RPP KELAS XI SMA/ SMK KURIKULUM 2013 REVISI 2016

                 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan       : Sekolah... .
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : XI/1
Materi Pokok               : Teks prosedur kompleks
Jumlah Pertemuan       : 3 X pertemuan                       
Alokasi Waktu             : 12 X 45 menit          

A.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dengan materi pokok teks prosedur kompleks  ini peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.  Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.  Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam mengerjakan tugas pembelajaran
           3.   Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam                teks prosedur secara tepat   
           4.    Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi                yang tepat secara lisan dan tulis.
          5.    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
          6.    Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan            kebahasaan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

3.1. Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
       Indikator
3.1.1.Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur secara tepat
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi  yang tepat secara lisan dan tulis.
     4.1.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.
3.2. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
     3.2.1. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
    4.2. Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
           4.2.1.Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
          




C.       Materi Pembelajaran
1.                                                                           Teks prosedur kompleks tulis
Cara Mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM)
Pernahkah Anda mengurus surat izin mengemudi (SIM), misalnya SIM C? Mengurus SIM tentu memerlukan waktu dan biaya. Tulisan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dalam mengurus SIM C dengan jalan yang benar. Tulisan ini akan bermanfaat bagi para pengendara sepeda motor yang belum mempunyai SIM C. Manfaat yang diperoleh adalah bagaimana menghemat biaya dan waktu, bagaimana bisa memastikan diri lulus ujian SIM C, dan bagaimana menjawab soal ujian SIM C dengan benar. Tulisan ini juga dimaksudkan agar Anda mampu mengurus SIM sampai selesai dalam satu hari.
Syarat Administrasi
Berikut adalah dua syarat yang penting untuk disiapkan.
(1) Fotokopi KTP 1 lembar
Penting juga Anda biasakan untuk selalu menyiapkan fotokopi KTP di dompet.
(2) Uang
Biaya total per April 2012 adalah Rp120.000,00 (yang diperinci menjadi Rp20.000,00 untuk cek kesehatan dan Rp100.000,00 untuk biaya pembuatan SIM).
Biaya lainnya tidak ada, tetapi hendaknya Anda membawa uang lebih (misalnya Rp150.000,00 untuk berbagai hal yang bersifat pribadi). Uang sejumlah itu sudah cukup berdasarkan pengalaman untuk hari tersebut. Anda yang berada di daerah lain bisa jadi uang yang diperlukan lebih kecil atau lebih besar. Silakan bertanya terlebih dahulu ke polres setempat atau mencari informasi.
(3) Syarat Pribadi
Berikut ini beberapa syarat pribadi yang harus dipenuhi.
(a) Berumur minimal 17 tahun
Yang belum berumur 17 tahun jangan berharap dapat mengajukan permohonan SIM.
(b) Terampil mengendarai sepeda motor
Polisi penguji menyatakan bahwa orang yang pengalaman mengendarai sepeda motor kurang dari satu tahun sering gagal dalam ujian. Bahkan, ada peserta ujian yang menabrak pagar waktu menempuh ujian.
(c) Sehat, jernih, dan tenang
Anda datang ke tempat ujian dengan badan yang sehat, pikiran yang jernih, dan hati yang tenang.
(d) Jangan merasa hebat
Walaupun sudah bertahun-tahun mengendarai sepeda motor, bahkan banyak tempat sudah dijelajahi, belum tentu Anda lulus tes pada hari itu juga.
(e) Harus tahu diri
Belum tentu Anda lulus pada hari itu apabila Anda datang ke tempat ujian SIM C tanpa persiapan yang cukup. Tahu diri itu penting karena Anda harus menempuh ujian praktik dan ujian teori. Bahkan, di beberapa daerah diterapkan uji jalan raya dengan kendaraan masing-masing.
Sama halnya di instansi lain, ketika seseorang akan membuat surat, seperti SIM C, ia pasti harus menempuh prosedur atau urutan langkah yang ada. Berikut ini beberapa langkah yang perlu diikuti.
2.                                                                                 Teks prosedur kompleks lisan
Video Cara membuat e-KTP (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=l5CQUu3reeE
3.                                                                                 Struktur dan kaidah teks prosedur kompleks
Struktur isi:
Tujuan
Langkah-langkah
Kaidah bahasa:
Penggunaan verba yang dominan
Bahasa sesuai kaidah dan EYD

D.       Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.    Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.    Metode Diskusi, Penugasan

E.       Media Pembelajaran

1. Laptop dan LCD
2. Tayangan teks prosedur kompleks

F.      Sumber Belajar
    Buku pegangan siswa kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016
   KBBI offline 
   Internet.

