RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMK ... .
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: XI/1
Materi Pokok : Teks Pantun
Tema/ topik : Menambah
Cita Rasa Bahasa melalui Seni Berpantun
Jumlah Pertemuan : 1 X pertemuan
Alokasi Waktu
: 4 X 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI
2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
KI
3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI
4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.2 Mensyukuri anugerah
Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana
komunikasi dalam memahami, menerapkan, dan menganalisis informasi lisan dan
tulis melalui teks cerita pendek, pantun, cerita ulang, eksplanasi kompleks,
dan film/drama
Indikator
1.2.1.
Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
|
2.2. Menunjukkan perilaku
tanggung jawab, peduli, dan
proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk memahami dan menyampaikan
permasalahan sosial, lingkungan, ideologis, dan kebijakan publik
Indikator
2.2.1.
Menunjukkan perilaku peduli dalam pembelajaran
|
3.2. Membandingkan
teks cerita pendek, pantun,cerita
ulang, eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama baik melalui
lisan maupun tulisan
Indikator
3.2.1
. Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks
pantun
3.2.2. Membandingkan
struktur isi dan bahasa teks pantun dengan cermat.
4.2.Memproduksi
teks cerita
pendek, pantun,cerita ulang,
eksplanasi kompleks, dan ulasan/reviu film/drama yang koheren
sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan
Indikator
4.2.1.Mengungkapkan kembali langkah-langkah
memproduksi teks pantun
4.2.2.Memproduksi teks pantun
yang koheren
C. Tujuan
Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi
dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran menambah cita rasa bahasa melalui
seni berpantun dengan materi pokok teks pantun
ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab
dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik,
serta dapat:
1.
Mensyukuri
anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.
Menunjukkan
perilaku peduli dalam pembelajaran
3.
Mengungkapkan kembali langkah-langkah membandingkan teks pantun
4.
Membandingkan struktur isi dan bahasa teks pantun
5.
Mengungkapkan langkah-langkah memproduksi teks
pantun
6.
Memproduksi teks pantun yang
koheren
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Contoh teks pantun
a. Tulis
Rasa Sayange
Rasa sayange rasa sayang sayange,
eeee lihat Ambon dari jauh rasa sayang
sayange.
Rasa sayange rasa sayang sayange,
eeee lihat Ambon dari jauh rasa sayang
sayange.
Ayam hitam telurnya putih,
mencari makan di pinggir kali.
Orang hitam giginya putih,
Kalau tertawa manis sekali.
Pulau Pandan jauh di tengah,
di balik pulau si angsa dua.
Hancur badan di kandung tanah,
budi baik dikenang jua.
Kalau ada sumur di ladang,
boleh kita menumpang mandi.
Kalau ada umur yang panjang,
boleh kita berjumpa lagi.
Buku Bahasa Indonesia
Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal.
67
b. Lisan
Pantun (you tube)
https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ
2.
Langkah-langkah
membandingkan teks pantun
Membaca/
mengamati dua teks secara saksama
Memahami
kaidah struktur dan isi dua teks
Mengenali
bahasa yang digunakan
Menganalisis
perbedaan struktur isi dan bahasa
3.
Langkah-langkah
memproduksi teks pantun
Menetapkan
tema teks
Menetapkan
tujuan teks
Menuliskan
isi teks secara urut sesuai struktur isi teks dan kaidah bahasa
Mengamati
dan meneliti kesesuaian bahasa dan isi teks dengan kaidah bahasa dan struktur
isi
Memperbaiki
bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
E.
Model/Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.
Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem
Based Learning)
3.
Metode
Diskusi, Penugasan
F.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop dan LCD
2.
Tayangan
teks pantun (lisan maupun tulis)
G.
Sumber
Belajar
ü
Buku
Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas XI SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013
ü
KBBI
ü
Internet
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
Kegiatan Inti
Kegiatan
Penutup
|
1.
Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama (
bila pada jam pertama)
2.
Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan
dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.
Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan,
manfaat, dan
langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.
1. Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang perbandingan teks pantun yang
beredar di masyarakat dikaitkan dengan pertemuan yang lalu dipancing
oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks pantun
2. Peserta
didik diberikan basic concept (konsep dasar)
dengan cara mengamati serta membaca referensi
contoh teks
pantun pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia kelas XI SMA/
SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 , hal.
67 “Rasa sayange”
dan teks pantun lisan (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=3hQg8_yxjjQ
yang sesuai dengan fenomena di masyarakat
4.
Peserta didik diarahkan
untuk melakukan defining the problem (pendefinisian masalah) berkaitan dengan teks pantun yang
telah diamati yang disesuaikan dengan topik perbandingan dan produksi teks pantun
yang disampaikan guru.
6. Peserta didik dipersilakan melakukan self learning (pembelajaran
mandiri) dengan cara membaca literatur lain, mencari informasi dari
berbagai sumber untuk memperjelas yang berkaitan dengan perbandingan dan
produksi teks pantun.
