RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS XI BAB 2 KD 3.2. 4.2. TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SMK ... .

Mata Pelajaran               : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester               : XI/1

Materi Pokok                 : Teks Pantun

Tema/ topik                    : Menambah Cita Rasa Bahasa melalui Seni Berpantun

Jumlah Pertemuan         : 1 X pertemuan                    

Alokasi Waktu               : 4 X 45 menit           

A.       Kompetensi Inti

KI 1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator

1.2 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan film/drama
     Indikator
     1.2.1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
     Indikator
      2.2.1. Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran

3.2. Membandingkan teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui lisan maupun tulisan

    Indikator

3.2.1           . Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks pantun

3.2.2. Membandingkan struktur isi  dan bahasa teks pantun dengan cermat.

4.2.Memproduksi teks cerita pendek, pantun,cerita ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun  tulisan

Indikator

4.2.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks pantun

4.2.2.Memproduksi teks pantun yang koheren

 

C.       Tujuan Pembelajaran

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menambah cita rasa bahasa melalui seni berpantun dengan materi pokok teks pantun ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:

1.                            Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia

2.                            Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran

3.                            Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks pantun

4.                            Membandingkan struktur  isi dan bahasa teks pantun

5.                            Mengungkapkan  langkah-langkah memproduksi teks pantun

6.                            Memproduksi teks pantun yang koheren

 

D.       Materi Pembelajaran    

1.      Contoh teks pantun

a.    Tulis

Rasa Sayange

Rasa sayange rasa sayang sayange,

eeee lihat Ambon dari jauh rasa sayang sayange.

Rasa sayange rasa sayang sayange,

eeee lihat Ambon dari jauh rasa sayang sayange.

Ayam hitam telurnya putih,

mencari makan di pinggir kali.

Orang hitam giginya putih,

Kalau tertawa manis sekali.

Pulau Pandan jauh di tengah,

di balik pulau si angsa dua.

Hancur badan di kandung tanah,

budi baik dikenang jua.

Kalau ada sumur di ladang,

boleh kita menumpang mandi.

Kalau ada umur yang panjang,

boleh kita berjumpa lagi.

Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013  hal. 67

b.   Lisan

Pantun (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ

2.       Langkah-langkah membandingkan teks pantun

Membaca/ mengamati dua teks secara saksama

Memahami kaidah struktur dan isi dua teks

Mengenali bahasa yang digunakan

Menganalisis perbedaan struktur isi dan bahasa

3.       Langkah-langkah memproduksi teks pantun

Menetapkan tema teks

Menetapkan tujuan teks

Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa

Mengamati dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur isi

Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

 

E.     Model/Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan Pembelajaran Scientific

2.    Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

3.    Metode Diskusi, Penugasan

 

F.      Media Pembelajaran

1.                                                                              Laptop dan LCD

2.                                                                              Tayangan teks pantun (lisan maupun tulis)

 

G.    Sumber Belajar

     

ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013

ü KBBI

ü Internet

 

H.       Langkah-langkah Pembelajaran

     
Kegiatan
 
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Inti   
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Kegiatan Penutup
 
1.         Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.         Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.         Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
 
1.  Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks pantun yang beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks pantun
2.      Peserta didik diberikan basic concept (konsep dasar) dengan cara mengamati serta membaca referensi contoh teks pantun pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal. 67 Rasa sayange dan teks pantun lisan (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
4.      Peserta didik diarahkan untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks pantun yang telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks pantun yang disampaikan guru.
  1. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengemukakan ide, pendapat, dan gagasan sehubungan dengan topik di atas.
6.      Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks pantun.
  1. Masing-masing kelompok melakukan exchange knowledge (pertukaran pengetahuan) dengan cara mendiskusikan seluruh bahan sesuai topik bersama kelompoknya.
  2. Perwakilan dari kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi kelompok sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dengan santun
  3. Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada kesimpulan awal mengenai topik/ masalah yang berkaitan dengan perbandingan dan produksi teks pantun dan pemecahannya.
10.  Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah pantun dengan tema tertentu.
11.  Peserta didik bersama guru membahas hasil produksi  teks pantun.
12.  Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan melakukan evaluasi
13.  Peserta didik dipersilakan untuk menulis rangkuman hasil pembelajaran mengenai perbandingan  teks pantun dan hasil produksi teks pantun sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
1.      Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
2.      Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
3.      Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
130 menit
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
30 menit

I.     Penilaian

1.                     Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis

2.                     Prosedur penilaian:

1.                                                                            Penilaian Proses

1.1.   Pengamatan (sikap)

No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan
 
2.
Peduli

Kisi-kisi penilaian

No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)
 
3
Skor
(SELALU)
 
4
1.
Spiritual (Religius)
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.   Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.    Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.   Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.    Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa;
 
 
 
 
2.
Peduli
Menunjukkan sikap peduli dalam mengerjakan tugas secara kelompok
a. Membantu bila ada teman yang kesulitan
b.      Membantu bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.       Membuang sampah yang ada di kelas
d.      Memperhatikan presentasi teman dengan saksama
e.       Menjenguk teman yang sakit
 
 
 
 

Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :

Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4

Perhitungan skor akhir menggunakan modus

2.      Penilaian Hasil

2.1.  Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)

Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks pantun
Tes tertulis (kuis)
Isian
1. Langkah membandingkan pantun yang pertama adalah… 2. Secara umum, perbandingan pantun dapat diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Pantun yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4. Sebelum membandingkan pantun hendaknya harus memahami dulu teori mengenai …dan…
5. Menganalisis perbedaan isi adalah langkah perbandingan yang … .
2.Mengungkapkan kembali langkah-langkah memproduksi teks pantun
Tes tertulis (kuis)
Isian
6.Langkah pertama saat memproduksi pantun adalah… .
7.      Menetapkan tujuan pantun adalah langkah produksi nomor… .
8.      Langkah terpenting dalam produksi pantun adalah… .
9.      Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah langkah … .
10.  Apakah pantun harus bersifat menasihati?

Jawaban

1.                                                      Membaca/ mengamati dua teks pantun secara saksama

2.                                                      Isi dan bahasa

3.                                                      Jelas

4.                                                      Struktur isi dan kaidah bahasa

5.                                                      Terakhir

6.                                                      Menetapkan tema teks (pantun)

7.                                                      Dua

8.                                                      Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa

9.                                                      Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi

10.                                                  Tidak harus, pantun boleh bersifat menghibur atau yang lain.

 

 

 

      Pedoman Penskoran

Soal nomor 1 - 10

Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
7
Peserta didik menjawab salah
3
Peserta didik tidak menjawab
0

 

2.2.Tes praktik-proyek ( keterampilan )

Produksilah teks pantun yang koheren!

Rubrik Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks pantun

No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan pemilihan tema (topik) sesuai struktur isi teks pantun
Sudah tepatkah pemilihan tema (topik)  teks sesuai struktur  isi teks pantun?
 
 
2.
Ketepatan penulisan sesuai struktur isi dan bahasa teks pantun
Sudah tepatkah penulisan teks sesuai struktur  isi dan bahasa teks pantun?
 
 
3.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menulis teks pantun sesuai kaidah dan EYD?
 
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran 1 Lembar Pengamatan

 

PENGAMATAN SIKAP

 

Mata Pelajaran             : ...............................................................

Kelas/ Semester                       : ...............................................................

Tahun Ajaran               : ...............................................................

Waktu pengamatan                  : ...............................................................

 

Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

 

No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Peduli
TP
K
SR
SL
TP
K
SR
SL
1.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
2.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
3.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
4.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
5.