G.       Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan kesatu

     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan







Kegiatan Inti  
  















































Kegiatan Penutup

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.      Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks prosedur kompleks yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks prosedur kompleks.
2.      Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks prosedur kompleks pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2016
3.       Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar teks prosedur kompleks yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi teks prosedur kompleks khususnya mengenai mengonstruksi dan menganalisis informasi yang berisi tujuan dan langkah-langkah dalam teks prosedur kompleks yang dibaca untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
5.      Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh teks prosedur kompleks lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
6.      Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat.
7.      Setelah mengamati dan membaca kembali teks prosedur kompleks yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
8.      Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespons/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari.
9.      Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai mengonstruksi, menganalisis informasi dan merancang serta mengembangkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur kompleks.
1.      Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai  mengonstruksi, menganalisis dan merancang, serta mengembangkan pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur.
2.      Guru memberikan kuis (lisan) berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








130 menit















































30 menit
Pertemuan kedua
Ulangan harian
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  
  




Kegiatan Penutup

1.   Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.   Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.   Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah ulangan harian yang akan dilaksanakan peserta didik.

1.      Peserta didik mencermati soal-soal ulangan harian untuk kemudian mengerjakannya secara tepat sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
2.      Peserta didik meneliti hasil pekerjaan sebelum mengumpulkan kepada guru.

1.      Guru memberikan arahan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya seputar perbaikan dan pengayaan.
2.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








140 menit





20 menit

Pertemuan ketiga
Perbaikan dan pengayaan
     
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan










Kegiatan Inti  
  







Kegiatan Penutup

1.      Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.      Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan ulangan harian sebelumnya
3.      Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah perbaikan dan pengayaan serta menyebutkan nama-nama peserta didik sesuai kegiatan yang akan dilaksanakannya.



1.      Peserta didik yang memiliki nilai di bawah KKM disilakan untuk melaksanakan perbaikan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
2.      Peserta didik yang memiliki nilai di atas KKM disilakan untuk melaksanakan pengayaan sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan.
3.      Peserta didik meneliti hasil pekerjaan sebelum mengumpulkan kepada guru.

1.      Guru memberikan arahan kegiatan untuk pertemuan selanjutnya
2.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








140 menit












20 menit


H.  Penilaian Hasil Pembelajaran

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                     Prosedur penilaian:
1.                                                                            Penilaian Proses
1.1.   Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Religius (spiritual)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Tanggung jawab

Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
0
Skor
(KADANG-KADANG)
1
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

5
1.
Religius (spiritual)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




2.
Tanggung jawab
Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan tugas individu dengan baik
b.      Menerima risiko dari tindakan yang dilakukan
c.       tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.      Mengakui kesalahan yang dilakukan
e.    Minta maaf bila melakukan kesalahan




Skor maksimal: (skor maksimal X indikator pencapaian kompetensi)

2.      Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (ulangan harian)  (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
3.1.1.Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur secara tepat.  

Tes tertulis
Isian
1. Unsur teks prosedur kompleks yang berfungsi memberikan informasi mengenai apa yang akan dicapai dalam teks tersebut disebut… .
2. Informasi berupa pernyataan umum dalam teks prosedur kompleks berisi…
3.Contoh judul teks prosedur kompleks yang baik adalah….
4. Urutan struktur teks prosedur kompleks yaitu … .
5. Teks prosedur kompleks secara umum berisi… .
3.2.1.Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur



