RPP BAHASA INDONESIA SMA/ SMK KUR. 2013 MENGGUNAKAN SILABUS TERBARU



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan              : SMK... .
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                    : X/1
Materi Pokok                       : Teks Laporan Hasil Observasi
Tema/ topik                          : Gemar Meneroka Alam Semesta   
Jumlah Pertemuan              : 1 X pertemuan                  
Alokasi Waktu                     : 4 X 45 menit     
A.       Kompetensi Inti
1.    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama  yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.    1. Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
Indikator
1.1.1.   Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.    2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, dan proaktif dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk menceritakan hasil observasi.
Indikator
2.2.1. Menunjukkan perilaku jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3.1. Memahami struktur dan kaidah teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan
       Indikator
3.1.1.                       Mengungkapkan kembali struktur teks laporan hasil observasi
3.1.2.                       Mengungkapkan kembali kaidah teks laporan hasil observasi
4.1.        Menginterpretasi makna  teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan negosiasi baik secara lisan mupun  tulisan
Indikator
4.1.1.                       Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi


C.       Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dengan materi pokok teks laporan hasil observasi  ini siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat:
1.    Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia
2.                             Menunjukkan perilaku jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
3.                             Mengungkapkan kembali struktur teks laporan hasil observasi
4.                             Mengungkapkan kembali kaidah  teks laporan hasil observasi
5.                             Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi

D.       Materi Pembelajaran             
1.                                                                             Contoh teks laporan hasil observasi
a.                                                                                                    Tulis
MAKHLUK DI BUMI INI
1 Benda di dunia dapat dikelompokkan atas persamaan dan perbedaannya. Dengan pengelompokan, benda-benda itu lebih mudah dipelajari.
 2 Semua benda di dunia ini dapat diklasifikasi menjadi dua kelompok, yaitu benda hidup dan benda mati. Yang pertama sering disebut makhluk hidup dan yang kedua disebut makhluk mati. Benda hidup mempunyai ciri-ciri umum, seperti bergerak, bernapas, tumbuh, dan mempunyai keturunan. Benda hidup juga membutuhkan makanan. Benda mati dibedakan dari benda hidup karena benda mati tidak mempunyai ciri-ciri umum tersebut. Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga adalah contoh benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen adalah contoh benda mati.
3 Benda hidup dapat dikelompokkan lagi menjadi binatang dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan karena keduanya berbeda dalam beberapa hal. Tumbuh-tumbuhan tidak dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan dapat melakukan sesuatu yang sangat penting yang tidak dapat dilakukan oleh binatang. Tumbuh-tumbuhan dapat menghasilkan makanan sendiri, sedangkan binatang tidak. Rumput, gandum, dan tanaman keras adalah jenis tumbuhtumbuhan.
Namun, tidak semua tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga.
Oleh karena itu, tumbuh-tumbuhan dapat dikelompokkan menjadi tumbuhtumbuhan
berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga. Mawar,
jagung, dan tanaman buah mempunyai bunga, tetapi jamur, lumut, dan
pakis tidak.
4 Selanjutnya, binatang dapat dibagi menjadi vertebrata dan invertebrata.
Vertebrata bertulang belakang meliputi manusia, burung, anjing, katak, dan
lain-lain, sedangkan invertebrata tidak bertulang belakang meliputi uburubur,
kupu-kupu, dan laba-laba. Terdapat lima kelompok vertebrata, yaitu
mamalia, burung, amfibia, reptilia, dan ikan.
Buku pegangan siswa, Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/SMK/MA/MAK ( (Diadaptasi dari Learning English through General Science, 1984: 29)
b.                                                                                           Lisan

Wonderfull world Playing For Change (you tube) https://www.youtube.com/watch?v=ddLd0QRf7Vg

2.                                                                             Struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Struktur isi:
Pernyataan umum (klasifikasi)
Anggota/ aspek yang dilaporkan
Anggota/ aspek yang dilaporkan
Kaidah bahasa:
Bahasa sesuai kaidah dan EYD
E.       Model/Metode Pembelajaran
1.     Pendekatan Pembelajaran Scientific
2.     Model Pembelajaran Berbasis Penemuan (Discovery Learning)
3.     Metode Diskusi, Penugasan

F.        Media Pembelajaran
1.                                                                             Laptop dan LCD
2.                                                                             Tayangan teks laporan hasil observasi  (lisan maupun tulis)
G.    Sumber Belajar
ü Buku Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 ,  
ü KBBI offline,
ü Internet

H.       Langkah-langkah Pembelajaran
       
Kegiatan

Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan








Kegiatan Inti  :
  


















































Kegiatan Penutup:

1.       Guru mempersilakan seorang peserta didik untuk memimpin doa bersama ( bila pada jam pertama)
2.       Guru memberi salam dan memberi pertanyaan yang berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
3.       Guru memberikan informasi kompetensi materi, tujuan, manfaat, dan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan kepada peserta didik.

1.       Pengetahuan dan kemampuan peserta didik tentang teks laporan hasil observasi yang beredar di masyarakat dipancing oleh guru dengan memperlihatkan contoh teks laporan hasil observasi
2.       Peserta didik diberi stimulation (stimulasi) dengan cara dipersilakan mengamati contoh teks  yang ditayangkan guru serta membaca contoh teks laporan hasil observasi pada buku pegangan siswa bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan akademik kelas X SMA/ SMK/ MA/ MAK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 hal. 5 ,   Makhluk di Bumi Ini
3.        Peserta didik dipersilakan untuk menanyakan hal-hal seputar laporan hasil observasi yang dikaitkan dengan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik diarahkan untuk membentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.
5.        Peserta didik diarahkan untuk membuat problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) dengan cara mengidentifikasi topik yang berkenaan dengan materi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi serta interpretasi makna teks laporan hasil observasi untuk kemudian membuat rumusan hipotesis
6.       Peserta didik diberi kesempatan untuk melakukan data collection (pengumpulan data) dengan cara mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis melalui mencari dan membaca contoh-contoh laporan hasil observasi lain sebagai bahan untuk dieksplorasi.
7.       Peserta didik juga dipersilakan untuk membaca literatur lain untuk mengeksplorasi struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi serta interpretasi makna teks laporan hasil observasi.
8.       Setelah mengamati dan membaca kembali teks laporan hasil observasi yang ditayangkan guru, tiap kelompok melakukan data processing (pengolahan data) dengan cara diklasifikasikan, didiskusikan dengan teman satu kelompok untuk dirangkum dan disajikan melalui presentasi.
9.       Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan rangkuman tersebut sedangkan kelompok lain merespon/ menanggapi dan bersama-sama melakukan verification (pembuktian) dengan cara memeriksa secara cermat, mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari
10.    Dengan tanya jawab guru mengarahkan peserta didik pada generalization (generalisasi/kesimpulan) mengenai struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi, serta interpretasi makna teks laporan hasil observasi

1.       Guru mengarahkan peserta didik untuk menuliskan simpulan yang telah ditetapkan mengenai struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi serta hasil interpretasi makna teks laporan hasil observasi.
2.       Guru memberikan kuis berkenaan dengan aspek pengetahuan dan keterampilan.
3.       Guru memberikan arahan kegiatan berikutnya dan tugas pengayaan
4.       Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan pesan agar peserta didik selalu belajar.
20 menit








115 menit



















































45 menit

I.     Penilaian
1.                      Teknik penilaian: pengamatan dan tes tertulis
2.                      Prosedur penilaian:
1.                                                                             Penilaian Proses
1.1.                                                                          Pengamatan (sikap)
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Ket.
1.
Spiritual (Religius)
Pengamatan
Selama pembelajaran dan saat diskusi
Lembar Pengamatan

2.
Jujur
Kisi-kisi penilaian sikap
No.
Aspek
Indikator pencapaian
Skor (TIDAK PERNAH)
1
Skor
(KADANG-KADANG)
2
Skor
(SERING)

