebuah teks eksposisi
dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan!
Rubrik
Penilaian Keterampilan
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya (nilai
maksimum)
|
Tidak
|
1.
|
4.3.1. Mengembangkan isi (permasalahan,
argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan dan/tulis
|
|
20
10
20
|
|
2.
|
4.4.1.Mengonstruksikan teks eksposisi berkaitan
bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan
|
|
20
20
10
|
Perbaikan:
(pengetahuan)
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
3.3.1.Mendeskripsikan (permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi berkaitan dengan bidang pekerjaan
yang didengar dan atau dibaca
|
Tes tertulis
|
Isian
|
1. Unsur teks eksposisi yang berfungsi memberikan
informasi yang berupa
unsur penjelas untuk mendukung
tesis yang disampaikan disebut… .
2. Bagian teks yang dianggap sebagai pembuka dalam teks
eksposisi disebut… .
3.Syarat judul teks eksposisi yang baik dan benar adalah… .
4. Urutan struktur teks eksposisi yaitu … .
5. Teks eksposisi secara umum berisi… .
|
3.4.2.
Menganalisis struktur dan kebahasaan
teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
|
6.Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks eksposisi antara lain… .
7.Teks eksposisi hendaknya menggunakan bahasa formal, alasan yang
mendasari hal tersebut adalah… .
8.Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks antara lain … .
9.Gaya bahasa tidak diperkenankan
penggunaannya dalam teks eksposisi karena teks eksposisi termasuk jenis teks…
.
10.Apakah teks eksposisi harus faktual?
|
JAWABAN
1.
Argumentasi
2.
Tesis atau pernyataan pendapat
3.
Singkat, jelas, sesuai EYD
4.
Tesis, argumentasi, penegasan ulang pendapat
5.
Pendapat yang disertai alasan logis
6.
(a) kata/ frasa nomina,
(b) nomina dan verba turunan dengan afiksasi,
(c) kalimat verbal
(d) istilah .
7.
Teks eksposisi adalah teks yang
bersifat ilmiah.
8.
Menggunakan bahasa formal
Sesuai EYD
Menggunakan
kata-kata baku
Menggunakan
kata/ frasa nomina, verba,, nomina, istilah, dan kalimat verbal
9.
ilmiah
10. Ya,
karena merupakan teks ilmiah yang berisi pendapat disertai alasan logis/ masuk
akal.
Pedoman
Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta didik menjawab benar
|
10
|
Peserta didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta didik menjawab salah
|
3
|
Peserta didik tidak menjawab
|
0
|
Pengayaan:
Carilah
materi pembelajaran yang bersifat menambahi materi secara teori dan aplikasi sesuai
kompetensi dasar:
3.3. Mendeskripsikan(permasalahan, argumentasi,
pengetahuan, dan rekomendasi)
teks eksposisi berkaitan
dengan bidang pekerjaan
yang didengar dan atau dibaca
3.4. Menganalisis
struktur dan kebahasaan
teks eksposisi yang berkaitan dengan bidang pekerjaan
Tugas akhir bab:
Tugas terstruktur
1.
Carilah sebuah teks eksposisi dari
media massa, kemudian:
a.
Evaluasilah
b.
interpretasilah!
Pekerjaan
dikumpulkan tanggal 8 September 2017.
Tugas tak terstruktur
2.
Buatlah sebuah karya yang berisi
teori dan aplikasi sesuai kompetensi dasar dalam pelajaran 2 dengan media yang
bervariasi! (misal: kardus, papan, karton tebal, dll. ). Pekerjaan dikumpulkan
dalam jangka waktu semester satu.
Keterangan:
Penilaian sikap
tidak harus tertulis secara eksplisit dalam RPP.
No comments:
Post a Comment