6.Unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks prosedur kompleks antara lain… .
7.Teks prosedur kompleks hendaknya menggunakan bahasa formal, alasan yang mendasari hal tersebut adalah… .
8.Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks antara lain … .
9.Gaya bahasa tidak diperkenankan penggunaannya dalam teks prosedur kompleks  karena teks prosedur kompleks termasuk jenis teks… .
10.Apakah teks prosedur kompleks harus faktual?
  JAWABAN
1.                                                                                                                              Tujuan
    1. Tujuan
    2. Cara membuat lampion kertas, prosedur pembuatan KTP
    3. Tujuan, langkah-langkah
    4. Langkah kerja dalam mencapai sebuah tujuan
    5. Verba, nomina, konjungsi, kalimat simpleks, kalimat kompleks, kalimat imperatif, dll.
    6. Teks prosedur kompleks adalah teks yang bersifat ilmiah.
    7. Menggunakan bahasa formal
Sesuai EYD
            Menggunakan kata-kata baku
    1. ilmiah
    2. Ya.
 Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
    7
Peserta didik menjawab salah
    3
Peserta didik tidak menjawab
    0


2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )
1.      Sajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi teks prosedur kompleks!
2.      Susunlah teks prosedur kompleks dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan?

Rubrik Penilaian Keterampilan
No.
Aspek
Deskripsi
Ya (nilai maksimum)
Tidak
1.
4.1. Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur dengan organisasi yang tepat secara lisan dan tulis.


           
  1. Sudah tepatkah organisasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan teks prosedur kompleks yang dirancang?
  2. Sudah jelaskah organisasi unsur-unsur isi teks prosedur kompleks yang dirancang?
  3. Sudah lancarkah penyampaian organisasi unsur-unsur isi teks prosedur kompleks yang dirancang?
20


10


20


2.
4.2. Mengembangkan teks prosedur dengan memperhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
        


  1. Sudah benarkah pengembangan teks prosedur kompleks yang disusun?
  2. Apakah teks prosedur kompleks yang dikembangkan sudah sesuai dengan kaidah?
  3. Sudah jelaskah tulisan yang digunakan dalam mengembangkan teks prosedur kompleks?
20


20


10





Perbaikan:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
3.1.2.Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur secara tepat. 

Tes tertulis
Isian
1. Apa yang dimaksud dengan mengonstruksi informasi dalam teks prosedur?
2. Informasi berupa pernyataan umum dalam teks prosedur kompleks berisi…
3.Contoh judul teks prosedur kompleks yang baik adalah….
4. Urutan struktur teks prosedur kompleks yaitu … .
5. Teks prosedur kompleks secara umum berisi… .
3.2.2.Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur



6.Apa yang dimaksud dengan menganalisis teks prosedur kompleks antara lain… .
7.Teks prosedur kompleks hendaknya menggunakan bahasa formal, alasan yang mendasari hal tersebut adalah… .
8.Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur kompleks antara lain … .
9.Gaya bahasa tidak diperkenankan penggunaannya dalam teks prosedur kompleks  karena teks prosedur kompleks termasuk jenis teks… .
10.Apakah teks prosedur kompleks harus faktual?

JAWABAN
1.                                                                                                                              Membangun
2.                                                      Tujuan
3.                                                      Cara membuat lampion kertas, prosedur pembuatan KTP
4.                                                      Tujuan, langkah-langkah
5.                                                      Langkah kerja dalam mencapai sebuah tujuan
6.      Menguraikan struktur teks prosedur kompleks, menelaah hubungan antarstruktur untuk mendapatkan pemahaman yang utuh.
7.                                                      Teks prosedur kompleks adalah teks yang bersifat ilmiah.
8.                                                      Menggunakan bahasa formal
Sesuai EYD
                              Menggunakan kata-kata baku
9.                                                      ilmiah
10.                                                  Ya.


Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
    7
Peserta didik menjawab salah
    3
Peserta didik tidak menjawab
    0
Pengayaan:
Carilah materi pembelajaran yang bersifat menambahi materi secara teori dan aplikasi sesuai kompetensi dasar:
Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
Tugas akhir bab:
1.Carilah sebuah teks prosedur kompleks dari media massa, kemudian:
a. Analisislah
b.Evaluasilah
Pekerjaan dikumpulkan tanggal 8 September 2016.

2.Buatlah sebuah karya yang berisi teori dan aplikasi sesuai kompetensi dasar dalam pelajaran 1 dengan media yang bervariasi! (misal: kardus, papan, karton tebal, dll. ). Pekerjaan dikumpulkan dalam jangka waktu semester satu.








           Mengetahui,                                                                                           Wonogiri,   Juli 2016
          Kepala sekolah                                  WKS 1                          Guru Mapel Bahasa Indonesia