RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMK ... .
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Materi Pokok :
Teks Pantun
Tema/ topik : Menambah Cita Rasa Bahasa
melalui Seni Berpantun
Jumlah Pertemuan :
1 X pertemuan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2 :
|
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI 4 :
|
Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannnya sesuai dengan
kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa
Indikator
1.1.1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.1
Menunjukkan perilaku tanggung jawab,
responsif dan imajinatif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk
mengekspresikan impian, misteri, imajinasi, serta permasalahan remaja dan
sosial
Indikator
2.1.1. Menunjukkan perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
|
3.1. Memahami
struktur dan kaidah teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan
Indikator
3.1.1.Mengungkapkan kembali struktur teks pantun
3.1.2.Mengungkapkan kembali kaidah teks pantun
4.1.Menginterpretasi makna teks cerita
pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.1.1.Menginterpretasi makna teks pantun
C.
Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menambah cita rasa bahasa melalui
seni berpantun dengan materi pokok teks pantun ini siswa terlibat aktif dalam
kegiatan pembelajaran dan aktif dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali struktur teks pantun
4.
Mengungkapkan kembali kaidah teks
pantun
5.
Menginterpretasi makna teks pantun
D. Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks pantun
a. Tulis
Rasa Sayange
Rasa sayange rasa sayang
sayange,
eeee lihat Ambon dari
jauh rasa sayang sayange.
Rasa sayange rasa sayang
sayange,
eeee lihat Ambon dari
jauh rasa sayang sayange.
Ayam hitam telurnya putih,
mencari makan di pinggir
kali.
Orang hitam giginya putih,
Kalau tertawa manis sekali.
Pulau Pandan jauh di
tengah,
di balik pulau si angsa
dua.
Hancur badan di kandung
tanah,
budi baik dikenang jua.
Kalau ada sumur di ladang,
boleh kita menumpang mandi.
Kalau ada umur yang
panjang,
boleh kita berjumpa lagi.
Buku pegangan siswa
bahasa Indonesia kelas XI SMA/SMK/MA/MAK hal. 67
b. Lisan
Pantun (you tube)
https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ
2. Struktur dan kaidah teks pantun
Struktur:
dua baris pertama disebut sampiran
dan dua baris terakhir disebut isi. Sampiran,
yang biasanya berupa sketsa
alam/suasana (mencirikan mayarakat pendukungnya),
berfungsi sebagai pengantar
(paling tidak menyiapkan rima/sajak dan irama dua baris
terakhir)
untuk mempermudah pemahaman isi pantun.
Kaidah:
Menggunakan
kata yang indah
Terkadang
bermakna konotatif
E. Model/Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks pantun (lisan maupun tulis)
G.
Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia
kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru mempersilakan seorang peserta
didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2. Guru memberi salam dan memberi
pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1.
Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks pantun yang beredar di
masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks pantun
2.
Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan
cara dipersilakan mengamati contoh teks yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks pantun “Rasa sayange” Buku Bahasa Indonesia kelas
XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 dan pantun lisan Pantun (you
tube) https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ
3.
Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar pantun yang
dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.
Peserta didik yang telah duduk sesuai kelompoknya diarahkan untuk membuat problem
statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan
materi struktur dan kaidah teks pantun
serta interpretasi makna teks pantun untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
5.
Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data
collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi
sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh pantunlain sebagai bahan
untuk dieksplorasi.
6. Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain
untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks pantun serta interpretasi makna
teks pantun.
7.
Setelah mengamati dan membaca kembali teks pantunyang
ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan
data) dengan cara mengklasifikasikan, mendiskusikan
dengan teman satu kelompok untuk merangkum dan menyajikan
melalui presentasi.
8.
Masing-masing kelompok secara bergiliran
mempresentasikan
rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan
cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
9.
Dengan tanya jawab
guru mengarahkan peserta didik pada generalization
(generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks pantun, serta interpretasi makna
teks pantun
10. Peserta didik dipersilakan untuk
menuliskan simpulan yang telah ditetapkan
mengenai struktur dan kaidah teks pantun serta hasil
interpretasi makna teks pantun.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
3. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.Pengamatan (sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Kisi-kisi penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggung
jawab
|
Menunjukkan sikap
tanggung jawab dalam melaksanakan diskusi
a. Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
c.
tidak menyalahkan/menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengakui dan meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
e.
Tidak menyalahkan
orang lain utk kesalahan tindakan kita
sendiri
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus
2. Penilaian Hasil
2.1. Tes
Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1.
Mengungkapkan kembali struktur
isi teks pantun
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1.
Struktur pantun yang berfungsi memberikan isi pokok pantun disebut… .
2. Sampiran
yang baik harus mendukung fungsi yang sesuai dalam pantun. Fungsi tsb. adalah…
.
3. Amanat
dalam pantun seharusnya nampak jelas pada struktur … .
4. Rima
adalah nama lain dari… .
5. Pantun
yang berisi petuah di bidang agama disebut pantun… .
|
2.Mengungkapkan
kembali kaidah bahasa teks pantun
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.
Kaidah pantun diarahkan pada dua hal yaitu
kaidah…. dan… .
7.
Kaidah pantun hendaknya selalu ditaati karena
pantun adalah puisi lama yang terikat pada… .
8.
Pantun yang baik harus menaati kaidah
kebahasaan dan isi. Sebutkan beberapa kaidah tersebut!
9.
Kaidah bahasa berfungsi untuk… .
10. Apakah pantun
harus memberikan amanat?
|
Jawaban
1.
Isi
- menghantarkan bunyi yang sama dengan isi serta
memberi efek keindahan
- isi
- persajakan
- agama
- isi, bahasa
- aturan
- kata-kata indah, terkadang bermakna konotatif,
bersajak a-b-a-b.
- mengatur sebuah karya agar sesuai kaidah yang
ditentukan sehingga terlihat jelas karakter karya tsb.
- Iya, namun yang perlu diingat, amanat tidak
harus berupa nasihat,tetapi dapat berupa isi/ maksud pantun.
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah
makna teks pantun terlampir!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks pantun
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan interpretasi makna teks
pantun
|
Sudah tepatkah interpretasi makna teks pantun?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi
makna teks pantun sesuai kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Tanggung jawab
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment