2. Merevisi Teks “Cinderela Gadis Penyabar”

2. Merevisi Teks “Cinderela Gadis Penyabar”
Teks “Cinderela Gadis Penyabar” di atas belum lengkap dan ideal sebagai teks eksemplum. Teks tersebut masih dapat direvisi menjadi teks eksemplum yang urut, logis, dan sesuai dengan ciri yang menjadi bangunan teks eksemplum. Untuk itu, kerjakanlah tugas berikut secara berkelompok yang anggotanya terdiri atas 3–4 orang.
1) Revisilah teks “Cinderela Gadis Penyabar” di atas menjadi sebuah teks eksemplum yang urut dan logis. Kamu dapat mengolahnya dengan menghilangkan beberapa kata atau kalimat.
2) Tempatkanlah bagian-bagian struktur teks yang menurutmu sesuai dengan bangunan teks eksemplum!
3) Baca dan cermati kembali teks hasil revisimu, kemudian perbaiki penggunaan bahasa, termasuk ejaan, yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia! Tulislah teks hasil revisimu itu dalam format seperti berikut!
 Tugas Kelompok    : Merevisi Teks Eksemplum Nama Kelompok     :.................... Ketua                       :.................... Anggota                  :....................
Hasil Kerja:
Cinderela Gadis Penyabar
       ………………………………………………………………………………… …………. ………………………………………………………………………… ……………………..……………………………………………………………… ………………...............................……………………………………………… …………………………………… ……………………..………………………… …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………...………………… …………………………………………………………… (Orientasi)
       ………………………………………………………………………………… ………….………………………………………………………………………… ……………………..………… ……………………..…………………………… ………………………………… ……………………..…………………………… ………………………………… ……………………..…………………………… …………………………………………………………………………………… …………………...............................…………………………………………… …………………………………………………………………………………… ……………………………………………………………………...……………… ………………………………………………………………  (Insiden)
       ………………………………………………………………………………… ………….………………………………………………………………………… ……………………..……………………………………………………………… ……………………..……………………………………………………………… ……………………..……………………………………………………………… ……………………..……………………………………………………………… ……………………..……………………………………………………………… ………………...............................……………………………………………… …………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………...………………… ………………………………………………..………......... (Interpretasi)
4) Untuk melatih bahasa lisanmu, laporkan hasil kerjamu itu kepada teman yang berada di kelompok lain. Jika memungkinkan, tampillah di depan kelas untuk menyampaikan hasil kerja kelompokmu itu!


sumber: buku pegangan siswa kelas IX bahasa Indonesia kurikulum 2013

No comments:

Post a Comment