3
Skor
(SELALU)

4
1.
Religius
Mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan
a.    Berdoa sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu.
b.    Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut.
c.     Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
d.    Memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa
e.     Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa




2.
Jujur
Menunjukkan perilaku jujur dalam mengerjakan tugas pembelajaran
a.    Tidak menyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan
b.    Tidak menjadi plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber)
c.     Mengungkapkan perasaan apa adanya
d.    Menyerahkan kepada yang berwenang barang yang ditemukan
e.     Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki





Petunjuk Penskoran tiap aspek sikap :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
2.       Penilaian Hasil
2.1.  Tes Tertulis (kuis) (pengetahuan)
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik
Penilaian
Bentuk
Penilaian
Instrumen
1.   Mengungkapkan kembali struktur isi bahasa teks laporan hasil observasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
1. Struktur teks laporan hasil observasi  yang berfungsi memberikan gambaran umum disebut… .
2. Pernyataan umum dalam sebuah teks laporan hasil observasi  dapat dianggap sebagai…teks laporan hasil observasi .
3. Struktur yang bersifat opsional berarti….
4. Struktur dalam teks laporan hasil observasi  yang bersifat opsional adalah struktur yang bernama… .
5. Penjelasan detail dari pernyataan umum terdapat pada struktur nomor… .
2.Mengungkapkan kembali kaidah bahasa teks laporan hasil observasi
Tes tertulis (kuis)
Isian
6.Kaidah teks laporan hasil observasi   diarahkan pada dua hal yaitu kaidah…. dan… .
7.Kaidah laporan hasil observasi  yang menyatakan bahwa laporan hasil observasi  harus bersifat ilmiah berarti… .
8.Laporan hasil observasi  yang baik harus menggunakan bahasa ilmiah. Ciri-ciri bahasa ilmiah antara lain… .
9.Gaya bahasa teks laporan hasil observasi  tidak diperkenankan karena teks laporan hasil observasi  bukanlah karya… .… .
10.Apakah laporan hasil observasi  harus bersifat faktual?

  JAWABAN
1.                                                                                                                               Pernyataan umum
    1. Pembukaan
    2. Tidak harus ditulis dalam teks, bersifat pilihan
    3. Anggota/ aspek yang dilaporkan 2
    4. Dua
    5. Isi, bahasa
    6. Harus berisi ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan menggunakan bahasa yang ilmiah/ baku
    7. Sesuai EYD
          Menggunakan kata-kata baku
    1. Sastra
    2. Ya, karena bersifat ilmiah, teks laporan hasil observasi  harus bersifat faktual/ nyata.
 Pedoman Penskoran
Soal nomor 1 - 10
Aspek
Skor
Peserta didik menjawab benar
  10
Peserta didik menjawab tidak lengkap
    7
Peserta didik menjawab salah
    3
Peserta didik tidak menjawab
    0

2.2.  Tes praktik-proyek ( keterampilan )
Interpretasilah makna teks laporan hasil observasi terlampir!
Rubrik Penilaian Keterampilan menginterpretasi makna Teks laporan hasil observasi
No.
Aspek
Deskripsi
Ya
Tidak
1.
Ketepatan interpretasi makna teks laporan hasil observasi
Sudah tepatkah interpretasi makna  teks laporan hasil observasi?


2.
Ketepatan penggunaan bahasa dan ejaan
Apakah penggunaan bahasa dalam menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi sesuai kaidah dan EYD?


                   Mengetahui,                                                                                                      Kota, 14  Juli 2014
                   Kepala sekolah                             WKS 1                            Guru Mapel Bahasa Indonesia















Lampiran 1 Lembar Pengamatan
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran                    : ...............................................................
Kelas/ Semester                   : ...............................................................
Tahun Ajaran                      : ...............................................................
Waktu pengamatan            : ...............................................................
Bubuhkan tanda V pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No.
Nama Siswa
Spiritual (Religius)
Jujur
TP
K
SR
SL
TP
K
SR
SL
1.









2.









3.









4.









5.