10. Peserta didik melanjutkan pembelajaran aspek
keterampilan dengan cara merencanakan tindakan untuk memproduksi sebuah pantun
dengan tema tertentu.
11. Peserta didik bersama guru membahas hasil
produksi teks pantun.
12. Peserta didik melakukan pemeriksaan secara cermat
sebagai tahap pembuktian atas pemecahan masalah oleh peserta didik dan
melakukan evaluasi
13. Peserta didik dipersilakan untuk
menulis rangkuman hasil pembelajaran
mengenai perbandingan teks pantun dan hasil produksi
teks pantun sesuai dengan hasil presentasi dan pembahasan bersama.
1. Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek
pengetahuan dan keterampilan.
2. Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan
tugas pengayaan
3. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik
selalu belajar.
|
20 menit
130 menit
30 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.
Prosedur penilaian:
1.
Penilaian Proses
1.1.
Pengamatan
(sikap)
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
Instrumen Penilaian
|
Ket.
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Pengamatan
|
Selama
pembelajaran dan saat diskusi
|
Lembar Pengamatan
|
|
2.
|
Peduli
|
Kisi-kisi
penilaian
No.
|
Aspek
|
Indikator
pencapaian
|
Skor (TIDAK
PERNAH)
1
|
Skor
(KADANG-KADANG)
2
|
Skor
(SERING)
3
|
Skor
(SELALU)
4
|
1.
|
Spiritual
(Religius)
|
Mensyukuri
keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a. Berdoa sebelum dan sesudah
menjalankan sesuatu.
b. Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang
dianut.
c. Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d. Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha
Esa
e.
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha
Esa;
|
|
|
|
|
2.
|
Peduli
|
Menunjukkan sikap peduli
dalam mengerjakan tugas secara kelompok
a. Membantu bila ada teman yang kesulitan
b.
Membantu
bila guru membutuhkan bantuan dalam kegiatan pembelajaran
c.
Membuang
sampah yang ada di kelas
d.
Memperhatikan
presentasi teman dengan saksama
e.
Menjenguk
teman yang sakit
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai
4
Perhitungan skor akhir menggunakan modus
2. Penilaian Hasil
2.1. Tes
Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
1. Mengungkapkan kembali langkah-langkah
membandingkan teks pantun
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
1. Langkah
membandingkan pantun yang pertama adalah… 2. Secara umum, perbandingan pantun
dapat diarahkan pada perbandingan…dan… .
3. Pantun
yang menyampaikan amanat secara eksplisit dianggap lebih baik karena… .
4.
Sebelum membandingkan pantun hendaknya harus memahami dulu teori mengenai
…dan…
5.
Menganalisis perbedaan isi adalah langkah perbandingan yang … .
|
2.Mengungkapkan kembali
langkah-langkah memproduksi teks pantun
|
Tes tertulis (kuis)
|
Isian
|
6.Langkah pertama saat
memproduksi pantun adalah… .
7.
Menetapkan tujuan pantun adalah langkah
produksi nomor… .
8.
Langkah terpenting dalam produksi pantun
adalah… .
9.
Langkah yang tidak harus dilaksanakan adalah
langkah … .
10. Apakah
pantun harus bersifat menasihati?
|
Jawaban
1.
Membaca/ mengamati dua teks pantun secara
saksama
2.
Isi dan bahasa
3.
Jelas
4.
Struktur isi dan kaidah bahasa
5.
Terakhir
6.
Menetapkan tema teks (pantun)
7.
Dua
8.
Menuliskan isi teks secara urut sesuai struktur isi
teks dan kaidah bahasa
9.
Memperbaiki bila ada ketidaksesuaian bahasa dan isi
10.
Tidak harus, pantun boleh bersifat menghibur atau
yang lain.
Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
|
Skor
|
Peserta
didik menjawab benar
|
10
|
Peserta
didik menjawab tidak lengkap
|
7
|
Peserta
didik menjawab salah
|
3
|
Peserta
didik tidak menjawab
|
0
|
2.2.Tes
praktik-proyek ( keterampilan )
Produksilah
teks pantun yang
koheren!
Rubrik
Penilaian Keterampilan menulis (produksi) Teks pantun
No.
|
Aspek
|
Deskripsi
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Ketepatan pemilihan tema (topik)
sesuai struktur isi teks pantun
|
Sudah tepatkah pemilihan tema
(topik) teks sesuai struktur isi teks pantun?
|
|
|
2.
|
Ketepatan penulisan sesuai
struktur isi dan bahasa teks pantun
|
Sudah tepatkah penulisan teks
sesuai struktur isi dan bahasa teks pantun?
|
|
|
3.
|
Ketepatan penggunaan bahasa dan
ejaan
|
Apakah penggunaan bahasa dalam
menulis teks pantun sesuai
kaidah dan EYD?
|
|
|
Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran :
...............................................................
Kelas/ Semester :
...............................................................
Tahun Ajaran :
...............................................................
Waktu pengamatan :
...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
|
Nama Siswa
|
Spiritual (Religius)
|
Peduli
|
||||||
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
TP
|
K
|
SR
|
SL
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment