RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok :
Teks Prosedur Kompleks
Tema/ topik :
Proses Menjadi Warga yang Baik
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1. 3.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan
menggunakan-nya sebagai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan
menyajikan informasi lisan dan tulis melalui teks prosedur kompleks, laporan
hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi.
Indikator
1.3.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
3.
Menunjukkan perilaku jujur, tanggung jawab, dan disiplin dalam
menggunakan bahasa Indonesia untuk menunjukkan tahapan dan langkah yang telah
ditentukan
3.4. Mengevaluasi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator
3.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengevaluasi teks prosedur kompleks
3.4.2.
Mengevaluasi
kelebihan
struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan
cermat.
3.4.3.
Mengevaluasi
kekurangan struktur isi dan bahasa teks prosedur kompleks dengan
cermat.
4.4. Mengabstraksi teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur
kompleks, dan negosiasi baik secara lisan maupun tulisan
Indikator
4.4.1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengabstraksi teks prosedur kompleks
4.4.2.
Mengabstraksi teks prosedur kompleks
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Proses Menjadi Warga yang Baik dengan
materi pokok teks prosedur kompleks ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat,
menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengevaluasi teks prosedur kompleks
3. Mengevaluasi kelebihan struktur isi teks prosedur kompleks
4. Mengevaluasi kekurangan struktur isi teks prosedur kompleks
5. Mengungkapkan
kembali langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks
6.
Mengabstraksi teks prosedur kompleks
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks prosedur
kompleks
Cara Membuat Botol Kaca
... ..Setelah
itu, campuran adonan itu dibentuk menjadi botol dengan cetakan.
.. ... Kadang-kadang pecahan-pecahan kaca ditambahkan.
.. ... Akhirnya, botol-botol itu siap untuk digunakan.
.. ...
Selanjutnya, untuk memperkuat kaca botol-botol tersebut, botol-botol itu
dipanaskan kembali, lalu didinginkan.
Pertama, ketiga bahan tersebut dicampur secara
proporsional.
...1... Kaca untuk botol dibuat dari pasir, batu gamping,
dan abu soda dengan menempuh langkah-langkah sebagai berikut.
... ... Kemudian, campuran itu dipanaskan dalam tungku pada
suhu yang san gat tinggi.
... ... Lalu, adonan kaca diproduksi.
Buku
pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X
SMA/SMK/MA/MAK
(Diadaptasi
dari Academic Writing Course, 2003: 16)
2.
Langkah-langkah mengevaluasi teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
struktur dan isi teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menentukan
kelebihan dan kekurangan teks
3.
Langkah-langkah mengabstraksi teks prosedur kompleks
Membaca/
mengamati teks secara saksama
Memahami
bentuk dan isi teks
Memahami
inti teks
Mengabstraksi
teks
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2. Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks prosedur kompleks (lisan)
G.
Sumber Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks prosedur kompleksyang beredar
di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks prosedur kompleks.
2.
Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan
cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks prosedur kompleks pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan tahun 2013 hal. 63 , “Cara membuat botol kaca”
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar prosedur
kompleks yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
5.
Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) dengan
cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi evaluasi teks prosedur kompleks serta abstraksi teks prosedur
kompleksuntuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh prosedur kompleks lain
sebagai bahan untuk dieksplorasi.
7. Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain
untuk mengeksplorasi evaluasi teks prosedur kompleks
serta abstraksi makna teks prosedur kompleks.
8.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks prosedur kompleksyang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan
data) dengan cara mengklasifikasikan, mendiskusikan
dengan teman satu kelompok untuk merangkum dan menyajikan
melalui presentasi.
9.
Masing-masing kelompok secara
bergiliran mempresentasikan
rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan
cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai evaluasi
teks prosedur kompleks serta
abstraksi teks prosedur kompleks
1. Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang
telah ditetapkan mengenai evaluasi teks
prosedur kompleks serta hasil abstraksi
teks prosedur kompleks.
2. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
3. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
4. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
115 menit
45 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2. Penilaian Hasil
2.1.Tes tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah identifikasi teks prosedur kompleks
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Langkah mengevaluasi prosedur
kompleks yang pertama adalah…
2. Secara umum, evaluasiprosedur kompleks dapat diarahkan pada
identifikasi…dan… .
3.
Prosedur kompleks yang menyampaikan makna secara eksplisit dianggap lebih
baik karena… .
4.
Sebelum mengevaluasi prosedur
kompleks hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Langkah
terakhir dalam evaluasi teks
prosedur kompleks adalah… .
|
2.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah
mengabstraksi teks prosedur
kompleks
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
mengabstraksi prosedur kompleks adalah…
7.
Langkah ketiga dan paling penting dalam
abstraksi teks prosedur kompleks adalah… .
8.
Langkah terpenting dalam mengabstraksi prosedur
kompleks adalah… .
9. Mengabstraksi
teks prosedur kompleks hendaknya dilakukan tanpa meninggalkan karakter prosedur
kompleks yang merupakan sebuah karya… .
10.
Salah satu inti yang paling disorot saat
mengabstraksi teks prosedur kompleks adalah unsur yang terdapat pada struktur
yang bernama… .
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati teks secara
saksama
2.
Kekurangan dan
kelebihan
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Menentukan kelebihan
dan kekurangan teks prosedur kompleks
6.
Membaca/ mengamati teks secara saksama
7.
Memahami inti
8.
Memahami inti untuk kemudian mengabstraksi teks
prosedur kompleks
9.
Ilmiah
10.
Langkah-langkah
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Amati
dan pahami dua buah teks prosedur kompleks terlampir kemudian abstraksilah teks
tersebut!
Rubrik
Penilaian Keterampilan Abstraksi Teks prosedur kompleks
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemahaman isi dan
bahasa dua teks prosedur kompleks
|
Sudah tepatkah pemahaman terhadap
isi dan bahasa teks prosedur
kompleks?
|
|
|
2.
|
Ketepatan abstraksi teks prosedur
kompleks
|
Sudah tepatkah abstraksi teks prosedur kompleks tersebut?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan dalam analisis
|
Apakah penggunaan bahasa dalam mengabstraksi
teks prosedur
kompleks sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
No comments:
Post a Comment